HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mudah Mencari Kata Kunci SEO

Untuk bisa menaikan pengunjung situs, pengelola website harus memahami cara mencari kata kunci yang baik dan benar. Sebab apabila tidak memahaminya, maka website akan tertinggal dari website kompetitor. Namun, sampai saat ini banyak penulis konten yang belum mengetahui cara mencari kata kunci yang baik dan benar. Tentu hal ini bisa menyebabkan website sepi pengunjung.

Jika Anda sudah memahami pentingnya kata kunci yang baik dan benar, maka Anda perlu memahami lebih dalam tentang Search Engine Optimization (SEO). SEO akan memberikan hasil kemampuan Anda meraih ranking teratas di mesin pencarian berdasarkan sistematika tertentu yang disebut dengan Rank Brain. Namun, tentunya diperlukan penelitian untuk bisa menentukan kata kunci SEO yang tepat.

Cara Mencari Kata Kunci

Salah satu cara mencari kata kunci yang paling tepat adalah dengan melakukan penelitian yang mendalam. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari kata kunci, yaitu popularitas suatu kata, search volume, dan general intent.

Umumnya, dalam mencari kata kunci digunakan keyword checker yang tersedia dalam banyak brand, baik yang gratis maupun berbayar. Platfrom keyword checker berbayar biasanya akan menawarkan fitur dan informasi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan yang gratis. Namun, jika Anda baru terjun ke dalam dunia website, maka sebaiknya Anda menggunakan keyword checker yang gratis.

Tools Mencari Kata Kunci Berbayar

a) Google Keyword Planner

Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan. Jadi, tidak heran jika dalam memahami cara mencari kata kunci Anda akan diarahkan menuju Google Keyword Planner. Nah berikut ini, langkah-langkah mencari keyword dengan Google Keyword Planner.

    1. Login ke Google Ads
    2. Pilih tujuan Google Ads
    3. Pilih discover new keyword
    4. Get search volume and forecast
    5. Pilih filter kata kunci
    6. Ambil kata kunci dari kompetitor
    7. Pilih kata kunci yang paling potensial

b) io

Jika Anda tipe pembuatan konten yang tidak terlalu peduli dengan volume kata kunci, Anda bisa coba menggunakan Keywordtool.io. Data yang digunakan oleh mesin pencari kata kunci ini berasal dari Yahoo, Bing, Apple App Store, dan Gmail.

c) SEMRush Premium

Tingkat persangian kata kunci terus meningkat dari hari ke hari. Apalagi, umumnya kata kunci mirip antara satu dengan yang lainnya. Hal ini membuat Anda lebih sulit dalam memetakan posisi lawan. Tetapi dengan menggunakan SEMRush Premium Anda bisa dengan mudah mengetahui tingkat persaingan dari kata kunci yang diketik.

d) Ahrefs Keyword Explorer

Terdapat 5 milyar data yang ada dalam platform pencari kata kunci yang satu ini sehingga hal ini sangat memudahkan Anda dalam mempermudah mendapatlan kata kunci yang potensial. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi dari website kompetitor yang berada pada 10 halaman teratas.

Tools Mencari Kata Kunci Gratis

a) KWFinder

Menggunakan tools ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menebak dan memasukan kata kunci yang memberikan ranking tertinggi di mesin pencari, lokasi negara yang menjadi targe, dan bahasanya. Selanjutnya, hasilnya akan diberikan oleh KWFinder.

Dengan KWFinder, Anda juga bisa mengetahui perkembangan trend suatu kata kunci dalam 1 tahun. Selain itu, beberapa informasi lainnya juga diberikan oleh KWFinder ini, seperti volume pencarian, rate CPC, maupun PPC.

b) Google

Google merupakan mesin pencari sekaligus mesin pencari kata kunci yang sangat mudah untuk digunakan. Dimana setiap Anda mengetikan sesuatu di bagian bar pencarian akan terlihat banyak kumpulan data yang senada di bawah bar tersebut. Nah, informasi inilah yang bisa Anda pakai untuk menentukan sebuah keyword dalam konten. Hal ini dikarenakan, setiap kata yang sering dicari pengunjung aan disimpan sebagai riwayat pencarian.

Itulah beberapa tools yang dapat membantu Anda dalam mencari kata kunci yang baik dan benar untuk membua sebuah konten. Semoga bemanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

23 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

1 day ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

4 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

4 days ago