HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Panduan Lengkap Cara Penggunaan Curl Command

Siapapun yang ingin mendalami dunia URL harus mengetahui apa itu curl command. Software ini sebenarnya berfungsi untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan URL. Curl sendiri merupakan singkatan dari Client URL dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1997. Pengembang asli perangkat lunak ini adalah Daniel Stenberg. Sedangkan pengembangan dari Curl dilakukan dalam Curl Project. Sistem operasi berikut dapat menggunakan perangkat lunak ini, seperti AmigaOS, Chrome NaCl, Linux, macOS, Haiku, Windows, dan lain-lain.  Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Software Curl

Curl (Client URL) adalah perintah perangkat lunak yang membantu Anda mengirim dan mengambil data melalui URL. Perangkat lunak ini tersedia untuk berbagai sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pengembang di seluruh dunia. Oleh karena itu, software ini juga dapat digunakan di Linux. Itu juga dapat digunakan untuk beberapa protokol lainnya. Selain HTTP, protokol lain yang dapat digunakan Curl antara lain FTP, IMAP, SMTP, dan Telnet. Software ini dilengkapi dengan lipcurl yang merupakan kumpulan fungsi software curl dan dapat digunakan dengan berbagai bahasa pemrograman.

Contoh Penggunaan Curl Command

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang curl command , lihat contoh penerapannya. Kasus penggunaan pertama adalah membuat bot Telegram khusus cuaca. Bot Telegram mengirimkan permintaan http ke server kontrol bot Telegram. Permintaan tersebut kemudian diteruskan ke server Weather API menggunakan Curl. Baru setelah itu, server Weather API mengirimkan respon dalam format HTTP ke server kontrol Bot Telegram. Terakhir, jawabannya dikirimkan ke bot Telegram. Ini hanyalah salah satu penggunaan perintah curl. Perangkat lunak ini memiliki banyak aplikasi lain :

  • Pengambilan halaman web dan mengubah menjadi file PDF
  • Upload file dan download file
  • Scrape
  • Melaksanakan login

Sejarah Mengenai Curl Command

Pengembangan software ini juga telah melalui beberapa tahap dan sudah banyak versinya. Curl pertama kali dirilis dengan nama HttpGEt, dan nama ini tetap digunakan hingga versi ketiga. Awalnya, satu-satunya protokol yang tersedia adalah HTTP. Namun berkat banyaknya permintaan pasar terhadap pengembangan protokol, HttpGet akhirnya menyediakan protokol tambahan untuk digunakan.

Nama HttpGet tidak digunakan lagi ketika versi ke-4 dirilis. Pada tahun 1998, nama perusahaan diubah menjadi “curl “. Saat itu Anda dapat mengunduh dan mengunggah melalui URL. Menurut pengembangnya, Curl biasanya ditulis dengan notasi cURL yang merupakan singkatan dari Client URL. Nama ini dianggap lebih pasaran dan digunakan hingga saat ini.

Proses Instalasi dan Konfigurasi Curl

Ada dua kategori curl yang berhubungan dengan dunia URL yaitu program dan library. Jika Anda ingin menggunakannya, sebaiknya Anda menginstalnya terlebih dahulu. Caranya sangat sederhana. Pastikan untuk memahami bahwa proses instalasi dilakukan dengan menggunakan perintah khusus. Perintah instalasi program khusus dapat ditemukan di sini:

  • apt install curl

Jika Anda ingin menginstal perpustakaan dengan mudah menggunakan software PHP, Anda dapat menggunakan perintah.

  • apt install php-curl

Jika Anda menggunakan Linux, Anda dapat mengaktifkannya secara otomatis. Berikut cara memeriksa instalasi curl Anda:

<?php

Phpinfo();

/>

Contoh Beberapa Protokol yang Mendukung Curl Command

Anda mungkin sudah memiliki sedikit gambaran bahwa ada banyak protokol yang tersedia, tidak hanya HTTP dan HTTPS. Protokol selain dua yang tercantum di atas dapat ditemukan di bawah.

  1. FTP dan FTPSFTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol dan digunakan untuk menghubungkan server Internet dan komputer. Pengguna dapat mengirim file ke komputer atau server. Sebagian besar pengguna saat ini menggunakan FTP untuk bertukar data. FTPS saat ini merupakan protokol transfer file SSH. FTP dan FTPS dapat digunakan dengan perintah curl. Anda dapat membuat direktori FTP menggunakan Curl setelah memastikan ada garis miring. Jika garis miring adalah bagian dari URL, Curl menganggapnya sebagai direktori. Jika ini bukan direktori, pesan kesalahan akan ditampilkan.

    curl ftp://ftp.contoh.com/directory/

  1. IMAP dan IMAPS

IMAP adalah singkatan dari Internet Message Access Protocol, dan IMAPS adalah IMAP dengan SSL pada nomor port 993. Protokol ini telah diperbarui beberapa kali dan sekarang setidaknya sudah memasuki generasi keempat. Anda juga dapat menggunakan perintah curl untuk protokol IMAP dan IMAPS.

  1. POP3 dan POP3S

POP3 adalah singkatan dari Post Office Protocol Version 3 dan digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai server email jarak jauh. Pengguna dapat mengunduh seluruh email masuk ke aplikasi klien email seperti Thunderbird, Outlook, dan Window Mail. Contoh perintah untuk membuat daftar ukuran dan penomoran email:

curl pop3://mail.example.com/

Cara Melakukan Pengecekan Versi Curl Command

Misalkan Anda ingin memeriksa versi Curl di komputer Anda dengan mengetikkan perintah khusus pada perintah Curl. Langkah pertama adalah memasukkan akun Anda ke hosting VPS Anda melalui SSH. Sekarang coba periksa perintah curl di komputer Anda menggunakan perintah berikut:

curl –version

Anda akan segera mendapatkan respon dari versi Curl yang tersedia di komputer Anda. Ini juga memungkinkan Anda melihat semua protokol yang didukung oleh versi di komputer Anda.

Beberapa Syntax Mendasar di Curl Command 

Jalan untuk menjadi seorang profesional pasti dimulai dari tahap pemula. Hal ini juga berlaku bagi orang yang ingin mempelajari perintah curl. Anda harus bersabar sejak awal untuk mempelajari berbagai syntax dasar. Berikut ini satu syntax dasar:

curl [OPTIONS] [URL]

Berikut contoh curl sederhana lainnya yang berguna saat menampilkan konten di halaman website Anda:

curl hosteko.com

Pada dasarnya, Curl bekerja secara khusus dengan protokol HTTP. Jika Anda tidak menentukan jenis protokol yang akan digunakan, Curl langsung menunjuk ke protokol HTTP. Jika Anda ingin menggunakan permintaan GET dengan perintah curl, Anda harus mengikuti syntax yang dijelaskan di bawah ini:

curl http://hosteko.com

Anda perlu memahami semua syntax dasar perintah curl dan salah satu protokol yang sesuai dengan versi yang tersedia di komputer Anda.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

1 day ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

2 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

4 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

4 days ago