Apa Itu Content Calendar ?

Content Calendar ( Konten Kelender ) adalah sebuah kalender interaktif yang akan memudahkan memanage dan monetize sebuah akun sosial media bisnis dengan lebih baik. Di dalam Konten Kalender tidak akan lagi kehabisan ide posting konten yang bisa berimbas menurunnya omzet.

Content Calendar memiliki beberapa sebutan lain, seperti :

  1. Kalender Blog
  2. Kalender Media Sosial
  3. Kalender Editor

Meskipun istilahnya berbeda tetapi fungsi dari Conten Calendar tetap sama yakni merencanakan , menjadwal, hingga mengelola konten dan proyek pemasaran.

Berikut ini adalah tiga jenis konten kalender yang umum :

  1. Kalender cetak
  2. Spreadsheets
  3. Aplikasi ( misal CoSchedule )

Seberapa Pentingkah Membuat Content Calendar

Banyak hal yang bisa di dapatkan ketika memulai merencanakan dan menyusun konten yang akan di posting dpada media sosial. Postingan secara teratur di media sosial sangat penting untuk menjaga pengikut tetap telibat dengan konten dan brand. Itulah yang dapat di capai jika memulai merencanakan konten dengan kalender media sosial.

Ketika konsisten dalam memposting konten di media sosial maka semakin besar kemungkinan mengingat brand, semakin besar kemungkinan melakukan pembelian.

Kenapa harus menggunakan content calendar?

Jika tidak memiliki rencana yang jelas (terutama dalam masalah bisnis) hanya akan membuang-buang waktu untuk produktif. Jika tidak konsisten dan teratur maka kemungkinan besar akan gagal.

Content calendar mempermudah untuk merencanakan apa yang akan dilakukan di masa depan. Baik dalam kurun waktu mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Berikut beberapa manfaat content calendar :

  • Memudahkan mengatur deadline dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Melihat semua pekerjaan pada satu tempat. Pos blog, pesan sosial, acara, buletin emailpodcast, hingga video.
  • Berpikir secara strategis tentang konten yang akan dibuat. Singkatnya akan bekerja lebih efisien dan efektif serta mengurangi stress.

Membuat Template Content Calendar

Untuk mempermudah dalam merencanakan konten untuk sosial media dibutuhkan sebuah platform. Salah Satu platform yang bisa digunakan untuk membuat content calendar adalah Google Sheets.

Google Sheets sangat mudah untuk digunakan, dan gratis. Cukup membutuhkan akun google untuk mengakses alat ini. Dengan waktu kurang dari 10 menit sudah dapat membuat kalender konten media sosial yang cukup efektif.

Baca Juga  Membuat Web Menggunakan Flutter? Kenalan Yuk Dengan Hummingbird

Selain menggunakan Google Sheets bisa menggunakan Trello. Trello adalah alat yang mudah digunakan, sangat fleksibel dan gratis. Trello paling cocok untuk mencari kalender media sosial yang memiliki tata letak visual yang menyerupai kalender tradisional, daripada spreadsheet seperti Google Sheets.

Cara Membuat Kalender Konten Media Sosial

Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten kalender sosial media sebagai berikut :

1. Ketahui Target Konsumen

Konten berkualitas selalu berawal dari audiens media sosial tentunya adalah target konsumen dari bisnis yang akan dijalankan.

Mengenal target konsumen dalam hal ini bukan hanya sekedar mengetahui garis besar kelompok demografi, melainkan mengenal baik luar maupun dalam. Mengetahui umur, apa yang menarik minat dan perhatian, hingga preferensi gaya hidup. Mengetahui detil-detil tersebut dapat membantu dalam membuat konten. Dengan begitu, konten yang akan di hadirkan memang benar-benar jenis konten yang ingin audience lihat.

2. Teliti Konten Populer

Agar konten sukses, maka perlu untuk mengetahui bagaimana konten sukses itu sendiri. Mulailah dengan menilai kembali konten yang telah diunggah sebelumnya, dan coba temukan konten seperti apa yang sukses mencuri perhatian target konsumen. Bisa melakukan hal yang sama terhadap konten kompetitor dan saat melihat kembali konten-konten tersebut juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

    • Konten apa yang mendapatkan likes terbanyak?
    • Konten apa yang mendapatkan komentar terbanyak?
    • Konten apa yang paling banyak dibagikan?
    • Konten apa yang paling banyak dilihat?
    • Konten apa yang mendapatkan engagement rate tertinggi?

3. Periksa Konten

Setelah mengetahui konten populer, maka periksa kembali konten-konten yang dimiliki. Identifikasi tipe dan kategori konten tersebut. Contohnya dalam hal tipe konten bisa menghadirkan konten visual berupa foto maupun video, sedangkan dalam kategori berupa infografik dan tutorial singkat. Bisa mendaur ulang kembali konten-konten lama dengan menjawab pertanyaan berikut :

    • Mana yang dapat digunakan?
    • Mana yang dapat diperbarui?
    • Mana yang dapat didaur ulang menjadi bentuk lain?
    • Mana yang sudah tidak dapat digunakan lagi?

Semua konten yang merupakan jawaban dari tiga pertanyaan pertama diatas bisa memiliki potensi untuk dijadikan konten baru yang dapat diletakkan dalam kalender konten media sosial.

Baca Juga  Mengenal Data Warehouse

4. Tandai Hari-Hari Besar

Lihat kalender dan tandai mana saja yang merupakan hari-hari besar. Hari besar tersebut bukanlah hari libur nasional atau hari perayaan keagamaan semata. Namun, juga termasuk hari-hari yang diinginkan untuk publikasi konten karena kepentingan bisnis (misalnya launching produk baruk, dsb). Pastikan mencantumkan hari-hari berikut :

    • Hari libur (kecil maupun besar)
    • Launching produk
    • Campaign
    • Kegiatan tahunan

5. Tetapkan Jadwal Publikasi

Setelah menetapkan konten, tiba saatnya untuk menjadwalkannya. Pertama-tama harus menetapkan seberapa sering ingin mempublikasikan konten untuk tiap-tiap media sosial. Setelah itu, bisa menetapkan seberapa banyak tipe dan kategori konten original yang akan diunggah, sama halnya bagi konten yang dibuat dari kumpulan konten yang berasal dari sumber lain.

Fitur Template Content Calendar Sosial Media

Berikut merupakan beberapa template conten calendar :

1. Template Kalender Pemasaran Media Sosial

Lembar excel Kalender template media sosial adalah halaman pemasaran mingguan. Ini memiliki kolom untuk alat / media dan empat kolom untuk empat minggu dalam sebulan.

2. Kalender Posting Media Sosial

Template posting adalah kalender perencanaan media sosial yang sempurna. Ini memiliki kolom untuk tanggal, topik, posting, jumlah karakter, tagar dan informasi lainnya. File PDF ini mudah diunduh dan digunakan.

3. Template Kalender Konten Media Sosial

Kalender konten media sosial gratis memiliki kolom individual untuk judul, penulis, tenggat waktu, waktu penerbitan, topik, gambar, dan saluran penerbitan. Kalender media sosial ini dalam format Excel.

4. Template Kalender Media Sosial untuk Usaha Kecil

Template kalender media sosial gratisan ini ditujukan untuk bisnis kecil dan berupa lembar Excel mingguan dengan kolom untuk setiap hari dalam seminggu serta kolom untuk alat / media.

5. Template Kalender Editorial Media Sosial

Template kalender editorial pemasaran konten adalah kalender mingguan lain dengan kolom untuk setiap hari dalam seminggu. Mudah diunduh dan tersedia dalam format Excel.

6. Template Kalender Tracking Media Sosial

7. Contoh Kalender Media Sosial

Manfaat Kalender Konten Media Sosial

Dengan membuat perencanaan melalui kalender konten, unggahan konten media sosial tiap harinya pun menjadi lebih tertata. Tidak hanya itu saja, berikut adalah manfaat lain dari membuat kalender konten media sosial :

Baca Juga  Panduan Tentang Plagiarisme

1. Hemat Waktu

Dengan membuat perencanaan konten bisa memastikan bahwa kualitas konten tersebut memang benar-benar baik. Dengan melakukan pencarian lebih mendalam tentang topik yang diangkat sehingga informasi yang turut publikasikan pun tepat. Mempertimbangkan topik apa yang memang benar-benar engaging bagi target audience. Membuat konten perhari memakan waktu yang cukup lama, lebih baik merencanakannya jauh-jauh hari sehingga bisa lebih fokus untuk menyelesaikan tugas yang lain.

2. Tanggal Penting Tak Tertinggal

Satu kunci terpenting yang harus dimiliki kalender konten adalah tanggal-tanggal yang berpotensi bisa membawa manfaat bagi bisnis. Tanggal-tanggal tersebut meliputi launching produk, event, hari libur, hari besar, dan lain sebagainya.

Dengan mencatat dan memasukkan tanggal-tanggal penting tersebut ke dalam kalender konten, maka bisa membangun hubungan terhadap target audience melalui konten yang engaging. Contohnya konten yang mengucapkan selamat terhadap perayaan hari besar. Dengan mengunggah konten seperti ini menunjukkan penghormatan terhadap target audience yang merayakannya. Selain itu, momentum besar tersebut juga bisa dimanfaatkan dengan menghadirkan penawaran khusus.

3. Topik Konten Seimbang

Tidak seperti membuat konten secara spontan, membuatnya jauh-jauh hari memberi kesempatan untuk bisa merencanakan konten yang berkualitas. Dengan begitu akan terhindar dari penggunaan topik yang sama secara berturut-turut. Target audience tentunya jenuh disuguhkan konten yang bahasannya selalu sama. Jika kehabisan ide untuk konten media sosial, cobalah mencari referensi konten media sosial.

4. Pengelolaan Media Sosial Sama Rata

Meskipun efektif digunakan sebagai medium marketing, media sosial masih tetap merupakan platfrom yang dasarnya diciptakan untuk bersosialisasi secara virtual. Oleh karena itu, pastikan tidak mengunggah terlalu banyak konten karena hal tersebut hanya akan mengganggu target audience.

Dengan menggunakan kalender konten maka mempunyai perencanaan yang jelas. Mulai dari tema dan topik apa yang akan diangkat, jumlah konten yang nantinya akan diunggah, hingga waktu unggahnya. Selain mencegah konten agar tidak berlebihan, kalender konten juga bisa mengatur agar bisa aktif di beberapa platform media sosial sekaligus, tidak hanya satu platfrom saja.

0 Shares