(0275) 2974 127
Pada pembahasan artikel kali ini,kita akan memecah dasar-dasar apa yang ada pada object oriented programming yakni paradigma yang dapat kalian manfaatkan dalam mengembangkan proyek kalian sendiri.
Object Oriented Programming merupakan paradigma pemrograman bertumpu pada konsep kelas dan objek.Object Oriented Programming digunakan untuk menyusun program perangkat lunak menjadi potongan-potongan blueprint kode sederhana dan bisa digunakan kembali (biasanya disebut kelas) yang digunakan untuk membuat contoh objek individual.
Object Oriented Programming merupakan paradigma pemrograman,jadi ada banyak bahasa OOP yakni : C ++,Java dan Python.Programmer merancang program perangkat lunak dengan mengatur potongan informasi dan perilaku terkait bersama-sama ke dalam template yang disebut kelas.Lalu objek individu dibuat dari template kelas.Seluruh program perangkat lunak berjalan dengan membuat beberapa objek berinteraksi dengan objek untuk membuat program lebih besar.
Object Oriented Programming yakni membuat kode terorganisir,dapat digunakan kembali dan mudah dipelihara.Tentu ini mengikuti prinsip DRY (Don’t Repeat Yourself) yang digunakan oleh banyak programmer untuk membuat program efisien.Ada enkapsulasi dan abstraksi dalam Object Oriented Programming yang dimaksudkan untuk mencegah akses yang tidak diinginkan pada data serta yang dapat mengekspos kode kepemilikan.
Jadi bagaimana programmer membuat Object Oriented Programming yakni dengan membuat kelas dan membuat objek dari kelas.Kelas membentuk blueprint tentang bagaimana data & perilaku disusun.
Objek dibuat untuk contoh kelas tertentu.Sebagai seorang programmer,kalian dapat membuat kelas kopi (blueprint) sebagai cara standar untuk mengatur semua informasi penting tentang kopi,lalu membuat contoh kopi individu sebagai objek yang dibuat dari kelas kopi seperti kopi kesukaan kalian espresso.
Berikut ini merupakan blok penyusun kode pada Object Oriented Programming :
Merupakan tipe data yang ditentukan pengguna.Kelas pada Object Oriented Programming merupakan tempat programmer membuat blueprint untuk struktur metode dan atribut.
Objek individu dibuat instance-nya atau dibuat dari blueprint ini.Kelas berisi bidang untuk atribut, dan metode untuk perilaku.Jadi,kelas adalah template untuk memodelkan suatu individu seperti kopi dan sebuah objek dibuat dari kelas yang mewakili hal pada dunia nyata individu contoh kopi moccacino.
Karena Objek dalam Object Oriented Programming adalah instance kelas yang dibuat dengan data tertentu,jadi tentu saja OOP akan selalu menyertakan objek.
Saat kelas baru dipanggil: Objek baru dibuat bernama jenis individu tersebut dan Konstruktor menjalankan argumen dan memberikan nilai.
Dalam JavaScript,objek merupakan jenis variabel.Hal ini menyebabkan kebingungan,karena objek dapat dideklarasikan tanpa template kelas di JavaScript,seperti yang ditunjukkan di awal.
Objek memiliki status dan perilaku.Status ditentukan oleh data : hal-hal seperti nama,tanggal lahir, dan informasi lain yang ingin disimpan.Perilaku adalah metode yang bisa dilakukan oleh objek.
Atribut pada Object Oriented Programming yakni informasi yang disimpan.Atribut ditentukan dalam kelas template.Saat objek dibuat instance,objek individual berisi data yang disimpan di bidang Atribut.Keadaan suatu objek ditentukan oleh data di bidang atribut objek.
Metode merepresentasikan perilaku.Metode melakukan tindakan : metode mungkin mengembalikan informasi tentang suatu objek atau memperbarui data objek.
Kode metode didefinisikan dalam definisi kelas.Saat objek individual dibuat,objek ini bisa memanggil metode yang ditentukan di kelas.Metode sering kali mengubah, memperbarui, atau menghapus data.
Metode adalah bagaimana programmer mempromosikan kegunaan kembali, dan menjaga fungsionalitas yang dikemas di dalam suatu objek.
Dapat digunakan kembali ini sangat bermanfaat saat men-debug jika ada kesalahan, hanya ada satu tempat untuk menemukannya dan memperbaikinya, bukan banyak.
4 Konsep Object Oriented Programming utama adalah :
Pewarisan memungkinkan kelas mewarisi fitur kelas lain.Dengan kata lain,kelas induk memperluas atribut dan perilaku ke kelas anak.Inheritance mendukung reusability jika atribut dan perilaku dasar ditentukan dalam kelas induk,kelas anak dapat dibuat untuk memperluas fungsionalitas kelas induk dan menambahkan atribut dan perilaku tambahan.
Dalam JavaScript,pewarisan dikenal dengan prototyping.Objek prototipe bertindak sebagai template untuk objek lain yang mewarisi properti dan perilaku.Mungkin ada beberapa templat objek prototipe yang membuat rantai prototipe.
Enkapsulasi yakni semua informasi penting di dalam suatu objek dan hanya mengekspos informasi yang dipilih ke dunia luar.Atribut dan perilaku ditentukan oleh kode di dalam template kelas. Kemudian,ketika sebuah objek dibuat instance-nya dari kelas data dan metode dienkapsulasi dalam objek itu.
Enkapsulasi menyembunyikan implementasi kode perangkat lunak internal di dalam kelas dan menyembunyikan data internal objek di dalam.Enkapsulasi membutuhkan definisi beberapa bidang sebagai pribadi dan beberapa sebagai publik.
Abstraksi berarti pengguna hanya berinteraksi dengan atribut dan metode yang dipilih dari suatu objek.Abstraksi menggunakan alat tingkat tinggi yang disederhanakan untuk mengakses objek yang kompleks.
Abstraksi menggunakan kelas sederhana untuk merepresentasikan kompleksitas.Abstraksi merupakan perpanjangan dari enkapsulasi.
Polimorfisme mendesain objek untuk berbagi perilaku.Menggunakan pewarisan objek dapat mengganti perilaku induk bersama dengan perilaku turunan tertentu.Polimorfisme memungkinkan metode yang sama untuk mengeksekusi perilaku yang berbeda dalam dua cara: penggantian metode dan overloading metode.
Python merupakan bahasa pemrograman yang mendukung OBJECT ORIENTED PROGRAMMING.Kalian akan menggunakannya untuk mendefinisikan kelas dengan atribut dan metode yang kemudian akan kalian panggil.Python menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Java, C ++ atau R.
Python merupakan bahasa yang dinamis,dengan tipe data tingkat tinggi.Ini berarti bahwa pengembangan terjadi lebih cepat daripada Java atau C ++.Itu tidak membutuhkan programmer untuk mendeklarasikan tipe variabel dan argumen.
Ini juga membuat OOP Python lebih mudah dipahami dan dipelajari untuk pemula, kodenya lebih mudah dibaca dan intuitif.
Secara keseluruhan,menerapkan Object Oriented Programming memungkinkan struktur data yang lebih baik dan dapat digunakan kembali, menghemat waktu dalam jangka panjang.
Perbedaan Windows dan Linux di Cloud VPS Salah satu kebingungan umum yang muncul setelah membeli…
Forum telah menjadi bagian penting dari “peradaban” dunia maya. Anda dapat berargumen bahwa forum adalah…
Beberapa Web Proxy Gratis yang Wajib Dicoba Saat ini siapapun bisa mengakses internet dari mana…
3 Skill Business Intelligence Yang Harus di Ketahui Menjadi seorang Business Intelligence tidak semudah yang…
Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Google menyediakan alat untuk mempermudah pengindeksan situs web Anda yang…
Fungsi dan Pengertian RAM Pada Web Hosting Banyaknya pengusaha dan masyarakat yang beralih ke platform…