HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

NLP : Pengertian,Manfaat Serta Cara Ranking 1 Google Dengan NLP SEO

NLP merupakan sistem terbaru Google yang bisa memahami isi artikel dengan akurat.Dengan teknologi NLP,Google lebih mudah memilih artikel yang sesuai isinya dengan penelusuran pengguna.NLP termasuk ke dalam strategi SEO yang penting.Memahami NLP SEO bisa menjadi cara agar bisnis muncul di pencarian Google,khususnya di posisi ranking 1.

Langsung saja kita simak Artikel pembahasan mengenai NLP Google dan bagaimana cara ranking 1 Google dengan trik NLP SEO. :

Mengenal Apa Itu NLP Google ?

NLP adalah singkatan dari Natural Language Processing atau Bahasa Pemrograman Natural.NLP adalah bahasa pemrograman yang unik.Sistem ini membantu mesin mengerti maksud dari ujaran manusia.Jadi NLP sangat berguna dalam penyempurnaan teknologi kecerdasan buatan Google.

Mesin Google dahulu tidak bisa memahami isi tulisan artikel,ujaran ataupun perintah dari pengguna.Hampir semua orang,apalagi masyarakat awam,pasti menggunakan bahasa biasa sehari-hari untuk menelusuri informasi di Google.

Masalah akhirnya muncul karena sebagai mesin,Google hanya bisa mengerti perintah-perintah kaku yang diperuntukkan untuk sistem komputer saja.Akibatnya pengguna Google cukup kesulitan menemukan artikel atau informasi sesuai kebutuhan.

Dengan sistem NLP,sistem Google kini bisa memahami setiap maksud ujaran dari penggunanya. Tidak hanya dalam bentuk teks (keyword tulis) saja,NLP Google bisa mengerti ujaran pengguna dalam bentuk lisan (voice search).Kini,pencarian Google bisa lebih akurat dan optimal.

Kecanggihan NLP Google

Sistem NLP bisa memahami banyak hal,seperti :

  • Mengerti isi sebuah dokumen atau artikel.
  • Dapat memilah,menyoroti dan mengelompokkan setiap bab atau sub bab bahasan artikel.
  • Mengerti maksud dan poin yang ingin ditelusuri pengguna lewat suara (voice search).
  • Mengerti intisari dari topik penelusuran meski terdapat kesalahan ejaan (typo) pada kata kunci yang digunakan.
  • Mengerti nuansa pemakaian bahasa tulis di dokumen atau artikel.Misalnya membedakan dokumen ilmiah atau artikel santai dengan humor.

Sejarah Perkembangan NLP

NLP ditemukan tahun 1950 oleh seorang programmer ternama bersejarah asal Inggris bernama Alan Turing.Ia memperkenalkan konsep NLP melalui publikasi berjudul Computing Machinery and Intelligence.Di sana ia juga memperkenalkan sistem “Uji Turing” untuk tes keberhasilan sistem kecerdasan buatan.

Inti dari publikasi tersebut yakni konsep kerja NLP.Komputer didesain sedemikian rupa menggunakan perpaduan simbolik kode dan bahasa manusia untuk menciptakan kecerdasan tersendiri.Dengan konsep itu,kini kalian mengenal sistem NLP SEO yang bermanfaat untuk dunia bisnis online.

Manfaat NLP Google

Menerapkan strategi SEO NLP sudah cukup menjadi cara agar bisnis muncul di pencarian Google nomor 1.Google sudah menerapkan sistem awal NLP sejak 2019 melalui algoritmanya yang bernama BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers).Penerapan NLP menjadi strategi Google untuk meningkatkan pelayanan pengguna mereka sampai sekarang.

Beberapa manfaat NLP pada algoritma BERT Google :

  • Membantu menyoroti (highlight) poin sub bab yang ditelusuri pengguna.
  • Bisa memahami maksud penelusuran pengguna meski terdapat salah ketik (typo) pada keywords.
  • Memunculkan hasil rekomendasi yang paling sesuai isinya dengan keyword pengguna.
  • Mempengaruhi snippet Google dan ranking website SEO organik.
  • Memilah konten website yang akurat dan sesuai dengan sistem SEO terbaru.
  • Mengeliminasi konten-konten yang melanggar ketentuan SEO (spam keyword,spam link dan lain-lain).

NLP juga bisa membantu mendekatkan calon konsumen ke bisnis online kalian.Jadi,kalian wajib mengoptimalkan konten SEO mulai sekarang karena NLP Google super selektif menilai artikel dari setiap web.

Cara Ranking 1 Google Dengan NLP SEO

Studi terbaru menunjukkan ada beberapa cara ranking 1 Google yang terbukti ampuh.Cara-cara tersebut sudah disesuaikan dengan sistem kerja NLP Google :

1.Memberikan Artikel Bahasan Lain Yang Terkait Topik

Sering atau pernah menemukan kolom rekomendasi bahasan yang terkait di dalam sebuah artikel di website ? Ternyata ini sebuah strategi SEO NLP yang terbukti ampuh.Dengan menyertakan rekomendasi bahan bacaan lain yang terkait topik bisa meningkatkan “dwell time” atau durasi seseorang mengunjungi website kalian.

Menurut sistem SEO NLP,semakin lama seseorang membaca isi web milik kalian,maka akan semakin baik,artinya,website kalian menyediakan jawaban relevan dengan kebutuhan pengguna Google.Menyediakan rekomendasi bacaan terkait juga bisa memancing interaksi (engagement) pengguna dengan website kalian.

Contoh penyediaan rekomendasi artikel pada website :

  • Topik utama artikel : Tips Mudah Memulai Bisnis Online.
  • Rekomendasi artikel terkait : Pengertian Bisnis Online,Perbedaan Dropship dan Reseller,Ide Bisnis Online Tanpa Modal : Strategi Bisnis Online atau yang lainnya.

Tips:

  • Topik bahasan yang direkomendasikan harus sesuai dengan artikel utama.Jika perlu,bisa mempelajari bagaimana website-website di Google merekomendasikan artikel yang terkait.

2.Menggunakan SEO Tools

Mengoptimalisasi SEO memang cukup sulit jika dilakukan secara manual.Jadi,tidak ada salahnya mencoba beberapa peralatan SEO khusus yang tersedia gratis ataupun berbayar di internet.

Beberapa rekomendasi SEO tools :

  • SurferSEO : alat bantu analisa keyword density,desain web terbaik dan +500 faktor-faktor yang memengaruhi ranking SEO website.
  • io : alat bantu pembuat konten artikel sesuai dengan konsep SEO-friendly.Dilengkapi tools tambahan untuk riset keyword,riset topik konten,pembuatan brief konten dan optimalisasi hasil akhir.
  • Can I Rank : tool SEO yang memberi masukan,tips dan strategi improvisasi untuk website bisnis kalian agar bisa menduduki peringkat 1 Google.
  • com : website tool SEO berupa kolom teks editor khusus untuk mengecek typo,grammar dan perbaikan tone atau nuansa tulisan.Jadi,kalian bisa lebih mudah menulis artikel yang terkesan profesional ataupun santai.

3.Melakukan Building Link Internal

Pastinya ada banyak artikel dengan beragam bahasan yang kalian buat setiap harinya untuk memancing ketertarikan pengunjung web.

Building link internal merupakan aktivitas menyelipkan link-link artikel lama website ke artikel yang baru ditulis.Keberadaan link internal dalam artikel turut mendongkrak penilaian ranking web di mata Google.Serta internal link juga membantu pembaca menemukan lebih banyak artikel yang relevan untuk menambah wawasan mereka.Strategi ini bisa dipadukan dengan tips nomor 1 di atas.

Tips:

  • Tautkan link internal website 1-2 link saja per artikel.
  • Jangan menautkan terlalu banyak link karena dianggap spam.
  • Pasang link pada kata kunci yang sesuai di artikel.

4.Melakukan Analisis Sentimen

Melakukan analisis sentimen yang dimaksud di sini merupakan penilaian masyarakat terhadap brand bisnis milik kalian.Google mengumpulkan semua penilaian konsumen terhadap suatu brand. Jadi akan mudah bagi kalian untuk melakukan analisis sentimen ini.Hasil analisis juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kualitas,kredibilitas dan reputasi usaha online untuk jangka panjang.

Tips analisis sentimen konsumen :

  • Mengumpulkan data review konsumen dengan NLP Google.
  • Mencari tahu semua pendapat konsumen di berbagai linimassa e-commerce,situs review khusus,sosial media ataupun testimoni yang ditinggalkan konsumen pada website bisnis kalian.
  • Melakukan analisa baik untuk data yang sudah bagus ataupun pendapat negatif dan kritik.Atasi kritik dan kekurangan dengan improvisasi strategi SEO terbaru.

5.Selalu Memperhatikan Metrik Konten

Ada 2 jenis metrik yang harus dipantau : metrik salience dan metrik kategori konten.Berikut penjelasannya :

  • Metrik Salience NLP : nilai penting sebuah entitas (topik bahasan) dalam artikel.Rentang nilai ini antara 0,0 sampai 1,0.Semakin tinggi nilainya,maka Google akan menganggap pembahasan artikel relevan dan berkualitas.
  • Metrik kategori konten : berisi pengelompokkan kategori konten dalam niche-niche atau domain tertentu.Metrik ini penting mengingat NLP dapat mengklasifikasikan artikel ke dalam berbagai kategori.Semakin baik nilai metrik,berarti artikel kalian sudah masuk ke dalam kelompok yang benar.

6.Mempelajari Penggunaan Entitas Konten

Pada SEO,entitas merupakan kata,frasa dan kalimat yang digunakan untuk mewakili objek yang dibahas dalam artikel.Contoh entitas misal event,orang (tokoh),organisasi (perusahaan) dan lainnya.

NLP Google dapat membedakan entitas satu dengan yang lainnya.Misal membedakan entitas “Kijang” (hewan) dengan “Kijang” (brand mobil).Jadi ketika seseorang menelusuri suatu topik entitas,maka Google akan mencari tahu kategori yang di maksud.Kemudian hasil penelusuran yang sesuai akan ditampilkan untuk menjawab pertanyaan pengguna.

7.Mempelajari Maksud Penelusuran (Search Intent)

NLP SEO Google juga memperhitungkan maksud penelusuran (search intent) dari para pengguna.Search intent yakni tujuan-tujuan utama user Google saat mencari informasi.

Ada 4 jenis search intent yang umum dipahami Google : komersial,informasional,transaksional dan navigasional.Setiap kategori search intent dapat memiliki strategi optimasi SEO berbeda.

Maka,cari tahu kembali artikel kalian cocok untuk search intent jenis apa.Dengan begitu,kalian lebih mudah merancang isi konten yang sesuai harapan pembaca.

8.Menganalisa Metrik Dokumen

Dari sisi struktur tulisan web,ada 2 metrik lain yang harus kalian analisa yakni metrik inverse document frequency dan term frequency. Inilah perbedaannya :

  • Metrik inverse document frequency (IDF) : berisi nilai pembagian jumlah artikel total dengan artikel berisi keyword tertentu.
  • Metrik term frequency (TD) : berisi panjang total artikel, jumlah keyword, serta jumlah pemakaian kata-kata umum di artikel.

Nilai dari 2 metrik di atas biasanya dihitung gabungan untuk membentuk nilai TD-IDF.Nilai TD-IDF ini digunakan Google NLP untuk memilih artikel yang relevan dengan keyword penelusuran serta mengeliminasi artikel spam keyword.

Sama seperti 2 metrik terdahulu,semakin baik nilai akhir TD-IDF,maka artikel kalian akan semakin direkomendasikan ke pengguna.

Sekian artikel pembahasan tentang NLP SEO Google.Semoga bisa bermanfaat 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

6 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago