HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang SquareSpace

Sejarah SquareSpace

SquareSpace adalah perusahaan pembuat dan hosting situs web Amerika yang berbasis di New York City, Amerika Serikat. Ini menyediakan perangkat lunak sebagai layanan untuk pembuatan dan hosting situs web dan memungkinkan pengguna menggunakan templat situs web yang dibuat sebelumnya dan elemen seret dan lepas untuk membuat dan memodifikasi laman web.

Squarespace didirikan pada tahun 2003 dan diluncurkan pada Januari 2004 oleh Anthony Casalena menggunakan investasi $ 30.000 dari ayah Casalena itu. Casalena menciptakan software awal di balik perusahaan setelah mencoba dan tidak menyukai platform halaman web pribadi lainnya. Squarespace didirikan untuk menciptakan solusi penerbitan web all-in-one.

Pada tahun 2004, Anthony Casalena mendirikan Squarespace sebagai layanan hosting blog saat kuliah di University of Maryland. Dia adalah satu-satunya karyawan sampai tahun 2006 ketika pendapatannya mencapai $ 1 juta. Perusahaan tumbuh dari 30 karyawan pada tahun 2010 menjadi 550 pada tahun 2015. Pada tahun 2014, perusahaan berhasil mengumpulkan modal ventura sebesar $ 78,5 juta; menambahkan alat e-commerce, layanan nama domain dan analitik; dan mengganti backend pengkodeannya dengan fitur drag-and-drop.

Disiarkan

  • Mei 2007

Diperkenalkan situs penuh pencarian, FAQ, bangunan bentuk terpadu, forum, dan komponen Google Maps.

  • Juli 2008

Pertama revisi antarmuka utama . Ditambahkan antarmuka drag-and-drop dengan penggunaan luas JavaScript.

  • Juli 2012

Sistem Completely baru yang menampilkan bentuk yang lebih bebas dan sistem tata letak yang fleksibel. Ditambahkan portofolio template, desain responsif yang bekerja dengan baik pada perangkat mobile. Versi ini menambahkan platform pengembang benar memungkinkan kontrol penuh dari semua HTML, CSS dan Javascript file.

Pengertian SquareSpace

Squarespace adalah perancang situs web terintegrasi sistem manajemen konten berbasis SaaS, platform blog, dan layanan penginangan. Sistem ini memungkinkan pengguna biasa dan perusahaan menciptakan serta mengelola situs web dan blognya sendiri. Layanan ini tersedia dalam bentuk bundel, tidak terpisah. Setiap situs wajib di inang di Squarespace. Pengguna tidak dapat menginang situs Squarespace-nya sendiri. Sejak diluncurkan tahun 2004, Squarespace telah mempekerjakan lebih dari 500 karyawan di 190 negara. Jutaan pengguna telah memanfaatkan Squarespace untuk membuat situs web. Squarespace terbagi dalam tiga jenis yakni :

  • Squarespace standar yang digunakan di smartphone atau gadget dan dapat diperoleh secara gratis.
  • Squarespace unlimited, harus diperoleh dengan cara membayar.
  • Squarespace business, harus diperoleh dengan cara membayar.

Fitur Terbaik Pada SquareSpace

1. Font Gratis

Tipografi adalah salah satu detail yang sering diabaikan namun dapat membuat perbedaan besar pada kemudahan situs untuk dibaca oleh visitor. Squarespace telah berpartner dengan Typekit dan memberikan pilihan gratis dari font kualitas terbaik yang tersedia dalam website. Jadi tidak perlu untuk meng-embed font kits atau membayar biaya tambahan. Squarspace juga menyertakan font set dari Google’s font library yang bisa digunakan tanpa harus memasukkan kode embed. Semua sangat mudah digunakan dan gratis.

2. Bebagai Template Menarik

Setiap desain template Squarespace dibuat oleh tim desain kelas dunia, tidak hanya cantik dan pixel-perfect, tapi juga dibuat dengan browser modern dan desain perangkat mobile menggunakan teknik HTML, CSS dan Javascript terbaru. Dengan kata lain, perangkat apapun dapat digunakan untuk melihat hasil karya kreatif.

Template Squarespace hadir dengan fitur yang handy, seperti Template Switching, di mana bisa menginstall banyak template dalam single website dan menggunakan banyak desain dalam satu waktu. Ada juga Style Editor yang memiliki ratusan pengaturan yang bisa di kustom, termasuk font, warna dan konfigurasi halaman.

3. Integrasi Getty Images

Saat menjadi konsumen Squarespace bisa secara otomatis mengakses lebih dari 40 juta gambar dari koleksi Getty Images yang kreatif, berkualitas dan dilengkapi foto editorial.

4. Aviary Image Editor

Dengan Squarespace, semua tools ada dalam satu tempat. Salah satu contoh yang paling favorit adalah Aviary editor. Bisa mengedit semua gambar-gambar dalam browser saat mengembangkan website tersebut. Hanya perlu mengupload kemudian menggunakan editor tersebut untuk crop, resize, rotate, mengatur brightness, kontras dll.

Cara Daftar SquareSpace

1. Cara mendaftar untuk standar

Berikut ini adalah cara mendaftar squarespace untuk standar, yaitu :

  • Arahkan ke website dan pilih tombol “Get Started” untuk memulai.
  • Pilih sebuah template untuk melihat informasi lebih banyak dan contoh tempat dari template. Gunakan panduan untuk mempelajari lebih lanjut tentang memilih sebuah template.
  • Pilih tanda anak panah di salah satu sisi dari template deskripsi untuk melihat perbedaan template.
  • Klik tombol “View Live Demo” yang akan memperlihatkan demo penuh tanpa sebuah jendela.
  • Pilih tombol “Start With This Template” untuk mulai membuat situs.
  • Alternatifnya dari “Template Demo”, pilih tombol “Create a Site Like This”.
  • Masukan nama, alamat email dan kata kunci yang akan digunakan untuk masuk ke dalam situs untuk membuat akun squarespace, lalu pilih tombol “Finish & Create Site”.

2. Cara mendaftar mendaftar untuk custom domain

Berikut ini adalah cara mendaftar mendaftar squarespace untuk custom domain, yaitu :

  • Akses area domain

Masuk ke akun dan akses “Site Manager”. Dalam “Site Manager”, pilih ikon “Settings”, lalu pilih tab “Domain”.

  • Meninjau ketersediaan

Di area domain, pilih tombol “Register New Domain” untuk memulai proses mendaftar domain. Layar dialog akan muncul dan dapat memilih tipe nama domain yang ingin di daftar di daerah URL. Lalu, pilih existensi yang ingin digunakan. Dapat memilih daro .com, .net, .org, .biz, .info, or .mobi format domain. Jika domain yang dipilih tidak tersedia, sebuah pemberitahuan akan muncul menandakan domain tersedia.

  • Mendaftarkan domain

Sekali lagi harus menemukan domain yang tersedia, pilih tombol Register untuk mendaftar dan ditambahkan ke situs. Dapat melihat domain muncul dalam area domain di pengaturan, sepanjang pemberitahuan pada domain hampir siap. Domain akan memisah pada beberapa jam, tetapi akan melewati proses selama 72 jam.

Versi www dan non-www dari domain akan berhubungan secara otomatis dan domain akan muncul secara biasa. Harus memperbaharui beberapa rekaman DNS untuk mengarahkan domain.

Sementara domain di proses, sebuah ikon akan muncul disebelah domain. Ikon itu akan otomatis menghilang secara penuh di domain dan memperbanyak ke web. Dapat menunggu dekat domain dan memilih link kunjungan setiap waktu untuk memastikan status dari domain.

  • Mengesahkan domain

Maka akan menerima email dalam 24 jam dari domains squarespace.com dengan garis subjek “Please validate your domain name(s) as soon as possible”. Pilih link yang tersedia di dalam email untuk validasi informasi kontak untuk domain.

    • Akun trial dan halaman website
    • Akun trial squarespace tidak dapat dilihat oleh publik.

Situs website akan tetap sama, tetapi itu dapat berubah setiap saat diinginkan, melihat artikel “Setting a Primary Custom Domain”. Jika memutuskan untuk mengubah subdomain(itu adalah bagian luisteam-tw) catat bahwa itu sudah tidak dapat diambil, sebagai contoh tidak dapat mendaftar answers.squarespace.com.

Jika membayar untuk akun squarespace dasar tiap tahun, dapat menambahkan domain utama untuk bayaran tambahan, melihat Squarespace Managed Domains FAQ untuk lebih dari itu.

Kelebihan Menggunakan SquareSpace

Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan squarespace, yaitu :

  1. LayoutEngine memungkinkan untuk menyesuaikan tata letak situs yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Berbagai tema visual mencolok dan menarik untuk dicoba.
  3. Dedicated aplikasi mobile untuk penerbitan dan editing di mana saja.
  4. Blog yang dibuat pada platform lain seperti WordPress, Blogger dapat diimpor ke Squarespace dengan satu klik.
  5. Cukup aman atau tidak rentan terhadap virus dan hacker.

Kekurangan Menggunakan SquareSpace

Berikut ini adalah beberapa kekurangan menggunakan squarespace, yaitu :

  1. Mahal, terutama untuk bisnis yang ingin solusi e-Commerce (dimulai denganharga $24/bulan).
  2. Fleksibilitas yang terbatas, karena kurangnya komunitas pengembang. Tidak seperti WordPress tergantung pada Squarespace untuk semua fitur baru dan tema.
  3. Tidak dapat memodifikasi kode backend.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago