HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Endorsement : Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Tipsnya

Seiring berjalannya waktu, kita sering mendengar istilah endorsement di media sosial. Apalagi jika kita membuka akun jejaring sosial orang-orang terkenal atau publik figur. Endorsement merupakan istilah populer dalam dunia pemasaran yang merupakan salah satu bentuk promosi barang atau jasa di jejaring sosial. Endorsement ini merupakan taktik komersial yang dilakukan produsen agar produknya laku di tangan konsumen. Promosi dengan menggunakan endorsement ini boleh atau tidak dilakukan untuk mendapatkan kompensasi, tergantung kesepakatan antara brand dan promotor. Jadi Anda dapat meminimalkan biaya finansial yang terkait dengan iklan produk.

Pengertian Endorsement

Dalam bahasa Inggris, endorse artinya mendukung atau menyokong. Oleh karena itu endorsement dapat diartikan sebagai dukungan atau sokongan. Endorsement juga diartikan sebagai pengakuan pengiklan produk bahwa ia menggunakan dan menikmati produk yang diiklankan, yang dimaksudkan untuk mempengaruhi calon konsumen agar membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Endorsement adalah suatu bentuk iklan yang dilakukan atau dipromosikan oleh selebriti, tokoh masyarakat, atau orang lain yang terkenal, dapat dipercaya, dihormati, atau berpengaruh di masyarakat.  Selebriti, orang terkenal, atau orang berpengaruh adalah seseorang yang diperhatikan dan dikagumi masyarakat. Oleh karena itu, teknik pemasaran yang disertai dengan endorsement ini akan lebih banyak dilihat oleh calon konsumen dibandingkan iklan tradisional.

Jenis Endorsement

  1. Endorsement Berbayar

Endorsement yang berbayar adalah jenis endorsement yang memerlukan uang dan kontrak eksklusif, untuk melakukan perjanjian dengan tokoh masyarakat yang ditunjuk untuk mempromosikan produk barang dan jasa tersebut. Kontrak tersebut mencakup tentang hak dan kewajiban untuk tokoh masyrakat dan merek. Biasanya para tokoh masyarakat akan dibayar dengan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan, yang kemudian dikirimkan kepada mereka bersama dengan produk barang dan jasa yang akan ditawarkan, untuk mencobanya terlebih dahulu.

  1. Endorsemet Tidak Berbayar

Endorsement tidak berbayar atau endorsement terselubung, adalah endorsement yang dilakukan tanpa membayar jasa pengiklan. Sebuah merek  cukup mengirimkan sampel produk kepada tokoh masyarakat sehingga mereka dapat mencoba mengevaluasi produk tersebut terlebih dahulu .

Endorsement tidak berbayar dapat dianggap dengan iklan gratis. Oleh karena itu tidak ada hak dan kewajiban khusus untuk pengiklan. Pengiklan atau tokoh masyarakat dapat memberikan dukungan ini, karena mereka menyukai produk tersebut, dan bebas menyatakan atau memberikan pendapatnya mengenai produk tersebut dengan jangka waktu yang tidak ditentukan.

Manfaat Endorsement Bagi Pengusaha dan Influencer

Mengingat proses dan biaya yang diperlukan, endorsement merupakan strategi yang tampaknya rumit untuk diterapkan. Namun, ada banyak manfaat yang bisa diraih baik bagi pengusaha maupun influencer.

1. Manfaat Endorsement Bagi Pengusaha

Ada beberapa manfaat endorsement bagi wirausahawan, terutama dalam kaitannya dengan tiga saluran pemasaran besar (branding, traffic, dan sales conversion).

  • Memperkenalkan Produk ke Konsumen Tertarget

Sebelum memutuskan endorsement, sebaiknya pengusaha memeriksa terlebih dahulu apakah influencer yang mereka pilih cocok untuk target konsumen produknya. Misalnya untuk produk  yang ideal adalah artis atau selebriti yang dikenal dengan kecantikannya atau kreator konten di bidang kecantikan. Jika produk kecantikan Anda muncul di feed seorang influencer di bidang serupa, maka otomatis Anda akan langsung melakukan promosi ke target pasar yang tepat (peminat kecantikan).

  • Meningkatkan Brand Exposure

Manfaat endorsement berikutnya yang diterima pengusaha adalah peningkatan brand exposure, atau penambahan orang yang dikenalkan pada brand.Saat pertandingan catur antara Dewa Kipas dan Grandmaster Irene di awal tahun 2021 disiarkan langsung di Youtube, dan disponsori oleh beberapa brand ternama, termasuk brand marketplace. Mungkin marketplace tidak ada hubungannya dengan permainan catur. Akan tetapi brand marketplace tersebut berhasil mendapat brand exposure tinggi dari acara tersebut.

  • Menambah Traffic ke Funnel Bisnis

Jika Anda melakukan endorsement artis dengan tujuan traffic, Anda dapat membuat akun media sosial perusahaan pada saat yang sama artis pilihan Anda mengunggah konten yang didukung. Selain itu jika yang Anda lakukan adalah Instagram endorsement, maka Anda dapat meminta artis pilihan Anda menggunakan fitur “Swipe Up” menuju website produk.

  • Membuat Bisnis Menjadi Viral

Menjadi viral adalah kondisi saat seseorang membuat heboh media sosial dan konten tersebut disebarkan berulang kali ke lebih banyak penonton.Jika strategi endorsement Anda ampuh dan benar-benar disukai, maka konten endorse Anda akan menjadi “buah bibir” di media sosial. Contohnya saat salah satu aplikasi di Indonesia melakukan endorsement ke grup band Korea Selatan. Nama aplikasi tersebut langsung populer dan menjadi bahasan di banyak sosial media.

Cara Kerja Endorsement Dalam Memasarkan Produk

Proses endorsement memerlukan waktu yang singkat. Untuk mencapai tahap kesepakatan, proses endorsement bisa memakan waktu hingga 1-2 bulan karena sejumlah dokumen dan negosiasi harus diselesaikan. Selain itu, mengukur keberhasilan endorsement tidak dapat dilakukan secara instan. Bagi mereka yang tertarik untuk endorsement artis atau menjadi sukarelawan, berikut adalah proses umum cara kerja endorsement.

  1. Tahap Penawaran
    Tahap pertama endorsement adalah tahap penawaran kepada influencer. Di tahap ini, pengusaha harus mempelajari srtuktur penetapan harga dan memastikan apakah itu sesuai dengan anggaran marketing perusahaan.

  2. Tahap Negosiasi
    Tahap berikutnya dalam proses endorsement adalah tahap negosiasi. Di tahap ini, pengusaha dapat menanyakan opsi-opsi endorsement dengan tarif yang bervariasi. Misalnya tarif Instagram endorsement untuk story sebesar Rp350.000 per story, sedangkan untuk konten feed sebesar Rp1.500.000.

  3. Tahap Kesepakatan dan Briefing
    Tahap ketiga endorsement adalah tahap kesepakatan dan briefing. Setelah kesepakatan dicapai, pengusaha harus memberikan surat perjanjian yang harus ditandatangani kedua belah pihak.

    Selain itu, pihak pengusaha juga wajib memberikan petunjuk skenario untuk endorsement. Pengusaha bisa meminta influencer memasarkan produk seperti biasa, membuat skenario, atau sekadar foto dengan menggunakan produk.

  4. Tahap Pelaksanaan Endorsement
    Di tahap ini, pengusaha hanya perlu menunggu proses produksi konten endorsement dari influencer. Sebaiknya di tahap pelaksanaan, pihak pengusaha sudah tidak mengajukan revisi-revisi lagi.

  5. Tahap Evaluasi
    Setelah konten endorse diposting oleh influencer/disimpan oleh pihak pengusaha (sesuai kesepakatan), selanjutnya adalah tahap evaluasi. Di tahap ini, pengusaha perlu menganalisa hasil endorsement. Hasil endorsement meliputi engagement rate konten, traffic yang didapat, dan konversi sales.

Cara Mengajukan Endorsement Ke Influencer

  1. Lakukan Riset Influencer
    Cara paling pertama untuk mengajukan endorsement adalah riset influencer terlebih dahulu. Buatlah daftar influencer potensial yang akan Anda tawari kerjasama. Jangan lupa untuk memeriksa engagement rate dari tiap influencer, mulai dari like harian sampai interaksi dengan pengikut. Faktanya, tidak jarang influencer memiliki jutaan pengikut, tapi sebagian besar tidak aktif berinteraksi.

  2. Ajukan Penawaran pada Influencer Terpilih
    Setelah memilih influencer, lakukan penawaran kerjasama. Selama proses penawaran, tanyakan juga berapa rate card influencer tersebut. Sekaligus memberikan informasi singkat mengenai produk yang akan dijadikan konten endorsement.

  3. Negosiasikan Rate Card
    Setelah rate card diterima, Anda dapat menegosiasikan rate card tersebut dan fasilitas-fasilitas endorsement yang dapat Anda terima. Di tahap ini, pastikan mengomunikasikan semuanya dengan jelas untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman.

  4. Buat Surat Kesepakatan Kerjasama
    Selanjutnya setelah harga dan fasilitas disepakati, buat surat kesepakatan tertulis sebagai dokumentasi. Jika diperlukan, gunakan materai untuk menjamin kesepakatan di atas hukum.

  5. Lakukan Briefing Influencer
    Setelah kesepakatan ditandatangani, siapkan materi informasi untuk influencer. Pastikan draft briefing sudah siap sebelum dikirimkan. Jika memungkinkan, jadwalkan pertemuan dengan influencer sebelum pelaksanaan shooting endorsement.

  6. Evaluasi Performa Endorsement
    Setelah proses shooting endorsement selesai dan konten sudah diunggah, evaluasi performa konten endorsement Anda. Masa evaluasi performa ini dapat bervariasi sesuai kebijakan perusahaan.

Cara Mendapatkan Endorsement dari Orang Lain

  1. Bangun Personal Branding yang Baik
    Langkah pertama untuk mendapatkan endorsement adalah membangun merek pribadi yang baik. Buktikan bahwa Anda layak mendapat endorsement menjadi seseorang yang influencer, khususnya di media sosial. Ada banyak cara berbeda untuk membangun personal branding, Anda dapat menjadi kreator microblog, videografer, model, atau Youtuber. Berangkatlah dari hobi/passion Anda, lalu konsisten berkarya dengan hal tersebut.

  2. Tingkatkan Pengikut di Media Sosial
    Cara kedua mendapatkan endorsement adalah dengan meningkatkan pengikut di media sosial. Tanpa pengikut, kecil kemungkinan Anda mendapatkan endorsement, tidak peduli seberapa bagus konten Anda. Oleh karena itu, buatlah konten yang menarik bagi pengguna media sosial. Dengan ini, pengguna media sosial pun akan tertarik menjadi pengikut Anda.

  3. Sesuaikan Rate Card dengan Influence Rate
    Saat baru memulai karir sebagai influencer, sebaiknya jangan memasang rate card terlalu tinggi. Sesuaikan rate card yang ditetapkan berdasarkan jumlah pengikut dan engagement akun media sosial Anda. Rate card ini dapat dinaikkan sewaktu-waktu mengikuti perkembangan pengaruh Anda di mata publik (influence rate).

  4. Bersikap Kooperatif terhadap Klien
    Cara mendapatkan endorsement berikutnya yang wajib Anda ingat adalah bersikap ramah dan kooperatif. Komunikasikan kepentingan Anda pada klien dengan cara yang baik dan tidak semena-mena. Jika nama Anda dikenal baik oleh pelanggan, akan lebih banyak pelanggan yang akan datang untuk menawarkan endorsement.

  5. Optimalkan Pengerjaan Endorsement
    Endorsement adalah aktivitas bisnis, jadi harus menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat. Saat kesepakatan endorsement terjadi, klien mempercayai Anda untuk membuat konten terbaik bagi mereka. Oleh karena itu, kerjakan konten endorsement pesanan klien seoptimal mungkin.

Endorsement mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap pengguna media sosial. Melihat orang-orang yang kita hormati, baik itu teman dekat atau tokoh masyarakat, mendukung suatu produk membuat kita lebih cenderung membeli produk tersebut di masa depan. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial dan endorsement akan selalu mengikuti kodrat kemanusiaan kita.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

21 hours ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

22 hours ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

4 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago