HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Integrated Development Environment (IDE) Dalam Programan

Pemrograman modern tidak dapat dipisahkan dari alat pemrograman. Dalam pemrograman ada istilah Integrated Development Environment (IDE). Jika diartikan secara harfiah, IDE berarti lingkungan pengembangan terintegrasi. IDE pada dasarnya adalah sebuah alat yang menyediakan fungsionalitas komprehensif untuk mendukung aktivitas pemrograman.

Sebuah IDE, baik yang berbasis web maupun yang berbasis desktop, sangatlah penting bagi seorang programmer. Memilih IDE yang tepat dapat meningkatkan atau menghancurkan pengalaman pemrograman Anda. Pilihlah IDE sesuai dengan kebutuhan Anda, karena kebutuhan Anda mungkin berbeda dengan rekan-rekan Anda, terutama di dunia pemrograman.

IDE memiliki jangkauan kemampuan yang jauh lebih luas, meskipun ada kasus di mana editor teks lebih mudah digunakan (karena fungsionalitas dasarnya sudah memadai) dan bisa dibilang lebih cocok untuk menyelesaikan tugas ketika pengguna yang hanya ingin menulis skrip sederhana atau menyiapkan HTML dasar daripada IDE yang rumit.

Pengertian Integrated Development Environment (IDE)

IDE (Integrated Development Environment) adalah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan fungsi-fungsi yang mendukung pengembangan perangkat lunak. Integrated development environment (IDE) adalah rangkaian perangkat lunak yang menggabungkan alat dasar yang diperlukan untuk menulis dan menguji perangkat lunak. Ini bersifat Graphical User Interface (GUI), yang berarti menggunakan jendela dan kontrol seperti tombol untuk menampilkan informasi dan menerima masukan pengguna.

Pengembang menggunakan banyak alat saat membuat, membangun, dan menguji kode perangkat lunak. Alat pengembangan biasanya mencakup editor teks, pustaka kode, kompiler, dan platform pengujian. Tanpa IDE, pengembang harus memilih, menerapkan, mengintegrasikan, dan mengelola semua alat ini secara terpisah. Ini terbukti menjadi alat yang sangat berguna saat membuat kode dalam banyak bahasa karena berbagai alasan.

IDE menyatukan banyak alat terkait pengembangan ini ke dalam satu kerangka kerja, aplikasi, atau layanan. Toolkit terintegrasi ini dirancang untuk menyederhanakan pengembangan perangkat lunak dan dapat mengidentifikasi serta meminimalkan kesalahan pengkodean dan ejaan. Beberapa IDE bersifat open source, sementara yang lain merupakan produk komersial. IDE dapat berupa aplikasi mandiri atau bagian dari paket yang lebih besar.

IDE biasanya mencakup fitur berikut:

  • Source code editor :Editor teks ini dapat membantu menulis kode perangkat lunak dengan fitur seperti penyorotan sintaksis dengan isyarat visual, pelengkapan otomatis ke dalam bahasa, dan memeriksa kesalahan ketika kode sedang ditulis.
  • Local build automation : Ini adalah utilitas yang mengotomatiskan tugas sederhana dan berulang dalam membangun perangkat lunak secara lokal untuk digunakan oleh pengembang, seperti mengkompilasi kode sumber komputer menjadi kode biner, mengemas kode biner, dan menjalankan pengujian otomatis.
  • Debugger : Ini adalah program untuk menguji program lain yang secara grafis dapat menunjukkan lokasi kesalahan dalam kode aslinya.

Sejarah Integrated Development Environment (IDE)

Sebelum munculnya IDE, pemrogram sering kali menulis programnya menggunakan editor teks. Mereka menulis dan menyimpan aplikasi dalam editor teks sebelum menjalankan kompiler, menyimpan pesan kesalahan, dan kemudian kembali ke editor teks untuk meninjau kodenya. Pada tahun 1983 Borland LLC mengakuisisi kompiler Pascal dan merilisnya sebagai TurboPascal, yang untuk pertama kalinya memiliki editor dan kompiler terintegrasi.

TurboPascal mungkin memelopori gagasan integrated development environment, namun banyak yang percaya bahwa Microsoft Visual Basic (VB), yang dirilis pada tahun 1991, sebenarnya adalah IDE pertama dalam sejarah. Dibangun menggunakan bahasa BASIC, Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang populer pada tahun 1980an. Pengenalan Visual Basic memungkinkan untuk berpikir tentang pemrograman dalam istilah grafis dan memiliki manfaat yang signifikan dalam hal produktivitas menjadi jelas.

Manfaat Integrated Development Environment (IDE) 

Integrated development environment bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pengembang. IDE ini dapat meningkatkan produktivitas dengan mempersingkat waktu penyiapan, mempercepat tugas pengembangan, memberi informasi kepada pengembang tentang praktik terbaik dan ancaman terbaru, lalu menstandarkan proses pengembangan sehingga semua orang dapat mempelajarinya. Berikut beberapa manfaat IDE.

  1. Pengaturan lebih cepat

Pemrogram harus meluangkan waktu untuk menyiapkan beberapa alat pengembangan yang tidak memiliki antarmuka IDE. Dengan mengintegrasikan IDE, pemrogram dapat mengatur fitur yang sama di satu tempat tanpa harus terus-menerus berpindah alat.

  1. Development task yang lebih cepat

Integrasi development task yang lebih ketat berarti  peningkatan produktivitas pengembang. Misalnya, pengembang dapat menganalisis kode dan memeriksa sintaksis saat mengedit, sehingga memungkinkan adanya umpan balik segera ketika terjadi kesalahan sintaksis. Pemrogram tidak perlu lagi berpindah antar aplikasi untuk menyelesaikan tugas. Selain itu, alat dan fitur IDE membantu pemrogram mengatur sumber daya, menghindari kesalahan, dan menerapkan pintasan.

IDE juga dapat membantu merestrukturisasi proses pembangunan dengan mempromosikan strategi secara keseluruhan. IDE mendorong pemrogram untuk memikirkan tindakan mereka dalam hal seluruh development cycle (SDLC), dibandingkan dengan serangkaian tugas terpisah.

  1. Menjadi alat pembelajaran yang baik

Manfaat lain dari IDE adalah kemampuannya untuk diperbarui. Misalnya, topik bantuan IDE terus diperbarui,  dengan contoh baru, contoh proyek, dan  banyak lagi. Pengembang yang terus belajar  dan  mengikuti perkembangan praktik terbaik  akan lebih mungkin memberikan nilai tambah pada tim dan bisnis mereka, sekaligus meningkatkan produktivitas mereka.

  1. Standardisasi

Hal Ini juga dapat mengatur  tentang proses pengembangan, membantu pemrogram bekerja sama dengan lancar, dan membantu karyawan baru  mempercepat proses sehingga mereka dapat mulai bekerja.

Karakteristik Integrated Development Environment (IDE) 

Ada banyak kasus penggunaan bisnis dan teknis yang berbeda untuk IDE, yang juga berarti ada banyak pilihan IDE sumber terbuka dan kepemilikan. Biasanya fitur atau perbedaan pada sebuah IDE adalah :

  1. Jumlah bahasa yang didukung : Beberapa IDE dikhususkan untuk satu bahasa dan lebih cocok untuk paradigma pemrograman tertentu. Misalnya, IntelliJ disebut Java IDE. IDE lain mendukung berbagai bahasa, seperti IDE Eclipse  yang mendukung Java, XML, Python, dan banyak lagi.
  1. Sistem operasi yang didukung : Sistem operasi pengembang akan membatasi IDE mana yang dapat digunakan (kecuali IDE berbasis cloud) dan apakah aplikasi yang dikembangkan ditujukan untuk pengguna akhir dengan sistem operasi tertentu (seperti Android atau iOS), yang dapat menimbulkan hambatan tambahan.
  1. Fitur otomatisasi : Meskipun sebagian besar IDE menyertakan 3 fitur utama editor teks, otomatisasi build, dan debugger, banyak IDE menyertakan dukungan untuk fitur tambahan seperti pemfaktoran ulang, pencarian kode, dan alat continous integration & continous deployment (CI/CD).
  1. Dampak pada kinerja sistem : Kapasitas memori IDE dapat menjadi pertimbangan penting  jika pengembang ingin menjalankan aplikasi intensif memori lainnya secara bersamaan.
  1. Plugin dan ekstensi : Beberapa IDE menyertakan kemampuan untuk menyesuaikan alur kerja berdasarkan kebutuhan dan preferensi pengembang.

Jenis Integrated Development Environment (IDE) 

  1. Multi-Language IDEs

Jenis pertama adalah Integrated Development Environment multi-bahasa atau multi-language IDEs. Ini termasuk Eclipse, NetBeans, Komodo, Aptana dan Geany yang mendukung banyak bahasa pemrograman.

  1. Mobile Development IDEs

Berikutnya adalah IDE pengembangan seluler atau Mobile Development IDEs. Tentu, ada IDE khusus untuk pengembangan seluler, termasuk PhoneGap dan Titanium Mobile Appcelerator. Banyak IDE, khususnya IDE multibahasa, memiliki plugin pengembangan seluler. Misalnya, Eclipse  juga mempunyai fitur ini.

  1. HTML IDEs

Lalu ada IDE HTML, beberapa IDE terpopuler yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi HTML. Misalnya, Integrated Development Environment seperti HomeSite, DreamWeaver, atau FrontPage mengotomatiskan banyak tugas terkait pengembangan situs web.

  1. Cloud-Based IDEs

Kemudian, cloud computing atau IDE berbasis cloud mulai semakin populer. Memang benar bahwa kemampuan IDE berbasis web ini berkembang pesat, dan sebagian besar vendor besar mungkin perlu menawarkannya juga untuk bersaing. Cloud IDE memungkinkan pengembang mengakses kode mereka dari mana saja. Misalnya, Nitrous adalah platformIntegrated

Development Environment  berbasis cloud yang mendukung Ruby, Python, Node.js, dan lainnya. Atau seperti Cloud9 IDE  mendukung lebih dari 40 bahasa termasuk PHP, Ruby, Python, JavaScript dengan bahasa Node.js dan  Go. Ada juga Heroku, yang merupakan platform pengembangan sebagai layanan (PaaS) berbasis cloud yang mendukung berbagai bahasa pemrograman.

  1. Platform Specific IDEs

IDE platform khusus atau platform specific IDEs  ini ditujukan bagi mereka yang bekerja di lingkungan Android, Apple, atau Microsoft.

  1. Language Specific IDEs

Hal terakhir yang dapat kami bagikan di sini adalah IDE  khusus bahasa. Beberapa Integrated Development Environment juga melayani pengembang yang bekerja  dalam satu bahasa. Ini termasuk CodeLite dan C-Free untuk C atau C++, Jikes dan Jcreator untuk Java, Idle untuk Python, dan RubyMine untuk Ruby on Rails.

Kita dapat menyimpulkan bahwa Integrated Development Environment atau IDE adalah aplikasi perangkat lunak yang dengan mudah mendefinisikan representasi visual lokasi file dan memudahkan pengguna untuk memahaminya. Biasanya berisi alat pengembangan seperti editor teks, pustaka kode, kompiler, dan platform pengujian, dan mencakup setidaknya beberapa alat otomatisasi dan debugger.

Net Beans dan Eclipse adalah contoh IDE yang bagus, berisi compiler, interpreter, atau keduanya. IDE lain seperti Sharp Development dan Lazarus tidak menyertakan alat ini. IDE mampu menggunakan fungsionalitas beberapa proses pemrograman dalam satu proses. Beberapa IDE akan bekerja pada bahasa pemrograman tertentu dan juga berisi fitur multibahasa.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

37 mins ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

2 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

3 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago