HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian dan Fungsi IMEI Pada Ponsel

Pengertian IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan sebuah nomor identitas sebuah android. IMEI pada setiap ponsel berbeda-beda, hal ini karena IMEI merupakan sebuah identitas ponsel, makanya setiap ponsel memiliki nomor atau kode IMEI yang berbeda-beda. IMEI ini terdapat pada dus box ponsel yang dimiliki, selain itu anda juga bisa melihat kode IMEI pada nota pembayaran saat membeli ponsel baru.

Menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT, International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Dikarenakan dikeluarkan untuk tiap slot SIM, maka HP yang mendukung slot kartu SIM ganda akan memiliki dua nomor IMEI. Seperti yang ada sebelumnya, nomor IMEI ini bersifat unik sehingga tidak akan sama dengan pengguna lainnya.

Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 hingga 16 digit di mana salah satu nomor serinya berisi informasi tipe HP.

Struktur Nomor IMEI

GSMA (Global System for Mobile Communications Associations) memberikan struktur nomor IMEI kepada seluruh pabrik pembuat ponsel sebagai aturan dasar yang harus dipatuhi.

Berikut adalah struktur nomor IMEI yang ada saat ini :

  • AA: Dua digit awal pengidentifikasi badan pelaporan (reporting body), menunjukan pabrik yang disetujui oleh GSMA untuk mengalokasikan TAC (kode alokasi tipe) perangkat seluler.
  • BBBBBB: Sisa dari TAC.
  • CCCCCC: Urutan serial model perangkat.
  • D: Kode verifikasi yang digunakan untuk memeriksa ulang seluruh digit yang datang sebelumnya.

Catatan :

A : merupakan angka identitas untuk produsen.
B : adalah angka model telepon.
C : merupakan angka identitas.
D : adalah angka akhir yang digunakan untuk mengkonfirmasi keseluruhan angka IMEI.

Format IMEI

Format IMEI yang baku adalah 15 digit nomor yang diterjemahkan dalam format huruf AA BBBB CC DDDDDD E dimana :

  1. AA Kode Negara
  2. BBBB Kode Final Assembly
  3. CC Kode Manufaktur
  4. DDDDDD Nomor Serial
  5. E kode tambahan
  6. Gabungan AA dan BBB sering disebut sebagai Type Approval Code (TAC).

Fungsi IMEI

Berikut beberapa penjelasan mengenai fungsi nomor IMEI :

1. Identitas Smartphone

IMEI bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah smartphone, sebab ibarat sebuah KTP IMEI adalah sebuah nomor KTP tersebut. Untuk itulah mengapa nomor ini begitu unik dan seringkali di perhatikan bagi pembeli ponsel bekas untuk mencocokan kesamaan nomor di Smartphone dengan kardusnya.

2. Bisa untuk melacak Smartphone

Berkat perkembangan teknologi saat ini nomor IMEI bisa digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Caranya mudah bisa mendatangi ke gerai operator seluler yang digunakan kemudian memberikan nomor IMEI dan nomor yang digunakan di smartphone yang hilang. Dengan begitu keberadaan ponsel bisa dilacak dan ditemukan, mudah bukan.

3. Mempengaruhi sinyal ponsel

Mungkin beberapa ponsel yang di hack tidak memerlukan nomor IMEI, namun bagi ponsel secara umum nomor IMEI sangat berarti sekali. Kasus hilangnya nomor IMEI pada smartphone bukanlah hal biasa yang tidak mempengaruhi fungsi dan kinerja smartphone. Sebab jika nomor IMEI hilang Smartphone tidak bisa menangkap sinyal dan tentunya tidak akan bisa digunakan untuk komunikasi maupun koneksi data.

Namun, banyak fitur jaringan dan keamanan diaktifkan dengan mengetahui perangkat saat ini digunakan oleh pelanggan. Untuk melacak smartphone Android yang hilang, bisa juga menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, smartphone pernah terhubung ke Internet, GPS aktif dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.

4. Untuk Mengecek Garansi

Fungsi lain dari nomor IMEI adalah untuk mengecek masa garansi yang dimiliki oleh HP. Hal ini menjadi sangat penting bagi orang yang ingin membeli HP secara online. Dengan begitu, bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP yang ingin dibeli masih dalam kondisi baru atau tidak.

Entah Android maupun iPhone, tetap bisa mengecek sisa garansi HP lewat situs resmi.

Cara Cek Nomor IMEI Pada Ponsel

Beberapa cara yang bisa dicoba, diantaranya adalah :

1. Cek Nomor IMEI Melalui Phone Dialer

Phone dialer adalah salah satu fitur di ponsel yang digunakan untuk menghubungi berbagai nomor. Mulai dari nomor orang lain, sampai kode USSD yang digunakan untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan seluler.

Mengecek nomor IMEI melalui phone dialer adalah cara yang paling umum dan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Caranya, buka fitur phone dialer di ponsel lalu masukan kode *#06#. Selanjutnya, tekan tombol dial atau gambar telepon dan nomor IMEI akan muncul dengan sendirinya.

2. Cek Nomor IMEI Melalui HP Android

Memeriksa nomor IMEI melalui ponsel Android, yaitu :

  • Hanya perlu masuk ke Settings atau pengaturan ponsel.
  • Lalu, cari menu yang bernama About Phone atau About. Biasanya menu ini ada pada bagian paling bawah halaman pengaturan.
  • Buka menu About dan pilih Status atau Phone Status.
  • Lalu, cari bagian IMEI Information dan akan menemukan nomor IMEI.

3. Cek Nomor IMEI di iPhone

Cara menemukan nomor IMEI di iPhone juga sangat mudah. Hanya perlu membuka Settings ponsel dan buka menu General (Umum). Lalu, hanya perlu masuk ke menu About atau tentang ponsel dan akan menemukan nomor IMEI pada halaman tersebut.

4. Cek Nomor IMEI Melalui Cara Lain

Jika tidak bisa membuka ponsel tapi membutuhkan nomor IMEI, juga bisa menemukan nomor tersebut pada hardware atau perangkat keras ponsel itu sendiri.

Caranya, buka bagian belakang ponsel dan cabut baterainya. Biasanya, nomor IMEI akan ditemukan tertempel di bawah baterai atau slot SIM card ponsel tersebut.

Bagaimana jika ponsel mempunyai baterai tanam? Tenang saja, masih ada cara lain untuk menemukan nomor IMEI ponsel, yaitu melalui box ponsel yang ada saat baru membelinya.

Melacak HP dengan IMEI

Salah satu fitur terbaik yang bisa dilakukan oleh nomor IMEI adalah melacak keberadaan dari perangkat ponsel. Meskipun cara ini terbilang cukup rumit, namun tetap layak untuk dilakukan. Apalagi jika ada banyak data pribadi yang ada pada ponsel.

Caranya, tentunya harus mempunyai salinan nomor IMEI dari ponsel tersebut. Selanjutnya, perlu mendapatkan surat kehilangan di kantor polisi. Setelah mendapatkan surat kehilangan, hanya perlu menghubungi atau mengunjungi gerai pihak penyedia layanan seluler.

Nantinya, jika surat kehilangan dari kantor polisi valid, petugas akan bisa melacak dan memberikan keberadaan ponsel yang hilang tersebut.

Tapi perlu diingat, cara ini hanya dapat dilakukan selama ponsel tersebut mempunyai koneksi internet, GPS, dan kartu SIM masih ada di dalamnya. Jika ponsel yang hilang dalam keadaan mati dan kartu SIM telah diganti, maka nomor IMEI tersebut tidak akan bisa melacak keberadaan ponsel tersebut.

4.3/5 - (3 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

5 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago