HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Dan Jenis Fair Usage Policy

Fair usage policy atau yang juga sering disebut sebagai FUP adalah batas pemakaian wajar yang ada pada layanan online seperti hosting, paket data dan juga server. Meskipun saat ini banyak ISP (penyedia layanan internet) yang menawarkan paket unlimited tanpa batas, mereka tetap akan menerapkan batas pemakaian wajar (FUP) di dalamnya.

Fair usage policy ini diterapkan untuk membatasi penggunaan berlebihan setiap user agar tidak mengganggu lalu lintas data pengguna lain yang ada di jaringan tersebut.

Pengertian Fair Usage Policy

Singkatnya, fair usage policy atau FUP adalah kebijakan batas penggunaan wajar yang telah disetujui dan diterapkan oleh banyak penyedia broadband internet di dunia. FUP digunakan untuk memastikan bahwa setiap pengguna internet menggunakan data secukupnya dan untuk menghindari gangguan lalu lintas data pada jaringan.

Untuk mencegah satu pengguna menyalahgunakan dan memakan bandwidth pengguna lainnya, penyedia broadband internet akan membatasi kecepatan data dari pelanggar tersebut. FUP juga bisa disebut sebagai perjanjian penyedia broadband dan pengguna untuk membatasi layanan internet yang digunakan jika sudah melewati batasan yang ditentukan.

Jadi misalnya saat ini ingin menggunakan layanan unlimited dengan FUP bulanan 20 GB per bulan, akan mendapatkan akses kecepatan penuh sampai melampaui batasan tersebut. Saat batas pemakaian internet sudah melampaui batas, kecepatan data internet yang diberikan oleh provider akan melambat sesuai dengan pemakaian batas wajar yang ditentukan.

Meskipun mungkin terdengar serupa, FUP sangat berbeda dari batas penggunaan data. Umumnya, kebijakan FUP hanya akan diterapkan pada paket unlimited saja. Sedangkan, batas penggunaan adalah sejumlah data yang hanya dapat digunakan dalam durasi yang sudah ditentukan. Akan ada biaya tambahan jika melampaui batas tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui FUP dan batas penggunaan data saat mendaftar dan membeli sebuah paket internet data broadband.

Umumnya, layanan penyedia broadband internet akan menawarkan paket unlimited dengan FUP atau paket data dengan batas penggunaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Penyedia jaringan menerapkan FUP yang adil untuk memastikan bahwa setiap orang dapat memiliki pengalaman terbaik menggunakan layanan internet. Jika melampaui batas penggunaan wajar, penyedia akan membatasi kecepatan jaringan internet hingga akhir siklus penagihan berikutnya.

Jenis-Jenis Fair Usage Policy

Berikut adalah beberapa layanan dan kebijakan FUP, yaitu :

1. Internet Indihome

Apabila menggunakan layanan internet Indihome, provider ini juga memberlakukan FUP. Dalam paket internet ada dua batas FUP Indihome, apabila melewati batas yang pertama maka kecepatan internet akan diturunkan sebesar 25%.

Lalu jika melewati lagi batas FUP kedua, maka kecepatan internet akan ditentukan 60% dari kecepatan normal. Jadi jika melewati kedua batasan FUP maka hanya bisa menikmati internet dengan kecepatan 40%. Makanya perlu cek kuota indihome supaya tahu batasan FUP yang berlaku dan kouta yang tersisa.

Pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi website resmi Indihome, kemudian buka usage info.

Setelah itu bisa mengisi formulir yang tersedia pada halaman tersebut. Kalau sudah bisa cek dan akan tampil informasinya. Cara cek kuota Indihome yang lain bisa dilakukan dengan melalui SMS, dengan tarif Rp 350 per SMS.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengetik ISP <spasi> IH <spasi> Kode area + nomor telepon terdaftar.

Kemudian kirim SMS ke nomor 98108, cukup menunggu balasan dari pihak Indihome yang berisi informasi FUP Internet.

2. Indosat Unlimited 

Selain ada FUP Indihome, layanan paket internet unlimited lainnya juga ada. Ada banyak provider seluler yang menawarkan paket internet unlimited, salah satunya adalah Indosat. Provider ini sendiri juga memiliki banyak paket lain, dan menghadirkan paket internet terjangkau.

Untuk paket internet unlimitednya namanya Indosat Unlimited, tentu tetap ada FUP. Namun berbeda dengan Indihome yang memiliki FUP dua batasan, Indosat lebih bervariasi FUPnya. Ada FUP bulanan dan harian tinggal pilih saja ingin yang mana.

Bagaimana jika sudah melewati batas? Untuk paket Indosat Unlimited jika sudah melewati batas, maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 512 Kbps.

Jadi tidak seperti Indihome, Indosat langsung menurunkan drastis.

Tujuan Fair Usage Policy

FUP bertujuan agar semua pengguna internet dapat merasakan pengalaman berselancar yang sama. Karena, sejumlah orang yang memakai bandwidth berlebihan akan memperlambat koneksi untuk sebagian pengguna lainnya.

Solusi untuk cara mengatasi FUP paketan kuota internet unlimited sendiri adalah dengan menghemat pemakaian internet, biasanya kuota akan lebih boros atau cepat habis jika membuka laman yang berupa gambar dan video. Jangan lupa gunakan mode hemat data pada ponsel jika kuota yang dibeli sangat terbatas.

Laman media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan laman yang memuat banyak sekali gambar dan video pastinya akan membuat kuota terkena FUP lebih cepat.

Kelebihan Fair Usage Policy

Pada dasarnya tidak banyak manfaat yang bisa pelanggan dapatkan dari kebijakan FUP. Di sisi lain bagi perusahaan telekomunikasi, kebijakan ini memang sangat menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan dari fair usage policy, yaitu :

  • Semua perusahaan Broadband dan Internet Seluler dapat mengontrol penggunaan internet semua usernya.
  • Jaringan internet akan stabil karena pengguna telah memiliki batasan kecepatan yang telah ditentukan.
  • Pengguna tetap bisa mengakses internet meskipun kuota data internet telah habis meskipun kecepatannya akan berkurang.
  • ISP (internet service provider) akan mendapatkan lebih sedikit beban.

Kekurangan Fair Usage Policy

Kekurangannya adalah ketika pemakaian sudah melewati batas FUP, maka kecepatan akan diturunkan. Mungkin memang bisa mengakses internet namun dengan kecepatan yang lambat dan tidak penuh. Bagi yang sabar dan tidak masalah dengan kecepatan mungkin ini bukanlah sesuatu yang penting.

Akan tetapi, bagi yang membutuhkan akses internet cepat ini adalah masalah besar. Apalagi jika lalu lintas data ada sibuk, maka hal ini bukanlah pilihan yang bagus. Jadi, mungkin layanan internet berbasis kuota adalah pilihan yang terbaik.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

7 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

14 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago