HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi Zoom

Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Aplikasi yang berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat ini didirikan sejak 2011 lalu dan digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk mengakomodir para karyawan dari jarak jauh.

Fitur Zoom Meeting

Fitur-fitur dalam aplikasi tersebut antara lain, yaitu :

1. Video dan audio HD

Dengan menggunakan aplikasi ini tidak perlu khawatir pada gambar dan audio yang dihasilkan. Pasalnya, aplikasi Zoom telah disokong dengan kualitas high definition atau sering disebut HD. Selain itu, aplikasi Zoom ini juga dapat mendukung hingga 1000 peserta dan 49 video di layar.

2. Alat kolaborasi bawaan

Beberapa pengguna dapat berbagi layar secara bersamaan dan ikut menulis catatan untuk pertemuan yang lebih interaktif dengan alat kolaborasi dari aplikasi Zoom.

3. Keamanan

Terkait keamanannya, para pengguna tidak perlu meragukannya lagi. Pasalnya, aplikasi ini telah disokong dengan end-to-end encryotion untuk seluruh rapat yang telah diagendakan melalui aplikasi Zoom. Selain itu ada pula perlindungan kata sandi hingga keamanan pengguna menjadi lebih aman.

4. Rekaman dan transkrip

Sementara itu, para pengguna juga dapat merekam rapat yang dilakukan dengan Zoom dan menyimpanya secara di perangkat masing-masing yang digunakan atau pada akun cloud. Lebih lanjut, rekaman tersebut dapat ditemukan dengan mudah apabila memerlukannya lagi.

Fitur ini sangat penting sekali sehingga setiap meeting yang dilakukan dapat tonton kembali atau ketika ada pengguna lain yang tidak bisa join tetap dapat melihatnya. File recording secara otomatis tersimpan ke komputer, tetapi jika pengguna ingin menyimpan ke cloud maka admin perlu melakukan upgrade ke paket premium dengan harga antara $40 sampai $500.

Harga Batas Penyimpanan
$40 per bulan 100 GB
$100 per bulan 500 GB
$500 per bulan 3 TB

5. Fitur penjadwalan

Aplikasi ini juga memiliki fitur penjadwalan untuk memulai rapat. Selain itu juga dapat memulai rapat melalui akun Outlook, Gmail, atau iCal.

6. Obrolan tim

Mengobrol dengan grup dapat dilakukan dengan mudah. Sementara, riwayat percakapan juga dapat dengan mudah dicari, berbagi file terintegrasi, dan arsip dapat disimpan selama sepuluh tahun. Hal ini memudahkan para pengguna untuk melakukan panggilan dari satu pengguna ke yang lain atau panggilan grup.

Untuk menggunakan aplikasi ini dapat menggunakan perangkat komputer maupun seluler. Para pengguna dapat mengunduh aplikasi Zoom pada perangkat iOS maupun Android dengan nama Zoom Cloud Meetings.

7. Reactions

Zoom menghadirkan fitur reactions untuk membuat suasa terasa seru dan menyenangkan. Dalam berkirim pesan (chat) di Zoom tanpa meeting juga tersedia fitur reactions sehingga pengguna dapat memberikan reactions kepada pengguna lain yang sekiranya menarik dan seru.

Cara Install Zoom Meeting

Sebelum menerapkan cara install Zoom Meeting di laptop dan HP berikut ini, pastikan telah memenuhi kriteria berikut :

    • Pastikan terhubung dengan internet berkecepatan minimal 3G. Zoom Meeting akan menyesuaikan kualitas gambar dengan bandwith internet, tapi harus memiliki bandwith dengan minimal 600kbps hingga 1,2Mbps.
    • Jika menggunakan laptop dengan sistem operasi (OS) Windows, pastikan OS yang dimiliki adalah Windows 7 ke atas dan jika menggunakan MacOS, Zoom Meeting dapat di install dengan minimal MacOS X di atas versi 10.10
    • Jika menggunakan perangkat tablet Apple (iPad), pastikan menggunakan OS minimal iPadOS 13 ke atas dan untuk HP dengan iOS, gunakan minimal iOS 8 ke atas. Namun, jika menggunakan HP Android harus mempunyai OS minimal 5.0x Lollipop.
    • Jangan lupa harus memiliki kamera dan mikrofon yang bisa berfungsi agar pengalaman menggunakan Zoom Meeting bisa lebih maksimal.

1. Install Zoom Meeting di laptop Windows

  • Lakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Download Zoom Meeting” lalu klik tautan yang mengarahkan ke zoom.us. Demi menjaga keamanan data, perhatikan kembali link yang di klik. Cara lainnya bisa langsung mengunjungi halaman download Zoom Meeting.
  • Tunggu sebentar dan Zoom Meeting akan secara otomatis terunduh di laptop.

  • Klik file yang baru saja di unduh dan selesai. Kini bisa memilih untuk langsung bergabung di meeting atau login di aplikasi Zoom Meeting.

2. Install Zoom Meeting di laptop MacOS

  • Sama seperti laptop Windows, lakukan pencarian di browser dengan kata kunci “Download Zoom Meeting” lalu klik tautan yang mengarahkan ke zoom.us. Demi menjaga keamanan data, perhatikan kembali link yang di klik. Cara lainnya bisa langsung mengunjungi halaman download Zoom Meeting.
  • Tunggu sebentar dan Zoom Meeting akan secara otomatis terunduh di laptop.
  • Klik folder yang baru saja diunduh.

  • Klik Continue untuk melanjutkan.

  • Masukkan nama pengguna (username) untuk akun utama di Macbook yang digunakan beserta password username.

  • Selesai, aplikasi Zoom Meeting akan otomatis terinstall dan bisa langsung bergabung di meeting, login, atau mendaftarkan akun baru dan Zoom Meeting.

3. Install Zoom Meeting di HP Android

  • Kunjungi Google Play Store dan cari aplikasi ZOOM Cloud Meetings atau klik tautan mengunduh Zoom Meeting untuk Google Play Store ini.
  • Klik “Install”.

  • Tunggu hingga selesai diunduh, setelah itu klik “Buka”.

  • Pilih “Join a Meeting”, “Sign Up”, atau “Sign in” dan sudah dapat menggunakan aplikasi Zoom Meeting dari HP.

4. Install Zoom Meeting di HP iOS

  • Kunjungi App Store dan cari ZOOM Cloud Meetings atau klik tautan mengunduh Zoom Meeting untuk App Store ini.
  • Klik “Get” dan tunggu hingga aplikasi selesai terinstall.

  • Jika sudah, klik aplikasi ZOOM Cloud Meetings dan Join a Meeting, Sign Up, atau Sign In. Selesai, sekarang sudah bisa menikmati fitur Zoom Meeting di HP.

Kelebihan Zoom Meeting

Berikut adalah beberapa kelebihan zoom meeting, yaitu :

  1. Video yang ditampilkan dalam ukuran high definition (HD). Demi menghasilkan pengalaman terbaik, Zoom melengkapi layanannya dengan memberikan gambar berkualitas tinggi yang bisa dinikmati oleh semua pengguna, bahkan untuk akun gratis.
  2. Bisa menampung hingga 500 peserta meeting (bahkan 1000 peserta dengan tambahan biaya). Selain kualitas gambar, ini juga menjadi kelebihan Zoom Meeting, mengingat pesaingnya, Google Meet, hanya dapat menampung hingga 250 peserta.
  3. Mempunyai Breakout Rooms dan Waiting Room. Fitur sejenis Waiting Room juga dimiliki oleh Google Meet, tapi di Zoom, bisa menikmati fitur Breakout Room pula untuk melakukan meeting atau membagi anggota video call menjadi beberapa kelompok berbeda yang bisa kamu acak atau atur sendiri.
  4. Fitur virtual background. Jika situasi ruangan sedang berantakan atau memerlukan background gambar pilihanmu, fitur ini bisa memanfaatkan. Selain virtual background, sekarang juga bisa memperbaiki tampilan di Filter Video dan Studio Effects.
  5. Menawarkan kemudahan akses. Tidak terbatas hanya digunakan di laptop, juga bisa menggunakan Zoom Meeting dari HP dan tablet.
  6. Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting.

Kekurangan Zoom Metting

1. Boros Penggunaan Kuota Data

Bagi pengguna Wi-Fi tentunya mengakses diskusi atau konferensi jarak jauh merupakan sebuah hal yang biasa. Hanya tinggal membayar biaya per bulannya pada kantor internet terdekat, akses kualitas internet yang didapat pun tinggal dijalankan.

Boros penggunaan pada kuota data merupakan salah satu kekurangan Zoom yang sudah menjadi rahasia publik pada umumnya. Bagaimana tidak, akses Zoom yang begitu luas memungkinkan penggunaan data internet yang semakin besar. Sehingga, disarankan bagi anda untuk menyediakan data internet secukupnya. Atau jika perlu gunakan jenis kuota un-limited yang tidak terbatas penggunaan akses datanya.

Namun perlu diketahui, penggunaan data yang boros tergantung pada masing-masing individu. Sehingga, tidak perlu berfikir sama rata untuk semua orang. Ada baiknya bagi para pengguna Zoom dalam menggunakan teknologi ini sebijak mungkin. Jika menggunakan ruang pesan masih cukup memungkinkan. Mungkin Zoom dapat dijadikan pilihan selanjutnya jika ingin bertatap langsung secara jarak jauh.

2. Tidak Tersedia Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Universal memang sudah sepatutnya dipelajari bagi seluruh penduduk di dunia, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun secerdas apapun kemampuan Bahasa Dunia tiap orang, tentu akses informasi Bahasa Indonesia masih diperlukan bagi beberapa kalangan. Hal inilah yang menjadi kekurangan bagi teknologi Zoom.

Teknologi Zoom tidak menyediakan Bahasa Indonesia sebagai fitur pendukung diskusi maupun siaran langsung. Akses bahasa yang masih mungkin dapat digunakan untuk pengguna ialah Bahasa Inggris, Bahasa Portugis, Bahasa Belanda dll. Umumnya pengguna Zoom lebih tertarik untuk menggunakan Bahasa Inggris karena dianggap paling mudah untuk dipahami.

Namun bagi yang kurang baik dalam penerapan maupun pembelajaran Bahasa Inggris, tidak perlu risau untuk menggunakan Zoom sebagai kebutuhan diskusi jarak jauh. Terdapat kemudahan Google Translate untuk menjawab solusi atas permasalahan yang terjadi. Serta bagi akses penggunaan Zoom dengan Bahasa Inggris pun tidak terlalu berat dan cukup mudah untuk dipahami tiap orang.

3. Rawan Data Bocor

Jika berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan Zoom, sebuah kebocoran data tentunya menjadi salah satu kekurangan Zoom paling menyeramkan yang pernah terjadi. Pasalnya, sudah tersebar berita pada sebagian besar kalangan bahwasanya terdapat banyak kebocoran data baik dari dalam negara maupun luar negara Indonesia.

Kebocoran data yang terjadi pun bukan masalah yang kecil. Data yang rawan terkena peretasan dapat berujung pada data pribadi seseorang. Sehingga besar kemungkinan jika memiliki informasi terpenting seperti bisnis, pendidikan, foto, akan dapat dengan mudah tersebar luas di jejaring media sosial. Terlebih jika data tersebut digunakan sebagai tindak kejahatan yang marak terjadi di luar negeri.

Namun bagi anda yang risau dengan salah satu kekurangan ini. Akses yang dapat terkena rawan kebocoran data, dapat ditanggulangi dengan tidak perlu mendaftar akun. Cukup dengan bergabung pada ID Meeting dan Password dari diskusi tersebut. Cara ini diklaim sebagai salah satu solusi bagi anda yang tetap ingin menggunakan Zoom pada mode aman.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago