HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Mozilla Thunderbird : Pengertian, Fitur Dan Cara Kerja

Pengertian Mozilla Thunderbird

Thunderbird adalah aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed dan sejenisnya. Thunderbird ini adalah salah satu produk turunan dari Mozilla. Pada awalnya Mozilla selalu mengemas aplikasinya dengan Browser dan Mail Client. Namun, Mozilla mencoba memecah produknya dan membuatnya jauh lebih menarik dan ringan. Project Browsernya bernama: FireFox, dimana Project Mail Client-nya bernama: Thunderbird.

Thunderbird diproduksi untuk beberapa operating system, antara lain: Windows, Linux (Unix), atau MacosX. Thunderbird mempunyai kemampuan untuk berganti-ganti themes, dan dapat ditambahkan dengan plugin. Thunderbird juga bisa melakukan import setting dan mail dari Outlook Express, Mozilla atau Netscape. Thunderbird bisa berfungsi sebagai RSS feeder, yaitu untuk membaca atau melakukan cek blog ala RSS.

Mozilla Thunderbird adalah perangkat lunak klien surat elektronik yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Pada 7 Desember 2004, versi 1.0 diluncurkan dan di unduh lebih dari 500.000 kali dalam 3 hari pertama. Sampai 2007, Thunderbird telah di unduh lebih dari 50 juta kali. Pada awalnya di beri nama Minotaur, proyek ini awalnya kurang mendapat dukungan. Setelah suksesnya Mozilla Firefox, muncul permintaan untuk klien email yang serupa, dan Minotaur diberi nama baru. Thunderbird mendukung sistem operasi berikut :

  • Microsoft Windows, termasuk 98, 98SE, Me, NT 4.0, 2000, XP, Vista, dan Server 2003
  • Mac OS X
  • Sistem operasi berbasis Unix/Unix-Like

Syarat Instalasi Mozilla Thunderbird

Program Mozilla Thunderbird banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna internet. Mozilla Thunderbird merupakan software gratis yang bersifat open source. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows harus memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  1. Sistem operasi: Windows XP SP2, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7
  2. Minimal menggunakan prosesor Intel Pentium 4 atau setara
  3. Memori (RAM) 1 GB
  4. Harddisk dengan kapasitas kosong minimal 200 MB.

Fitur Pada Mozilla Thunderbird

Berikut ini adalah beberapa fitur pada mozilla thunderbird, yaitu :

  • Tab email

Thunderbird memiliki antarmuka yang mirip dengan penjelajah web. Surel akan dibuka di tab baru sehingga pengguna dapat membaca satu surel secara penuh.

  • Buku kontak

Thunderbird memungkinkan pengguna menambahkan kontak baru pada buku kontak.

  • Multiple channel chat

Thunderbird memungkinkan pengguna berkomunikasi secara real-time menggunakan akun media sosial Facebook, Twitter, Google Talk dll.

  • Pengaya

Thunderbird memungkinkan pengguna untuk mengubah surel dengan tambahan fungsi atau mempercantik gayanya.

  • Ubah folder

Thunderbird memungkinkan pengguna membuat folder baru atau mengganti nama folder yang sudah ada.

  • Perlindungan spam/phising

Thunderbird memiliki kemampuan untuk melindungi akun dari spam atau phising yang mengganggu.

Cara Setting Mozilla Thunderbird

1. Ketika membuka Thunderbird untuk pertama kali, akan langsung muncul tampilan sebagai berikut :

Karena akan menyetting Thunderbird untuk membaca dan mengirim email, maka pilih Email Accounts lalu klik Next.

2. Muncul kotak dialog baru yang meminta memasukkan nama dan email.

Nama ini nanti akan tampil sebagai nama pengirim email yang dikirimkan. Jika sudah mengisi nama dan alamat email, klik Next.

3. Selanjutnya akan muncul tampilan seting incoming (POP/IMAP) dan outgoing server (SMTP). Pilih POP dan masukkan nama domain sebagai incoming maupun outgoing server.

Pastikan nama domain yang diisikan sudah betul, penulisan tidak disertai dengan http:// maupun www, jadi hanya nama domain saja, misalnya tokopesawat.com (sesuai nama domain). Klik Next.

4. Langkah berikutnya adalah mengisi alamat email dengan lengkap, termasuk nama domain.

5. Pada Account Name bebas mengisikan nama untuk account ini. Penamaan ini sangat bermanfaat ketika menggunakan beberapa email sekaligus di Thunderbird. Misalnya email untuk pekerjaan, email untuk Facebook, email untuk mailing list dll.

Setelah memberi nama pada account ini, klik Next.

6. Proses setting Thunderbird telah selesai. Akan muncul detail setting yang telah dimasukkan.

Jika belum yakin dengan setting yang ada bisa mengeditnya dengan klik tombol Back agar kembali ke halaman pengaturan-pengaturan sebelumnya. Pilihan Download message now boleh tidak dipilih jika belum ingin membaca email. Jika sudah yakin dengan settingnya, klik Finish.

7. Jika pilihan Download message now dipilih (dicontreng) maka Thunderbird akan langsung mendownload email dari server dan muncul dialog yang meminta password email.

Jika ingin Thunderbird mengingat password sehingga tidak muncul dialog permintaan password, cukup klik pada pilihan Use Password Manager to remember this password. Tetapi jika lebih suka untuk mengetik password setiap memeriksa email, jangan contreng pilihan tersebut.

Cara Menggunakan Mozilla Thumdebird

Cara menggunakan Mozilla Thumdebird ini sebagai berikut :

1. Download dan install Software untuk mendapatkan Versi baru dari Mozilla Thundebird.

2. Setelah Mozilla Thundebird sudah terinstall di komputer, cari shortcut atau pilih start menu. Pada komputer akan muncul jendela Mozilla Thundebird (Account Wizard ) tersebut.

3. Untuk menambah nama email client dapat memilih menu Tool kemudian pilih Account Settings.

4. Setelah itu akan muncul jendela Account Settings disinilah akan menyetting email.

5. Pada jendela Account Settings, pilih Account Actions kemudian pilih Add Mail Account. Add Mail Account inilah dapat memasukkan account email ke dalam Mozilla Thundebird. Di jendela Account Setting juga kan melihat menu Add Other Aaccount, yang bisa digunakan untuk menambah account selain account email.

6. Sesudah itu akan muncul jendela Mail Account Setup, di sini bisa memasukkan nama, email, dan juga password email . Setelah selesai menginput data tersebut dapat mencentang Remember Password yang gunanya supaya password email dapat tersimpan pada Mozilla Thundebird, dan dilanjutkan dengan menekan tombol Continue.

7. Selanjutnya silahkan pilih di antara dua pilihan yaitu IMAP atau POP3. Hal ini tergantung dari setting email. Untuk saat ini bisa memilih opsi POP3 sehingga email juga akan tersimpan di komputer. Kemudian tekan tombol Create Account untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

8. Setelah itu dapat melakukan konfigurasi secara manual dengan menekan tombol Manual Config. Selanjutnya ada dapat memilih POP3 atau IMAP pada kolom pilihan Incoming, kemudian input sever hostname, port dan setelah itu dapat mengatur konfigurasi yang lain secara manual, sesudah menginput data tersebut dapat menekan tombol Create Account.

9. Setelah menekan tombol Create Account, maka account email sudah ada di Mozilla Thunderbird.

10. Jika ingin menghapus email dapat membuka jendela Account Setting kemudian pilih email yang ingin hapus, klik Accoun Action dan silahkan pilih Remove Account.

11. Klik tombol OK apabila ingin menghapus account email tersebut, maka account email yang di pilih akan terhapus dari Mozilla Thunderbird.

Kelebihan dari Mozilla Thunderbird

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari mozilla thunderbird, yaitu :

  • Memiliki Fitur Tab yang memungkinkan menampilkan email secara multitab, seperti halnya Browser Mozilla Firefox. Ini merupakan terobosan yang inovatif dan memberikan kemudahan user dalam membaca email.
  • Memiliki Fitur Search yang sama-sama multitab serta dilengkapi filter dan index yang memungkinkan bisa mencari email yang diinginkan dengan lebih cepat.
  • Memiliki Fitur Archive untuk memfilling email yang masih diperlukan dan akan disimpan.
  • Memiliki fitur tambahan seperti kemampuan untuk merubah theme email serta segudang add-ons yang dapat dipasang dalam aplikasi Thunderbird.
4.6/5 - (45 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

1 hour ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago