HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Adware Dan Cara Mengatasinya

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Adware,mulai dari pengertian Adware,cara mencegah Adware,contoh-contohnya dan masih banyak lagi,akan kita bahas satu per satu.

Pengertian Adware

Adware berasal dari dua suku kata yaitu Ad artinya adalah iklan dan Ware artinya perangkat atau aplikasi.Maka disimpulkan,Adware merupakan sejenis perangkat lunak yang mampu menginstalasi dirinya sendiri ke komputer user tanpa diketahui oleh user itu sendiri, dan akan menampilkan iklan-iklan saat si user mengakses internet.Iklan-iklan yang ditampilkan bervariasi,ada yang sangat mengganggu seperti menutup hampir seluruh halaman browser,ada iklan jenis pop-up di desktop komputer dan ada juga iklan yang muncul dibrowser dengan menampilkan mesin pencari khusus.

Bahaya Adware

Pada dasarnya,penggunaan adware bisa dibagi menjadi dua.Ada yang adware baik dan ada yang buruk.Artinya,tidak semua adware berbahaya karena tidak sedikit yang bermanfaat bagi kita.

Beberapa perbandingan antara adware yang baik dan yang buruk akan dijelaskan di bawah ini :

  • Ada adware yang malah akan dibagikan dan disebarkan dengan gratis.Browser seperti Opera dan klien akan berbagi file secara peer to  peer Sementara itu, adware yang baik juga hanya akan memasang programnya sendiri pada komputer Anda jika sebelumnya Anda telah memberikan izin.
  • Untuk Adware buruk malah kalian nanti bisa terinstall secara otomatis bahkan kalian sendiri tidak tahu karena tidak pernah mengizinkan aplikasi tersebut untuk terpasang.Di sisi lain,Adware yang baik malah bisa memungkinkan dirinya agar tidak dipasang di komputer.Maka dari itu,kalian akan menemukan tombol hapus dan tambah yang terdapat pada Control Panel di Microsoft Windows.
  • Berbanding terbalik,Adware buruk malah tidak bisa dihapus karena kalian akan kesulitan menemukan menu yang memang diperuntukkan untuk menghapus aplikasi tersebut.Pada adware buruk kalian tidak akan menemukannya sehingga aplikasi ini akan terus berada di komputer sampai kalian benar-benar tahu bagaimana cara menghapusnya.
  • Adware yang baik hanya akan memunculkan iklan yang tidak akan menggangu aplikasi tersebut.Sementara Adware yang buruk malah akan secara otomatis terinstall sendiri pada aplikasi lain yang malah sering ditemukan kasus bahwa hal ini malah berakibat pada pembajakan pengaturan browser dengan tujuan untuk membuat browser tersebut dapat menampilkan banyak iklan.

Cara Mengatasi Adware

Untuk mengatasi Adware yang terlanjur terinstal dikomputer,kalian bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Pasang Antivirus Terupdate

Program antivirus merupakan solusi untuk mengatasi program Adware berisi jenis malware berbahaya.Kalian hanya perlu menginstal satu jenis aplikasi anti virus yang telah diperbarui dan perlu diperbarui ketika vendor antivirus memperbarui basis data.

  • Hati-Hati Dan Teliti

Secara umum,baca pedoman dan peraturan ketika kalian menginstal aplikasi atau game yang freeware.Hindari situs yang menampilkan terlalu banyak iklan,namun jangan gunakan AdBlock di browser karena itu akan menghasilkan uang bagi penerbit atau pemilik situs dengan menulis kegiatan yang membagikan font secara gratis yang menjadikannya bermanfaat bagi pengunjung.

  • Hapus Adware

Periksa aplikasi yang terinstal di komputer,terutama freeware, aplikasi atau game gratis.Adware umumnya menampilkan iklan ketika komputer terhubung ke Internet.Copot pemasangan aplikasi atau game yang diduga mengandung Adware.Selain menghapus Adware dengan program antivirus yang diperbarui,kalian juga bisa menggunakan alat khusus untuk menghapus Adware yang ada di komputer kalian, termasuk AdwCleaner atau Malwarebyte Anti Malware Tool.

Cara Mencegah Adware

Cara untuk mencegah dari Adware sebagai berikut :

  • Jangan menangani situs web sembarangan yang tidak dikenal.
  • Jangan tertarik saat menginstal program di komputer.
  • Perlu memeriksa apakah ada program mencurigakan.
  • Selalu memindai dengan antivirus secara teratur dan jangan lupa untuk memperbarui antivirus.

Kerugian Dari Adware

  • Sngat terganggu dengan munculnya publisitas yang tidak terduga di komputer.
  • Sering menemukan kesulitan untuk menemukan informasi yang diharapkan saat mengakses Internet karena hasil pencarian penuh dengan informasi terkait dengan halaman iklan.
  • Program Adware Dapat berubah menjadi mesin pencari utama di browser kalian,tetapi mesin pencari memiliki kapasitas yang masih diragukan.
  • Adware berisi iklan yang membantu pengguna menavigasi ke situs web atau aplikasi yang berisi rootkit, worm, virus, atau spyware.

Contoh Adware

Berdasarkan perangkatnya,Adware dibedakan menjadi 2 yakni Adware Personal Computer (PC) atau Laptop dan Adware Android :

  • Adware Personal Computer (PC)

Biasanya didapatkan dari instalasi software freeware,software shareware dan Download Install Ekstensi bersifat gratis.Saat pengguna mendownload aplikasi gratis tersebut maka secara otomatis program Adware akan ikut terinstall juga,sebab program ini menjadi bagian dari aplikasi atau software yang didownload.

  • Adware Android

Adware Android merupakan Adware yang terinstall pada smartphone atau perangkat mobile dan Adware dapat memunculkan iklan dengan durasi berbeda-beda.Bukan itu saja,keberadaan Adware memungkinkan smartphone mendownload aplikasi lain dengan alasan fitur tambahan.

Contoh dari Adware adalah aplikasi-aplikasi seperti :

Babylon

Babylon adalah kamus komputer dan program terjemahan yang dikembangkan oleh perusahaan Israel Babylon Software Ltd yang berbasis di kota Or Yehuda.Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 oleh pengusaha Israel Amnon Ovadia.Babylon termasuk kamus dan glosarium yang dibuat oleh komunitas milik perusahaan itu sendiri.Babylon bukan hanya berfungsi sebagai kamus untuk penerjemahan,tetapi juga berfungsi sebagai pengukuran dan waktu,konversi mata uang dan juga media untuk mendapatkan informasi kontekstual lainnya.

Bukan itu saja, Babylon menggunakan text-to-speech agen yang membuat pengguna dapat mendengarkan pengucapan kata dan teks yang tepat dan telah mengembangkan 36 kamus yang merupakan hak milik Inggris dalam 21 bahasa.Babylon dikategorikan sebagai Adware dikarenakan serangkaian kasus yang menimpa Babylon,pada tanggal 7 Agustus 2010 software aplikasi Babylon diidentifikasikan sebagai Adware : Win32 oleh antivirus Microsoft dikarenakan adanya potensi mengganggu.

Opencandy

OpenCandy merupakan modul Adware yang sangat populer,diproduksi oleh SweetLabs.OpenCandy adalah perangkat lunak yang dirancang untuk dipaketkan dengan penginstal program lain sehingga dapat secara terselubung diinstal ke komputer setiap orang yang menggunakan penginstal dibundel.OpenCandy terdiri dari pustaka Microsoft Windows, membuatnya lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam installer Windows.

OpenCandy diklasifikasikan oleh hampir semua program antivirus dan perlindungan sistem sebagai Program yang mungkin tidak diinginkan,Sementara OpenCandy secara teknis bukan virus atau malware,OpenCandy memiliki kemampuan rootkit yang memungkinkan membuat rumah jauh di bawah permukaan Sistem Operasi komputer,kemampuan untuk membajak browser internet pengguna yang terinfeksi dan mengutak-atik preferensi mereka,kemampuan untuk melacak,menyimpan catatan dan melaporkan aktivitas penjelajahan internet pengguna yang terinfeksi,bersama dengan kemampuan untuk hanya mengutak-atik pengalaman pengguna secara umum.

Go.Mail.Ru

Go.mail.ru merupakan pembajak peramban yang dapat mengubah pengaturan browser milik kalian tanpa izin.Jika kalian mengizinkannya untuk memasuki komputer,browser homepage,tab baru dan mesin pencari akan berubah dan kalian mungkin terjebak dengan perubahan tersebut untuk sementara waktu.

MyStart Search

Merupakan sejenis adware yang bersifat browser hijacker atau pembajak browser.Adware ini akan secara otomatis menampilkan berbagai macam iklan yang mengganggu ketika kalian sedang menjelajahi internet.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

14 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

18 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago