HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Adsense, Cara Kerja dan Mengembangkannya

Saat ini banyak sekali program periklanan yang dapat membantu Anda menghasilkan uang, namun program yang paling populer adalah AdSense atau dikenal juga sebagai Google AdSense. Google AdSense adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Program periklanan ini diluncurkan oleh Google pada pertengahan tahun 2003 dan saat ini merupakan program periklanan terpopuler di Internet. Ini memberikan peluang besar bagi webmaster dan pemilik situs web untuk memonetisasi lalu lintas mereka.

Pengertian Adsense

AdSense adalah cara gratis serta sederhana untuk dapat menghasilkan uang dengan menampilkan iklan oleh advertiser (pengiklan) di konten online Anda berdasarkan simpulan yang mengacu langsung pada sumber dari Situs Google. Dengan AdSense, Anda dapat menampilkan iklan yang menarik dan relevan kepada pengunjung situs Anda dan bahkan menyesuaikan tampilan iklan agar sesuai dengan situs Anda.

Adsense For Content adalah jenis program di mana situs web pihak ketiga (yang harus memenuhi kriteria tertentu agar dapat diterima dalam program ini) menyewa ruang di halaman mereka dari Google. Adsense For Content lebih ditujukan untuk pengguna website atau blog. Google menampilkan iklan di ruang yang ditempatkan oleh pemilik situs web (disebut penerbit atau penerbit AdSense) dengan menempelkan kode JavaScript yang disediakan oleh tingkat Google ke halaman untuk menampilkan iklan. Jika seseorang mengunjungi salah satu situs pihak ketiga lalu mengklik iklan, Google akan membagi pendapatan yang dihasilkan dari klik iklan tersebut kepada pemilik situs. Ini merupakan model yang tampaknya sederhana untuk hal serupa di dunia pemasaran digital

Cara Kerja Google Adsense 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara kerjanya yang sederhana adalah Anda menyediakan space iklan dengan menempelkan kode iklan di website Anda. Kemudian pilih di mana Anda ingin iklan Anda ditampilkan, dan pengiklan kemudian menawar untuk tampil di ruang iklan Anda dalam lelang waktu nyata.Tempat menampilkan iklan dengan bayaran tertinggi di situs web Anda. Google mengelola proses pembayaran untuk semua pengiklan dan jaringan ini untuk iklan di situs Anda guna memastikan bahwa Anda memperoleh pendapatan dan menerima pembayaran.

Mereka tidak termasuk dalam penayangan iklan itu sendiri, ini adalah kode JavaScript yang cukup klasik , yang memungkinkan pemilihan iklan unik. Cara kerjanya, yaitu pertama kali kode AdSense dijalankan pada suatu halaman, Google mengirimkan crawler (bukan crawler Googlebot yang mungkin Anda kenal, namun informasi lain yang tidak tertaut ke indeks pencarian utama Google) untuk mengambil halaman tersebut untuk analisis.

Google kemudian akan menganalisis konten halaman dan mencoba mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan atau terkait dengan konten tersebut. Sebagai bagian dari analisis ini, Google melihat sejumlah faktor, seperti kepadatan kata kunci dan posisi kata kunci dalam tag tertentu. Google juga memperhitungkan perayapan sebelumnya pada halaman lain di situs yang sama atau halaman yang tertaut ke halaman baru.

Dalam beberapa menit (Google membutuhkan 1 hingga 15 menit untuk mengirimkan botnya setelah kode AdSense ditempatkan pada halaman baru dan diaktifkan setidaknya sekali) dan Google menyusun daftar kata kunci dan frasa yang terkait dengan konten halaman. Informasi ini kemudian digunakan untuk mencari koleksi iklan Google Ads atau AdWords. Dimana hanya iklan relevan dari grup iklan yang ditampilkan di situs.

Hasilnya, pengunjung lebih cenderung mengklik iklan tersebut karena mereka mungkin sudah tertarik dengan topik halaman tersebut. Perhatikan bahwa iklan yang ditampilkan AdSense untuk konten dapat berupa iklan teks atau iklan gambar. Awalnya, Google membatasi penayangan iklan teks saja, namun pembatasan ini kemudian dibatalkan. Penayang AdSense dapat memilih berdasarkan halaman demi halaman jenis iklan yang akan ditayangkan, formatnya (Google menawarkan beberapa jenis dan ukuran iklan berbeda), dan di mana iklan tersebut akan ditempatkan pada halaman.

Cara Mengembangkan Google Adsense 

1. Optimasi ukuran iklan dan penempatannya

Mengoptimalkan ukuran dan posisi iklan merupakan strategi efektif untuk meningkatkan pendapatan Google AdSense. Dengan mengoptimalkan ukuran dan posisi iklan secara bijak, Anda dapat meningkatkan jumlah klik yang diterima iklan Anda dan memaksimalkan nilai klik per iklan Google AdSense menawarkan berbagai ukuran iklan yang dapat Anda gunakan. Usahakan untuk memilih ukuran iklan yang sesuai dengan tata letak website Anda dan paling menarik perhatian pengunjung. Beberapa ukuran iklan yang umum digunakan adalah 336×280, 300×250, dan 728×90.

2. Memerhatikan sumber lalu lintas pengunjung

Setiap wilayah atau negara mempunyai CPC (Coast per Click) yang berbeda-beda dan hal inilah yang perlu Anda optimalkan untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal dari Google AdSense. Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics untuk memantau lalu lintas situs web Anda. Ini akan memberikan wawasan tentang jumlah pengunjung, sumber lalu lintas, perilaku pengunjung, dan lain-lain. Anda bahkan dapat melihat laporan sumber lalu lintas untuk mengetahui dari mana pengunjung berasal, apakah itu mesin pencari, media sosial, situs web lain, atau sumber lainnya.

3. Membuat iklan lebih relevan

Iklan yang relevan dengan konten yang Anda buat lebih mungkin diklik dibandingkan iklan yang tidak. Dengan memastikan bahwa iklan yang ditampilkan kepada pengunjung situs Anda relevan dengan minat dan preferensi mereka, Anda dapat memaksimalkan klik iklan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan AdSense. Coba gunakan alat penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang berhubungan dengan konten situs Anda. Memilih kata kunci yang tepat membantu AdSense memahami konten di situs Anda dan menampilkan iklan yang relevan.

4. Menghasilkan konten berkualitas tinggi

Konten berkualitas tinggi mencakup dua elemen penting yang perlu Anda perhatikan: orisinal dan informatif. Kedua faktor ini sangat berperan penting dalam meningkatkan pendapatan Anda melalui Google Adsense, karena konten yang berkualitas akan lebih menarik perhatian pembaca, termasuk iklan yang Anda tampilkan. Pastikan konten yang Anda tulis unik, informatif dan memberikan nilai tambah bagi pembaca. Hindari menyalin konten dari sumber lain, karena ini dapat merusak peringkat SEO Anda dan mengurangi kepercayaan pengguna.

5. Mencoba jenis iklan yang memiliki kinerja terbaik

Penting bagi Anda untuk memahami bahwa Google AdSense menawarkan berbagai jenis iklan yang mungkin Anda tampilkan di Situs. Ini mencakup iklan teks, iklan gambar, iklan responsif, iklan video, dan iklan yang dioptimalkan untuk seluler. Untuk meningkatkan pendapatan, Anda mungkin menguji berbagai jenis iklan ini untuk melihat mana yang memberikan hasil terbaik untuk situs Anda. Usahakan untuk menempatkan iklan di tempat yang terlihat dan dapat diakses oleh pengunjung. Misalnya, Anda mungkin menempatkan iklan di header atau sidebar situs web.

Penting bagi Anda untuk memahami bahwa Google AdSense menawarkan berbagai jenis iklan yang mungkin Anda tampilkan di Situs. Ini mencakup iklan teks, iklan gambar, iklan responsif, iklan video, dan iklan yang dioptimalkan untuk seluler. Untuk meningkatkan pendapatan, Anda mungkin menguji berbagai jenis iklan untuk melihat mana yang memberikan hasil terbaik untuk situs Anda. Cobalah untuk menempatkan iklan di tempat yang dapat dilihat dan dijangkau pengunjung. Misalnya, Anda mungkin menempatkan iklan di header atau sidebar situs web.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago