HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Content Brief Serta Manfaat Dan Cara Membuatnya

Istilah Content Brief sekarang ini sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang terutama para kalangan marketer.Content brief cukup penting bagi kalian yang berkecimpung di dunia content marketing.Dengan adanya brief,maka kalian dapat menghemat waktu dalam eksekusi.

Nah,pada artikel ini kita akan membahas tentang Content Brief dan juga manfaatnya :

Pengertian Content Brief

Content brief merupakan sebuah dokumen yang diperlukan untuk kegiatan marketing,khususnya untuk mengeksekusi content marketing. Dokumen yang dimaksud yakni seluruh informasi berkaitan dengan konten yang perlu seorang marketer kerjakan dan biasanya akan dirancang oleh seorang content strategist atau manajer editorial.

Informasi yang dicantumkan tidak hanya soal arahan editorial tetapi juga terkait instruksi keperluan SEO.Maka dari itu,pembuatan dokumen ini membutuhkan kepekaan serta pengetahuan yang rinci seputar konten dan rencana campaignnya.

Perancang harus menyertakan rencana editorial serta strategi SEO dalam instruksi yang seimbang.Jika salah satu dari kedua aspek tersebut ditinggalkan,kinerja marketer tidak akan rapi dan campaign pun bisa gagal.

Manfaat Dari Content Brief

Content brief merupakan hal yang penting dalam sebuah marketing.Pada umumnya,dokumen digunakan oleh perusahaan untuk merancang konsep pemasaran untuk kemudian diberikan kepada freelance.Dokumen ini bisa freelance gunakan sebagai petunjuk untuk mengerjakan tugas mereka.Sehingga content tersebut bisa sesuai dengan keinginan kalian sebagai pemilik perusahaan.Jadi jika tidak merancang dokumen ini dengan benar maka hasil dari Champaign akan jauh dari ekspektasi.

Berikut ini manfaat dari Content brief untuk lebih jelasnya :

  • Instruksi dari rancangan campaign perusahaan kalian yang lebih jelas.
  • Hasil kerja bagian marketing akan menjadi lebih baik.
  • Brand atau perusahaan bisa melihat kesalahan pada campaign dengan lebih mudah.
  • Pesan yang ingin perusahaan/brand sampaikan dapat disebarkan dengan efektif.
  • Perancangan campaign lebih efektif dan efisien.

Nah itu tadi manfaat dari pembuatan content brief,jadi bisa dikatakan bahwa content brief ini sangat penting dilakukan.Selanjutnya bagaimana cara membuat content brief yang mudah dan menarik ?

Cara Membuat Content Brief

Dalam membuat content brief memang tidak mudah namun juga tidak sulit.Ikuti langkah-langkah pembuatan content brief berikut ini :

Tolak Ukur Keberhasilan

Dalam perancangan brief,kalian harus mencantumkan tolak ukur keberhasilan dari campaign yang akan dibuat.Pada bagian ini,kalian akan menjelaskan tujuan campaign dengan sebaik mungkin.

Tidak hanya itu,kalian juga harus menyertakan ekspektasi perusahaan serta tolak ukur dari keberhasilan konten yang diciptakan.Sehingga konten yang dibuat oleh marketer bisa maksimal dan berhasil nantinya.Tujuan dari bagian ini,tidak hanya untuk mendorong marketer,namun juga sebagai jaminan bahwa marketing akan memberikan hasil kerja terbaik dapat pembuatan konten tersebut.

Informasi Perusahaan Dan Campaign

Pada bagian informasi perusahaan atau Champaign kalian harus menjelaskan visi dan misi isi dari perusahaan kalian secara ringkas namun tetap objektif.Sehingga informasi tersebut dapat memberikan gambaran kepada marketing tentang identitas brand dan hal-hal yang dihargai.

Tidak hanya itu,kalian juga sebaiknya menjelaskan tujuan dari campaignnya.Mulai dari topik hingga sudut pandang dari konten yang dibuat, sebaiknya tulis semua secara menyeluruh.Misal : ingin membuat brief mengenai investasi maka sebaiknya menyertakan informasi mengenai instrumen yang ingin dibahas tersebut.Alangkah baiknya jika memperhatikan juga bahwa informasi tersebut sesuai dengan keperluan SEO atau tidak sehingga kegiatan marketing dapat berjalan dengan baik.

Target Audiens

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam proses pembuatan content brief ini yaitu target audiens.Hal ini karena informasi mengenai target siapa audiens yang dituju dapat menentukan arah proses kreatif marketer dalam membuat sebuah konten.

Karena itu,sebaiknya kalian perhatikan juga informasi yang menyeluruh tentang audiens brand perusahaan di dalam content brief sehingga bisa menghasilkan konten terbaik.Untuk lebih jelasnya,bisa menulis brief seperti data demografis,informasi perilaku audiens serta pola pembelian audiens agar campaign dapat menciptakan marketer yang terlihat lebih relevan.

Tenggat Waktu Pembuatan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya saat membuat content brief yakni tenggat waktu pembuatan.Hal ini penting karena perusahaan biasanya memiliki timeline tersendiri terkait marketing campaign yang dijalani.

Tidak hanya itu,dengan mencantumkan deadline ini akan sangat bermanfaat bagi para marketer.Hal ini karena informasi ini sangat membantu dalam merencanakan konten serta pengaturan waktu kerja.Ini tentunya akan sangat membantu untuk membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Arahan Visual

Selanjutnya dalam content brief juga sebaiknya kalian memperhatikan arahan visual dari konten yang akan dbuat.Hal ini karena sebuah konten dalam blog maupun platform media sosial seperti instagram membutuhkan rancangan desain visual untuk proses upload content tersebut.

Pembuatan visual ini bertujuan untuk membuat konten lebih menarik dan tidak membosankan.Sehingga target pasar nantinya tertarik untuk melihat konten yang kalian buat.Karena itu,sebaiknya kalian benar-benar memperhatikan konten yang dibuat.Jika memungkinkan kalian bisa menyertakan contoh rancangan visual dari desain yang ingin digunakan.

 

Demikianlah artikel tentang content brief,Manfaat content brief hingga cara pembuatannya.Membuat content brief tidak sulit bukan ? Nah setelah Anda mengetahui itu semua,sekarang kalian sudah bisa memulai membuat content brief untuk perusahaan/usaha kalian.

Selalu perhatikan dan terapkan setiap langkah di atas,sehingga hasil konten untuk marketing perusahaan bisa maksimal dan target marketing pun bisa tercapai.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

20 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago