HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Fitur Leave a Note Instagram

Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan. Platform media sosial yang satu ini senantiasa merilis fitur-fitur baru untuk para penggunanya. Salah satu fitur yang belakangan sedang banyak dibicarakan di kalangan pengguna Instagram adalah fitur Leave A Note. Dengan fitur “Leave a Note”, dapat saling berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat, tanpa harus terus-menerus mengirim pesan melalui aplikasi chatting.

Pengertian Fitur Leave a Note Instagram

Fitur “Leave a Note” di Instagram adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk meninggalkan pesan atau catatan untuk teman atau keluarga yang memiliki akun Instagram yang sama. Fitur ini bisa ditemukan pada halaman profil teman kita yang memiliki fitur ini, di sebelah kanan bawah foto profil.

Untuk menggunakan fitur ini, kita cukup mengklik tombol “Leave a Note” yang terdapat di halaman profil teman kita. Kemudian kita bisa menuliskan pesan atau catatan yang ingin kita sampaikan kepada teman kita tersebut. Setelah selesai menuliskan, kita bisa mengirim pesan tersebut dengan klik tombol “Send” yang terdapat di samping kanan.

Fitur “Leave a Note” di Instagram sangat bermanfaat bagi kita yang sering memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga. Kita dapat menggunakan fitur ini untuk berbagi pikiran, cerita, atau hanya sekedar mengirim salam kepada teman yang kita sayangi. Selain itu, fitur ini juga memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang tidak selalu online, karena pesan yang kita kirim akan tersimpan di halaman profil mereka sehingga mereka bisa membacanya kapan saja.

Seberapa Penting Fitur Note di Instagram?

Mengutip laman resmi Meta, fitur Note bertujuan agar pengguna bisa membagikan pikirannya dengan mudah. Seringkali, banyak orang yang ingin membuat story, tapi terlalu malas memotret, membuat video, menambahkan musik, tulisan, dan lain-lain.

Dengan Leave a Note IG, pengguna bisa meng-update status dengan mudah, meskipun hanya ingin say hi atau menuliskan emoji yang unik dan menarik.

Instagram sudah melakukan uji coba terhadap fitur ini sejak Juli 2022. Dalam testing tersebut, ditemukan fakta bahwa pengguna lebih menyukai konversasi singkat, sesimple saling menanyakan kabar atau meminta rekomendasi makan malam yang enak.

Akhirnya, dikembangkanlah fitur ini. Jika merasa fitur ini sedikit mirip dengan status BlackBerry Messenger, tidak salah, karena formatnya sama-sama dalam bentuk teks singkat.

Fungsi Fitur Leave a Note

Berikut ini adalah 5 fungsi dari fitur “Leave a Note” di Instagram :

  • Berbagi pikiran atau cerita

Dapat menggunakan fitur ini untuk berbagi pikiran atau cerita dengan teman atau keluarga yang memiliki akun Instagram yang sama. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi cerita atau pengalaman dengan orang yang kita sayangi.

  • Memancing diskusi dengan teman atau followers

Dapat menggunakan fitur ini untuk memulai diskusi dengan teman atau followers, agar dapat bercakap-cakap dengan mereka. Jika menggunakan Instagram untuk marketing brand, fitur ini bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan customer atau calon customer.

  • Menyimpan pesan yang diterima

Pesan yang kita terima melalui fitur “Leave a Note” akan tersimpan di halaman profil kita, sehingga kita bisa membacanya kembali kapan saja. Ini bisa berguna jika kita ingin mengingat kembali pesan yang telah diterima dari teman atau keluarga yang kita sayangi.

  • Menjadi alternatif untuk berkomunikasi dengan followers yang tidak selalu online

Fitur “Leave a Note” juga bisa menjadi alternatif bagi kita untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang tidak selalu online. Pesan yang kita kirim akan tersimpan di halaman profil mereka sehingga mereka bisa membacanya kapan saja.

Cara Menggunakan Fitur Leave A Note di Instagram

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan fitur “Leave a Note” di Instagram :

  • Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun kita.
  • Cari profil teman atau keluarga yang memiliki fitur “Leave a Note” dan klik tombol “Follow” jika kita belum mengikuti akun tersebut.
  • Setelah mengikuti akun tersebut, klik foto profil teman atau keluarga tersebut untuk masuk ke halaman profilnya.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan tombol “Leave a Note” yang terletak di sebelah kanan bawah foto profil.
  • Klik tombol “Leave a Note” dan tuliskan pesan atau catatan yang ingin kita sampaikan kepada teman atau keluarga tersebut.
  • Setelah selesai menuliskan, klik tombol “Send” yang terdapat di samping kanan untuk mengirim pesan tersebut.
  • Pesan yang telah dikirim akan tersimpan di halaman profil teman atau keluarga tersebut, sehingga mereka bisa membacanya kapan saja.

Cara Mengomentari Note Pengguna Lain

Ingin menanggapi curhatan teman? Lewat fitur ini bisa menuliskan komentar. Berbeda dengan komentar pada unggahan yang bisa dilihat publik, tanggapan pada fitur Notes akan dikirimkan via direct message. Jadi, yang tahu cuma kamu dan temanmu.

  • Buka dan login menggunakan akun Instagram.
  • Dari beranda, buka jendela DM di bagian pojok kanan atas ikon pesan.
  • Cari dan temukan bulatan profil milik teman dengan Instagram Notes yang ingin ditanggapi.
  • Langsung klik bulatan tersebut.
  • Akan muncul pop-up komentar di bagian bawah tampilan layar.
  • Ketikkan pesan komentar. Ini tanpa batasan karakter. Jadi bisa menuliskan pesan sepanjang jalan kenangan alias sepuasnya.
  • Ketuk “Kirim” untuk mengirimkan tanggapan.

Tanggapan telah terkirim untuk teman tujuan. Jika teman  membalas, pesannya akan langsung masuk ke direct message. Selain itu juga bisa mengobrol seperti biasa pada jendela perpesanan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

9 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago