HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Website Belajar Laravel Untuk Pemula

Rekomendasi Website Belajar Laravel

Berikut ini akan merekomendasikan beberapa website yang menyajikan tutorial Laravel secara lengkap dan bisa diakses secara cuma-cuma alias gratis.

1. Official Laravel Documentation

Tingkat: Beginner, intermediate dan advanced

Website Official Laravel Documentation berisi deskripsi lengkap tentang framework Laravel yang dikelola oleh komunitas Laravel dan juga tersedia di GitHub. Website ini berisi panduan instalasi dan pemberian gambaran umum tentang semua konsep Laravel, seperti templating, keamanan, manajemen database, dll.

Selain itu juga bisa menemukan dokumentasi paket belajar Laravel untuk pemula resmi di website tersebut. Website ini sangat berguna dalam menyediakan sumber daya Laravel terbaru dalam informasi yang terstruktur dengan baik dan mudah dicari.

Selain itu akan menemukan dokumen untuk versi Laravel yang lebih lama, termasuk contoh kode dan tips praktik terbaik. Dengan mengunjungi website Official Laravel Documentation, juga bisa mengirimkan laporan bug di GitHub

Website yang bisa diakses di https://laravel.com/docs/8.x ini berguna untuk tingkat pengetahuan apapun-baik beginner, intermediate dan advanced-untuk belajar Laravel.

Namun, tutorial Laravel di sana bisa sangat melelahkan bagi pemula karena kepadatan informasinya yang tinggi.

2. Laravel News

Tingkat: Beginner, intermediate dan advanced

Laravel News adalah website tutorial Laravel lengkap dengan berbagai berita terkait Laravel. Website ini memiliki blog yang menampilkan berita Laravel terbaru, bagian untuk tutorial Laravel yang mencakup topik belajar Laravel untuk pemula hingga ahli, podcast tutorial Laravel setiap dua minggu dan majalah/koran Laravel yang dikirimkan setiap Minggu pagi.

Laravel News juga menampilkan paket tutorial Laravel populer dengan deskripsi singkat dan kode contoh Laravel.

Tidak mau kalah dengan website Official Laravel Documentation, Laravel News menyediakan informasi-informasi yang diperbarui secara berkala dan menyampaikan konten dengan cara yang berbeda seperti blog, podcast, buletin, dll.

Di Laravel News akan menemukan potongan praktik terbaik dengan tutorial Laravel gratis dan berkualitas tinggi dalam membangun aplikasi Laravel berupa tangkapan layar dan cuplikan kode yang sangat membantu proses belajar Laravel untuk pemula. Bisa mengakses Laravel News di https://laravel-news.com/.

3. Tuts Make

Tingkat: Intermediate dan advanced

Tuts Make adalah blog tutorial populer yang mencakup berbagai bahasa dan teknologi pemrograman, termasuk Laravel.

Tutorialnya singkat, padat dan jelas dalam membahas tugas muum Laravel, error dan use case Laravel.

Website ini menyertakan beberapa cuplikan kode yang juga dapat digunakan untuk keperluan pengembangan website. Tuts Make menyediakan informasi dan tutorial Laravel terbaik secara berkala.

Konten yang mudah dibaca dengan contoh kode yang panjang tapi terstruktur juga bisa didapatkan di website ini. Hebatnya dapat menemukan informasi contoh dan tips wawancara kerja serta Q&A. Namun, Tuts Make bukan untuk pemula, setidaknya ditujukan ke developer tingkat intermediate hingga advanced untuk memahami tutorial ini. Karena tutorial di sana sangat berbasis kode, tanpa banyak diskusi tentang teori.

Bisa mengunjungi website tutorial Laravel Tuts Make di https://www.tutsmake.com/category/laravel-tutorial/.

4. LaraShout

Tingkat: Beginner, intermediate dan advanced

LaraShout adalah website belajar Laravel untuk pemula lainnya yang gratis dan berfokus sepenuhnya pada framework Laravel. Selain tutorial Laravel langsung, LaraShout juga menampilkan panduan konsep teoritis penting seperti middleware, storage, queues dan tugas, dll.

Beberapa tutorial dikelompokkan ke dalam part sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam dari setiap topik.

Saat ini, LaraShout memiliki empat part: Laravel Collections, Design Patterns, E-Commerce Application Development dan Package Development.

LaraShout sebagai website yang mudah dinavigasi, lengkap dengan tutorial yang dimulai dengan daftar isi sehingga tampilan lebih terstruktur.

Konten yang kaya gambar berkualitas tinggi, contoh kode, dan pesan peringatan yang disajikan baik melalui tutorial berbasis teori dan praktik menjadi andalan lain LaraShout. Website ini direkomendasikan untuk pelajar intermediate dan advance, meskipun juga memiliki beberapa tutorial Laravel tingkat pemula. LaraShout lebih menyerupai blog teknologi daripada situs belajar yang komprehensif.

Untuk mengakses LaraShout, bisa kunjungi https://www.larashout.com/.

Rekomendasi Website Belajar Laravel Dengan Video, Podcast dan Screencast (Gratis)

Berikut ini website belajar laravel dengan video, podcast dan screencast gratis, yaitu :

1. BitFumes

Tingkat: Beginner, intermediate dan advanced

BitFumes adalah website pembelajaran yang menampilkan screencast dan video gratis-berbayar dalam pengembangan web.

Bagian tutorial Laravel gratisnya mencakup banyak video berkualitas tinggi yang ditujukan untuk pemula. Selain itu juga banyak tutorial Laravel gratis di saluran YouTube BitFumes, termasuk kursus berdurasi 6,5 jam yang membahas pengembangan Laravel dari dasar hingga topik lanjutan seperti Livewire.

Channel YouTube BitFumes layak untuk dikunjungi oleh siapapun-baik tingkat beginner, intermediate dan advanced karena tidak perlu sign-up untuk melihat video tutorial gratisnya.

Tutorial gratis di website BitFumes mencakup banyak topik tingkat pemula yang sulit ditemukan secara gratis di tempat lain.

Apalagi video-video tutorial tersebut tersedia secara terstruktur yang dibagi ke dalam chapter dan topik.

2. Laravel Business

Tingkat: Beginner, intermediate dan advanced

Situs belajar Laravel untuk pemula lainnya datang dari channel Youtube bernama Laravel Business by Povilas Korop.

Laravel Business adalah channel YouTube populer yang menyediakan tutorial Laravel berupa video gratis tentang cara menggunakan Laravel untuk bisnis.Di sana akan ada beberapa video YouTube setiap minggu yang membahas topik seputar Blade, Eloquent, PHPUnit, aplikasi SaaS, dan banyak lainnya.

Selain tutorial praktik langsung, Povilas juga melakukan perbandingan, memberikan saran karir dan bisnis, dan di bawah tab ‘Komunitas’, membagikan ‘tips Laravel hari ini’ setiap hari.

Meskipun Laravel Business ditujukan untuk pengguna yang lebih mahir (advanced), channel Youtube ini juga bisa menjadi sumber belajar Laravel untuk pemula yang bagus, terutama saran bisnis dan karier Povilas.

3. Laraning

Tingkat: Beginner dan intermediate

Website video tutorial Laravel selanjutnya adalah Laraning. Nama Laraning berasal dari kata ‘Laravel’ dan ‘Learning’, dan nama ini tetap digunakan karena sepenuhnya didedikasikan sebagain website belajar Laravel untuk pemula. Laraning memiliki fitur kursus video gratis yang dikategorikan ke dalam segmen ‘Series’, ‘Features’ dan ‘Courses’.

Bagian ‘Series’ berisi video tutorial tentang paket Laravel dan topik lainnya. Namun bagian ‘Features’ saat ini tidak memuat konten apapun. Sedangkan bagian ‘Courses’ berisi tutorial video yang lebih panjang, seperti pembelajaran mendalam ‘Laravel dari A sampai Z’ yang ditujukan untuk pelajar pemula hingga intermediate.

Laraning menyajikan kursus yang terstruktur dengan baik dan mudah dinavigasi yang lengkap dengan contoh praktis di dunia nyata dan videonya beresolusi full HD. Sebenarnya website Laraning ini belum sepenuhnya matang sehingga akan menemukan fitur yang hilang di sana-sini. Misalnya, tombol ‘Sign In’ masih tidak berfungsi dan beberapa seri hanya menyertakan dua bagian video.

Namun, tutorial yang sudah diterbitkan telah berkualitas tinggi dan layak untuk ditonton.

Rekomendasi Website Belajar Laravel Dari Video, Screencast (Berbayar)

Berikut ini website belajar laravel dengan video, podcast berbayar, yaitu :

1. Laracast

Tingkat: Beginner, intermediate, advanced

Laracasts adalah platform pembelajaran premium yang menawarkan screencasts untuk keperluan pengembangan web. Meskipun fokus utamanya adalah framework Laravel, Laracast juga memiliki kursus tentang teknologi lain, yang sebagian besar dapat digunakan bersama dengan Laravel, seperti CSS, JavaScript, PHP, SQL, Vue.js, dll.

Website ini menampilkan lima Laracast Journeys yang terdiri dari Framework, Languages, Techniques, Testing5 dan Tooling. Laracast Journeys adalah kumpulan screencast yang dibutuhkan untuk menguasai keterampilan tertentu.

Laracast yang bisa diakses di https://laracasts.com/ terdiri dari menu Topics, Series, Discussion, Podcast dan yang paling terbaru Larabits.

Masing-masing menu memiliki screencast audio dan video yang berkualitas tinggi dengan pembahasan menyeluruh sesuai kebutuhan pengembangan website.

Meskipun merupakan layanan premium, bisa menemukan beberapa seri tutorial Laravel yang sepenuhnya gratis, misalnya, seri intermediate di Envoyer dan seri beginner di Forge. Bahkan jika tidak ingin membayar keanggotaan, ada baiknya mendaftar untuk mendapatkan akun forum gratis, terutama jika memerlukan bantuan dari komunitas terpercaya.

2. Laravel Daily

Tingkat: Beginner, intermediate, advanced

Kalau tadi Povilas Korop punya channel Youtube tutorial Laravel gratis, ia juga punya website belajar Laravel berbayar yang tidak kalah keren. Namanya adalah Laravel Daily. Di sini akan menemukan 10 seri video tutorial Laravel berbayar dan 1 seri gratis pada link https://laraveldaily.teachable.com/.

Hampir semuanya membahas topik Laravel yang menarik, seperti membuat aplikasi pembuatan invoice dengan Laravel, membangun CRUD SPA dengan Laravel dan Vue, menguasai Eloquent, membuat REST API dengan Laravel, dll.

Laravel Daily direkomendasikan untuk developer Laravel tingkat mana pun. Jika sudah mencoba mengikuti tutorial versi gratisnya di Youtube Laravel Business, maka tidak ada salahnya coba berlangganan di Laravel Daily untuk mendapatkan tutorial Laravel lebih mendalam.

3. Udemy

Tingkat: Beginner, intermediate, advanced

Udemy adalah marketplace e-learning global pembuat konten independen yang

juga menjual kursus video mereka. Tidak hanya dalam pengembangan web tetapi juga dalam banyak kompetensi lainnya.

Tutorial Laravel saat ini mencakup 280 kursus di semua tingkat pengetahuan. Selain bahasa Inggris juga menawarkan kursus dalam bahasa lain, tidak terkecuali Bahasa Indonesia.

Dikarenakan Udemy memiliki lebih dari 300 seri video tutorial Laravel, perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk menemukan apa yang sedang dibutuhkan.

Jika berlangganan di https://www.udemy.com/topic/laravel/ akan mendapatkan garansi uang kembali 30 hari dan sertifikat tuntas kursus jika telah menyelesaikan kursus suatu seri.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago