HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian dan Manfaat Cultural Intelligence Bagi Bisnis

Umumnya dulu manusia lebih menekankan perlunya memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi sebagai salah satu faktor kunci dari kepemimpinan. Selain itu perlu juga adanya kemampuan untuk menganalisis fakta dan informasi dengan cepat dan cerdas kemudian dilengkapi dengan kebutuhan akan Emotional Intelligence (EQ).

Dukungan faktor EQ akan memungkinkan para pemimpin untuk memahami orang-orang yang mengikuti mereka dan terlibat dengan mereka dengan cara yang kredibel dan otentik. Dari sini muncul perkembangan akan adanya faktor lain yang mendukung kesuksesan pemimpin, yakni CQ atau Cultural Intelligence .

Adapun CQ sendiri merupakan kepanjangan dari Cultural Quotient yang sering juga disebut dengan Cultural Intelligence. Faktor ini memberikan keuntungan yang dibutuhkan para pemimpin di dunia di mana orang semakin banyak bekerja lintas batas, baik secara fisik maupun budaya.

Pengertian Cultural Intelligence

Cultural Intelligence atau Kecerdasan Budaya (CQ) adalah sebuah kemampuan untuk berfungsi secara efektif lintas budaya nasional, etnis, dan organisasi. Hanya saja jenis kecerdasan ini tampaknya tumpang tindih dan sering disalahpahami dengan kecerdasan emosional atau EQ yang mana tentu saja kedua hal ini berbeda.

Satu elemen penting yang membedakan EQ dan Cultural Intelligence adalah faktor interaksi antar budaya di dalamnya. Seperti kecerdasan emosional, kecerdasan budaya adalah tentang memanfaatkan dan memahami situasi yang tidak dikenal atau asing bagi seseorang.

Tapi tidak seperti kecerdasan emosional, kecerdasan budaya adalah tentang berurusan dengan situasi asing yang melibatkan perbedaan budaya. Budaya berbeda dalam banyak aspek, seperti gerak tubuh, tradisi, liburan, dan bahkan kesopanan bisnis. Mampu dengan terampil menavigasi situasi seperti itu dengan empati, kasih sayang, dan kemauan untuk belajar adalah ciri khas individu yang cerdas secara budaya.

Mengingat menjadi sadar budaya dan sensitif tidak cukup untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dalam sebuah instansi, kepemimpinan, bisnis, organisasi dll. Maka diperlukan adanya CQ yang dapat mendorong lebih banyak keterlibatan dan komunikasi di antara mereka yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Ini adalah bagaimana cara mencapai titik pemahaman yang lebih baik antara kedua pihak yang terlibat.

Kecerdasan budaya adalah keterampilan yang dapat dibangun dan tingkatkan dari waktu ke waktu saat lebih terlibat lagi dengan budaya dan latar belakang etnis yang terlibat. Selain memberi pemahaman kepada pimpinan, ini juga akan membantu dalam melihat bagaimana bisnis bisa diterima oleh semua kalangan budaya.

Manfaat Cultural Intelligence Bagi Bisnis

Saat ini digitalisasi telah menyentuh hampir pelosok dunia tanpa batas waktu dan geografis, dimana ini memberi siapa saja untuk memperluas perusahaan dan menjalin kemitraan di luar negeri menjadi lebih mudah, layak, dan praktis.

Sebelumnya, hanya bisnis dan perusahaan besar saja yang dapat melintasi batas dan mempromosikan produk atau layanan mereka ke negara lain, tetapi sekarang bahkan organisasi dan startup yang lebih kecil diberi kesempatan untuk mencapai pertumbuhan global juga.

Ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi yang inovatif telah memungkinkan perusahaan-perusahaan kecil untuk melampaui batas-batas negara atau budaya tempat mereka beroperasi dan mengeksplorasi peluang-peluang yang terbentang di depan di negara-negara lain.

Memahami dan memiliki kecerdasan budaya dalam suatu bisnis, brand, perusahaan, organisasi, yayasan dan instansi menjadi sangat penting kalau hendak berkembangan dengan cepat. Selain itu, ini bisa menjadi aspek bisnis yang layak untuk menginvestasikan waktu dan uang.

Para pemimpin dan CEO tentu selalu mencari peluang untuk memperluas bisnis mereka dan menjelajahi beragam pasar di luar negara masing-masing. Dengan begitu mereka memiliki akses ke lebih banyak sumber daya, bakat, dan informasi tentang apa yang diminati di pasar lokal di negara lain. Inilah sebabnya mengapa kecerdasan budaya penting untuk bisnis karena dengan begitu dapat :

  • Membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah tim bisnis

Ketika bekerja di tempat kerja yang lebih beragam secara budaya akan menghadapi situasi yang tidak biasa dan sedikit tidak nyaman. Bahkan ada saat-saat tidak tahu bagaimana menangani perbedaan yang sulit untuk tidak diperhatikan. Problematik ini akan menjadi kemungkinan yang tak terhindarkan dan Cultural Intelligence diharapkan mampu memberikan sudut pandang dan memahami perbedaan serta menyelesaikan masalah.

  • Membantu menonjol dan unggul dalam dunia yang kompetitif

Tidak semua orang memiliki pemahaman dan pandangan bisnis yang sama, dan para pemimpin bisnis selalu mencari cara untuk mendisrupsi pasar melalui cara-cara yang kreatif, inovatif, dan tidak konvensional. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mencari peluang di tempat lain dari zona nyaman pemasaran biasanya.

  • Membantu meningkatkan kualitas interaksi dengan orang lain

Setelah mampu mengatasi kecanggungan dalam berurusan dengan perbedaan budaya akan mulai melihat kualitas interaksi dengan rekan kerja. Selain dapat meningkatkan kualitas suasana kerja dengan secara drastis, CQ juga bisa membantu secara personal dalam membangun interaksi dengan siapa saja yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda.

Tips dan Cara Mengembangkan Cultural Intelligence

Mengembangkan kemampuan CQ akan sangat membantu untuk memastikan bahwa organisasi dapat dengan gesit menavigasi melintasi batas-batas budaya. Kemampuan ini akan berguna jika ingin mengenalkan diri dan brand lebih luas lagi kepada beragam tarte pasar dengan berbagai latar belakang budaya.

Adapun tips dan cara yang bisa diterapkan seperti :

  • Perhatikan bagaimana pihak lain bertindak dan bereaksi dalam sejumlah situasi, contohnya ketika mengenalkan produk dan brand. Pemahaman ini berfungsi sebagai dasar untuk mengevaluasi apakah perilaku telah mencapai tujuan yang diinginkan. Berdasarkan analisis ini, kemudian dapat memutuskan tindakan apa yang ingin diambil selanjutnya.
  • Renungkan interaksi antar budaya yang berhasil maupun yang tidak berhasil dan tuliskan pengetahuan dan keterampilan apa yang telah digunakan selama interaksi tersebut. Jawab pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan membantu menarik kesimpulan dan pemahaman yang baik. Apakah ada petunjuk yang dilewatkan atau salah baca? Apakah ada kata atau perilaku yang tidak tahu bagaimana menafsirkannya? Apa yang akan dilakukan secara berbeda dalam konteks yang sama?
  • Semua pengalaman belajar ini akan dioptimalkan jika sudah memiliki pengetahuan budaya dan keterampilan lintas budaya. Karena jika dapat berhubungan dengan lawan bicara dan dapat menempatkan diri pada posisinya, akan lebih mudah untuk menafsirkan perilakunya dan merencanakan langkah selanjutnya.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago