HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Evernote? Pelajari Pengertian, Fungsi, dan Bagaimana Cara Menggunakanannya

Beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia digital semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan banyak hal. Salah satunya adalah dengan merangkum atau membuat catatan penting ketika sedang mengadakan rapat atau mendiskusikan suatu hal.

Kemajuan teknologi telah membuat perekaman digital menjadi sangat mungkin dilakukan. Salah satunya adalah fitur Evernote. Walaupun Evernote bukan satu-satunya platform pencatatan. Namun mengingat kini banyak sekali catatan digital yang tersedia di smartphone dan tablet, atau bahkan PC dan laptop, Evernote masih menjadi aplikasi yang menarik perhatian dan sangat digemari banyak orang.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang APK Evernote, mulai dari semua fiturnya hingga cara menggunakannya, Anda dapat menemukan informasi lengkapnya di sini.

Apa Itu Evernote?

Sebelum menggunakan Evernote untuk pertama kalinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang fitur-fitur Evernote. Bagi yang belum mencobanya, Evernote pada dasarnya adalah aplikasi yang membantu pengguna mencatat hal-hal penting secara digital. Melalui smartphone, tablet, PC, atau laptop pengguna.

Bukan itu saja. Evernote adalah solusi untuk menyimpan berbagai macam ide yang dihasilkan saat berselancar di dunia maya. Karena aplikasi ini akan membantu Anda menyimpan artikel yang Anda temukan saat menggunakan Internet. Oleh karena itu, Evernote merupakan aplikasi pencatatan yang menawarkan fitur lebih banyak dibandingkan buku catatan digital lainnya.

Sayangnya, aplikasi ini sebenarnya merupakan jenis aplikasi yang mengharuskan penggunanya membayar jika ingin menggunakan kuota penyimpanan lebih dari 60 MB per bulan. Namun, jika pengguna dapat membatasi penggunaan Evernote hingga kurang dari 60MB, pengguna dapat menerima layanan gratis dari aplikasi ini. Secara umum, tidak banyak orang yang membutuhkan penyimpanan lebih dari 60MB per bulan, sehingga kemungkinan menggunakan aplikasi ini secara gratis sebenarnya cukup besar. Jadi tidak ada salahnya untuk langsung mencobanya.

Fungsi Khusus Evernote

Seperti aplikasi apa pun di dunia digital, Evernote memiliki beberapa fungsi yang sangat istimewa. Sayangnya, pengguna aplikasi yang belum berpengalaman seringkali hanya mengetahui fitur dasar Evernote. Mengetahui berbagai fitur Evernote akan membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari Evernote.

Bagi yang belum tahu, berikut beberapa fitur khusus Evernote.

Sebagai Tempat Pencatatan

Fungsi utama Evernote adalah sebagai alternatif pencatatan digital. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencatat hasil diskusi dan ide-ide yang muncul secara efisien dan maksimal, aplikasi ini adalah salah satu pilihan terbaik.

Untuk Membuat Checklist

Jika Anda termasuk orang yang suka mencatat semua aktivitas Anda, fitur Evernote sangat cocok untuk Anda. Karena aplikasi ini bisa menjadi pilihan untuk membuat checklist kebutuhan. Mulai dari checklist pribadi untuk belanja sehari-hari hingga checklist untuk kebutuhan kantor yang lebih kompleks.

Membuat Voice Note

Fungsi Evernote lainnya yang akan Anda temukan saat menggunakan aplikasi ini adalah kemampuan untuk membuat voice note. Beberapa orang merasa kesulitan membuat catatan secara digital di perangkatnya. Oleh karena itu, cara yang lebih praktis untuk menghafal sesuatu adalah dengan membuat voice note.

Menyimpan Berbagai Lampiran

Evernote rupanya juga membantu pengguna menyimpan berbagai hal penting lainnya. Jadi, jika Anda memerlukan lampiran dengan catatan Anda, Anda dapat dengan mudah menyimpannya di aplikasi. Misalnya website, artikel, file PDF, dll. Semuanya tersimpan rapi di Evernote sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja.

Membuat Tabel

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi ini untuk kebutuhan yang lebih kompleks dan khusus, Evernote juga membantu Anda membuat tabel sesuai kebutuhan Anda. Pengguna dapat membuat tabel dengan berbagai ukuran, jumlah kolom, dan jumlah baris. Anda juga dapat memodifikasi tabel dengan mengubah warna dan latar belakangnya jika diinginkan.

Berbagi Catatan Dengan Pihak Lain

Yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat berbagi catatan dan beberapa fungsi yang disebutkan di atas kepada pengguna lain. Hal ini menjadikan Evernote pilihan bagus untuk mencatat hasil diskusi bersama. Selain itu, catatan dapat dibagikan dengan semua kolega dalam diskusi, sehingga mudah diakses oleh semua orang yang terlibat.

Menyimpan Kliping

Fungsi Evernote juga memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis kliping, tergantung kebutuhan masing-masing pengguna. Oleh karena itu, mengumpulkan berbagai jenis materi dari dunia maya membuat pembuatan kliping web menjadi lebih mudah dan cepat.

Sebagai Pengingat

Jika Anda lupa, Anda juga dapat menggunakan Evernote sebagai pengingat. Jadi untuk hal-hal penting yang perlu Anda lakukan, aktifkan saja fitur pengingat pada fitur Evernote. Evernote secara tidak langsung mengirimkan dan menampilkan notifikasi sesuai dengan pengaturan pengingat Anda.

Melakukan Sinkronisasi Penting

Evernote memudahkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi saat mereka membutuhkannya. Terutama dengan hal-hal seperti kalender dan perangkat lainnya. Hal ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil maksimal dari Evernote tergantung pada kebutuhan dan tujuan masing-masing.

Memulihkan Data yang Hilang

Jangan khawatir jika Anda kehilangan catatan atau lampiran yang disimpan secara tidak sengaja. Berkat fitur trash yang dapat diakses dalam hal ini, pengguna dapat langsung memulihkan catatan dan file yang terhapus secara tidak sengaja.

Cara Menggunakan Evernote

Tentu saja, selain mengetahui fungsi-fungsi penting tertentu dari Evernote, penting juga untuk mengetahui cara menggunakannya. Tentu saja Anda tidak akan bisa memanfaatkan fitur-fitur di atas secara maksimal jika tidak mengetahui cara menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara menggunakan Evernote untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini.

Melakukan Download Aplikasi

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi menarik ini, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Kunjungi saja situs resminya www.Evernote.com dan klik tombol unduh di situs tersebut.

Tidak perlu khawatir dengan biaya terkait. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan Evernote secara gratis, meskipun penggunaan Anda dibatasi maksimal 60 MB per bulan.

Selain itu, jangan lupa pastikan Anda memilih perangkat yang benar tergantung pada perangkat mana aplikasi ini diinstal. Jadi, pilihlah opsi perangkat yang tepat, baik itu smartphone, tablet, PC, atau laptop.

Menginstal Aplikasi di Perangkat Pilihan

Setelah pengunduhan selesai, Evernote di gadget Anda, misalnya ponsel cerdas atau tablet, akan otomatis terinstal di gadget Anda. Namun lain halnya jika Anda menggunakan PC atau laptop untuk mendownload aplikasi ini. Karena dalam hal ini, Anda harus menyimpan file hasil download terlebih dahulu ke lokasi dengan nama unik.

Selanjutnya Anda dapat menjalankan proses instalasi pada perangkat laptop dan PC Anda. Untuk melakukan ini, buka file yang diunduh dan klik “Instal File”. Sekarang Anda tinggal menunggu hingga proses instalasi berhasil dan Anda akan melihat notifikasi selesai.

Buat Akun Pada Evernote

Setelah berhasil mendownload dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat menggunakan Evernote untuk pertama kali. Sebelum Anda dapat merekam atau menambahkan file ke aplikasi, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Membuat akun Evernote baru itu mudah. Buka aplikasi ini dan centang menu di sisi kanan aplikasi. Kemudian Anda akan melihat kalimat “New to Evernote”. Di sini, pengguna Evernote diminta memasukkan serangkaian informasi penting yang diperlukan untuk mendaftar akun. Cukup ikuti instruksi dan isi semua kolom untuk mendaftar.

Tunggu hingga informasi akun Anda ditampilkan. Ini berarti akun Anda sudah terdaftar dan siap menggunakan Evernote.

Membuat Catatan Baru

Jika Anda baru mengenal Evernote, Anda dapat mencoba membuat catatan baru di aplikasi. Ini juga sangat mudah. Pada aplikasi ini, cari kata “Note”, tekan tombol tersebut, dan akan muncul selembar kertas kosong sebagai halaman catatan yang ingin Anda buat.

Setelah Anda berhasil mengakses lembar tersebut, buatlah catatan sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Misalnya, Anda bisa mencatat hasil percakapan Anda dalam bentuk poin atau membuat checklist kebutuhan sehari-hari. Anda dapat dengan mudah melakukan semuanya di selembar kertas kosong ini. Sementara itu, jika Anda perlu menambah referensi lagi, Anda dapat mencari fitur lain dari aplikasi ini. Misalnya, fitur lampiran file dan kliping web tersedia untuk semua pengguna Evernote.

Tips Memaksimalkan Evernote

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menggunakan Evernote, banyak pengguna yang masih ingin memanfaatkan aplikasi pencatatan digital ini secara maksimal.

Ya, beberapa pengguna mungkin hanya tertarik pada dasar-dasar penggunaan Evernote dan tidak mempelajari lebih lanjut tentang cara memanfaatkan aplikasi secara maksimal. Namun, bagi Anda yang sangat membutuhkan semua fitur Evernote, ada beberapa tips menarik yang bisa membantu Anda memaksimalkan Evernote. Simak tipsnya di bawah ini.

Rencanakan dengan Benar

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari Evernote, perencanaan yang tepat sangatlah penting. Apalagi sebelum membuat catatan atau apapun yang berhubungan dengan aplikasi ini. Misalnya saja memutuskan apa saja yang perlu dicatat dan dilampirkan, atau apa saja yang perlu dikumpulkan sebagai bahan pendukung melalui dunia maya.

Melalui sistem perencanaan yang tepat, tepat dan sistematis, pencatatan Evernote akan dilakukan secara sistematis dan membuahkan hasil yang baik. Hal-hal seperti pencatatan yang baik, lampiran pendukung yang baik, dan berbagai hal penting lainnya. Selain itu, jika direncanakan dengan baik, hasil rekaman akan terlihat bagus dan bersih dibandingkan catatan yang tidak direncanakan.

Memaksimalkan Fitur Web Cliping

Tips selanjutnya bagi Anda yang ingin memanfaatkan Evernote secara maksimal adalah dengan memanfaatkan semua fitur yang terdapat pada Evernote. Salah satu fitur yang memberikan hasil yang sangat bagus dan menarik adalah fitur web clipping.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur ini membantu pengguna aplikasi Evernote untuk mengumpulkan semua materi yang relevan di dunia maya. Jadi apa yang terjadi lebih jelas dan ada kaitannya jelas. Fitur kliping web sangat membantu pengguna untuk mengumpulkan semua konten yang dibutuhkan dari berbagai situs web. Semuanya bisa tertata rapi dan diletakkan di catatan Anda sesuai dengan urutan dan referensi yang Anda gunakan sebelumnya.

Selain itu, pengguna juga dapat mengambil screenshot di website terkait dan menambahkan hasil screenshot tersebut ke catatan Evernote. Fitur ini tidak hanya berguna, tetapi juga sangat mudah dan praktis.

Berbagi Catatan Secara Teratur

Untuk memastikan bahwa catatan yang Anda buat di Evernote menerima masukan dari sebanyak mungkin orang, aktifkan berbagi dengan pengguna lain yang sesuai. Inilah salah satu keunggulan Evernote dibandingkan aplikasi pencatatan digital sejenis. Misalnya, setelah mencatat hasil rapat dengan beberapa rekan di kantor, Anda segera mengatur catatan Anda dan membagikannya kepada mereka. Hal ini memungkinkan masing-masing pihak untuk melihat dan memposting catatan yang dibuat.

Izinkan catatan akhir mencerminkan pendapat dan kesimpulan semua orang yang berpartisipasi dalam diskusi. Tentunya hal ini akan membuat catatan diskusi Anda menjadi lebih maksimal dan memberikan manfaat yang maksimal. Memperkenalkan fitur Evernote dan cara menggunakannya.

Jika Anda tertarik menggunakan Evernote tetapi tidak tahu bagaimana memulainya, Anda bisa memulainya dengan mengunduh aplikasinya. Kemudian ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Ini memungkinkan Anda menggunakan aplikasi digital untuk mencatat hasil percakapan dan rapat, atau untuk membuat catatan pribadi penting dengan mudah.

Lupakan metode lama di mana catatan dapat dengan mudah dihapus atau hilang. Beralih ke teknologi pencatatan digital yang lebih baik, seperti Evernote. Evernote juga gratis untuk diakses, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pembelian paket berlangganan notebook atau APK.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

15 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

20 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago