HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mau Tau Pakar SEO Terbaik? Dan Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Simak

Digital marketinng saat ini sudah dibutuhkan oleh semua pelaku bisnis (perusahaan), mulai dari yang menyediakan jasa di tingkat lokal hingga yang memberikan jasa dan layanan di tingkat internasional.

Salah satu alat digital marketing yang sedang berkembang saat ini adalah SEO. SEO adalah Search Engine Optimizer. Pentingnya profesional SEO dalam suatu perusahaan sangat mempengaruhi bagaimana website suatu perusahaan menerima pengunjung dari mesin pencari Google.

Memilih pakar SEO adalah suatu keharusan karena berdampak besar pada peringkat website bisnis di mesin pencari Google. Jika Anda memilih pakar SEO sembarangan bisa sangat berbahaya bagi website bisnis Anda.

Pakar SEO Black Hat

Apa itu pakar SEO Black Hat? Arti black hat biasanya identik dengan seorang hacker atau seseorang yang tujuannya untuk mengelabui dan memanipulasi mesin pencari untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi, Teknik SEO sebenarnya bisa merugikan website perusahaan Anda dalam jangka panjang, jika Anda mencapai rangking tinggi di Google namun tidak bertahan lama.

Apa yang Dilakukan oleh Pakar SEO Black Hat?

  • Spam Backlink 

Spam backlink adalah backlink ke website Anda dari website lain, namun website tersebut memiliki indeks spam yang tinggi, terlalu banyak link yang dikirim. Backlink dari komentar juga merupakan backlink spam yang tidak disukai algoritma Google.

Dan yang paling sering saya jumpai adalah backlink dari redirect. Redirect backlink adalah link dari website lain yang bila diklik akan membawa Anda langsung 301/302 ke halaman utama.

  • Spam Kata Kunci

Banyak pakar SEO Black Hat membuat spam kata kunci di halaman arahan mereka (halaman money site) dengan menyembunyikan kata kunci, menumpuk kata kunci, mengulang kata kunci, dan menambahkan sejumlah besar kata kunci atau kata kunci turunan pada halaman.

  • Cloaking 

Cloaking mirip dengan backlink redirect, namun backlink biasanya berasal dari website yang sudah tidak aktif lagi (expired domain). Setelah situs diaktifkan dan redirect 301/302 ke situs utama, backlink dari situs tersebut akan dipindahkan ke situs utama. (Hal ini terkadang dilakukan oleh pakar SEO, namun tidak mungkin mencapai efek positif 100% dengan metode ini.)

  • PBN (Private Blog Network)

Pernahkah Anda mendengar istilah PBN? Atau mungkin sudah sering? Atau Anda saat ini menggunakan PBN? Hati-hati, itu yang dikatakan bang napi, hehehe.

Banyak layanan PBN yang tersedia saat ini. Tidak ada yang salah dengan layanan PBN ini, namun sebagai pembeli mungkin Anda belum mengetahui seperti apa kualitas PBN tersebut hanya karena PA DA-nya yang tinggi. Bisakah Anda mengetahui apakah PBN baik untuk Anda?

Namun alih-alih meningkatkan peringkat Anda, membeli PBN justru akan menurunkan peringkat situs Anda dan meningkatkan angka skor spam Anda. PBN juga bisa meningkatkan rangking website Anda, namun membutuhkan pakar SEO yang paham kualitas website.

  • GSA / Snuke Tools backlink

Berhati-hatilah jika seseorang menyarankan penggunaan alat penautan otomatis seperti GSA atau SNUKE. Alat-alat ini dirancang untuk memberi Anda ribuan backlink dalam sekejap, namun memiliki risiko tinggi.

  • Blog Zombie

Tentu saja, setiap pakar SEO yang melakukan debut SEO pada tahun 2016 tahu banyak tentang backlink dari blog zombie. Apa sih blog zombie, ini adalah blog-blog dari situs .blogspot yang sudah tidak aktif lagi. Untuk meng-grab, kami menggunakan alat khusus (mengambil situs yang tidak lagi aktif). Anda akan menemukan banyak situs dengan status situs .blogspot tidak aktif meskipun memiliki banyak backlink.

Jadi, Anda tinggal mengaktifkan website tersebut dan mengarahkan ke website utama. Ini akan seperti situs utama Anda mendapatkan backlink berkualitas. Sayangnya, algoritma Google modern sekarang juga memahami situs blog zombie, dan menggunakan metode ini justru dapat menyebabkan hilangnya/turunnya peringkat Anda.

  • Backlink Tier 

Backlink jenis ini dulunya sangat terkenal dan populer sekali di kalangan pakar SEO profesional. Ini mungkin masih dapat digunakan dan memiliki efek positif (untuk saat ini), namun akan menimbulkan masalah bagi penerbit dalam jangka panjang.

Karena jika, ada algoritma yang mengenali backlink ini, alih-alih diberi peringkat, situs web Anda mungkin malah di-de-index oleh Google (dihapus dari pencarian Google) oleh Google. Selain itu, jenis backlink tier ini dipersulit oleh pengindeksan Google yang lama. Jika Anda membeli backlink ini, mungkin diperlukan waktu 6 bulan hingga 1 tahun agar backlink Anda terindeks oleh Google.

Backlink tier dibuat oleh para profesional SEO Black Hat dengan membuat skema piramida, dimana halaman utama berada di bagian atas piramida dan backlink dibuat untuk saling terhubung di bagian bawah halaman utama terkirim. Tier 1 adalah backlink yang berkualitas, tier 2 adalah backlink yang mendukung tier 1, dan tier 3 adalah backlink yang mendukung tier 2. Namun cara ini semakin sulit diterapkan karena backlink tier 2 dan 3 membutuhkan waktu lebih lama untuk diindeks.

  • AGC (auto generate content)

Algoritma Mei 2022 akan membantu pengguna AGC, terutama situs yang mempublikasikan artikel yang hampir identik, membuat konten acak, atau mengejar kata kunci di lokasi tertentu dengan membuat banyak artikel di setiap lokasi.

Berdasarkan pengalaman saya, banyak website yang menerima penalti Google karena kata kunci situsnya saling memakan satu sama lain(canibalisme keyword). Pakar SEO yang menggunakan teknik Black Hat di atas sebaiknya menghindarinya karena tidak hanya berbahaya bagi website Anda tetapi juga dapat mengakibatkan website Anda tidak terindeks oleh Google.

Pakar SEO White Hat

Pakar White Hat SEO Banyak layanan SEO White Hat yang kini digunakan oleh perusahaan besar karena banyak perusahaan tidak ingin berurusan dengan masalah jangka panjang terkait algoritma Google.

Pola pikir pakar SEO Black Hat adalah karena kita tahu bahwa mereka mencoba mengelabui algoritma Google dengan berbagai cara dengan tujuan untuk menghemat biaya SEO. Artinya jika algoritma Google berubah maka kredibilitas situs utama Anda akan terancam. Pembaruan algoritme baru dapat mengakibatkan penalti dari Google.

Namun pakar SEO White Hat berpikir berbeda. Ide white hat SEO adalah untuk memastikan kelangsungan jangka panjang situs web Anda meskipun algoritme berubah di masa mendatang. Keamanan situs adalah prioritas utama kami dan merupakan hal pertama yang menentukan kriteria apa yang akan digunakan saat membuat backlink. Di bawah ini adalah contoh penerapan white hat SEO.

Apa yang Dilakukan oleh Pakar White Hat SEO?

Berbeda dengan Black Hat, White Hat SEO percaya bahwa keamanan situs web adalah hal yang paling penting, dan peningkatan peringkat situs web adalah hasil dari algoritma Google. Apa yang dilakukan pakar SEO white hat? Apakah Anda juga ingin mengikuti kursus SEO?

  • Content is King

White Hat SEO lebih memilih untuk membuat konten yang memberikan nilai dan kualitas kepada pembacanya daripada membuat banyak konten spam. Semua konten yang dibuat harus menekankan nilai dan konten. Selain penulisan yang panjang, penulis konten juga perlu memiliki pemahaman detail tentang konten yang dibuat.

  • Struktur Website Lebih Penting daripada Backlink

Website yang baik adalah website yang memiliki struktur yang baik. Lalu bagaimana cara membuat struktur website? Membuat struktur website dimulai dengan memilih Heading 1, Heading 2, dan Heading 3 dengan menggunakan kata kunci yang sesuai. Situs web Anda harus memiliki apa yang diinginkan Google.

  • Kecepatan Website adalah Prioritas Utama

Berkat algoritme Google terbaru, kini Anda dapat mengukur seberapa cepat situs web Anda dimuat. Ini termasuk CLS, LCP FID TTfB, dan INP. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, Anda dapat membaca tentang cara membuat halaman web dimuat lebih cepat di sini.

  • Backlink

Backlink adalah tautan balik website lain yang memberikan link aktif ke website Anda. Meski bukan prioritas utama Anda, backlink tetap memengaruhi posisi website Anda di mesin pencari Google. Sekalipun nilainya dalam persentase tertentu, backlink bisa menjadi pedang bermata dua bagi website Anda, jadi sebaiknya pilih backlink dengan hati-hati.

Pakar SEO White Hat sangat berhati-hati dalam memilih backlink yang menghubungkan ke website suatu perusahaan. Karena salah memilih backlink alih-alih menaikkan peringkat website perusahaan Anda justru dapat menurunkan SERP (Search Engine Ranking Page) Anda secara signifikan.

Oleh karena itu, pemilihan backlink dilakukan dengan menggunakan beberapa alat SEO. Dengan tools tersebut, Anda bisa mengetahui apakah sebuah backlink itu baik atau buruk.

Tools SEO

Tools adalah alat. Para master SEO tentunya memiliki banyak sekali tools rahasia yang digunakan untuk mengoptimasi websitenya. Di bawah ini adalah alat penting yang digunakan oleh para pakar SEO.

– Ahrefs

Ahrefs adalah alat berbayar, yang meskipun tidak murah, namun tetap sebanding dengan layanan yang didapatkan. Alat ini dibayar bulanan, dengan harga sewa bulanan terendah adalah $99.

Dengan Ahrefs, Anda dapat mengecek kualitas backlink pesaing Anda dan kualitas backlink website Anda. Alat ini memungkinkan Anda memeriksa backlink spam di situs web perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat kata kunci pesaing Anda sehingga memudahkan untuk melakukan rekeyword atau reset kata kunci menggunakan tool ini dan hasilnya akan lebih lengkap dan detail.

– Semrush

SEMrush adalah alat pesaing Ahrefs. Fungsinya hampir sama, namun ada beberapa perbedaan.

SEMrush memudahkan untuk menemukan spam backlink dan duplikat konten. Selain itu, meneliti kata kunci pesaing Anda menggunakan alat SEMrush ini akan memberikan hasil yang lebih beragam. Namun, harga berlangganan termurah adalah $120 per bulan.

– MOZ

Alat berlangganan berikutnya adalah MOZ. Moz adalah alat yang digunakan oleh pakar SEO berpengalaman ketika memulai analisis situs web dengan PA dan DA, yaitu page autority dan domain Domain autority.

Bahasa bawaan MOZ sering digunakan oleh para pakar SEO untuk berkomunikasi, karena MOZ adalah alat gratis tertua, sehingga hampir semua profesional SEO menggunakannya. Mirip dengan PA DA, masih banyak digunakan untuk mengevaluasi kualitas backlink. Alat ini telah tersedia secara gratis sejak lama, menjadikannya alat pokok bagi para pakar SEO.

Sejauh ini, PA dan DA MOZ adalah ukuran dasar apakah sebuah backlink berkualitas tinggi. Namun, memiliki banyak backlink PA belum tentu berarti website Anda berkualitas. PA DA yang tinggi bisa berbanding lurus dengan skor spam Anda. Oleh karena itu, semakin tinggi PA DA, semakin tinggi pula skor spam website tersebut. MOZ juga dibayar bulanan dengan harga $99/bulan.

Harga Jasa Pakar SEO

Harga Jasa Pakar SEO Ada banyak jasa pakar SEO mahal yang tersedia, namun tidak menjamin peringkat website Anda akan pulih atau aman. Biasanya penyedia layanan SEO ini tidak berani bersaing pada kata kunci yang sulit sehingga tidak memberikan jaminan apapun mengenai kepastiannya.

Namun saat ini banyak jenis jasa SEO di Indonesia yang menetapkan harga berdasarkan panjang kata kunci yang dilacak. Misalnya, kata kunci 3 kata seperti “layanan SEO murah” dihargai 5 juta juta per bulan, jika target kata kuncinya terdiri dari dua kata seperti “JASA SEO” bisa dipatok 8 juta per bulan. WAW Jumlah yang luar biasa.

Namun, menurut saya ini bukan pilihan yang tepat karena menargetkan kata kunci tertentu biasanya melibatkan backlink, yang digunakan dalam Black Hat SEO. Lalu apa yang membuat pilihan tepat saat memilih pakar SEO?

1. Menentukan Budget

Saat memilih jasa SEO, murah versus mahal sangatlah relatif. Harga jasa SEO, rendah atau tinggi, bergantung pada pendapatan bisnis Anda dan sulitnya persaingan kata kunci.

2. Tools Apa Saja yang Digunakan oleh Penyedia Layanan?

Seperti disebutkan di atas, alat SEO tidak murah, bahkan berlangganan minimal satu bulan saja biayanya 1,4 juta per bulan. Namun, sebagai pakar SEO, masuk akal untuk menggunakan alat berbayar.

3. Pengalaman

Dikatakan bahwa sama seperti pelaut yang baik lahir dari perairan yang tenang, pakar SEO yang hebat juga lahir dari penaklukan kata kunci yang sulit. Semakin banyak persaingan kata kunci, semakin efektif pakar SEO tersebut.

Menurut pengalaman penulis, beberapa layanan SEO menawarkan tarif bulanan sebesar 3 juta untuk kata kunci dasar hingga menengah. Harga ini sebanding dengan menyewa seorang spesialis SEO. Untuk persaingan sedang hingga tinggi, layanan SEO biasanya menawarkan jaminan harga terendah 5 juta per bulan.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

12 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

17 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago