HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Pentingnya Membuat Content Calendar Social Media

Content Calendar media sosial akan membantu dalam merencanakan konten berkualitas tinggi beberapa minggu yang akan diposkan untuk audiens media sosial. Menyusun konten yang akan di post akan membantu menghemat waktu dan tidak hanya itu, tidak perlu khawatir lagi tentang apa yang akan diposting selanjutnya.

Pentingnya Membuat Content Calendar Social Media

Mungkin sudah sedikit dijelaskan pada bagian intro tadi tentang pentingnya membuat content calendar social media. Namun masih banyak hal lagi yang bisa didapatkan ketika mulai merencanakan dan menyusun konten yang akan diposting pada media sosial.

Posting secara teratur di media sosial sangat penting untuk menjaga pengikut tetap terlibat dengan konten dan brand. Itulah yang dapat dicapai jika mulai merencanakan konten sebelumnya dengan kalender media sosial.

Ketika mulai konsisten memposting konten di sosial media, Maka semakin besar kemungkinan mereka untuk mengingat brand, semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian. Saya pikir kita semua bisa sepakat mengenai hal tersebut.

Membuat Template Content Calendar

Untuk mempermudahkan dalam merencanakan konten untuk sosial media dibutuhkan sebuah platform. Salah Satu platform yang bisa digunakan untuk membuat content calendar adalah Google Sheets.

Google Sheets sangat mudah untuk digunakan, dan gratis. Cukup membutuhkan akun google untuk mengakses alat ini. Dengan waktu kurang dari 10 menit sudah dapat membuat kalender konten media sosial yang cukup efektif.

Gambar diatas tersebut merupakan template content calendar yang digunakan selama ini, Template tersebut sangat cocok untuk menyusun dan merencanakan konten yang dibuat untuk sosial media. Untuk menggunakan dan download template content calendar secara gratis, bisa klik link tersebut.

Tentu saja, jika memutuskan untuk menggunakan template ini, dapat menyesuaikannya agar sesuai. Misalnya mengubah sosial media yang digunakan, waktu posting serta bulan dan tahunnya.

Selain menggunakan Google Sheets, bisa menggunakan Trello. Trello adalah alat yang mudah digunakan, sangat fleksibel dan gratis. Trello paling cocok bagi yang mencari kalender media sosial yang memiliki tata letak visual yang menyerupai kalender tradisional, daripada spreadsheet seperti Google Sheets.

Merencanakan Konten yang Akan Diposting

Saat membuat konten harus membuat konten yang menarik dan membuat audience menyukai postingan di sosial media. Cara membuat konten yang menarik audiens adalah pada diri selaku pengelola media sosial. Jika mengetahui siapa audiens akan lebih mudah dalam merencanakan sebuah konten yang akan di posting nantinya.

Yang perlu diketahui adalah konten yang menarik merupakan konten yang beresonansi pada audience dan konten yang berbeda beresonansi dengan khalayak yang berbeda.

Maka dari itu perlu mencari tahu konten mana yang paling sesuai dengan audiens sebelum mulai mengisi kalender media sosial. Bisa menggunakan bantuan tools untuk mengetahui audiens, apa yang disukai audiens dan kapan audiens online.

Hal tersebut dapat diketahui dengan memanfaatkan Tools Analytics Instagram, Tools-tools tersebut akan membantu dalam mengetahui jenis audiens dan konten yang paling disukai oleh pengikut. Dengan hal tersebut itulah bisa mulai menentukan ide tentang jenis konten yang paling cocok untuk audiens dan kapan waktu yang tepat untuk mempostingnya.

Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

Setelah mendapat ide tentang jenis konten yang paling cocok untuk audiens, punya pilihan untuk membuat konten sosial media. Perlu membuat konten atau sumber konten untuk saluran media sosial.

Sekarang, jika cerdas dalam membuat konten media sosial dapat lebih mudah dalam memperkuat branding. Untuk itu harus menghasilkan konten berkualitas tinggi. Konten berkualitas tinggi berarti konten yang dibuat disukai oleh target audiens.

Untuk dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi, bisa mencari ide konten dengan berselancar di sosial media, memonitor sosial media kompetitor dan mencari informasi yang viral. Dengan begitu bisa menghasilkan konten yang berkualitas tinggi untuk audience.

Menjadwalkan Konten Untuk Sosial Media

Dalam membuat content calendar harus menjadwalkan konten yang akan diposting nantinya. Cara ini merupakan yang tersulit, karena kita harus menjadwalkan waktu posting ide konten yang sudah dibuat di content calendar.

Harus pintar dalam menjadwalkan konten yang sudah direncanakan, jangan sampai konten yang direncanakan out of date atau terlambat mempostingnya. Pastikan pada saat terjadi informasi yang viral dan cocok untuk audience, segeralah membuat konten dan mempostingnya, agar mendapatkan hype dari konten.

Setelah sudah menjadwalkan dan membuat kontennya, bisa memanfaatkan sebuah tools untuk mempostingnya. Bisa memanfaatkan Buffer dan Hootsuite, baik Buffer maupun Hootsuite adalah alat luar biasa yang memungkinkan untuk menautkan semua akun media sosial dan melakukan pra-jadwalkan posting konten di satu tempat.

Selain itu juga akan mendapatkan akses ke wawasan berharga tentang kinerja kampanye media sosial itu, seperti posting yang paling sukses, waktu terbaik melakukan posting atau mengirim konten.

Itulah informasi mengenai cara membuat content calendar social media yang bisa dipraktikan, selain itu juga bisa menggunakan Template content calendar tersebut mempermudah dalam mengelola, menyusun dan merencanakan konten.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

1 day ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

1 day ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago