HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian App Store Optimization Serta Manfaatnya Untuk Optimisasi Toko Aplikasi

Dalam artikel ini,kita akan membahas tentang cara terbaik untuk optimisasi toko aplikasi.Kalian dapat mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mengatasi tantangan visibilitas di masyarakat,mempermudah aplikasi ditemukan oleh pengguna dan meningkatkan konversi aplikasi untuk meningkatkan jumlah download.

Pengertian App Store Optimization

ASO atau App Store Optimization disebut sebagai App Store SEO.ASO ini merupakan proses mengoptimalkan aplikasi mobile untuk memaksimalkan visibilitas aplikasi tersebut di Apple App Store dan Google Play Store,meningkatkan traffic dan meningkatkan tingkat konversi untuk memaksimalkan jumlah download.

Ada 3 tahapan dari App Store Optimization :

  • Pencarian kata kunci dan optimisasi.
  • Optimisasi tingkatan konversi dan pengujian A/B.
  • Pelacakan dan pengimprovisasian (+ lokalisasi).

Faktor-Faktor App Store Optimization

  • Faktor-faktor pada metadata (On-metadata factor)

Faktor-faktor pada metadata (On-metadata factor) menjadi faktor-faktor yang berada langsung di bawah kontrol pengembang aplikasi dan dapat dengan mudah dimodifikasi dari Google Play Console atau App Store Connect.

Faktor-faktor langsung pada metadata meliputi : nama aplikasi/judul,subjudul,kata kunci dan teks promosi (hanya untuk App Store),deskripsi,URL/paket (hanya untuk Google Play),ikon,screenshot,fitur-fitur grafis (untuk Google Play saja) serta ukuran video dan aplikasi.

  • Faktor-faktor di luar metadata (Off-metadata factor)

Faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol,namun masih bisa diperbaiki dan dioptimalisasi oleh pengembang aplikasi sehingga menjadi lebih baik.Faktor di luar metadata meliputi : kecepatan dan volume dari instalasi,volume peringkat dan ulasan serta nilai rata-rata aplikasi.

Manfaat Penggunaan App Store Optimization

Mari simak keuntungan ASO untuk aplikasi berikut ini :

  • Peningkatan instalasi organik : Istilah instalasi organik mengacu pada aktivitas download aplikasi yang terjadi tanpa memerlukan upaya dari pihak ketiga (pengiklan).Dengan meningkatnya ASO,maka ada lebih banyak pengguna yang bisa menemukan aplikasi tanpa repot melalui iklan.Otomatis hal ini meningkatkan jumlah instalasi organik aplikasi kalian (jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memasang iklan).
  • Peningkatan visibilitas aplikasi : Halaman aplikasi yang dioptimalkan menduduki peringkat lebih tinggi dalam kolom hasil pencarian di mesin pencari atau toko aplikasi.Hal ini menyebabkan visibilitas aplikasi meningkat dan pengguna dapat menemukan aplikasi kalian lebih mudah.
  • Peningkatan tingkat konversi instalasi : Meningkatnya ASO memberikan kalian lebih banyak pengguna yang mengunjungi listing aplikasi,kemudian mendownload aplikasi.Dengan demikian,kalian dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dari trafik aplikasi.
  • Lebih Rendahnya Biaya akuisisi : Lebih banyak jumlah penginstalan organik terjadi,maka dapat menurunkan eCPI (biaya efektif per instalasi) saat kalian memutuskan memasang iklan berbayar.
  • Monetisasi aplikasi stabil : Peningkatan jumlah pengguna otomatis menaikkan kemungkinan mereka membelanjakan uang di aplikasi kalian (seperti pembelian dalam aplikasi,item berlangganan atau memasang iklan).

Langkah Serta Pedoman Dari App Store Optimization

App Store Optimization memiliki 3 tahap berbeda.Di bagian ini,kalian bisa mengetahui pengertian dan proses kerja di setiap tahapan ASO,berikut ini pembahasannya :

Pencarian Kata Kunci dan Optimisasi

Merupakan langkah penting dalam ASO untuk mendapatkan visibilitas aplikasi.Jadi,kalian perlu menargetkan kata kunci yang tepat untuk aplikasi kalian.Mulailah dengan brainstorming kata kunci aplikasi.Kalian bisa menuliskannya ke dalam bentuk suatu daftar.Pikirkan nilai-nilai yang dimiliki oleh aplikasi kalian dan fungsi utama yang diciptakan.

Untuk langkah selanjutnya,kalian bisa melakukan riset pasar.Mengetahui pesaing utama,Kategori yang dimiliki pesaing,lalu kata kunci yang mereka gunakan untuk mencapai peringkat.Nah,dengan riset pasar ini,kalian bisa jadi memerlukan peranan ASO seperti TheTool.

Pencarian Ekstensif Kata Kunci

Ada beberapa tips yang harus diperhitungkan supaya bisa melakukan pencarian optimal terhadap kata kunci aplikasi.Berikut ini tipsnya :

  • Melakukan brainstorming saat merumuskan rincian deskripsi produk

Seperti mengetahui apakah aplikasi kalian memiliki nilai sosial di dalamnya ? ataukah aplikasi kalian bergerak di ranah bisnis, seperti membantu proses berbelanja ?Jadi,saat mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini,percayalah nantinya kalian sudah memiliki seperangkat kata kunci yang baik untuk disematkan pada aplikasi.

  • Pikirkan Pengguna aplikasi

Pikirkan target pengguna aplikasi kalian beserta bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.Hali ini,akan memberikan gambaran tentang kata kunci yang mungkin digunakan untuk mencari aplikasi kalian di toko aplikasi.

  • Cek kata kunci Para Pesaing

Identifikasi istilah serta kata kunci yang digunakan oleh aplikasi kompetitor.Setelah menemukan kata kunci dan deskripsi apa saja yang digunakan,kalian bisa memilih untuk menggunakan strategi serupa atau membangun strategi yang berbeda.

Mencari Saran kata kunci

Kalian dapat browsing sejumlah saran kata kunci dengan fitur AutoComplete di toko aplikasi atau menggunakan sebuah peralatan milik ASO.Masukkan kata kunci panjang atau singkat namun spesifik,mengingat urutan ranking aplikasi baru dengan kata kunci umum (generik) lebih sering anjlok dan kalah di pasaran.

  • Menentukan Set Final Kata Kunci

Saat membangun satu set kata kunci untuk aplikasi,kini saatnya untuk menganalisa dan mengurutkan mereka berdasarkan skala prioritas.Lalu,lakukan proses identifikasi untuk menemukan kata kunci terpenting dari kelompok tersebut.Tetapi bagaimana cara melakukannya ? Berikut ini beberapa hal yang perlu di ingat :

  • Perkiraan Traffic dan Tingkat Kesulitan.
  • Rangking dari Pesaing.
  • Iklan Penelusuran Apple.

Optimasi Elemen Tekstual Di Halaman Produk atau Daftar Toko Aplikasi

Setelah membangun set kata kunci aplikasi,saatnya memasukkan kata kunci tersebut ke listing aplikasi kalian dan melihat efek kerjanya.App Store dan Google Play memiliki algoritma berbeda sehingga masing-masing toko aplikasi ini menggunakan elemen yang berbeda sebagai penentu peringkat pencarian aplikasi.

Nama Aplikasi atau Judul

Elemen ini merupakan salah satu faktor penentu peringkat terkuat di toko aplikasi.Nama aplikasi / judul memegang peranan penting dalam menentukan peringkat pencarian serta tingkat konversi download.

Di Google Play Store,menggunakan hingga 50 karakter untuk judul aplikasi juga bisa menambahkan beberapa kata kunci terkuat setelah nama aplikasi.Apabila memilih untuk menyertakan kata kunci,pilihlah kata kunci yang cocok menggambarkan tujuan atau nilai utama aplikasi kalian.

Sementara di App Store,jumlah karakter untuk nama aplikasi cukup terbatas,yakni hanya 30 karakter.Jadi buat nama aplikasi yang pendek dan ringkas.Hali ini adalah tantangan yang cukup sulit.Kalian harus pintar-pintar merumuskan nama aplikasi yang pendek,mengesankan dan mencakup beberapa kata kunci inti aplikasi.

Sub Judul  App Store

Sub judul diperkenalkan oleh iOS 11 dan memiliki jumlah karakter yang pendek (30 karakter).Meski begitu,sub judul memiliki efek tidak hanya pada peringkat pencarian aplikasi,namun juga ada pada rasio klik per tayang (CTR) dan rasio konversi (CR) dari aplikasi kalian.CTR berfungsi untuk mengukur jumlah pengguna yang menemukan aplikasi kalian di laman pencarian serta orang-orang yang mengunjungi laman aplikasi kalian.Sedangkan CR mengukur jumlah pengunjung laman yang mengunduh aplikasi.

Tujuan utama dari sub judul yakni untuk menambahkan informasi tambahan tentang aplikasi.Mengunakan elemen ini untuk menyoroti fitur atau fungsi terbaik aplikasi kalian dan menambahkan kata kunci penting.Namun,perlu kalian ingat gunakanlah ruang tambahan ini sesuai kebutuhan.

Deskripsi Google Play Store

Deskripsi singkat menjadi kolom yang bisa diisi dengan 80 karakter.Kolom ini digunakan untuk menekankan nilai aplikasi kalian dan menawarkan hal-hal menarik aplikasi ke calon pengguna.Selain itu,kalian harus menyertakan kata kunci utama aplikasi dalam elemen satu ini.Di Google Play Store,bagian deskripsi singkat aplikasi memengaruhi peringkat pencarian dan tingkat konversi download.Alhasil,penting untuk menjaga keseimbangan antara optimasi pencarian aplikasi dan upaya optimasi CR.

Kata Kunci App Store

Di App Store,kalian bisa menemukan elemen yang memuat hingga 100 karakter untuk memperkenalkan kata kunci aplikasi kalian.Elemen kata kunci mempengaruhi peringkat pencarian aplikasi kalian,tetapi tidak dapat dilihat oleh pengguna.Masukkan kata kunci kalian di bagian ini tanpa menggunakan spasi.Jadi,untuk memisahkan setiap kunci,kalian harus menggunakan tanda koma.Apple akan mencocokkan setiap kata kunci dan menciptakan kemungkinan kombinasi kata kunci untuk pencarian aplikasi kalian.Selain itu,jangan menambahkan kata kunci yang sudah ditambahkan di nama aplikasi atau sub judul.

Deskripsi

Deskripsi panjang memiliki peranan jauh berbeda di masing-masing toko aplikasi.Untuk aplikasi Android di Google Play,deskripsi panjang : elemen yang penting untuk menjaga kepadatan penggunaan kata kunci aplikasi (2-3%).Di sini,harus memasukkan kombinasi kata kunci aplikasi dan menyebutkan kata kunci terpenting beberapa kali.

Pada elemen ini,kalian memiliki 4.000 karakter yang dapat digunakan untuk menghasilkan deskripsi yang rapi dan terstruktur.Idealnya,deskripsi ini mencakup semua informasi berharga dan penawaran yang bersifat persuasif untuk mendorong pengguna menginstal aplikasi kalian.

Pada kasus App Store,elemen deskripsi tidak mempengaruhi peringkat kata kunci aplikasi (tapi,kolom deskripsi masih mempengaruhi visibilitas dalam pencarian di website).Ingat juga,kalimat pertama deskripsi (3 baris pertama) harus menjadi yang paling menarik untuk mendorong pengguna menginstal dan mencoba aplikasi.Jadi,usahakan untuk menjadi lebih kreatif dalam menulis deskripsi pada aplikasi yang kalian miliki.

Demikian,pembahasan artikel tentang ASO atau App Store Optimization,semoga bisa bermanfaat  🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

9 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

10 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago