HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Web Browser: Pengertian dan Cara Kerjanya

Bagi kamu yang sehari-hari bekerja di depan laptop, rasanya mustahil jika menjalani hari tanpa membuka browser atau web browser. Ya, browser adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuka Twitter, YouTube, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang apa itu browser, pengertian browser, cara kerja web browser, fungsi browser, dan macam-macam browser, yuk simak penjelasan dibawah ini!

Apa itu Browser?

Browser atau web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (www), atau biasa dikenal dengan internet. Browser ini merupakan jembatan antarmuka yang menghubungkan kamu dengan informasi yang tersedia di website.

Web browser adalah program atau aplikasi client-server, ini berarti program meminta server web untuk memberikan informasi yang diminta pengguna. Browser yang umum digunakan orang Indonesia, antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer atau Microsoft Edge.

Web browser digunakan terutama untuk melihat dan mengakses situs web dan konten lainnya di internet yang dibuat menggunakan bahasa, seperti Hypertext Markup Language (HTML) dan Extensible Markup Language (XML). Browser adalah aplikasi yang mampu menerjemahkan halaman web dan situs web yang dikirim melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol) menjadi konten yang dapat dibaca manusia.

Browser juga memiliki kemampuan untuk menampilkan protokol dan awalan lain, seperti: Contoh: HTTP Aman (HTTPS), File Transfer Protocol (FTP), Penanganan Email (mailto:), File (file:). Selain itu, sebagian besar browser adalah aplikasi yang juga mendukung plug-in eksternal yang diperlukan untuk menampilkan konten aktif, seperti konten video, audio, dan game di halaman.

Web browser muncul sebelum awal abad ke-21, namun hanya berupa teks, seperti Lynx dan Mosaic. Setelah itu, muncul Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer sebagai dua pilihan utama, hingga diperkenalkannya Mozilla Firefox pada tahun 2004.

Sementara itu, produk Safari milik Apple diluncurkan pada tahun 2003 dan menjadi sistem operasi default untuk iPhone pada tahun 2007. Sejak saat itu, Google Chrome pun menjadi pesaing dalam persaingan produk web browser

Fungsi Browser

Kamu sebenarnya dapat melihat dan merasakan bagaimana browser dapat membantu kamu mengakses situs web yang kamu inginkan. Namun, apa saja fungsi lain yang dimiliki browser? Nah, berikut beberapa fungsi browser:

  • Mengambil informasi dari World Wide Web dan membuatnya tersedia untuk pengguna.
  • Mengirim permintaan ke/dan mengambil data dari server. Browser 
  • Menyediakan fasilitas navigasi untuk pengguna.
  • Menyimpan data yang paling sering diakses untuk meningkatkan kecepatan penelusuran.
  • Memberikan metode yang aman untuk mengakses data melalui internet.

Macam-macam Browser Populer

Tentunya kamu mungkin sudah mengetahui tentang berbagai browser populer. Namun, sedikit kita ulas kembali berbagai browser populer yang dapat kamu gunakan, diantaranya:

Google Chrome

Google Chrome adalah web browser paling populer dan banyak digunakan. Popularitas tersebut didapat karena kecepatan dan kelengkapan fitur yang dimilikinya. Google Chrome adalah salah satu browser yang membuka, memuat, dan memberi hasil pencarian dalam hitungan detik. Selain itu, Google Chrome juga memiliki antarmukanya (UI) yang sederhana dan ramah pengguna.

Safari

Safari adalah web browser yang dikembangkan oleh Apple, Inc., dan merupakan browser default untuk sistem operasi yang digunakan di lini produknya, seperti OS X pada komputer Mac dan MacBook, serta iOS pada perangkat seluler iPhone dan iPad.

Safari awalnya dikembangkan untuk sistem operasi OS X dan dirilis sebagai beta publik pada 7 Januari 2003, kemudian terjadi pembaruan besar di Safari 4 yang dirilis pada Februari 2009.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox juga merupakan pilihan populer di kalangan pengguna. Meski banyak orang yang menggunakannya, namun masih kalah jauh dengan penggunaan Google Chrome dan Safari. Salah satu penyebabnya adalah masalah kompatibilitas akses dengan produk atau aplikasi Google lainnya. Namun, browser ini memiliki kecepatan yang sebanding dengan Google Chrome.

Microsoft Edge

Web browser yang satu ini sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Windows 10. Microsoft Edge dikembangkan sebagai pengganti Internet Explorer sehingga bertindak sebagai browser default. Fitur rendering yang baru, antarmuka yang mudah digunakan, penulisan gaya bebas dengan tampilan halaman web, menjadikannya populer.

Microsoft Edge adalah web browser lintas platform yang dikembangkan secara eksklusif oleh Microsoft. Microsoft Edge kali dirilis pada tahun 2015 sebagai bagian dari Windows 10 dan Xbox One.

Cara Kerja Web Browser

Seluruh proses pengumpulan informasi dimulai ketika pengguna memasukkan URL situs web yang diinginkan ke dalam bilah pencarian URL atau domain. Browser adalah bagian dari model client-server, di mana mereka bertindak sebagai klien. Browser mengirimkan informasi yang diminta ke server web melalui protokol transfer HTTP-hypertext.

Setelah permintaan diterima, server mengumpulkan informasi yang relevan dan mengirimkannya melalui situs web. Saat URL dimasukkan nama domain, web browser terlebih dahulu meminta domain name server (DNS) alamat IP. DNS adalah “buku telepon internet” yang menyimpan nama sistem dan alamat IP yang sesuai.

Setelah alamat IP ditemukan, alamat tersebut digunakan untuk meminta konten yang diinginkan ke server situs web. Selanjutnya, konten tersebut akan dipenuhi dan ditampilkan di layar klien. Nah, begitulah cara kerja browser web.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

9 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

13 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago