HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Cracking? Cracking Berbeda dari Hacking

Terdapat dua istilah dalam ranah peretasan, yaitu cracking dan hacking. Meskipun memiliki makna yang sama, namun keduanya adalah aktivitas yang berbeda. Lantas apa perbedaan cracking dan hacking? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu Cracking dan Hacking?

Cracking dan hacking merupakan istilah dari peretasan data. Peretasan dapat diartikan sebagai teknik untuk mendapatkan akses ke sistem tanpa izin (ilegal). Orang yang melakukan hal semacam itu memiliki kecerdasan dan keterampilan yang sangat baik dalam mengoperasikan komputer.

Aktivitas peretasan terbagi dalam dua kategori, yaitu:

Cracking

Cracking adalah aktivitas yang merusak atau melanggar sistem komputer dari jarak jauh untuk merusak dan mencuri data. Seorang cracker (orang yang melakukan cracking) merusak data dengan mendapatkan akses secara ilegal ke jaringan komputer. Cracker bisa melewati password komputer, bahkan akun situs media sosial. Parahnya lagi, seorang cracker bisa mencuri detail informasi bank kamu.

Hacking

Hacking adalah aktivitas peretasan, namun dengan tujuan yang baik, yaitu untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan. Umumnya, hacker (orang yang melakukan hacking) menemukan celah dalam sistem dan membantu pengembang sistem untuk menutupi celah tersebut. Sehingga orang-orang yang melakukan hacking ini tidak merusak atau membahayakan data apapun. Sebenarnya, hacker adalah seorang programmer yang memperoleh pengetahuan lanjutan mengenai sistem operasi dan bahasa pemrograman.

Perbedaan Cracking dan Hacking

  • Tujuan

Cracker melakukan hacking dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Biasanya data yang berhasil mereka curi akan dijual di pasar gelap atau bisa juga ada pihak tertentu yang menyuruh mereka untuk melakukan hal tersebut. Sedangkan hacker, selain untuk mendapatan pengetahuan, juga untuk meningkatkan keamanan sistem. Biasanya jika mereka menemukan celah untuk diretas, mereka akan melaporkannya bahkan memperbaikinya.

  • Kemampuan

Kemampuan cracker adalah mencari celah sistem. Umumnya, cracker tidak terampil dalam pemrograman, mereka hanya tahu beberapa trik untuk mencuri data. Sedangkan hacker, tentunya memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang pemrograman. Di mana mereka harus terampil dan memiliki pengetahuan lanjutan tentang OS komputer dan bahasa pemrograman.

  • Untuk Siapa Mereka Bekerja

Umumnya seorang cracker bekerja untuk dirinya sendiri, dengan menjual data hasil curian. Sedangkan hacker bekerja di sebuah organisasi untuk membantu melindungi data.

Alasan Melakukan Cracking

Mencuri Data

Cracking adalah aktivitas yang berkaitan dengan pencurian data. Seorang cracker dapat mengakses semua jenis data. Salah satu pencurian data yang paling umum adalah pencurian informasi pengguna dan kredensial login.

Spionase

Ketika cracker berhasil masuk ke suatu sistem, mereka akan memiliki akses ke semua data suatu organisasi. Mereka akan melakukan hal ini sepanjang waktu untuk mencuri informasi demi kepentingan mereka sendiri.

Manipulasi

Seorang cracker tidak selalu melakukan pencurian data. Terkadang mereka juga berniat untuk mengedit data yang tersimpan di server, seperti mengubah neraca bank, memalsukan catatatn hukum, bahkan mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lain.

Menyebarkan Malware

Seorang cracker yang berhasil masuk ke sistem dapat menyebarkan malware. Misalnya, spyware yang mencatat aktivitas pengguna, adware yang menghujani pengguna dalam pop-up, ransomware yang mengenkripsikan data, atau bahkan rootkit yang menyembunyikan semua malware lainnya.

Contoh Cracking

Password cracking

Password cracking merupakan tindakan untuk mendapatkan password dari data yang tersimpan di sistem. Craker akan berusaha mengambil password pengguna di database. Untungnya, suatu sistem biasanya akan sadar tentang keamanan data pengguna dan akan menyandikan password dengan hashing. Hashing adalah semacam proses menyembunyikan atau menyamarkan password dengan karakter acak sehingga password terenkripsi.

Software cracking

Sofware cracking merupakan tindakan yang mengacu pada modifikasi perangkat lunka untuk menghapus atau mengganti fitur yang tidak diinginkan. Tindakan ini merupakan bentuk pelanggaran hak cipta.

Network cracking

Network cracking merupakan tindakan yang menerobos keamanan LAN (jaringan area lokal).

Langkah Mencegah Cracking

 

  • Gunakan Strong Password

Ketika akan membuat password, buat password yang kuat yang sulit untuk ditebak orang lain. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pergantian password secara berkala.

  • Aktifkan Fitur Two-Factor Authentication (2FA)

Two-factor authenticatio (2FA) adalah sistem keamanan yang memerlukan dua bentuk identifikasi yang berbeda untuk mengakses sesuatu. Sistem ini bekerja dengan meinta dua jenis informasi dari pengguna. Umunya, pengguna akan dimintai password atau nomor identifikasi pribadi (PIN) dan kode yang diikirm ke ponsel pengguna yang sudah terkoneksi sebelumnya.

  • Gunakan Antivirus

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan antivirus. Cara ini cukup efektif sebab antivirus ini dapat mendeteksi dan memblokir malware sebelum merusak sistem.

Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cracking. Jadi lebih paham kan?

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

2 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

23 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

3 days ago