HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Lebih Dalam Tentang Mozilla Firefox

Sejarah Mozilla Firefox

Proyek Firefox di mulai sebagai cabang eksperimental proyek Mozilla oleh Dave Hyatt, Joe Hewitt dan Blake Ross. Mereka percaya bahwa persyaratan komersial sponsor Netscape dan Creep fitur yang didorong oleh pengembang yang akan membahayakan utilitas browser Mozilla.

Untuk mengatasi apa yang mereka lihat dari perangkat lunak Mozilla Suite maka diciptakan browser yang berdiri sendiri untuk mengganti Mozilla Suite. Pada tanggal 3 April 2003, Mozilla Organization mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mengubah Mozilla Suite menjadi Firefox dan Thunderbird. SeaMonkey yang berbasis komunitas dibentuk dan akhirnya menggantikan Mozilla Application Suite pada tahun 2005.

Proyek Firefox telah mengalami beberapa perubahan nama. Pada awalnya bernama Phoenix yang membawa implikasi dari burung hantu mitos yang bangkit dengan penuh kemenangan dari abu para pendahulunya yang telah meningggal. Dalam kasus ini dari “abu” Netscape Navigator setelah dihentikan oleh Microsoft Internet Explorer di “First browser war”.

Sebab di beri nama Phoenix karena masalah merk dagang dengan Phoenix Technologies. Nama pengganti Firebird memicu pada respon yang kuat dari proyek perangkat lunak database Firebird. Sebagai tanggapan Mozilla Foundation menyatakan bahwa browser akan selalu menanggung nama Mozilla Firebird untuk menghindari kebingungan. Setelah mendapat tekanan lebih lanjut pada tanggal 9 Februari 200, Mozilla Firebird berubah menjadi Mozilla Firefox. Nama Firefo dikatakan berasal dari nama panggilan panda merah yang menjadi maskot untuk proyek yang baru dinamai. Untuk kependekan Firefox, Mozilla lebih menyukai Fx atau fx meski sering disingkat FF.

Proyek Firefox melewati banyak versi sebelum versi 1.0 yang dirilis pada tanggal 9 November 2004. Selanjutnya Firefox 1.5 dirilis pada tanggal 29 November 2005 dan untuk versi 2.0 dirilis pada tanggal 24 Oktober 2006. Firefox 3.0 diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2008 dengan versi 3.5 dan versi 3.6 yang dirilis pada tanggal 30 Juni 2009 dan 21 Januari 2010. Versi 4.0 dirilis oada 22 Maret 2011. Sejak versi 5.0 siklus rilis yang cepat mulai berlaku dan menghasilkan versi utama terbaru setiap enam minggu pada hari selasa. untuk versi terbaru Firefox 80.0.1 dirilis ada tanggal 1 september 2020.

Pengertian Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalaha web browser atau peramban web yang dapat digunakan pada beberapa sistem operasi dan memiliki sifat open source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan anak perusahaannya Mozilla Corporation. Mozilla Firefox dapat diakses pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X serta memiliki sifat yang terbuka pengembangannya. Dengan Firefox yang tersedia untuk Android (sebelumnya Firefox untuk ponsel, juga menjalankan OS Firefox yang sudah dihentikan), dan menggunakan mesin tata letak Gecko untuk membuat halaman web, yang menerapkan arus dan standar web yang diantisipasi.

Mozilla Firefox menjadi salah satu web browser terlaris selain pesaingnya seperti Google Chrome dan Opera. Alasan menjadi yang terlaris karena Mozilla Firefox memiliki kecepatan untuk mengakses informasi dengan baik. Hal ini terjadi karena Mozilla Firefox mempunyai tampilan antarmuka yang sederhana sehingga membuat aksesnya lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Mozilla Firefox juga mempunyai Privacy System yang mampu menjaga keamanan pada web browser tersebut.

Fitur Mozilla Firefox

Berikut ini adalah beberapa fitur pada web browser Mozilla Firefox, yaitu :

1. Private Window

Saat menjelajah web, Firefox akan menyimpan banyak informasi seperti situs yang dikunjungi, fila yang di unduh dll. Ada kalanya pengguna tidak ingin pengguna lain pada komputer tahu informasi ini. Fitur penjelajahan Pribadi Firefox membantu menjelajahi internet tanpa menyimpan berbagai informasi di komputer mengenai situs dan halam yang dikunjungi. Namun, penjelajahan Pribadi tidak membuat menjadi anonim di Internet. ISP atau situs itu sendiri masih bisa melacak halaman yang dikunjungi. Penjelajahan pribadi juga tidak mengamankan dari keyloggers atau spyware yang mungkin telah terinstall di komputer.

2. Search Bar 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menentukan mesin pencarian sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh ketika Search Bar di atur menjadi Google, maka ketika pengguna menuliskan keyword pada search bar tersebut akan ditampilkan hasil pencarian pada Google sesuai dengan keyword yang ditulis.

3. Add-ons

Mozilla memungkinkan pengguna untuk melakukan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan. Daftar Add-ons sudah disediakan oleh FireFox. Pengguna dapat mengunduh dan mengaplikasikan pada FireFox untuk menambah keunggulan browser. Dengan menambahkan Add-ons, pengguna dapat membuat FireFox bekerja sesuai dengan keinginan pengguna.

4. Firefox Sync

Ketika mengatur Firefox Sync pada komputer semua data dan preferensi (seperti bookmark, history, password, tab yang terbuka dan di install add-ons) akan disimpan dengan aman di server Mozilla. Kemudian dapat menghubungkan perangkat lain (ponsel misalnya) dan secara otomatis disinkronisasi, memberikan akses ke semua informasi.

5. HomePage

Pengguna dapat mengatur halaman web yang diinginkan menjadi halaman awal atau beranda. Tidak hanya satu halaman web saja,  Firefox memungkinkan pengguna untuk menyetel suatu kelompok situs menjadi halaman awal atau beranda.

6. Bookmark

FireFox memungkinkan pengguna untuk menyimpan halaman web yang diinginkan pengguna, dengan menggunakan fitur bookmark. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu mengingat-ingat atau bahkan mencatat halaman web yang dirasa penting dan akan dibuka kembali di waktu yang akan datang. FireFox akan menyimpan alamat halaman web yang dibutuhkan sehingga memudahkan pengguna untuk membukanya kembali.

7. WOT (Web of Trust)

Berguna untuk memblokir akses ke website yang dianggap tidak memenuhi tingkatan kriteria kepercayaan, keandalan penjual, pembajakan, keselamatan anak-anak, yang tiap kriteria memiliki 5 tingkatan peringkat  yang diwakili oleh warna dari merah yang tidak bisa di izinkan mengakses hingga hijau yang merupakan perwakilan aman.

8. Flagfox

Berguna untuk menampilkan identitas dari kebangsaan mana website yang dikunjungi.

9. Bookmarks toolbar

Ini hal yang sangat penulis sukai dari Mozilla firefox dibandingkan fitur lainnya, dengan fitur ini bisa selalu mengetahui hal-hal terbaru dari sebuah site tanpa harus repot-repot membuka site tersebut untuk mengetahui hal terbaru apa yang terjadi, dengan catatan site tersebut harus sudah mendukung RSS reader yang biasanya terdapat icon RSS.

Pada web browser mozilla dapat dilihat pada sisi kanan alamat site yang anda kunjungi. Hanya dengan mengklik ikon tersebut lalu muncul pilihan service antara Atom dan RSS, pilih saja dengan mengklik salah satu diantaranya, tunggu beberapa saat dan muncul jendela dengan caption “Subscribe with Live Bookmark” klik tombol “Subscribe”, setelah itu muncul pada bagian Bookmarks toolbar akan bertambah satu lagi bookmark “tekno-in”.

10. Email Link

Berguna untuk mensinkronkan email dengan firefox menggunakan ms.outlook.

11. Work Offline

Berguna untuk bekerja dengan firefox secara offline.

Kelebihan Mozilla Firefox

Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan Mozilla Firefox, yaitu :

  1. Browser yang perkembangannya paling pesat serta paling populer digunakan.
  2. Keamanan web browser yang lebih terjamin dibanding web browser lainnya.
  3. Memiliki berbagai macam Add-On dan terus dikembangkan oleh pendirinya serta para pengembang diseluruh dunia karena sifatnya open source.
  4. Untuk mendukung kinerjanya, Mozilla Firefox mempunyai konfigurasi web browser yang lengkap.
  5. Telah terintegrasinya penghentian pop-up secara otomatis dan juga bisa mematahkan pembatasan aksi bagi pengguna browser Mozilla Firefox. Contohnya seperti menyembunyikan status bar maupun penguncian browser.
  6. Ukuran memori pada Mozilla Firefox relatif kecil sehingga mempercepat aksesbilitasnya.
  7. Mempunyai antarmuka sederhana namun tidak monoton.
  8. Tampilan halamannya lebih luas dengan area tool bar yang lebih ringkas.

Kekurangan Mozilla Firefox

Berikut ini beberapa kekurangan menggunakan Mozilla Firefox, yaitu :

  1. Waktu menjalankan program atau start-up time yang sangat lama untuk pertama kali. Hal ini menjadi ketidak nyamanan bagi pengguna.
  2. Browser ini tidak bisa berfungsi secara optimal jika tidak di install beberapa add-ons. Bahkan para crackers pun mulai membidik aplikasi ini, sebab penggunanya yang sangat banyak.
  3. Terdapat program update yang berarti melakukan download terhadap versi terbaru dari Firefox.
  4. Terdapat banyak add-ons yang menjadi tidak berfungsi ketika Mozilla Firefox di update. Namun hal ini hanya terjadi untuk perubahan besar saja, misalnya dari versi 10 ke versi 15.
  5. Waktu yang diperlukan untuk memproses situs tertentu lebih lama. Mungkin ini dikarenakan kompatibilas.
  6. Belum terintegrasinya dengan Outlook dan juga Outlook Express.

Cara menggunakan Mozila Firefox

Berikut ini adalah cara menggunakan Mozilla Firefox, yaitu :

  1. Hidupkan komputer hingga tampil area kerja atau desktop Windows.
  2. Pastikan komputer terhubung dengan internet.
  3. Klik tombol Start yang ada di taskbar, kemudian pilih menu Program.
  4. Klik Mozila Firefox atau klik langsung icon Mozila Firefox yang ada di desktop.
  5. Selanjutnya akan tampil Jendela Kerja Mozila Firefox.

Setelah selesai bekerja dengan Mozila Firefox, maka langkah yang dapat ditempuh untuk mengakhirinya adalah kamu dapat memilih salah satu langkah-langkah berikut :

  1. Klik tombol Close (X) yang terletak di sudut kanan atas jendela.
  2. Pilih dan klik menu File, Close.
  3. Klik Icon Control Menu yang berada di sudut kiri atas jendela kerja Mozila Firefox, lalu klik Close, atau tekan tombol Alt + F4

[Tambahan] Add-on Mozilla Firefox Penting

Dengan menggunakan Add-On dapat menggunakan fitur baru yang tidak ada pada bawaan Mozila Firefox. Berikut ini adalah Add-On Mozilla Firefox penting yang wajib digunakan :

1. Social Fixer

Fitur ini sangat cocok untuk yang sering mencari informasi lewat sosial media. Dengan menggunakan Add-On Social Fixer ini dapat menyortir dan menghilangkan topik berita yang tidak diinginkan. Misalnya tidak menginginkan topik politik maka dapat menghilangkannya.

2. Gmail Notifier

Dengan menggunakan Add-On Gmail Notifier ini dapat melihat email secara langsung. Nantinya pada Mozilla Firefox akan memberikan ruang yang cukup untuk menampilkan email tanpa perlu lagi membuka situs Gmail.

3. AdBlock Plus

Dengan menggunakan Add-On AdBlock Plus ini dapat memblokir seluruh iklan yang ada pada website yang dikunjungi. Hal ini membuat akses membuka website tersebut menjadi lebih cepat dan membuat menjadi lebih nyaman.

4. Windscribe

Add-On Windscribe ini mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai VPN (Virtual Private Network). Biasanya menggunakan VPN untuk mengakses sebuah website yang sebelumnya terblokir oleh publik.

Selain itu pada fitur ini juga dapat memblokir iklan seperti AdBlock. Berarti dengan menggunakan Add-on Windscribe ini dapat mencari informasi dari website yang terblokir serta menghilangkan iklan didalam website tersebut.

5. Scrap Book

Add-On Scrap Book ini berfungsi sebagai fitur untuk menyimpan situs website yang menarik agar bisa membacanya secara offline. Dengan menggunakan fitur ini tidak perlu koneksi internet untuk membaca website yang telah disimpan.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.   

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago