HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Menggunakan WhatsApp Web Di HP Dan Laptop

Meski WhatsApp Inc telah berdiri ternyata tidak serta merta membuat Aplikasi WhatsApp rampung sepenuhnya.Ada beberapa percobaan ditemukan crash dan gagal dijalankan seperti yang diharapkan yang membuat pendirinya hampir menyerah.Dengan perjalanan yang panjang,pengguna WhatsApp meledak hingga mencapai angka 200 juta pengguna,angka ini semakin meningkat hingga 500 juta pengguna di april 2014.Meski WhatsApp Inc telah beralih tangan ke pemilik Facebook,peralihan ini tidak berdampak banyak dalam perubahannya,WhatsApp tetap pada tampilan sebelumnya.

Aplikasi perpesanan WhatsApp masih menjadi andalan masyarakat hingga kini karena penggunaannya yang mudah dan cepat untuk berkomunikasi.Selain pada ponsel,WhatsApp juga bisa diakses di perangkat lain seperti desktop dengan fitur WhatsApp Web.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai Penggunaan Whatsapp Web.

2 Cara Membuka Dan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Pada Komputer

Untuk bisa terhubung ke aplikasi WhatsApp dengan menggunakan web cukup mudah,kalian bisa menggunakannya langsung pada browser atau dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

  • Membuka Whatsapp Menggunakan Browser : Untuk WhatsApp dengan menggunakan browser,hal pertama yang harus dilakukan adalah koneksi internet pada laptop dan smartphone kalian menyala.Cari WhatsApp web dan bukalah,selanjutnya kalian akan dialihkan ke tampilan scan barcode sebelum masuk ke laman chat WhatsApp.Kalian harus melakukan scan dari smartphone dan laptop.Apabila  berhasil kalian akan masuk ke dalam WhatsApp.
  • Menggunakan Install Aplikasi : Dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan menggunakan browser,kalian juga harus mengikuti langkah yang sama.Hanya saja kalian harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Menggunakan WhatsApp Web Pada Laptop

Ada beberapa cara untuk menggunakan aplikasi perpesanan whatsapp ini di tablet dan komputer pribadi.Whatsapp Web disinkronkan dengan aplikasi seluler untuk memungkinkan kalian mengirim dan menerima pesan WhatsApp dari komputer.

Tindakan apa pun yang dilakukan di telepon akan berlaku untuk WhatsApp di komputer kalian dan begitupun sebaliknya.Kalian dapat mengakses WhatsApp di ponsel dan komputer.

Pada dasarnya,kalian dapat menggunakan WhatsApp di komputer dengan 2 cara yakni melalui WhatsApp Desktop yang merupakan aplikasi yang dapat kalian unduh dan WhatsApp Web berupa versi WhatsApp berbasis browser.

Berikut ini cara melihat WhatsApp di browser web :

  • Buka browser PC,laptop atau tablet kalian dan buka web.whatsapp. com
  • Di ponsel Android,buka WhatsApp,ketuk tiga titik di kanan atas dan pilih WhatsApp web.
  • Di iPhone,mulailah WhatsApp dengan ketuk ikon pengaturan di kiri bawah dan pilih WhatsApp web/desktop.
  • Kalian akan diminta untuk menggunakan kamera ponsel cerdas untuk memindai kode QR yang terlihat di browser web komputer kalian.
  • Kemudian arahkan kamera ponsel ke layar komputer untuk memindai kode.
  • Web Whatsapp akan diluncurkan secara otomatis di browser dan akan tetap aktif sampai kalian logout dari komputer atau ponsel.
  • Kalian dapat memilih opsi ini di ponsel dengan kembali ke menu Web WhatsApp dan memilih untuk keluar dari semua perangkat.
  • Untuk logout dari perangkat PC atau laptop kalian dapat melakukannya dengan mengetuk ikon tiga titik di bagian atas utas percakapan lalu pilih Log out.

Berikut cara install WhatsApp web pada komputer :

  • Instal aplikasi desktop web WhatsApp yang tersedia untuk PC, laptop atau Mac dari whatsapp(dot)com/download.
  • Klik tombol unduh berwarna hijau untuk menginstal aplikasi WhatsApp di komputer.
  • Temukan file itu di folder unduhan kalian dan klik dua kali untuk menginstal.
  • Pada komputer Windows,harus mengikuti langkah-langkah di penginstal dan di Mac cukup seret ikon WhatsApp ke folder aplikasi kalian.
  • Mulai aplikasi desktop WhatsApp dan prosesnya sama seperti di atas.
  • Aplikasi ini akan membuat kalian tetap masuk ke WhatsApp sampai kalian memilih untuk keluar.
  • Whatsapp hanya dapat diinstal di komputer kalian jika sistem operasi adalah Windows 8 (atau lebih baru) atau Mac OSX 10.9 (atau lebih baru).

Cara Menggunakan WhatsApp Pada HP

Langkah pertama mempelajari cara menggunakan WhatsApp adalah menginstal aplikasi yang dapat diunduh dan siap digunakan hanya dalam beberapa menit.Seperti yang sudah diketahui,aplikasi ini sepenuhnya gratis,hanya memerlukan nomor telepon dan perangkat seluler untuk mendaftar.

Cara menginstal WhatsApp Pada HP :

  • Instal aplikasi dari Play Store (Android) atau App Store (iPhone) yang akan tergantung terhadap HP kalian sendiri.
  • Luncurkan aplikasi dan setujui izin yang diminta.
  • Masukkan nomor telepon kalian dan ketuk Konfirmasi.
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS (WhatsApp dapat melakukannya secara otomatis).
  • Impor kontak yang ada ke dalam aplikasi (opsional).

Kekurangan Menggunakan WhatsApp Web di Laptop atau Komputer

Pada dasarnya semua aplikasi memiliki keunggulan,begitupun WhatsApp,namun ada juga kekurangannya.Berikut ini beberapa poin penting kekurangan WhatsApp Web yang harus kalian ketahui :

  • Bergantung pada akses internet yang kuat sehingga untuk menyambungkan WhatsApp Web membutuhkan koneksi yang stabil.
  • Tidak dapat melakukan panggilan online,karena untuk panggilan tetap harus dilakukan melalui smartphone.
  • Jika telegram tetap bisa digunakan saat smartphone kalian dalam keadaan mati atau tidak ada koneksi internet (offline),namun WhatsApp Web harus membutuhkan koneksi baik dari sisi smartphone Android dan IOS kalian,jika smartphone tidak ada koneksi maka WhatsApp Web tidak akan bisa tersambung.
  • Menguras baterai Smartphone kalian karena secara default Aplikasi dapat berjalan dibelakang layar sistem operasi yang menguras baterai lebih cepat dibandingkan biasanya.
  • Bisa di duplikasi di komputer lain,hal ini sering terjadi dimana orang lain bisa secara diam-diam melakukan login di komputer / laptop lain yang akibatnya bisa diakses oleh orang lain secara diam diam,untuk memastikan ini tidak terjadi bisa melakukan logout pada akun WhatsApp di smartphone Android dan IOS kalian jika tidak digunakan.

 

Menjadi aplikasi perpesanan yang populer,WhatsApp tidak hanya bisa digunakan oleh perangkat mobile,aplikasi ini juga memungkinkan untuk dibuka pada personal komputer atau laptop.Cara membukanya pun sangatlah mudah, hanya dengan beberapa langkah saja Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp versi web nya.Kemudahan itu ternyata tidak serta merta memudahkan pengguna,menggunakan WhatsApp web juga menguras banyak baterai sehingga bisa menyulitkan pengguna ketika kehabisan baterai.Pemakaian akan tergantung dengan kalian selalu pemilik handphone dan pengguna aplikasi ini.

Jadi tentunya memang ada kelebihan dan kekurangannya,kalian bisa tetap memanfaatkan whatsapp web sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan.Sekian artikel ini semoga bermanfaat !

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

15 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago