HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Pengertian, Jenis dan Tips Menciptakan Desain Motion Graphic yang Menarik

Secara umum, motion graphic adalah sebuah jenis seni grafis yang memungkinkan seseorang untuk membuat sebuah film digital atau animasi yang menarik dengan bubuhan teks atau tambahan gambar lainnya dalam satu frame. Pada umumnya, durasi animasi atau film dengan motion graphic hanya berkisar antara 30 detik sampai dengan 3 menit saja. Dan saat ini, grafis bergerak seperti itu sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, terutama yang desainnya nanti dapat diaplikasikan di sebuah web atau aplikasi seluler. Jika ingin tahu lebih jelas mengenai grafis bergerak sampai dengan cara membuat motion graphic yang menarik.

Apa Itu Motion Graphic?

Pertama, motion graphic berasal dari kata motion atau gerakan dan graphic yang berarti gambar. Secara umum, motion graphic atau grafik gerak adalah ilustrasi atau gambar-gambar yang bergerak. Biasanya, grafik gerak menggabungkan elemen-elemen seperti teks, suara, ilustrasi, fotografi, serta videografi yang pembuatannya menggunakan teknik animasi. Gabungan media audio dan visual dalam motion graphic inilah yang membuatnya unik dan berbeda dari jenis-jenis grafis lainnya. Grafik gerak sering digunakan dalam dunia broadcasting dan marketing karena dapat menyampaikan informasi dengan singkat, padat, serta menarik banyak perhatian dengan gabungan elemen-elemen audio visual.

Jenis Video Motion Graphic

Berikut ini merupakan beberapa jenis video motion graphic, yaitu :

  • Explanatory videos

Explanatory videos atau video penjelasan dengan model motion graphic, untuk saat ini menjadi jenis yang sangat populer. Dikatakan begitu karena explanatory videos dapat dengan mudah untuk meyakinkan audiens atau target pasar agar bisa langsung membeli produk atau layanan yang dijual. Dengan jenis video explanatory videos ini bisa lebih populer lagi ketika diunggah di jejaring sosial yang banyak penggunanya.

  • User interface

Menggunakan motion graphic dalam pembuatan sebuah animasi UI atau user interface adalah salah satu teknik desain populer yang digunakan oleh perusahaan saat ini saat ketika membuat prototipe aplikasi untuk web atau seluler. User interface selalu mengacu pada warna, tombol, gambar, dan apa pun yang dapat dilihat di layar.

  • Elemen

Tidak hanya terbatas pada desain dengan grafis tertentu saja, para desainer juga bisa mengerjakan bentuk seni lain seperti animasi yang menggunakan elemen ilustrasi khusus, seperti ikon, animasi garis dan banyak lagi lainnya.

  • Desain logo

Seperti yang banyak diketahui, logo adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah bisnis. Dipadupadankan dengan motion graphic, maka desain logo yang dibuat akan dapat menambah sisi menarik dan sangat eye-catching.

  • Animasi

Sudah barang tentu, motion graphic sangat banyak digunakan di film-film animasi karena menggabungkan grafis bergerak dengan urutan tertentu. Dalam film tersebut, ada sisipan konsep, alur cerita dan peristiwa sampai dengan ide tertentu yang dimunculkan. Motion graphic menjadi satu bagian terpenting dalam animasi agar ide dalam kepala desainer dapat dituangkan dalam bentuk visual dan kemudian dapat dinikmati secara langsung.

Tips Menciptakan Desain Motion Graphic yang Menarik

Berikut ini merupakan beberapa tips menciptakan desain motion graphic yang menarik, yaitu :

  • Tentukan konsepnya

Sudah barang tentu, sebelum memulai membuat suatu karya, penentuan konsep adalah langkap paling awal yang harus dilakukan. Begitu pula dengan desain motion graphic. Harus menentukan konsep apa yang ingin digunakan sampai dengan efek tertentu, background, font dan lain sebagainya.

  • Gunakan software yang mudah digunakan

Bukan lantaran karena ingin terlihat keren lalu memakai software berbayar dan mahal, tapi ujung-ujungnya kesulitan dalam menggunakannya, ada baiknya untuk memilih perangkat lunak yang familiar dan sering dipakai. Dengan software yang terbiasa digunakan, maka selain dapat cepat dalam pengoperasian, project bisa selesai dengan segera.

  • Atur visualisasi

Pengatusan visualisasi juga sangat penting untuk menjadi pertimbangan karena motion graphic pada dasarnya adalah tampilan seni yang dapat bergerak atau bukan statis seperti gambar atau foto. Bisa menggunakan warna yang matching dan kontras dengan ide cerita, font yang lain dari biasanya sampai dengan tentukan durasi waktu dari awal sampai akhir film tersebut dan cermat dalam memakai transisi.

  • Munculkan informasi

Sebuah film ataupun gambar yang bagus adalah yang dapat memunculkan informasi di balik visualisasinya. Begitu pula dengan desain motion graphic wajib memunculkan informasi yang terkandung agar audiens bisa langsung mengerti apa yang diusung oleh sang pembuat film.

Software untuk Motion Graphics

Beberapa software yang diperlukan untuk membuat Motion Graphics, yaitu :

  • Software untuk membuat dan mengolah ilustrasi vector dan tipografi. Sebagai contoh dengan menggunakan Adobe Illustrator
  • Software untuk mengolah fotografi. Sebagai contoh dengan menggunakan Adobe Photoshop. Selain untuk mengolah foto, juga bisa menghasilkan karya Motion Graphics menggunakan Photoshop.
  • Software untuk mengolah videografi. Sebagai contoh dengan menggunakan Adobe Premiere. Selain itu juga bisa membuat karya Motion Graphics menggunakan Adobe Premiere.
  • Software untuk membuat dan mengolah 3D. Sebagai contoh dengan menggunakan Maxon Cinema 4D.
  • Software untuk membuat, mengolah, mengomposisi dan menciptakan Motion Graphics. Sebagai contoh dengan menggunakan Adobe After Effects.
  • Software untuk mengolah audio. Kalau untuk ini, Sebagai contoh biasanya menggunakan Adobe Audition, Adobe Soundboth, atau biasa juga menggunakan Adobe Premiere.
  • Sebagai tambahan, Motion Graphics untuk keperluan membangun iklan dan konten web, software yang bisa digunakan yaitu Adobe Edge Animate dan Google Web Designer.

Kegunaan Motion Graphic

Selain untuk membuat ilustrasi menjadi lebih hidup, menurut EDUCBA ada beberapa kegunaan motion graphic lainnya. Beberapa di antaranya adalah :

  • Membagikan informasi

Jika ingin membagikan informasi atau pesan kepada audiens, cara ini dapat dikatakan merupakan cara yang mudah dan efektif. Dengan cara ini bisa mengubah semua informasi dalam bentuk gambar bergerak dan menambahkan audio serta tulisan yang sesuai. Selain menjadi lebih enak dilihat, informasi yang ingin disampaikan akan lebih mudah dimengerti orang lain.

  • Film dan video

Salah satu penggunaan motion graphic yang paling umum adalah untuk menampilkan judul yang biasa dilihat di awal atau akhir pertunjukan film. Kegunaannya tentu saja untuk membuat para penontonnya menjadi takjub dan impresif. Tidak heran bila audio dan style dari teks juga dipilih yang menarik agar film terasa lebih menarik.

  • Logo

Pembuatan logo juga bisa dibuat dengan motion graphic. Jika logo biasanya hanya berbentuk 2 dimensi, buatlah logo menjadi lebih atraktif dengan bentuk animasi. Biasanya logo bergerak ini dapat dipasang dalam kebutuhan video untuk sebuah konten agar terlihat lebih hidup.

  • Konten media sosial

Di era digital ini, kebutuhan konten  sosial media semakin beragam, khususnya untuk brand. Untuk menarik perhatian para followers dibutuhkan variasi konten mulai dari foto, video, bahkan animasi. Tidak hanya brand, channel berita atau bahkan akun-akun resmi kenegaraan juga menggunakan konten berbentuk animasi.

Gunanya tentu saja untuk memudahkan audiens dalam memahami informasi yang diberikan. Tentunya informasi yang rumit akan susah dicerna jika dalam bentuk teks yang panjang. Pengubahan format ke dalam motion graphic ini dianggap efektif, karena selain lebih singkat tentu jadi lebih mudah dipahami.

  • Digital marketing

Dalam digital marketing banyak cara untuk mempromosikannya seperti SEO, social media marketing, SEM, dan lainnya. Semua teknik online marketing ini, bisa menggunakan motion graphic untuk tujuan promosi atau tujuan lainnya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

11 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago