HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Menjalankan Beberapa Strategi Zero Moment Of Truth

Apa Itu Zero Moment Of Truth ?

Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah strategi pemasaran (marketing) untuk memenangkan persaingan bagi suatu produk. Strategi Zero Moment Of Truth belum banyak diketahui oleh masyarakat, mungkin sebagian besar yang sudah mengenal istilah ini adalah yang berkecimpung dalam bidang pemasaran digital, atau yang bekerja di bidang teknologi internet.

Zero Moment Of Truth adalah hal baru dalam perkembangan dunia internet dan sosial media, yang mana Zero Moment of Truth ini berperan dalam proses pengambilan keputusan sebuah pembelian produk atau jasa, karena calon pembeli membaca atau melihat bagaimana orang lain atau konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa tersebut.

Secara sederhana dapat dikatakan keberadaan Zero Moment Of truth ini seperti halnya artikel atau website yang memberikan review dari sebuah produk atau jasa, review tempat wisata atau restoran. Dalam perkembangannya Zero Moment Of Truth ini juga ada di sosial media dan berbagai platform digital.

Perkembangan Model Zero Moment Of Truth

Jauh sebelum era pemasaran digital dimulai, konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk atau jasa melalui stimulus atau informasi pertama  ketika melihat sebuah produk atau mengetahui sebuah jasa. Yang mana kemudian stimulus ini akan  berkembang menjadi first moment of truth dan second moment of truth.

Adanya stimulus yang ditangkap oleh konsumen maka akan mendapatkan sebuah informasi penting sesuai kemampuan penangkapan mereka terhadap sebuah produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.

Stimulus ini  kemudian akan berkembang menuju tahapan selanjutnya yaitu first moment  of truth, tidak hanya sekedar mengetahui atau terpapar sebuah informasi produk namun benar-benar mencari informasi. Pada tahapan ini konsumen akan  mengalami momen pertama melihat langsung produk atau jasa di toko atau tempat penjualnya.

Setelah melihat langsung, memegang dan membuktikan sendiri kebenaran dari informasi yang konsumen dapatkan pada tahap stimulus. Selanjutnya akan menuju proses second moment of truth, yaitu konsumen melakukan pembelian dan kemudian merasa puas  dengan produk atau layanan yang diberikan.

Cukup panjang perjalanan konsumen untuk sampai pada keputusan apakah akan membeli atau tidak sebuah produk atau jasa yang bermula dari paparan informasi yang mereka terima. Bermula dari stimulus, lalu momen pertama untuk melihat langsung dan kemudian berlanjut ke momen kedua dengan membeli dan puas.

Proses yang lama ini dapat dipotong dengan adanya model pemasaran digital,di sinilah peran penting keberadaan zero momen of truth. Dalam model pemasaran berbasis internet, konsumen akan mencari tahu informasi mengenai sebuah produk, yang mana informasi dapat di terima dalam bentuk testimoni atau review, yang kemudian membuat yakin untuk mengambil keputusan membeli atau tidak.

Cara Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth

Zero Moment Of Truth memiliki cara kerja yang kurang lebih mirip dengan model testimonial, yang mana pengguna sebuah produk akan membuat testimoni dari pengalaman mereka terhadap produk tersebut. Informasi atau testimoni yang dibuat akan menjadi landasan atau informasi penting bagi calon konsumen lain dalam menentukan apakah produk  tersebut sesuai dan layak untuk di beli.

Maka, penting bagi pelaku bisnis memahami bagaimana strategi zero moment of truth bekerja untuk bisnisnya. Perlu menyiapkan agar tidak tertinggal dalam era pemasaran digital yang terus berkembang. Berikut adalah strategi yang bisa digunakan untuk membuat zero moment of truth terhadap calon konsumen produk, yaitu :

  • SEO

Perlu menjalankan strategi Optimasi SEO yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari website. Informasi apa yang menjadi tren pencarian konsumen yang berhubungan dengan produk. Berikan mereka informasi terkait produk secara lengkap dan mudah dipahami.

  • Testimoni

Calon konsumen di era digital akan mencari testimoni sebuah produk atau layanan terlebih dahulu di internet, sebelum mereka memutuskan membeli. Maka perlu meminta testimoni dari pengguna. Buatlah testimoni yang jujur dari produk. Sediakan kolom testimoni di website toko online, pembeli bisa mengunggah pengalaman mereka terhadap produk.

  • Review

Google sangat fokus dengan review, berbagai produk Google berbasis pada review dalam menentukan rating. Anda harus muncul dalam berbagai fasilitas review Google, misalnya dengan mendaftar Google Bisnisku yang mana di sana bisa mendapatkan review dari pengalaman para pengguna produk dan jasa dari bisnis.

  • Sosial Media

Sosial media adalah cara baru orang mendapat informasi dan hiburan, melalui sosial media orang bisa menyampaikan apa saja, termasuk pengalaman mereka mengenai sebuah produk. Anda harus hadir di sosial media dan ciptakan moment of truth dengan berbagai strategi pemasaran digital di  sosial media yang tepat.

Konsep Dasar Digital Marketing Zero Moment Of Truth

Sementara sebagian besar penelitian di balik ZMOT difokuskan pada perusahaan B2C, perusahaan B2B juga memiliki sesuatu untuk dipelajari dari konsep tersebut. 

Lebih jauh mengenai memahami perilaku konsumen, Google pada tahun 2011 melakukan riset yang dikenal dengan Zero Moment of Truth. Konsep ini mendeskripsikan mengenai perilaku konsumen yang melakukan search on internet sebelum membuat sebuah keputusan membeli barang di era digital ini, secara garis besar tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Stimulus merupakan tahapan awal dimana individu mengetahui sebuah produk/ aware to the brand’s presence.
  • Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah tahap berikutnya dimana individu secara aktif mempelajari informasi dari sebuah produk yang terdapat di internet.
  • First Moment of Truth (FMOT) adalah tahap dimana individu berinteraksi langsung dengan produk seperti melihat produk di toko, memperoleh penjelasan dari sales team dan lainnya.
  • Second Moment of Truth (SMOT) merupakan tahap saat individu telah membeli dan memperoleh experience setelah menggunakan produk tersebut, apakah menyenangkan atau menyebalkan.

Bagaimana Pemasar B2B Mempersiapkan Zero Moment Of Truth?

Zero Moment Of Truth baru meningkatkan model pengambilan keputusan linier tradisional. Forbes menunjukkan Zero Moment Of Truth memengaruhi konsumen “selalu aktif” saat ini.

“Bertentangan dengan potret model tradisional tentang pengambil keputusan sebagai serigala yang hanya meminta masukan setelah penjualan, konsumen baru yang” selalu aktif ” terus-menerus meminta saran dari jaringan sosialnya”.

Penting untuk mengingat hal ini saat merancang pengalaman pelanggan. Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan produk atau layanan B2B lulus uji Zero Moment Of Truth, yaitu :

  • Jadikan informasi dapat diakses

Konsumen akan mencari jenis konten berikut untuk membantu mereka membuat keputusan :

    • Testimoni Pelanggan
    • panduan pembeli
    • studi kasus

Konsumen menginginkan ulasan yang berasal dari pelanggan dan klien, bukan langsung dari Anda.

  • Fokus pada pengoptimalan

Sebagian besar riset produk dimulai dengan pencarian online, jadi situs harus dioptimalkan untuk SEO. Lakukan penelusuran Google tentang merek, ulasan dan opini tentang produk / layanan di industri. Ini akan memberi sudut pandang konsumen saat mereka meneliti produk atau layanan.

  • Pikirkan video

Bukan kebetulan bahwa YouTube adalah mesin pencari terpopuler kedua di internet. Konsumen mencari visual untuk membantu mereka memutuskan. Untuk B2B, ini berarti menggabungkan demonstrasi produk dan webinar ke dalam strategi.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

16 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

18 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago