HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Skill Yang Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja 2023

Persaingan dunia kerja saat ini semakin ketat, ditambah dengan hadirnya banyak profesi baru yang memanfaatkan media digital sebagai pendukung dalam menyelesaikan pekerjaan. Membuat para pencari kerja harus ikut bertransformasi khususnya mengasah skill yang sesuai untuk bidang tersebut. Jika biasanya hard skill menjadi pertimbangan diterimanya seorang pencari kerja, maka saat ini berbeda.

Dimana era digitalisasi mendorong para pencari kerja bukan hanya harus memiliki hard skill akan tetapi juga memiliki soft skill. Semuanya dibutuhkan untuk bersaing di tengah dunia kerja yang ketat. Apalagi banyak perusahaan yang ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menunjang perkembangan bisnis. Ini membuat para pencari kerja juga harus terbiasa menggunakan teknologi pada praktik kerjanya.

Bukan hanya itu saja, memasuki 2023 akan banyak profesi digital yang muncul dan ini sejalan dengan kebutuhan pasar. Maka penting untuk mengetahui kira-kira skill apa saja yang dibutuhkan khususnya dalam dunia kerja di tahun 2023.

Pengertian Skill

Secara singkat, definisi dari skill adalah sebuah kemampuan untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini kemampuan tersebut meliputi keahlian dan keterampilan seseorang. Setiap orang memiliki skill masing-masing yang bisa saja sama dan bisa saja berbeda.

Dalam praktiknya, skill bisa dilakukan oleh semua orang. Akan tetapi ada beberapa skill yang lebih cenderung mudah diakses oleh sebagian orang ada juga yang tidak. Ini semua bisa saja bergantung kepada kecerdasan, kemampuan fisik dan ketangkasan.

Selain itu, skill juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang luas. Misalnya saja skill saat mengendarai mobil,skill saat memasak, dan skill lainnya. Akan tetapi secara spesifik ada skill yang membutuhkan keterampilan tertentu untuk sebuah pekerjaan atau tugas. Sehingga pada artikel ini lebih membahas tentang skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Jenis Skill

Pada dasarnya secara umum yang diketahui bersama, bahwa skill memiliki dua jenis yaitu :

  • Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan secara teknis yang bisa diperoleh melalui pelatihan,pengalaman serta pendidikan. Biasanya hard skill ini perlu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara teknis. Contohnya: kemampuan multi bahasa, kemampuan manajemen basis data, kemampuan menganalisis statistik data dan masih banyak lagi.

  • Soft skill

Soft skill adalah kemampuan yang berasal dari sifat pribadi seseorang sehingga membentuk cara bekerja dengan baik. Kemampuan ini berlaku secara individu maupun bersama tim. Tujuannya untuk menciptakan suasana pekerjaan yang baik dan fungsional. Contohnya: Kemampuan beradaptasi, berintegritas, kreatifitas, kerja tim, komunikasi, dan masih banyak lagi.

Skill Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Setelah mengetahui dua jenis skill diatas, simak beberapa skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja 2023 mendatang.

1. Keterampilan komunikasi

Skill yang satu ini masuk dalam jenis soft skill. Dimana kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dalam sistem kerja perusahaan keterampilan berkomunikasi sangat penting untuk menyampaikan pesan yang efektif bagi konsumen. Ini bisa saja meliputi saat akan mempromosikan sebuah produk atau dalam mencetuskan ide baru.

Skill ini juga mendukung perkembangan dari bisnis karena menyangkut kepercayaan konsumen. Bukan hanya itu saja branding dari perusahaan juga perlu dibangun dari komunikasi pekerjanya. Sehingga mulailah untuk mempelajari cara berkomunikasi yang baik sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan digeluti.

2. Problem solving

Skill yang paling dibutuhkan di tahun 2023 adalah penyelesaian masalah atau problem solving. Dari namanya saja sudah diketahui bahwa skill ini masuk ke dalam kategori soft skill. Dimana dalam sebuah perusahaan akan terjadi banyak masalah-masalah yang tidak terduga. Bisa saja berasal dari produk yang tidak sesuai, target market yang salah, kebutuhan pasar yang tidak memadai.

Sebelum mendapatkan solusi untuk masalah yang terjadi, tentu harus memahami terlebih dahulu masalah apa yang terjadi, kemudian menganalisisnya dan barulah bisa memberikan penyelesaian yang sesuai berupa inovasi baru didalamnya. Sehingga benar jika skill yang satu ini termasuk penting untuk diasah jika belum maksimal.

3. Mudah beradaptasi

Dalam dunia kerja tentu berbeda dengan dunia pendidikan yang sebelumnya dijalani. Lingkungan kerja sangat mempengaruhi kualitas dari pekerjaan yang akan digeluti. Banyak pekerja yang merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja mereka sehingga memilih untuk resign.

Mengatasi hal tersebut perlunya soft skill mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan kerja. Apalagi di era kolaboratif saat ini dimana kita sangat dituntut untuk cepat menyesuaikan diri dengan ritme perusahaan. Skill ini tentu memberikan dampak pada kinerja dan kerjasama tim yang akan dilakukan.

4. Berpikir analitis dan kritis

Menghadapi dunia kerja dituntut untuk berpikir secara kritis dalam hal memahami sesuatu tentang perusahaan dengan baik. Bukan hanya memahaminya saja namun juga mengorganisir kebutuhan mana yang sekiranya cocok untuk perusahaan.

Selain itu juga harus dibarengi dengan berpikir analitis yang bisa membuat menemukan pola, menarik kesimpulan hingga membantu bekerja secara lebih efektif. Skill yang satu ini perlu diasah agar memudahkan memasuki dunia kerja.

5. Manajemen waktu

Kemampuan ini penting dalam dunia kerja karena disini bisa lebih memprioritaskan sesuatu. Misalnya pembagian waktu antara jam kerja dengan jam yang seharusnya istirahat. Jika berhasil menerapkannya kinerja menjadi lebih produktif dan tidak terbebani dengan kerja yang ada.

Apalagi jika bekerja dalam bidang teknologi dan digital yang mana mengharuskan melihat layar komputer atau laptop dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak diatur tentu akan berdampak pada kesehatan. Maka penting melakukan manajemen waktu diperusahaan tempat bekerja.

6. Analisis data

Kemampuan yang satu ini diperoleh dari metode analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang diminta perusahaan. Kemudian data tersebut digunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi di perusahaan. Atau digunakan sebagai acuan untuk evaluasi produk yang telah diluncurkan.

Skill ini bisa diasah dengan mempelajarinya terlebih dahulu dengan berbagai tools pembantu seperti Python, Google Data Studio, Datapine dan masih banyak lagi. Bisa mengikuti pelatihan atau mempelajari tools ini secara otodidak.

7. Digital marketing

Digital marketing dapat dikatakan sebagai strategi memasarkan produk dengan media digital yang tersambung pada internet. Hard skill satu ini sangat dibutuhkan di tahun 2023 mengingat banyaknya bisnis yang sudah bertransformasi menjadi Go Digital. Banyaknya bisnis online membuat kemampuan penting untuk diasah. Bisa mulai mempelajari tentang SEO, cara mengelola media sosial, kemudian cara melakukan iklan berbayar pada media sosial dan lain-lain.

8. Coding

Coding menjadi skill selanjutnya yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja di tahun 2023. Dimana kemampuan ini diperlukan untuk pembaharuan serta pengembangan terhadap software baru. Jika tertarik bekerja di bidang IT maka skill ini sangat diperlukan. Apalagi era digitalisasi akan semakin berkembang dan skill ini  bisa dipahami dengan konsep coding dari awal, melihat tutorialnya, membeli bukunya sampai mengikuti pelatihannya.

9. Cloud computing

Terakhir skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja di tahun 2023 adalah cloud computing. Kemampuan ini masuk dalam kategori hard skill yang bidang pekerjaannya pada bidang IT yang meliputi tentang penyimpanan data, server, database serta perangkat lunak lainnya. Kemampuan ini dalam dunia kerja diprediksi akan semakin dibutuhkan beberapa tahun mendatang.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

19 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

20 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago