HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Uncategorized

Pengertian Arduino Serta Mengenal Jenis-Jenisnya

Pada pembahasan kali ini,kita akan membahas tentang Arduino dari segi Hardware dan Software.Mari simak artikel ini sampai akhir :

Pengertian Arduino

Merupakan board atau board pengembangan hardware yang open source dan dapat digunakan untuk merancang dan membangun perangkat yang berinteraksi dengan dunia nyata.Arduino mengacu pada jenis desain board tertentu, hal itu juga dapat digunakan untuk merujuk ke perusahaan yang memproduksi implementasi khusus dari board ini dan biasanya juga digunakan untuk menggambarkan komunitas di sekitar board yang kompatibel yang dibuat oleh orang atau perusahaan lain yang berfungsi dengan cara yang sama.

Mengetahui Cara Kerja Pada Arduino

Arduino berisi sejumlah bagian dan interface yang berbeda namun interface ini berada bersama-sama pada satu board sirkuit.Desainnya telah berubah selama bertahun-tahun dan beberapa variasi termasuk bagian lain juga.Tetapi di board dasar,kalian mungkin menemukan potongan-potongan berikut :

1.Pin

Potongan ini digunakan untuk menghubungkan dengan berbagai komponen yang mungkin ingin kalian gunakan dengan Arduino.Pin ini tersedia dalam 2 jenis :

  • Pin digital : Pin ini dapat membaca dan menulis satu status,hidup atau mati.Kebanyakan Arduino memiliki 14 pin I/O digital.
  • Pin analog : Pin ini dapat membaca rentang nilai dan berguna untuk kontrol yang lebih halus.Kebanyakan Arduino memiliki enam pin analog ini.

Pin-pin ini diatur dalam pola tertentu sehingga jika kalian membeli board tambahan yang dirancang agar sesuai dengannya,biasanya disebut “shield”.Pin ini pun akan mudah masuk ke sebagian besar perangkat yang kompatibel dengan Arduino.

2. Power Connector

Power Connector menyediakan daya untuk kedua perangkat itu sendiri, dan menyediakan tegangan rendah yang dapat memberi daya pada komponen yang terhubung seperti LED dan berbagai sensor, asalkan kebutuhan dayanya cukup rendah.Konektor daya dapat disambungkan ke adaptor AC atau baterai kecil.

3. Mikrokontroler

Mikrokontroler adalah chip utama yang memungkinkan kalian memprogram Arduino agar dapat menjalankan perintah dan membuat keputusan berdasarkan berbagai input.Chip yang tepat bervariasi tergantung pada jenis Arduino yang kalian beli,tetapi umumnya yang akan kalian dapat adalah pengontrol Atmel,biasanya ATmega8, ATmega168, ATmega328,ATmega1280, atau ATmega2560. Perbedaan antara chip ini tidak kentara,tetapi perbedaan terbesar yang akan diperhatikan oleh pemula adalah jumlah memori onboard yang berbeda.

4. Serial Connector

Konektor ini ada pada sebagian besar board yang lebih baru diimplementasikan melalui port USB standar. Konektor ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi ke board dari komputer kalian serta memuat program baru ke perangkat. Sering kali Arduino juga dapat dialiri daya melalui port USB, menghilangkan kebutuhan akan sambungan daya terpisah.

Berbagai komponen kecil lainnya, seperti osilator dan/atau pengatur tegangan, yang memberikan kemampuan penting ke board,meski kalian biasanya tidak berinteraksi dengan ini secara langsung hanya tahu bahwa mereka ada.

Cara Memprogram Sebuah Arduino

Kebnayakan orang-orang yang suka dengan Arduino akan memilih untuk menggunakan Integrated Development Environtment (IDE) resmi untuk Arduino.

Arduino IDE menjadi perangkat lunak open source yang ditulis dalam Java dan akan bekerja pada berbagai platform,seperti : Windows,Mac dan Linux.IDE memungkinkan kalian untuk menulis kode di lingkungan khusus dengan penyorotan sintaks dan fitur lain yang akan membuat pengkodean lebih mudah dan kemudian mudah memuat kode kalian ke perangkat dengan satu klik tombol.Kode untuk Arduino umumnya ditulis dalam Wiring yang didasarkan pada Processing Programming Language.

Mengenal Tentang Arduino IDE

Seperti yang sudah dibahas diatas,Arduino IDE merupakan perangkat lunak dari Arduino.Perangkat Lunak Arduino IDE adalah perangkat lunak open-source memudahkan penulisan kode dan mengunggahnya ke board.Arduino Integrated Development Environment (IDE) adalah aplikasi lintas platform (untuk Windows, macOS, Linux) yang ditulis dalam fungsi dari C dan C++.Ini digunakan untuk menulis dan mengunggah program ke board yang kompatibel dengan Arduino,tetapi juga dengan bantuan inti pihak ketiga,development board vendor lainnya.Perangkat lunak ini dapat digunakan dengan Board Arduino apa pun.Rilis utama yang baru dari Arduino IDE lebih cepat dan lebih kuat dari versi sebelumnya.Selain editor yang lebih modern dan interface lebih responsif juga memiliki fitur pelengkapan otomatis, navigasi kode dan bahkan debugger langsung.

Jenis-Jenis Arduino

Arduino memiliki banyak jenis lagi di dalamnya.Simak penjelasan berikut ini :

1. Arduino UNO

Dakam perkembangannya board Arduino UNO tergolong baru dibandingkan board Arduino lainnya.Board ini hadir dengan banyak fitur yang membantu pengguna untuk menggunakan ini dalam proyek mereka. Arduino UNO menggunakan mikrokontroler Atmega16U2 yang membantu meningkatkan kecepatan transfer dan mengandung memori yang besar dibandingkan dengan papan lainnya.Tidak diperlukan perangkat tambahan untuk papan Arduino UNO seperti joystick,mouse, keyboard, dan banyak lagi. Arduino UNO berisi pin SCL dan SDA dan juga memiliki dua pin tambahan yang sesuai dengan pin RESET.

Board ini berisi 14 pin input digital dan pin output dimana 6 pin digunakan sebagai PWM, 6 pin sebagai input analog, koneksi USB, tombol reset dan satu colokan listrik. Papan Arduino UNO dapat dipasang ke sistem komputer membeli port USB dan juga mendapatkan catu daya ke papan dari sistem komputer. Arduino UNO berisi memori flash berukuran 32 KB yang digunakan untuk data di dalamnya. Fitur lain Arduino UNO yakni kompatibilitas dengan perisai lain dan dapat dikombinasikan dengan produk Arduino lainnya.

2. LilyPad Arduino

LilyPad Arduino sebagai jenis board Arduino yang lain di mana ia dirancang untuk diintegrasikan dengan proyek yang dapat dikenakan dan proyek e-textil. Papan ini berbentuk bulat yang membantu mengurangi hambatan dan dapat dengan mudah dihubungkan ke perangkat lain.Board ini menggunakan mikrokontroler Atmega328 dan bootloader Arduino di dalamnya. Board ini menggunakan sangat sedikit komponen eksternal di dalamnya yang membuat desainnya mudah dan kompatibel.

Board ini membutuhkan catu daya 2 volt hingga 5 volt dan menggunakan lubang pin ukuran besar sehingga dapat dengan mudah terhubung ke perangkat lain.Board dari Arduino ini banyak digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat yang mencakup motor,lampu dan sakelar.Komponen papan ini seperti papan sensor, papan input dan papan keluaran dapat dicuci karena papan ini digunakan dalam industri pakaian.

3. Arduino Mega

Merupakan mikrokontroler yang menggunakan Atmega2560 di dalamnya.Total ada 54 pin input dan output di dalamnya yang terdiri dari 14 pin untuk output PWM, 4 pin untuk port hardware, 16 pin sebagai input analog.Papan juga berisi satu koneksi USB, header ICSP,colokan listrik dan satu pin REST.

Ada pin tambahan yang berfungsi sebagai osilator kristal yang memiliki frekuensi 16 MHz. Board ini juga memiliki memori flash berukuran 256KB yang digunakan untuk menyimpan data di dalamnya.Papan Arduino Mega dapat dilampirkan ke sistem komputer melalui koneksi USB dan catu daya dapat diberikan ke papan dengan menggunakan baterai atau adaptor AC ke DC.Karena papan memiliki sejumlah besar pin yang terpasang di dalamnya membuat papan cocok untuk proyek yang membutuhkan lebih banyak pin di dalamnya.

4.Arduino Leonardo

Board ini dianggap sebagai mikrokontroler yang menggunakan Atmega32u4 di dalamnya.Total ada 20 pin input digital dan pin output di dalamnya, di mana 7 pin digunakan sebagai PWM dan 12 pin digunakan sebagai input analog.Papan juga berisi satu koneksi micro USB, colokan listrik, dan satu tombol RESET yang muat di dalamnya. Ada pin tambahan yang bertindak sebagai osilator kristal frekuensi 16 MHz.

Board Arduino Leonardo dapat dipasang ke sistem komputer melalui koneksi USB dan catu daya dapat diberikan ke papan dengan menggunakan baterai atau adaptor AC ke DC. Mikrokontroler yang digunakan oleh Arduino Leonardo memiliki koneksi USB built-in yang menghilangkan ketergantungan prosesor tambahan di dalamnya.Karena tidak ada koneksi USB tambahan di papan, ini membantu papan untuk bertindak sebagai mouse atau keyboard untuk sistem komputer. Arduino Leonardo dianggap sebagai papan Arduino termurah dibandingkan dengan produk Arduino lainnya.

5.Arduino Red Board

Merupakan jenis board Arduino yang menggunakan kabel mini USB untuk diprogram dan Arduino IDE digunakan untuk tujuan ini. Board ini kompatibel dengan sistem operasi Windows 8 dan tidak perlu mengubah pengaturan keamanan untuk membuat papan ini berfungsi. Papan Merah menggunakan chip FTDI dan chip USB untuk koneksi ke perangkat lain.

Desain Red Board sangat sederhana,maka dengan mudah bisa diintegrasikan dengan proyek lain.Satu-satunya persyaratan jika memasang papan merah dan memilih opsi yang sesuai dan dapat mengunggah program dalam waktu singkat. Jack barel dapat digunakan untuk mengontrol kabel USB papan Arduino Merah.

6. Arduino Shields

Perisai Arduino sebagai papan sirkuit pra-bangun yang digunakan untuk menghubungkan papan Arduino lainnya.Perisai Arduino ditempatkan di atas papan Arduino dan meningkatkan kemampuan papan untuk terhubung ke jaringan internet,mengendalikan motor,mengendalikan LCD dan juga membantu membangun komunikasi nirkabel.Ada berbagai jenis perisai yang tersedia untuk digunakan. Ini termasuk Shields,Ethernet Shield,Proto Shield dan GSM shield.Hal ini pun membantu meningkatkan kompatibilitas papan Arduino.

Demikianlah penjelasan artikel mengenai Arduino,si mikrokontroler yang cocok untuk digunakan.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago