HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Vlog Untuk Mendukung Pengembangan Bisnis Anda

Vlog adalah perpanjangan dari video blogging. Vlog adalah salah satu bentuk aktivitas blogging yang menggunakan media video, bukan teks atau audio sebagai sumber media untuk perangkat seperti kamera digital dan ponsel pintar. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, blog bukan lagi sekadar artikel informasi yang dimuat di website. Sekarang Anda dapat mengubah blog Anda menjadi vlog hanya dengan mengintegrasikan video ke dalam postingan Anda. Sekarang kita dapat menemukan postingan vlog ini di jejaring sosial seperti YouTube. Dengan banyaknya pembuat konten kreatif, banyak sekali jenis vlog yang tersedia saat ini. Entah itu vlog pribadi atau menjelajahi lokasi perjalanan dalam vlog.

Pengertian Vlog 

Video blog atau vlog adalah blog yang kontennya berbentuk video kemudian diunggah melalui halaman saluran media sosial YouTube. Orang yang sering membuat vlog disebut dengan vlogger. Saat membuat konten video, ada beberapa langkah khusus yang harus dilakukan.. Mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Jenis konten yang bisa dibuat juga banyak, disesuaikan dengan kebutuhan saluran pembuatan konten. Kini, konten yang sering digunakan yaitu dalam bidang pendidikan, tutorial, musik, komedi, gaming, hingga podcast. Untuk durasi video dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk rata-rata durasi dari vlog biasanya sekitar 10 hingga 15 menit.

Istilah “vlog” pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002 oleh pengguna video Adrian Miles, yang menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan blog video atau blog yang menggunakan video sebagai bentuk konten utamanya. Namun baru pada tahun 2004 vlogging mulai dikenal luas, setelah diluncurkannya situs berbagi video seperti YouTube dan Vimeo.

Awalnya, vlogging diciptakan sebagai bentuk komunikasi pribadi antara vlogger dengan keluarga dan teman-temannya. Namun, vlogging dengan cepat menjadi semakin populer dan banyak orang mulai membuat vlog untuk berbagai tujuan seperti hiburan, informasi, atau mempromosikan produk atau layanan.

Pada tahun 2006, vlogging mulai diakui sebagai bentuk media yang sah ketika Lonelygirl15, sebuah serial vlog fiksi, menjadi viral di YouTube. Film ini disusun dalam format vlog oleh sekelompok pembuat film yang pandai dan dengan cepat menjadi populer. Sejak itu, vlogging terus berkembang dan menjadi salah satu bentuk konten video terpopuler di Internet.

Berkat kemajuan teknologi dan aksesibilitas platform video, siapa pun kini dapat dengan mudah membuat vlog dan merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan pesan, menghibur, dan membangun hubungan dengan penggemar atau penonton. Vlog dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti bisnis, menghibur, mendidik, menginspirasi, atau membangun hubungan dengan penggemar atau penonton.

Jenis-jenis Vlog Untuk Mendukung Pengembangan Bisnis

  1. Stop motion

Jenis video yang pertama adalah stop motion, yang merupakan bentuk animasi canggih bergaya flipbook. Untuk membuat video jenis ini, Anda harus mengambil foto dan memanipulasi objek dalam gambar video Anda secara fisik. Setiap gambar akan dibuat secara berurutan sehingga teknik ini akan menciptakan efek objek yang dapat bergerak sendiri. Jenis video ini cocok bagi Anda yang ingin mengambil foto suatu produk  dari awal hingga akhir.

  1. Screencast

Jenis video yang kedua adalah screencast, yaitu jenis video digital yang merekam layar komputer dan sering kali menyertakan narasi audio. Berbeda dengan tangkapan layar, video layar dapat disebut tangkapan layar atau rekaman layar dan merupakan cara yang bagus untuk mengajarkan atau berbagi  ide. Dengan video jenis  ini, Anda dapat mengembangkan bisnis sekaligus memberikan tutorial terkait produk yang Anda miliki. Khusus untuk produk, aplikasi atau website tertentu, penggunaan video layar untuk memberikan informasi kepada pelanggan akan efektif.

  1. Live action

Jenis video ini merupakan rekaman langsung suatu benda diam atau bergerak.. Video live action juga mengacu pada  sinematografi atau videografi. Live action seringkali berkaitan erat dengan objek yang ditangkap dalam bentuk manusia. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan live-action untuk mengiklankan produk secara besar-besaran atau melalui jejaring sosial.

  1. Animation

Jenis video selanjutnya adalah animation, yaitu video yang berupa animasi suatu sketsa atau objek, yang kemudian ditampilkan dalam rangkaian frame sehingga tampak seperti gambar bergerak. Video animasi cenderung digunakan sebagai video yang menjelaskan sesuatu.

Tujuannya  untuk mengedukasi dan menginformasikan kepada masyarakat tentang objek atau hal yang muncul dalam video tersebut. Berbeda dengan live action, video ini kerap menampilkan objek-objek tidak realistis yang digambar  manusia lalu dimasukkan ke dalam video.

  1. Live stream

Live stream merupakan salah satu jenis video yang kini banyak digunakan untuk  penjualan melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Video langsung adalah jenis video yang disiarkan secara  real time tanpa perlu direkam terlebih dahulu.

  1. Vidio interaktif

Video jenis ini merupakan media pembelajaran yang memadukan berbagai unsur seperti gambar, teks, suara, gerakan, dan lain-lain. Video ini bersifat interaktif untuk menghubungkan media pembelajaran dengan pengguna. Selain itu, video interaktif juga berguna dalam pemasaran merek online dengan menyertakan video interaktif pada platform. Video interaktif membuat penayangan menjadi aktif dan menciptakan pengalaman bermain game yang menarik, serta menghasilkan peningkatan aktivitas pengguna sebesar 591%.

  1. Vidio 36

Jenis video ini berbeda dengan  jenis video lainnya. Video 360 akan mengambil gambar ke segala arah untuk menghadirkan tampilan yang lengkap dan menyeluruh kepada pemirsa. Namun, hanya beberapa jejaring sosial seperti Facebook atau YouTube yang mendukung  jenis video ini. Misalnya, bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis, Anda bisa membuat video 360° dengan tujuan menampilkan tampilan berbeda ke segala arah.

  1. Vidio graphics

Video graphics adalah video animasi yang menampilkan berbagai informasi dan data. Jenis video ini  mudah digunakan dalam berbagai cara. Anda dapat membagikan video ini di halaman utama website bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan jenis video ini dalam promosi, presentasi, dan paid ads campaigns.

  1. Whiteboard

Whiteboard adalah video dengan latar belakang putih yang menampilkan gambar diam yang digambar di layar video kepada pemirsa. Video jenis ini sangat efektif dalam menerapkan strategi penjualan karena cara menampilkan gambar yang sederhana dan mudah dipahami. Whiteboard dapat menyajikan dan memasarkan jasa atau produk suatu brand melalui  ilustrasi  disertai audio dan narasi. Selain itu, Whiteboard  ditampilkan secara informatif sehingga isi  di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik.

  1. Typograpichs

Video typographics adalah jenis video yang sangat populer saat ini. typographics menggabungkan teks animasi dengan gambar yang hidup, warna yang cerah, transisi yang hidup, dan musik yang menarik untuk menarik perhatian audiens Anda. Video jenis ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dengan banyak artikel penting di dalam video. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan video ini untuk mempromosikan tujuan bisnis Anda dalam presentasi formal kepada klien.

  1. Photo montage

Jenis video yang terakhir yaitu photo montage, merupakan slideshow montage yang menampilkan beberapa foto  yang telah diambil dan kemudian memberikan transisi, musik, atau klip video tertentu. Tipe ini digunakan untuk menampilkan produk berbeda yang ditangkap sebelumnya  dengan kamera. Genre video ini juga mulai menjadi tren di platform TikTok dengan gesekan untuk menambahkan mode musik. Dengan pengeditan foto, Anda dapat menjelaskan kisah Anda, mulai dari memulai bisnis hingga menciptakan produk.

Dengan berbagai jenis video yang tersedia, Anda harus bijak dalam memilih video yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis, proyek, atau pribadi Anda. Apalagi jika Anda ingin mengembangkan bisnis online, pilihlah jenis video yang sesuai dengan platform yang Anda tuju. Sebaliknya jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dalam suasana formal dengan melakukan presentasi video, maka Anda bisa menggunakan beberapa jenis video. Misalnya photo montage, video graphics maupun video animasi.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

2 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

23 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

3 days ago