HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian dan Cara Mendaftar Google My Business Untuk Pemula

Pengertian Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan milik Google yang ditunjukan bagi para pemilik bisnis agar mudah ditemukan di Internet. Dengan Google Binsisku bisa mendorong interaksi dengan pelanggan lokal di pencarian Google dan juga Google Maps.

Pelanggan bisa melihat seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review klien.

Google Binsisku bisa dibilang seperti SEO, tetapi sifatnya area lokal saja. Google bisnis pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2014 untuk menjawab dari kegelisahan pemilik bisnis yang kesulitan memunculkan bisnisnya pada halaman depan Google.

Alasan Harus Menggunakan Google Binsisku

Berikut beberapa alasan mengapa harus mendaftarkan bisnis pada Google Bisnisku, yaitu :

1. Memudahkan pelanggan menemukan bisnis

Opsi lain yang bisa digunakan untuk menampilkan bisnis di Internet adalah dengan mendaftar Google Bisnisku. Jadi tidak perlu mengeluarkan banyak modal bisnis untuk membangun website bisnis terlebih dahulu.

Dengan begitu bisnis akan mudah ditemukan oleh para pelanggan.

2. Media komunikasi dengan pelanggan

Selain review dan kontak, para pelanggan bisa berkomunikasi dengan pemilik bisnis dengan adanya fitur tanya jawab. Bisa bertanya langsung kepada terkait bisnis, bisa seputar harga, promo atau lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan yang masuk tersebut bisa dijawab oleh owner bisnis langsung atau pengguna lain. Untuk itu sebagai pemilik bisnis dituntut untuk fast respon ketika ada pertanyaan masuk.

3. Mempermudah mendapatkan feedback dari pelanggan

Feedback yang didapatkan lewat review yang diberikan oleh para pelanggan terhadap bisnis. Untuk itu selalu cek review-review kurang memuaskan pada Google Bisnisku, tanyakan apa permasalahan yang membuatnya kecewa.

Kebanyakan saat ini orang-orang akan melihat review terlebih dahulu sebelum berkunjung pada suatu bisnis, untuk itu rating bisnis bagus menjadi salah satu hal yang wajib.

4. Bisnis bisa tampil di Google Maps

Bisnis bisa tampil di Google Maps dengan gratis hanya perlu membuat akun Google Bisnisku saja. Jadi saat ada orang yang mencari langsung bisa diarahkan menuju lokasi bisnis. Pastikan lokasi yang diberikan sudah akurat sesuai dengan aslinya.

5. Bisa menjadi alat riset pelanggan

Google Binsisku menyediakan fitur insight kepada para pemilik bisnis. Bisa mulai melihat performa bisnis mulai dari gender, usia, jam ramai, asal mereka, cara menemukan bisnis dll.

Fitur Google Bisnisku

Ada berbagai fitur yang dimiliki Google Bisnisku yang perlu diketahui, seperti berikut ini :

  • Nama bisnis

Menjelaskan tentang nama bisnis, hindari menggunakan spam keyword pada nama bisnis agar terhindar dari disable account Google bisnis.

Contohnya “Angga Service Motor Murah Jogja”, cukup masukan saja “Angga Service Motor” nantinya Google akan tahu dengan sendirinya.

  • Deskripsi bisnis

Menjelaskan tentang bisnis apa yang dijalani, maksimal deskripsi bisa diisi sampai 750 karakter.

  • Alamat website

Diisi alamat website dari bisnis, ini bisa menjadi salah satu sumber traffic menuju website bisnis.

  • Ratings

Rating bintang menunjukan seberapa bagus layanan bisnis, rating ini yang memberikan langsung dari konsumen.

  • Foto

Untuk foto usahakan diisi sebagus mungkin, ini akan menjadi pertimbangan konsumen datang ke bisnis.

  • Alamat

Alamat usahakan diisi sejelas mungkin, agar konsumen tidak tersasar saat mencari alamat bisnis.

  • Maps

Untuk koordinat maps usahakan seakurat mungkin, agar nantinya konsumen tidak kesasar menuju bisnis.

  • Jam Operasional

Diisi sesuai dengan jam operasional bisnis, jika seumpama tutup sewaktu-waktu bisa diedit melalui aplikasi Google My Business.

  • Telepon

Diisi nomor telepon yang bisa dihubungi.

  • Pertanyaan

Untuk pertanyaan yang datang dari konsumen usahakan selalu dijawab tujuannya agar akun Google bisnis mendapatkan rating yang semakin baik.

  • Review

Review ini nantinya akan mempengaruhi rating bintang bisnis, hindari mendapatkan review yang jelek karena akan berpengaruh jelek pada reputasi bisnis.

Manfaat Google Bisnisku

Setelah mengetahui fitur-fitur yang ada di Google My Business, sekarang waktunya tahu apa manfaat dari Google Bisnisku terutama untuk pemula, berikut pembahasannya :

1. Menyediakan informasi valid kepada pelanggan

Sekarang ini banyak orang melakukan pencarian dengan menggunakan smartphone mereka sebelum melakukan pembelian. Jadi perlu memberikan informasi yang valid tentang bisnis agar meningkatkan kepercayaan pelanggan.

2. Memunculkan bisnis di Google

Dengan memiliki akun Google Bisnisku bisa memunculkan bisnis di hasil pencarian Google dengan mudah, cukup dengan mendaftar kemudian melakukan verifikasi bisnis.

3. Memunculkan bisnis di Maps

Selain muncul di pencarian Google, bisnis akan terlihat di Maps Google. Sehingga bagi pelanggan yang tidak tahu arah bisa melakukan direction menuju alamat bisnis.

4. Menjadi media komunikasi 2 arah

Pelanggan bisa melakukan komunikasi 2 arah kepada pemilik bisnis melalui fitur pertanyaan yang bisa diajukan. Saran untuk pemilik bisnis supaya bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang masuk.

5. Sebagai alat analisis pelanggan

Analisis pelanggan bisa dilakukan dari nilai ratings dan review yang dituliskan oleh pelanggan, jika ada masukan atau komplain silahkan ditindaklanjuti agar tidak memperburuk rating bisnis.

Cara Mendaftar Google Bisnisku

Setelah mengetahui manfaat dari Google Bisnis, selanjutnya segeralah mendaftar Google bisnis agar bisnis mudah ditemukan di Google.

Berikut cara mendaftar Google Bisnisku, yaitu :

1. Buka website Google Bisnisku

Langkah pertama bukalah website Google Bisnisku, setelah tampil pada bagian dashboard silahkan pilih ‘Mulai Sekarang“.

2. Memasukan nama bisnis

Setelah itu akan disuruh untuk memasukkan nama bisnis. Pada panduan lengkap Google Bisnisku untuk pemula ini saya mencontohkan dengan nama bisnis ‘Randi Digital’, klik selanjutnya untuk melanjutkan.

3. Mengisi alamat bisnis

Isi lengkap alamat bisnis mulai dari nama jalan, kota, provinsi dan kode pos, jika sudah silahkan klik berikutnya. Pastikan alamat ini jelas, karena nantinya akan dijadikan alamat pengiriman PIN verifikasi Google Bisnisku.

4. Mengisi koordinat maps

Setelah itu akan disuruh memasukkan koordinat maps, isikan koordinant sesuai dengan lokasi bisnis agar jika ada yang mencari via Google Maps bisa ketemu dengan mudah, jika sudah klik berikutnya.

5. Memilih kategori bisnis

Kemudian akan disuruh memilih kategori bisnis, sesuaikan dengan kategori-kategori yang telah ada di Google Bisnisku, untuk contoh dari Randi Digital saya memberikan kategori ‘Layanan Pemasaran Internet’, klik berikutnya untuk melanjutkan.

6. Mengisi kontak bisnis

Selanjutnya disuruh untuk melengkapi kontak dan alamat website, jika tidak memiliki alamat website bisa memilih saya tidak butuh situs atau buat situs gratis berdasarkan profil, klik selanjutnya untuk melanjutkan.

7. Update informasi Google Bisnisku

Google memberikan pilihan apakah bersedia menerima informasi, tips dan rekomendasi dari Google Bisnisku atau tidak, disarankan pilih Ya dan klik berikutnya untuk melanjutkan.

8. Verifikasi Google Bisnisku

Langkah terakhir adalah melakukan pengiriman untuk verifikasi Google Bisnisku, biasanya akan dikirimkan Via POS kepada alamat yang sudah ditulis diatas. Pilih kirim untuk segera mengirimkan PIN Verifikasi Google Bisnisku.

9. Dashboard Google Bisnisku

Buka Google Bisnisku dan silahkan login, maka akan dihadapkan dashboard Google Bisnisku. Selain itu juga bisa menggunakan Google Bisnisku versi mobilenya dengan melakukan download terlebih dahulu di playstore.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago