HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Panduan Dasar Midtrans Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Payment gateway di Indonesia saat ini berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan tentunya antusias pengguna dalam berbelanja online dan cara berjualan di toko online. Anda mungkin juga salah satu yang tertarik menggunakan layanan payment gateway ini. MidTrans sebagai payment gateway layak untuk dicoba, beriku pejelasan lengkapnya.

Pengertian MidTrans

MidTrans adalah layanan gateway pembayaran Indonesia. Teknologi dari MidTrans ini adalah cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan teknologi yang memudahkan pembayaran dan transaksi online. Sejauh ini sudah puluhan bank yang bermitra dengan layanan tersebut, termasuk bank BUMN seperti Mandiri dan BNI. Sementara itu, terdapat ribuan toko online di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan MidTrans.

Cara Kerja Payment Gateway 

Setelah memutuskan untuk membeli produk atau layanan di situs e-commerce, pelanggan mengikuti instruksi pembayaran dan menerima informasi terkait transaksi tersebut.Informasi ini dikirim ke sumber payment gateway melalui koneksi internet Anda. Sistem pembayaran kemudian meneruskan informasi tersebut ke pemroses pembayaran di bank yang digunakan merchant.

Pemroses pembayaran kemudian meneruskan informasi transaksi yang diterimanya kepada asosiasi dan menjelaskan bahwa kartu yang digunakan adalah kartu Mastercard atau Visa. Bank yang bertanggung jawab kemudian menerima permintaan yang dikirimkan dan mengirimkan tanggapan dengan kode khusus ke pemroses.

Kode ini nantinya akan menunjukkan apakah transaksi berhasil. Terakhir, pemroses pembayaran mengirim ulang pesan tersebut ke pembayar dan meneruskannya ke situs web pedagang dan pemegang kartu. Jika Anda masih belum memahami cara kerja gateway pembayaran elektronik ini, berikut penjelasan singkatnya. Jika Pembeli melakukan pembelian di Website, pesanan dan metode pembayaran akan ditransfer ke bank yang ditunjuk oleh Penjual untuk verifikasi.

Proses ini tidak memakan waktu lama, minimal 5 detik. Pembeli dapat melakukan proses pembayaran seperti biasa, setelah itu penjual dan pembeli akan mendapat notifikasi bahwa transaksi berhasil. Pada dasarnya cara kerja payment gateway adalah setiap terjadi transaksi dari pembeli ke penjual, sistem akan menyetujui proses pembayaran tersebut.

Sistem bawaan ini pasti akan meningkatkan nilai penjualan toko online Anda. Untuk menggunakan teknologi ini, Anda harus mengaktifkan akun terpercaya. Oleh karena itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pengguna. Hal ini secara tidak langsung mungkin membuat pembeli percaya.
Ketika pengguna mengetahui bahwa perusahaan online mempunyai sistem payment gateway , mereka merasa bahwa transaksi mereka aman.

Baik penjual maupun pembeli tidak mempunyai kecurigaan atau kekhawatiran bahwa transaksi tersebut adalah transaksi palsu atau penipuan. Saat ini terdapat puluhan gateway pembayaran di Indonesia. Memilih gateway terbaik bisa jadi sangat sulit. Untuk menghindari kebingungan, Anda dapat membaca survei gateway pembayaran kami di sini.

Cara Kerja MidTrans sebagai Payment Gateway

Cara kerja payment getaway MidTrans Indonesia beroperasi sama seperti gateway pembayaran lainnya dan sangat nyaman. Pertama, Anda dapat mendaftarkan toko online Anda sendiri dengan menghubungkan ke portal manajemen merchant MidTrans dalam mode uji. Mode ini memungkinkan Anda bereksperimen dengan berbagai pengaturan yang tersedia tanpa mengubah apa pun. Selanjutnya lengkapi beberapa dokumen yang ada untuk melanjutkan pendaftaran. Dokumen merupakan persyaratan yang diverifikasi oleh MidTrans.

Dokumentasi ini harus lengkap agar Anda dapat segera menerima pembayaran dari bisnis online Anda. Ada dua jenis dokumen yaitu KTP dan NPWP. Keduanya menerima otorisasi untuk memasuki sistem pembayaran melalui pembayaran kartu atau transfer bank. Akun Anda juga dapat digunakan untuk tujuan bisnis pribadi atau kolektif, misalnya oleh perusahaan Anda.

Terakhir, Anda dapat bekerja dengan tim pengembangan kami untuk mengintegrasikan alat teknis yang disediakan ke dalam bisnis online atau situs e-commerce Anda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses checkout bagi pelanggan kami. Tidak perlu khawatir dengan kesulitan integrasi. Karena MidTrans memiliki banyak pilihan yang tersedia untuk berbagai platform.

Biaya Penggunaan MidTrans

Menggunakan layanan Midtrans Indonesia. Artinya Anda hanya perlu membayar jika proses pembayaran atau transaksi berhasil. Harga yang dikenakan juga sudah termasuk biaya pemrosesan bank dan sistem deteksi penipuan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya akuisisi, biaya pemeliharaan, dan biaya lainnya.

Anda juga bisa mencoba sendiri kemudahan Midtrans nanti saat Anda menerima pembayaran dari pembeli Anda. Pilihan yang ditawarkan sangat beragam, antara lain transfer bank, debit langsung, pembayaran kartu, e-wallet, serta melalui counter seperti Indomaret. Biayanya sangat beragam dan terjangkau, tidak melebihi Rp 5.000 per transaksi.

Inovasi dalam MidTrans

Selain payment gateway yang kami sebutkan tadi, sebenarnya ada inovasi lain yang bisa Anda nikmati saat menggunakan layanan ini. Salah satunya adalah Ilius. Iris dapat menyederhanakan proses transfer dana ke mitra atau penyedia yang berpartisipasi. Selain itu ada juga Aegis. Ageis memungkinkan Anda mendeteksi dan meminimalisir penipuan dalam proses transaksi bisnis online.

Inovasi ini ternyata dapat melindungi dari penipuan transaksi yang rentan di era perkembangan digital. Selain itu, Anda sebenarnya bisa memaksimalkan keuntungan bisnis Anda. Ada inovasi ketiga yang disebut Prism. Prism memandu pelanggan untuk membuat link pembayaran dan merekomendasikan berbagai produk terbaru pada platform chat yang ditampilkan. Pada dasarnya, semua ini bertujuan untuk menyederhanakan proses gateway pembayaran sehingga bisnis e-commerce Anda dapat menguntungkan pembeli dan penjual.

Demikian Payment Gateway memudahkan melakukan transaksi antar bank maupun kredit. Mid-trans adalah salah satu contohnya. MidTrans juga bekerja sama dengan bank BUMN Bank Mandiri dan Bank BNI. MidTrans juga bekerja sama dengan Alfamart dan Gopay. Jika Anda ingin memulai bisnis, permudah transaksi Anda hanya dengan satu aplikasi. MidTrans sangat cocok untuk Anda. Sistem pembayaran online kini sangat populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena lebih aman dan murah untuk mengintegrasikan aplikasi ke dalam sistem.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

6 hours ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

8 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

2 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

2 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 days ago