HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

9+ Fungsi VPS Hosting yang Harus Kamu Tahu

Server web berkualitas tinggi merupakan aspek penting ketika kamu mencoba membangun bisnis online. Oleh karena itu,  saat ini banyak bisnis yang memilih menggunakan Virtual Private Server atau VPS untuk kebutuhan hosting.

Selain membantu meningkatkan server web, VPS juga mempunyai beberapa fungsi lain yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga dapat dengan mudah menggunakan VPS. Jadi, yuk, mulaila bangun web bisnis kamu sekarang juga dan temukan penawaran hosting menarik lainnya hanya di Hosteko.

Apa itu VPS Hosting?

Sebenarnya istilah Virtual Private Server (VPS) sama dengan VPS Hosting. Ini dikarenakan, banyak perusahaan besar yang menggunakan VPS sebagai tempat menyimpan atau menghosting berbagai jenis data.

Berbagai jenis data tersebut kemudian akan dikemas menjadi sebuah website yang disimpan di dalam VPS. Inilah sebabnya mengapa istilah VPS Hosting ini muncul.

Virtual Private Server (VPS) adalah teknologi virtualisasi yang membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Pada dasarnya, VPS tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan website perusahaan saja.

Pasalnya, kamu dapat menggunakan VPS untuk membuat email server, FTP server, dan lainnya. Oleh karena itu, VPS yang digunakan untuk membuat website disebut VPS Hosting.

VPS Hosting umumnya lebih murah daripada Dedicated Hosting, hal ini membuat VPS Hosting menjadi pilihan yang populer.D ari segi kualitas, VPS Hosting menawarkan keandalan, keamanan, dan kinerja yang lebih baik dibandingkan Shared Hosting.

Selain itu, pengguna bisa mendapatkan akses root ke server, memberi mereka kebebasan untuk menginstal dan memodifikasi aplikasi tanpa menggunakan penyedia hosting.

Fungsi VPS Hosting

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sepuluh fungsi VPS (Virtual Private Server) yang akan kamu rasakan manfaatnya.

  • Mampu Meningkatkan Kualitas Server Web

Shared Hosting dapat diibaratkan sebagai setumpuk kartu domino sehingga jika salah satu pengguna hosting mengalami gangguan maka seluruh server juga dapat mengalami gangguan.

Pertama, fungsi VPS Hosting adalah meningkatkan keandalan dan stabilitas dibandingkan Shared Hosting. Dalam kebanyakan kasus, sangat sedikit server yang dihosting pada satu node. Tentu saja, ini akan membantu memastikan kinerja dan waktu aktif server web kamu.

  • Sebagai Sumber Daya Khusus

VPS Hosting juga dapat berfungsi sebagai sumber daya khusus untuk website. Mirip dengan Dedicated Hosting, semua sumber daya VPS Hosting didedikasikan hanya untuk website yang kamu miliki.

Selain itu, jumlah RAM (Random Access Memory) dan CPU (Central Processing Unit) yang tersedia di VPS Hosting jauh lebih banyak dibandingkan dengan Shared Hosting. Tentu saja keunggulan ini memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak traffic saat menjalankan beberapa aplikasi.

  • Peningkatan Efisiensi pada Green Platform

Dalam beberapa tahun terakhir, topik yang terkait dengan teknologi dan green hosting telah menarik perhatian banyak orang. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjadi bagian dalam aksi mengurangi jejak karbon sebanyak mungkin. Nah, salah satu caranya adalah menggunakan VPS Hosting.

Jika kamu memiliki server khusus, itu berarti kamu telah menggunakan semua sumber daya yang disediakan server. Ini juga berarti bahwa kamu adalah satu-satunya bisnis atau individu yang mendapatkan keuntungan dari konsumsi daya server tersebut.

  • Peningkatan Kinerja Website

Ketika lebih banyak sumber daya yang didedikasikan untuk kebutuhan bisnis maka kamu dapat mencapai tingkat kinerja yang jauh lebih tinggi. Dengan peningkatan kapasitas dan daya pemrosesan, konten-konten kamu akan dimuat lebih cepat di browser pengunjung.

Hal tersebut tentu akan meningkatkan kunjungan dari pengguna internet, meningkatkan tingkat konversi, dan meningkatkan peringkat Search Engine Result Pages (SERP) website kamu.

Selain itu, proses yang berjalan di server akan berjalan lebih cepat dan berdampak lebih kecil pada operasi lain yang sedang berjalan. Misalnya, kamu dapat mengirim banyak email sekaligus atau mencadangkan file tertentu tanpa memperlambat jalannya website kamu.

  • Skala Sumber Daya yang Besar

Selanjutnya, salah satu fungsi dan kegunaan VPS Hosting adalah bagi kamu yang ingin mengembangkan website menjadi sesuatu yang lebih besar, kemampuan untuk memperbesar sumber daya hosting tanpa masalah teknis atau downtime menjadi sangat penting.

Salah satu hal terbaik untuk mengetahui tentang tempat hosting VPS tersebut adalah mereka dapat dengan cepat dan mudah mengalokasikan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Harga Lebih Terjangkau

Dengan beragam keuntungan yang ditawarkan, fungsi VPS Hosting dalam segi harga juga mendukung. Jika kamu ingin membuat website layanan VPS Hosting, ini bisa menjadi keputusan yang tepat.

Namun, sebelum memilih penyedia hosting web, ada baiknya untuk membandingkan tarif terlebih dahulu, ini karena akan memengaruhi jumlah yang harus kamu bayarkan setiap bulan.

  • Pelayanan kepada Pelanggan Cukup Baik

Keuntungan lain dari menggunakan layanan jenis ini adalah VPS Hosting dapat bertindak sebagai sarana dukungan pelanggan jika terjadi gangguan. Ketika masalah yang dihadapi dengan layanan hosting dapat menciptakan situasi yang penuh tekanan, bagaimanapun mata pencaharian bisnis dapat bergantung pada server ini.

Jika kamu menggunakan VPS Hosting, kamu akan memiliki perwakilan layanan pelanggan khusus yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah apa pun dan juga memberikan rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu.

  • VPS Hosting Memiliki Sistem Keamanan yang Ketat

Layanan VPS Hosting mendukung sistem keamanan yang baik bagi penggunanya. Seperti yang sudah kamu ketahui, sebuah website di VPS Hosting berada dalam ruang virtualnya sendiri sehingga lebih aman jika ada gangguan dari pengguna lain.

Rasa aman tersebut tercipta karena perusahaan biasanya memberikan akses root untuk menerapkan langkah-langkah sistem keamanan tingkat lanjut di lingkungan server.

  • Bisa Menggunakan Server secara Remote

Selanjutnya, fungsi VPS hosting adalah kamu dapat mengakses dan menggunakan komputer atau server dari jarak jauh. Ini berarti kamu memiliki kendali penuh atas server tanpa dibatasi lokas. Selain itu, kamu juga dapat mengontrol server di mana pun kamu berada.

  • Kustomisasi Server Sesuai Kebutuhan

Terakhir, setiap perusahaan memiliki kebutuhan aplikasi, website, dan server yang berbeda-beda. Ada yang memerlukan server berkapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang cukup kompleks. Namun, ada pula yang tidak memerlukan kapasitas server sebanyak itu.

Nah, VPS hosting memberikan kebebasan kepada pemilik VPS Hosting untuk menyesuaikan servernya sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaannya.

Itulah beberapa fungsi VPS Hosting yang dapat kamu rasakan manfaatkan. Keuntungan lain yang bisa kamu rasakan selain memiliki sumber daya khusus adalah memiliki banyak fitur andal dengan harga terjangkau, seperti sistem keamanan, kemampuan menerima traffic tinggi, dan bahkan server dikelola oleh penyedia hosting.

Secara keseluruhan, VPS Hosting adalah pilihan serbaguna yang dapat disesuaikan dengan berbagai situasi, itulah salah satu alasan mengapa layanan hosting jenis ini begitu populer. Alasannya adalah karena ia memberikan kinerja dan skalabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan Shared Hosting sekaligus mengisolasi situs dari pengguna lain. Harganya juga jauh lebih rendah dibandingkan Dedicated Hosting.

Namun, bagi kamu yang belum begitu paham dengan masalah teknis server disarankan untuk tidak memilih VPS Hosting, melainkan menggunakan Hosting atau Shared Hosting. Ini karena terdapat dua jenis VPS Hosting berdasarkan pengelolaannya, yaitu Managed VPS Hosting dan Unmanaged VPS Hosting.

VPS Hosting umumnya bersifat unmanaged. Artinya, segala instalasi, masalah, dan pengelolaan VPS Hosting adalah tanggung jawab pemilik VPS Hosting. Oleh karena itu, sebelum memutuskan layanan hosting, sebaiknya tentukan terlebih dahulu kebutuhan dan tujuan bisnis kamu dalam membangun sebuah website.

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

10 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

14 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

1 day ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago