HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Melacak Orang Menggunakan GPS Tracker Dan Smartphone

Sekarang ini,melacak bukan lagi kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang khusus.Perangkat yang digunakan semakin sederhana dan mudah didapatkan.Dengan kata lain,teknologi yang tersedia kini memungkinkan siapa saja untuk mencari tahu posisi (lokasi) dirinya sendiri,orang lain,hewan peliharaan atau kendaraan di dalam peta digital.

Perangkat atau alat-alat yang digunakan untuk melacak objek yakni semua alat yang memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) atau Sistem Pemosisian Global. Meski GPS bukan satu-satunya teknologi yang digunakan untuk itu,namun teknologi GPS memiliki tingkat akurasi paling presisi dan diterapkan secara luas dalam berbagai keperluan navigasi.

GPS bekerja dengan bantuan sinkronisasi (penyelarasan) sinyal satelit untuk menentukan koordinat di permukaan bumi.Tentunya untuk menangkap sinyal dibutuhkan sebuah alat penerima (sensor).Jadi,seseorang yang ingin melacak keberadaan orang lain harus memastikan bahwa orang yang dilacak membawa alat untuk menerima atau memancarkan sinyal.

Melacak Menggunakan GPS Tracker

Alat GPS untuk melacak posisi suatu objek lazim disebut GPS Tracker atau GPS Tracking.Umumnya dimanfaatkan untuk mencari,memantau dan membatasi lokasi aset bergerak seperti kendaraan bermotor.Ada yang berukuran agak besar (seukuran ponsel sedang) yang cocok dilekatkan secara tersembunyi di dalam mobil,ada yang berukuran lebih kecil untuk sepeda motor.Beratnya cukup ringan yakni berkisar 700-900 gram.

Alat yang menerapkan teknologi GPS Tracking System bisa digunakan secara personal,contoh untuk memantau anak atau orang tua ketika berpergian keluar rumah.Alat yang dilengkapi dengan software map digital yang dipantau melalui website ini akan menunjukkan keberadaaan keluarga kalian,jalur yang ditempuh dan jaraknya.Caranya cukup dengan meletakkan alat GPS di dalam tas atau kantong celana yang digunakan oleh anak atau orang tua tersebut.

GPS Tracker juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan pengiriman barang atau armada angkutan seperti Taxi.Fungsi utamanya untuk memantau live tracking atau real time posisi kendaraan terkini serta menganalisa aktivitas pergerakan kendaraan seperti jalur yang dilewati,kecepatan kendaraan dan lamanya kendaraan parkir di sebuah tempat.

Petugas kontrol di suatu perusahaan ekspedisi dapat merekomendasikan jalur tercepat kepada sopir untuk mencapai tujuan,mengestimasi waktu tempuh dan memastikan ekspedisi barang tiba di tempat tujuan tepat pada waktunya.Tidak sekadar sebagai alat tracking,GPS Tracker untuk mobil bisa menyadap suara pembicaraan di dalam mobil,bisa mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh apabila kendaraan tidak difungsikan sebagaimana mestinya misal melebihi batas kecepatan,keluar jalur hingga mendeteksi bila kendaraan dicuri.

Cara menggunakan GPS Tracking untuk kendaraan

  • Alat khusus berupa vehicle tracking device disematkan pada kendaraan yang ingin dipantau.Alat ini bekerja dalam sistem sensor GPS untuk memantau posisi koordinat,kecepatan dan arah kendaraan.
  • Untuk memfungsikan vehicle tracking device dibutuhkan sebuah kartu GSM yang mengirimkan sinyal posisi dan sebaliknya,menerima sinyal dari pengguna atau petugas kontrol ketika meminta informasi posisi kendaraan.Sebaiknya kalian lebih dulu mengetahui perbedaan GSM dan CDMA serta kelebihan dan kekurangan jaringan GSM dan CDMA agar tidak salah dalam penggunaannya.
  • Untuk meminta informasi,pengguna atau petugas kontrol cukup melakukan hubungan pendek seperti mengirimkan SMS atau miss call ke nomor GSM yang terdapat di alat sensor yang sudah disematkan pada kendaraan.Selanjutnya petugas kontrol akan menerima SMS informasi koordinat posisi kendaraan.
  • Pengguna atau petugas kontrol dapat mengaplikasikan sistem pelacakan melalui media web monitoring dengan menggunakan Google Maps atau Google Earth.Komputer monitoring tentu harus terkoneksi dengan internet.

Melacak Menggunakan Smartphone

Hampir semua smartphone terutama yang berbasis Android sudah terintegrasi dengan fitur GPS.Namun,penggunaan GPS pada Android menyedot penggunaan baterai yang besar sehingga kalian juga perlu mengetahui cara agar baterai Android tetap awet.

Ada 2 tipe GPS yang ada pada smartphone yakni :

  • GPS Satelit : menggunakan kontrol dan mekanisme GPS murni yang tersambung langsung dengan satelit GPS.
  • A-GPS : kombinasi antara sistem kerja alat GPS dengan teknologi GSM atau informasi menara BTS untuk menentukan lokasi.

Adanya fitur GPS pada ponsel maka pengguna dapat menginstal aplikasi-aplikasi GPS Tracker dari Google Playstore atau dari penyedia aplikasi lainnya.Aplikasi tracker bisa digunakan bersama-sama dengan orang lain tanpa harus menginstal aplikasi yang sama.Artinya yang perlu menginstal aplikasi hanya penggunanya sedangkan orang lain yang dilacak tidak perlu menginstal atau menggunakan smartphone asalkan bisa melakukan voice call,SMS dan GPRS atau data akses.

Pengguna aplikasi cukup mengirim undangan via SMS kepada teman atau keluarga dan jika dibalas Yes maka muncul icon pada peta aplikasi smartphone pengguna.Icon tersebut menunjukkan posisi orang yang telah diundang.Selanjutnya pengguna aplikasi mendapatkan notifikasi posisi orang lain tadi setiap kali pengguna menghubunginya melalui telepon atau SMS.

Aplikasi-aplikasi jejaring sosial yang populer namun sebenarnya juga berfungsi sebagai aplikasi pelacak antara lain

  • Google+
  • Google Maps
  • Glympse
  • Find My Friends
  • Cozi.

Manfaat lain dengan adanya fitur GPS pada ponsel adalah mencegah kriminalitas. Seseorang yang berniat mencuri ponsel akan berfikir seribu kali sebelum melakukannya.Sebab, fitur GPS memungkinkan pemilik ponsel untuk menemukan kembali ponselnya yang hilang. Jadi,fitur GPS tidak hanya bermanfaat dalam hubungan dengan keluarga dan teman tapi juga untuk melacak lokasi si pencuri ponsel.

Cara melacak ponsel yang hilang pada setiap ponsel berbeda-beda tergantung jenis dan tipe ponsel tersebut.Gunakan ponsel lain atau peramban (browser) untuk menginstal aplikasi pelacak yang sesuai dengan tipe ponsel.Yang paling penting harus login menggunakan akun yang sama dengan akun yang terkait pada ponsel yang hilang.

Bagi pengguna Android menggunakan apikasi Android Device Manager untuk Iphone menggunakan situs iCloud, dan Windows Phone dengan mengunjungi situs Windows Phone.Setelah melewati tahapan-tahapan yang mudah dan telah berhasil menemukan lokasi ponsel yang hilang,langkah selanjutnya ada beberapa opsi yang bisa dipilih yakni :

  • Memilih opsi membuat ponsel yang hilang itu berdering sehingga kalian bisa menemukannya dengan mudah ketika lokasi kalian dengan ponsel berdekatan.
  • Mengunci perangkat pada ponsel yang hilang dengan kata sandi sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.
  • Hati-hati memilih opsi ini karena akan menghapus semua data pada ponsel dan tidak bisa dikembalikan lagi meskipun ponsel sudah ditemukan.

Di beberapa negara,tindakan melacak tanpa sepengetahuan atau izin orang yang bersangkutan merupakan perbuatan melawan hukum.Jadi, sekali lagi,manfaatkanlah teknologi secara bijak dengan mempelajari dampak positif dan negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

14 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

17 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago