HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Upstream Marketing dan Downstream Marketing Strategi yang Cocok untuk Pemasaran

Pernahkan Anda mendengar istilah downstream dan upstream marketing? Yaa, keduanya merupakan rencana yang diterapkan untuk keperluan pemasaran. Meskipun demikian, kedua plan marketing tersebut saling bertolak belakang. Upstream berasal dari bahasa Inggris yang artinya ke hulu, sedangkan Downstream artinya ke hilir. Namun, walaupun keduanya bertolak belakang, keduanya bisa dikombinasikan menjadi rencana pemasaran yang cukup menjadi dasar pembentukan konsep, strategi, dan keputusan bisnis lainnya.

Lantas, apa itu upstream? apa itu downstream marketing? Nah, yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Upstream Marketing?

Upstream marketing merupakan rencana marketing jangka panjang yang mengizinkan pelaku pemasaran untuk mengkonsep timeline ke depannya berdasarkan customer segments. Sederhananya, upstream marketing adalah proses untuk merancang dan menyelesaikan permasalahan customer. Sehingga hal ini dapat membantu perusahaan atau bisnis mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh customer.

Dalam upstream marketing, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti identifikasi masalah yang dihadapi customer. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan atau produk yang ditawarkan. Maka dari itu, perlu untuk menganalisa pasar dan mengamati semua feedback yang diberikan oleh customer. Apabila responnya negatif, perusahaan seharusnya membuat pembaruan. Dan apabila responnya positif, perusahaan harus tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain itu, dengan analisa pasar juga membantu marketer mengetahui waktu yang tepat untuk merilis produk terbaru. Serta, harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas produk apa belum.

Apa itu Downstream Marketing

Downstream marketing bisa disebut dengan strategi pemasaran. Dengan downstream, marketer bisa mengidentifikasi periklanan, branding, promosi, dan berbagai strategi komunikasi untuk menjual produk yangb ditawarkan. Kaitannya dengan upstream marketing, downstream marketing menggunakan informasi yang didapat dari upstream marketing, seperti produk, harga, dan pesaing, untuk memproduksi iklan yang informasi dan menarik.

Upstream Marketing dan Downstream Marketing

Ketika upstream marketing dan downstream marketing dilakukan bersamaan, hasilnya tentu akan menjadi siklus pengembangan produk yang sangat baik. Sebab keduanya dapat membantu membangun dasar fondasi awal pemasaran. Misalnya, dengan upstream marketing, marketer bisa mengenali value dari produk untuk customer. Dan menggunakan downstream marketing untuk membangun dan mengembangkan framework dari keseluruhan strategi marketing.

Dengan upstream marketing dan downstream marketing akan menciptakan pemasaran lebih fokus. Sebab dengan mengidentifikasi segmen customer, melihat dan menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi, serta pesan yang digunakan dapat membuat pemasaran semakin efektif.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai upstream dan downstream marketing. Baik upstream dan downstream dalam marketing mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memperkenalkan brand ke masyarakat secara luas. Upstream dan downstream dalam marketing ini hanya menjadi bantuan untuk membuat keputusan yang tepat bagi perusahaan. Hasilnya, baik upstream atau downstream, ataupun keduanya,  adalah kamu yang akan menentukan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

18 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

1 day ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago