HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Yuk Ketahui Bersama, Apa Itu Website Drupal dan Kelebihannya

Drupal adalah Content Management System “CMS” gratis dan lengkap yang memungkinkan Anda membuat situs web blog, portal berita, dan bahkan situs web khusus. Drupal adalah salah satu CMS terpopuler di dunia. Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang ingin memiliki website, Drupal mungkin bisa menjadi solusinya.

Namun apakah Anda pernah menggunakan Drupal? Pada artikel ini Anda akan mempelajari cara membuat website menggunakan Drupal. Ini jelas membantu. Mari kita lihat untuk memahaminya!

Definisi Drupal

Drupal adalah sistem pilihan jika Anda perlu menyiapkan situs web dengan cepat. Daripada mempelajari cara “ngoding” alias membuat code atau membayar pihak ketiga untuk membangun situs web Anda, Drupal menyediakan semuanya dalam satu sistem.

Baik Anda ingin membuat situs web bisnis yang menarik atau hanya memerlukan blog pribadi, CMS sumber terbuka ini memungkinkan semuanya. Wah, bikin website jadi mudah. Baca artikel ini secara keseluruhan sebelum membuat website menggunakan Drupal. Agar Anda bisa lebih memahaminya.

Contoh Website Drupal

Drupal merupakan CMS yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Menurut data yang ada, CMS ini akan masuk dalam 6 besar CMS yang paling banyak digunakan pada tahun 2022. Tak heran jika beberapa website ternama dari berbagai bidang menggunakan Drupal untuk menunjang performanya.

Contoh website Drupal yang cukup populer adalah Tesla. Nama ini mungkin sudah tidak asing. Ya, itu adalah perusahaan milik Elon Musk, selebritis yang baru-baru ini menjadi berita utama setelah mampu mengakuisisi platform media sosial ternama Twitter.  Tesla Company, Inc. merancang, mengembangkan, memproduksi, menjual dan menyewakan kendaraan serba listrik serta sistem pembangkit dan penyimpanan energi, dan menyediakan layanan yang berkaitan dengan produknya.

Contoh website Drupal lainnya adalah dalam bidang pendidikan. Selain Learning Management System “LMS” adapun University of Portland, sebuah sekolah menengah terkenal di Amerika Serikat, berfokus pada pengembangan situs web selain sistem manajemen pembelajarannya. Dengan menggunakan Drupal, mereka dapat memperbarui dan merestrukturisasi situs web mereka untuk lebih melibatkan pelajar dan calon pelajar.

Drupal adalah CMS yang dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web, dan bahkan situs web rumah sakit dapat bekerja dengan baik dengan Drupal. Rumah Sakit Astor telah merasakan fleksibilitas Drupal, menawarkan kemampuan pembuatan halaman berbasis komponen yang disesuaikan serta kemampuan untuk membuat dan memperbarui halaman rumah sakit sesuai permintaan. Beberapa sektor bisnis telah berhasil mengembangkan website mereka menggunakan Drupal, dan Drupal adalah solusi untuk bisnis tersebut.

Mungkin sudah saatnya website Anda mengikuti jejak mereka. Anda dapat mengembangkan situs web Anda menggunakan Drupal dan memberinya nama domain khusus industri agar lebih menarik. Anda dapat menggunakan ekstensi domain .tech untuk situs web teknologi, .press untuk situs berita, dan .online untuk toko online.

Kelebihan Drupal

Drupal merupakan CMS dengan berbagai keunggulan dibandingkan CMS lainnya. Berikut beberapa kelebihannya:

Fleksibel dan Dapat Disesuaikan

Drupal adalah CMS dengan reputasi sebagai salah satu sistem manajemen konten paling fleksibel. Drupal memudahkan pembuatan dan pengelolaan berbagai jenis konten, mulai dari video hingga blog, infografis, dan podcast.

Platform desain fleksibel yang ideal untuk membuat situs web media dan perdagangan yang kaya konten. Drupal juga memiliki kemampuan skrip canggih yang memungkinkan kemungkinan desain tanpa batas dan kemampuan untuk memiliki kontrol lebih besar dalam mengedit elemen desain.

Performa Unggul

Ini adalah salah satu keunggulan Drupal yang paling menarik. Drupal adalah CMS yang dirancang untuk pertumbuhan eksponensial. Website Anda dapat berkembang dari 1 halaman menjadi 100 halaman tanpa mengubah apa pun.

Skalabilitas ini juga berlaku untuk lalu lintas situs web. Drupal dapat menangani lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba dengan lebih baik daripada kebanyakan CMS.

Kustomisasi Mudah

Drupal menawarkan lebih dari 40.000 modul dan plugin untuk meningkatkan fungsionalitas situs web Anda. Selain itu, modul Drupal memberi pengguna fleksibilitas untuk membuat fungsionalitas baru atau memodifikasi fungsionalitas yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Drupal adalah CMS yang juga menawarkan sekitar 3000 tema yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan dan nuansa situs web mereka.

Dedicated Community

Drupal adalah CMS open source, artinya siapa pun bebas menyumbangkan ide, saran, dan dokumentasi publik. Komunitasnya sangat aktif dan mudah diakses, dan jumlah penggunanya terus bertambah.

Dengan setiap rilis baru Drupal, komunitas menyumbangkan waktu dan keahlian mereka untuk mengintegrasikan tinjauan, pengujian, dan umpan balik guna memberikan pengalaman terbaik.

Terminologi Penting Drupal

Sebelum Anda melanjutkan mempelajari cara membuat website menggunakan Drupal, sebaiknya Anda memahami hal ini terlebih dahulu. Ya, itu istilah yang sering Anda temui saat menggunakan Drupal. Tentunya dengan memahami istilah-istilah tersebut akan memudahkan Anda dalam meningkatkan pengetahuan.

Page

Situs web adalah kumpulan halaman atau page. Hal yang sama berlaku untuk Drupal. Drupal adalah CMS untuk membangun situs web berdasarkan kumpulan halaman. Nah, halaman itu sendiri merupakan halaman yang berisi konten.

Block

Block adalah konten (teks, gambar, link, dll) yang dapat ditampilkan pada halaman website Anda.

Content Type

Drupal adalah CMS yang cocok untuk banyak jenis situs web. Tipe konten membantu Anda memilih tipe tata letak yang memenuhi kebutuhan Anda. Tentunya jika Anda membuat halaman jual beli tidak harus memilih jenis blog.

Node

Node adalah bagian konten individual. Secara hierarki, ini berarti node-node tersebut merupakan bagian dari block (fragmen block) yang lebih spesifik.

Term

Term ini muncul dalam kosakata. Term adalah bagian dari kosa kata. Misalnya, jika Anda membuka tag “Indonesia”, maka akan terdapat istilah seperti “Jakarta”, “Yogya”, dll.

Taxonomy

Anda dapat mengaitkan dan mengkategorikan konten di situs web Anda.

Vocabulary 

Voabulary berkaitan dengan taksonomi. Ini adalah label atau tag yang menyimpan kumpulan informasi.

Menu

Ini adalah sekumpulan tautan atau link yang digunakan untuk bernavigasi di situs web. Navigasi ini berguna ketika pengguna berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Entity

Entity adalah kumpulan data atau elemen di Drupal, seperti gambar, teks, dan HTML.

Field

Fields digunakan untuk menampilkan informasi secara terstruktur seperti field judul, field body, field link, dan lain sebagainya.

Tips Belajar Drupal untuk Pemula

Jika Anda baru memulai, berikut beberapa tips belajar Drupal untuk pemula.

Pahami terminologi yang ada

Tips pertama membangun website menggunakan Drupal adalah Pastikan Anda memahami terminologi atau memahami terminologi Drupal. Drupal merupakan CMS dengan terminologi yang berbeda dibandingkan CMS lain seperti WordPress atau Joomla. Oleh karena itu, memahami terminologinya memudahkan pemula mempelajari cara menggunakan Drupal.

Baca artikel, forum, dan panduan terkait

Dalam pembahasan di atas, kami menyebutkan bahwa Drupal adalah salah satu dari 6 CMS yang paling banyak digunakan. Banyak sekali artikel, forum, dan dokumentasi tentang Drupal. Rajinlah untuk membaca agar selalu mendapat tutorial terupdate pada Drupal.

Trial and Error

Ini yang paling penting! Anda tidak akan menjadi lebih baik di Drupal jika Anda tidak mencobanya. Untuk mempelajari cara membuat situs web menggunakan Drupal, cobalah membuat situs web percobaan. Anda tidak harus terjun langsung ke proyek pembuatan website. Buat saja situs web sederhana untuk Anda sendiri.

Saatnya Mencoba Drupal!

Bagaimana artikel ini dapat membantu Anda memahami Drupal dan cara membangun situs web menggunakannya? Drupal adalah CMS yang populer. Jadi jika Anda ingin membuat website sebaiknya mencoba Drupal.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan Drupal, pastikan untuk memperluas pengetahuan Anda melalui artikel dan panduan yang ada serta berlatih membuat website langsung menggunakan Drupal.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

17 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

23 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

5 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

5 days ago