HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Red Hat OpenShift untuk Plaform Container Technology

Saat ini, dunia usaha berlomba-lomba memasuki dunia transformasi digital. Pada era tersebut, mereka sedang mencari cara untuk mengembangkan teknologi baru yang dapat memberikan dan mengubah aplikasi lebih cepat dari sebelumnya, namun mengelola aplikasi yang tersebar di berbagai arsitektur dan kerangka kerja atau membuat aplikasi-aplikasi baru dan memodernisasi aplikasi yang sudah ada bisa jadi sulit dan memakan waktu. Platform cloud memainkan peran penting dalam mencapai keseimbangan antara inovasi aplikasi dan efisiensi operasional.

Pengertian Red Hat OpenSihif 

Red Hat OpenShift adalah platform Kubernetes yang membantu bisnis di seluruh dunia membangun, menerapkan, menjalankan, mengelola, dan mengamankan pengalaman aplikasi inovatif di berbagai lingkungan on-premise, private cloud, dan public cloud, atau hybrid cloud. Mengelola perpaduan aplikasi di berbagai arsitektur dan kerangka aplikasi merupakan sebuah tantangan, namun Red Hat OpenShift memberikan keamanan berlapis, manajemen, dan otomatisasi di seluruh infrastruktur untuk memastikan koherensi inovasi berkelanjutan dalam skala besar. Dengan Red Hat OpenShift, tim pengembang dan operasi memiliki alat dan layanan yang mereka perlukan untuk membantu organisasi memenuhi kebutuhan bisnis saat ini dan bersiap menghadapi masa depan komputasi.

OpenShift menggabungkan Docker dan Kubernates, dimana perencanaan dan orkestrasi container dapat dilakukan dengan mudah, dan juga merupakan platform yang memudahkan pengembang dan administrator sistem untuk menyediakan komponen penting terbaik bagi pelanggan dalam bentuk aplikasi atau sesuatu yang benar-benar diperlukan.

OpenShift telah ada sejak tahun 2011 dan berhasil memantapkan dirinya sebagai platform aplikasi multibahasa untuk pengembang aplikasi dan layanan web, menjadi produk RedHat untuk layanan Publik Platform as a Service (PaaS). Versi terbaru OpenShift 3 menghadirkan teknologi seperti Docker dan Kubernetes untuk mengelola dan menjalankan aplikasi menggunakan container. OpenShift membawa PaaS ke tingkat berikutnya, yang juga bisa disebut sebagai platform aplikasi dalam container.

Tujuan dari OpenShift adalah untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pengembang dan sisadmin dalam developing, deploying dan running aplikasi. Dengan kata lain OpenShift adalah layer atas antara docker dan kubernates yang mudah diakses oleh pengembang dalam membuat aplikasi dan menjadi platform impian bagi operator kontener untuk membangun dan memproduksi workload. Dengan menggunakan OpenShift ini dapat juga membantu Tim Pengembang dalam mengembangkan aplikasi disatu sisi membantu tim Operation maka ini adalah filosofi dåsar yang digunakan DevOps.

Red Hat OpenShift Container Platform (RHOCP) adalah serangkaian komponen dan layanan modular yang dibangun di atas infrastruktur container Kubernetes. RHOCP menambahkan fitur-fitur untuk menghadirkan platform PaaS produksi seperti manajemen jarak jauh, multi-tenancy, keamanan tingkat lanjut, pemantauan dan audit, manajemen siklus hidup aplikasi, dan antarmuka layanan mandiri di rumah. Dimulai dengan Red Hat OpenShift v4, semua host di cluster OpenShift menggunakan Red Hat Enterprise Linux CoreOS sebagai sistem operasi dasar.

Konsep Red Hat OpenShift

Untuk lebih mengenal gambaran besar dari apa yang dapat dilakukan dengan kontainer docker, kubernates dan OpenShift kita akan berkenalan dengan beberapa kunci terminologi pada bahasan OpenShift, perlu memahami konsep kontenerisasi  docker dan kubernetes dan bagaimana OpenShift dibangun dengan melihat tujuan kubernates digunakan oleh tim operator dan tools untuk menjalanan kontainer dengan skala besar pada lingkup production. openShift juga menambahkan kemudahan untuk membantu menjembatani pemisah antara pemgembang (Dev) dan operasinal (Ops) yang akhirnya filosofi tersebut menjadi sebuah istilah yang sekarang disebut DevOps.

RHOCP dapat dibangun secara fleksibel baik secara; phyisical, virtual, private on premiese atau public cloud. Pada peranan Developer dapat memanfaatkan banyak fitur yang disediakan RHOCP diantaranya; CI/CD (Continuous Integration & Continuous Deployment) dan SCM (Source Control Managemet e.g gitlab, github). Pada peranan Operator, Openshift memberikan kemudahan untuk menjalankan aplikasi dengan bantuan tool automasi.

Fitur Red Hat OpenShift

OpenShift menambahkan fitur berikut ke cluster Kubernetes:

  • Alur kerja pengembang terintegrasi
    RHOCP mengintegrasikan built-in container registry, CI/CD pipelines, dan S2I; alat untuk membangun artefak dari repositori sumber ke gambar kontainer.
  • Rute
    Mengekspos layanan dengan mudah ke dunia luar.
  • Metrik dan logging
    Sertakan layanan metrik internal dan analisis mandiri serta logging gabungan.
  • UI terpadu
    OpenShift menghadirkan alat terpadu dan UI untuk mengelola semua kemampuan yang berbeda.

Manfaat dengan menggunakan Red Hat OpenShif

1. Architecture

Red Hat OpenShift menyediakan platform aplikasi yang konsisten untuk mengelola aplikasi cloud-native, modern, dan lama yang berjalan di cloud apa pun. Red Hat OpenShift menyediakan lapisan abstraksi umum pada infrastruktur untuk memberikan kesamaan kepada pengembang dan tim operasi dalam cara aplikasi dikemas, disebarkan, dan dikelola. Hal ini memungkinkan Anda menjalankan aplikasi di tempat yang paling masuk akal tanpa membuat model operasi yang berbeda karena lingkungan server.

2. Development

Berkembang lebih cepat dengan platform Kubernetes perusahaan yang lengkap untuk membangun, menguji, menerapkan, dan menjalankan aplikasi. Red Hat OpenShift mencakup self service ke developer tools, IDE berbasis browser, berbagai pilihan bahasa pengkodean, layanan data dan storage, dan layanan CI/CD lengkap untuk mengotomasikan pengiriman aplikasi dan mendukung proses DevOps. Red Hat OpenShift juga memberi Anda kemampuan untuk mengintegrasikan dan menggunakan layanan cloud publik seperti AI/ML atau analitik, serta akses ke pasar perangkat lunak ISV komersial untuk platform tersebut.

3. Operation

Dengan Red Hat OpenShift, sysadmin dan tim operasi dapat mengelola aplikasi, mesin virtual, dan container dari single contol plane. Di mana pun Red Hat OpenShift diinstal, interface tetap sama untuk administrator dan developer, memungkinkan Anda untuk mengontrol kluster, layanan, dan peran untuk beberapa tim dari konsol administratif pusat.

Portofolio Red Hat OpenShift: Pilihan untuk solusi container

Red Hat OpenShift memiliki beberapa produk portofolio antara lain :

  1. Red Hat OpenShift Kubernetes Engine (sebelumnya Red Hat OpenShift Container Engine) menghadirkan
  2. kemampuan dasar yang berfokus pada keamanan dari Kubernetes perusahaan di Red Hat Enterprise Linux CoreOS untuk menjalankan container di lingkungan cloud hybrid.
  3. Red Hat OpenShift Container Platform menambahkan set lengkap operasi dan layanan serta alat pengembang, termasuk Tanpa Server, Service Mesh, dan Pipeline. Dengan OpenShift Container Platform, organisasi dapat mengadopsi strategi cloud hybrid dan mulai membangun aplikasi cloud-native. Platform yang telah terbukti mencakup serangkaian layanan lengkap yang memberdayakan pengembang untuk membuat kode dengan kecepatan dan kelincahan untuk aplikasi sambil memberikan lebih banyak fleksibilitas dan efisiensi untuk tim Operasi TI.
  4. Red Hat OpenShift Platform Plus dibangun di atas kemampuan OpenShift Container Platform dengan fitur keamanan multicluster canggih, kemampuan manajemen hari ke-2, manajemen data terintegrasi, dan registri container global. Dengan OpenShift Platform Plus, organisasi dapat lebih konsisten melindungi dan mengelola aplikasi di seluruh lingkungan cloud hybrid terbuka dan siklus hidup aplikasi.

Bagi pengembang, banyak fitur ROCP yang dapat digunakan, seperti CI/CD (Continuous Integration & Continuous Deployment) dan saluran SCM (Source Control Management), di mana setiap aplikasi yang berjalan akan dihosting dalam container berbasis Docker, sehingga proses penerapan lebih cepat, sederhana dan efisien karena pengembang tidak perlu mempertimbangkan instalasi sistem operasi, layanan server dan komponen lainnya. Bagi operator, mereka dapat menjalankan alat otomatis untuk menjalankan aplikasi menggunakan OpenShift, menjadikan operasional lebih efisien dan produktif.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

3 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

6 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago