HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Fungsi NFC Di Smartphone

Near Field Communication merupakan bentuk komunikasi jarak pendek yang memanfaatkan gelombang sinyal operator. Gelombang ini merupakan medan elektrik atau magnetik namun bukan elektromagnetik.NFC perlu 2 perangkat kompatibel, satu perangkat sebagai transmitter dan perangkat lain sebagai penangkap sinyal.

2 perangkat yang dibutuhkan NFC bersifat pasif dan aktif.Yang dimaksud dengan perangkat pasif yakni berfungsi mengirimkan sinyal dan tidak perlu mengelola informasi apapun sedangkan untuk perangkat aktif berfungsi mengoneksikan,mengirim dan menerima data.NFC menjadi salah satu pertimbangan konsumen ketika membeli HP, karena NFC memiliki berbagai fungsi.

Mari mengenal fungsi-fungsi NFC pada Smartphone :

Bertukar Data antar Perangkat HP

NFC memberikan layanan bertukar data antar perangkat melalui sistem Android Beam.Sistem ini merupakan salah satu fitur yang ada pada Android.Dengan fitur ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk saling bertukar data dengan cara menempelkan kedua perangkat.

Cara melakukan pertukaran data cukup mudah pengguna memilih file yang akan dibagikan kemudian buka Android Beam dan pilih kirim.Pertukaran antar perangkat membutuhkan dua perangkat atau HP yang memiliki fitur Android Beam yang dilengkapi dengan NFC.Kelebihan adanya proses bertukar data melalui NFC yakni tidak memakan banyak daya bahkan bisa diproses tanpa daya.

Mengoper Data ke Komputer

Entah komputer,PC ataupun laptop,perangkat tersebut kini sudah banyak yang memiliki fitur NFC sehingga dapat melakukan transmisi data dari HP ke komputer.Namun sebelum melakukan transmisi pastikan smartphone kalian telah memiliki fitur NFC. Setelah itu pengguna dapat menghubungkan antar perangkat,smartphone dengan Komputer untuk mengoper data tanpa perlu kabel atau bluetooth.

Melakukan Transaksi

Pengguna dapat memanfaatkan fitur NFC untuk melakukan transaksi pembayaran.Caranya yakni dengan memindai perangkat pembayaran melalui HP atau smartphone kemudian secara otomatis sistem akan memproses pembayaran.

Setelah itu tekan konfirmasi pembayaran dan saldo pengguna akan berkurang.Terakhir pengguna mendapatkan bukti transaksi pembayaran melalui fitur tersebut.

Berbagi Nomor Telepon

NFC dapat melakukan pengiriman nomor telepon dengan mendekatkan antar perangkat HP atau smartphone. Kedua perangkat yang saling berbagi harus memiliki fitur NFC.Cara ini hampir sama dengan fungsi sebelumnya,mengirimkan file antar perangkat.Secara manual dapat mengetik nomor telepon seseorang namun NFC membantu pengguna mendapatkan cara yang lebih efisien.

Melakukan Berbagi Koneksi Wifi

Fungsi NFC juga dimanfaatkan untuk saling berbagi koneksi Wifi.Fungsi ini dapat dilakukan sesama perangkat seperti antar HP atau smartphone.Cara melakukan proses tersebut hampir sama seperti cara-cara sebelumnya yakni dengan mendekatkan kedua perangkat kemudian perangkat akan memindai.Lalu memasukkan kata sandi jika perangkat lain memasang keamanan sandi.

Cara ini dapat dilakukan pada Wifi Porter bahkan kalian dapat secara langsung terkoneksi dengan Wifi Porter tanpa memasukkan kata sandi.Dengan menempelkan HP ke tempat yang telah disediakan tunggu hingga Wi-Fi terhubung secara otomatis.

Merekomendasikan Aplikasi

NFC membantu pengguna HP atau smartphone untuk mengarahkan perangkat lain menuju aplikasi yang disarankan.Dengan fasilitas tersebut tentu memudahkan pengguna memberikan informasi aplikasi tanpa perlu mendeskripsikan aplikasi.Fungsi ini dapat memberikan kemudahan antar orang untuk saling merekomendasikan aplikasi apa pun,misal aplikasi game.

Melakukan Top Up Saldo E-Money

Karena kemajuan teknologi seperti sekarang ini,banyak orang mulai beralih menggunakan metode pembayaran online. Sehingga tidak jarang orang meninggalkan metode pembayaran secara tunai.Untuk itu,diperlukan cara praktis mengisi saldo  tanpa perlu khawatir kehabisan saldo pengguna dapat memanfaatkan fitur NFC.

NFC melakukan pengisian atau top up saldo e-money dengan mudah selain pengisian NFC juga dapat melakukan pembayaran dan pengecekan saldo dalam kartu e-money.Fungsi ini dapat dilakukan pada HP atau smartphone sehingga mudah digunakan di mana saja dan tanpa batas waktu.

Sebagai Pengganti Kartu Akses

NFC juga berfungsi sebagai pengganti kartu akses untuk menggantikan kartu-kartu yang sifatnya konvensional.NFC disebut memiliki multifungsi yang dapat dipakai untuk beberapa akses,seperti akses kamar hotel maupun apartemen,membuka kamar, mengakses penggunaan lift dan dapat dilakukan tanpa batasan waktu.Cara melakukannya mudah saja,pengguna hanya perlu memindahkan data kartu akses konvensional pada HP atau smartphone.

Melakukan Order Makanan 

Sekarang banyak aplikasi menyediakan layanan pesan antar makanan dari tempat makan menuju alamat pemesan maupun secara dine in memesan makanan dari tempat duduk.Ternyata NFC juga bisa melakukan fungsi ini.

Contoh : Negara Australia memanfaatkan NFC sebagai aplikasi order makanan.Caranya dengan mendatangi salah satu tempat makan,membuka aplikasi pemesan makanan kemudian mendekatkan atau menempelkan HP pada tempat dan meja yang pemesan singgahi.Pengunjung tidak perlu khawatir terhadap pesanan karena aplikasi tersebut telah terhubung dengan pihak restoran dan pesanan akan segera diantar ke meja kalian.

Menjalankan Aplikasi Di Perangkat Berbeda. 

NFC dapat merekomendasikan aplikasi pada pengguna melalui perangkat yang berbeda.Hal tersebut berhubungan dengan fungsi selanjutnya yakni melalui perangkat yang berbeda pengguna dapat menjalankan sebuah aplikasi.

Hal yang harus diperhatikan yakni memastikan antar perangkat memiliki aplikasi yang sama.Sudah banyak perangkat elektronik seperti smartphone yang didesain memiliki interkonektivitas pada perangkat multi-platform sehingga hal ini dapat mendukung NFC untuk melakukan mobilisasi aplikasi melalui perangkat yang berbeda.

Melakukan Check In

NFC dapat ditemukan pada setiap perangkat smartphone yang mendukung fitur ini.Fungsi NFC lainnya yakni dapat melakukan check in seperti check in hotel dan check in scan barcode di suatu tempat untuk menunjukkan pergerakan pengguna pada suatu tempat tertentu.Hal ini memudahkan tracking setiap orang untuk mengetahui posisi dan letak koordinat tertentu.

Melakukan Charge HP Tanpa Kabel

Pada tahun 2020 NFC sudah melakukan upgrade layanan terbarunya yakni bisa melakukan pengisian daya baterai smartphone tanpa melalui kabel.Cara melakukan pengisian daya yakni dengan menempelkan 2 perangkat atau dengan cara induksi.

Namun belum banyak orang yang mengetahui fungsi ini sebab jarang sekali digunakan.Pada penutup belakang HP diberikan benda khusus yang disisipkan agar dapat menghantarkan arus listrik ke baterai.NFC memiliki 2 perangkat yang bersifat aktif dan pasif.Perangkat aktif akan menghantarkan daya menuju perangkat pasif.

 

Demikian beberapa fungsi NFC yang dapat kalian ketahui,semoga artikel ini bermanfaat !

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

16 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago