HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Penerapan Streaming

Kebanyakan dari anda pasti sudah pernah melakukan streaming, entah streaming film, musik atau yang lain. Di era perkembangan teknologi saat ini, streaming adalah salah satu kegiatan yang dekat dengan kita.

Tapi yakin anda paham apa itu streaming? Nah, maka dari itu kali ini Hosteko akan membantu anda mengetahui lebih dalam pengertian streaming. Jadi, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Streaming?

Streaming adalah sebuah teknologi pengiriman data baik video, maupun audio dalam bentuk yang sudah dikompresi lewat jaringan internet. Data tersebut ditampilkan pada aplikasi player secara realtime.

Anda sebagai pengguna membutuhkan aplikasi tersebut untuk melakukan dekompresi agar data yang telah dikirim dapat tampil ke layar monitor perangkat anda. Aplikasi tersebut dapat berupa bagian dari browser maupun software. Karena dilakukan secara realtime saat itu juga, maka pengguna tidak perlu melakukan pengunduhan yang harus disimpan secara lokal di ponsel atau PC.

Anda dapat menonton video atau musik tersebut secara terus-menerus tanpa harus download, sehingga tidakmembuat penuh memori perangkat. Biasanya video atau audio akan dibuat terlebih dulu kemudian baru di upload ke aplikasi atau situs streaming tersebut. Namun, biasanya beberapa aplikasi dan situs juga menyediakan fitur untuk mengunduh video tersebut agar bisa dinikmati secara offline.

Jenis Streaming

Jika dilihat dari jenisnya, setidaknya ada 2 macam streaming yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Pertama adalah Prerecord Streaming dan kedua adalah Live Streaming. Tentu terdapat perbedaan pada kedua jenis streaming ini.

1. Live streaming

Jenis streaming yang pertama ialah live streaming, mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Streaming jenis ini memang sudah banyak dilakukan. Live Streaming merupakan kegiatan siaran langsung, yang artinya para content creator atau pemilik konten melakukan kegiatan dengan merekamnya secara langsung dan disiarkan melalui media yang digunakan.

Pada kegiatan live streaming, tiap detiknya penonton bisa melihat apa saja yang kamu lakukan pada konten tersebut. Jadi, penonton juga dapat memberi respon dan berinteraksi langsung, dan hal ini juga dapat membantu media sosial menjadi ramai dan engagement yang semakin naik.

2. Prerecord streaming

Selain live streaming ada juga prerecord streaming. Berbeda dengan live streaming, jika live streaming dilakukan dan direkam secara langsung, maka untuk prerecord streaming merupakan siaran yang dilakukan setelah pemilik konten membuat videonya lebih dulu.

Jadi, pemilik konten lebih dulu membuat audio atau video yang kemudian disimpan lebih dulu, setelah itu baru diunggah di media sosial yang digunakan. Setelah diunggah barulah pengguna lain bisa mulai menonton kontennya.

Aplikasi Streaming yang Legal

Buat anda yang selalu menonton streaming, berikut ada beberapa aplikasi streaming legal yang bisa anda gunakan. Di bawah ini akan kita bahas satu persatu.

1. YouTube

Aplikasi pertama ada YouTube. Sepertinya hampir semua orang sudah pernah menggunakan aplikasi ini, bahkan dari anak-anak hingga dewasa. Dalam aplikasi YouTube, anda dapat menonton dan mendengar musik, menonton berbagai video disini. Anda juga bisa mengunduhnya agar bisa ditonton secara offline.

Kini, situs YouTube sudah memiliki jutaan pengguna, dan saat ini Youtube telah melengkapinya dengan fitur live streaming. Jadi, anda dapat melihat live YouTubers favorit anda, baik live streaming musik, podcast, video game, dan lain sebagainya.

Jadi, siapa yang tidak kenal situs YouTube ini? Untuk anda yang ingin mencari konten kreator Youtube, maka bisa membaca buku Berlomba Jadi Populer di YouTube. Dalam buku ini, pembaca akan mengetahui kiat-kita agar bisa menjadi konten Youtube yang dikenal oleh banyak orang. Dapatkan segera buku ini, dengan klik gambar di bawah ini.

2. Vidio

Kemudian aplikasi berikutnya ada Vidio. Awal mula konten ini muncul hanya menyiarkan konten dari televisi seperti Indosiar, SCTV, dan pengguna Vidio saja. Namun, sejak tahun 2015 lalu, aplikasi ini bisa digunakan sebagai live streaming, dan juga streaming berbagai macam film.

Selain itu anda juga dapat mengaksesnya dengan gratis maupun yang premium. Jika memakai yang premium tentunya harus berlangganan, tetapi akan mendapat lebih banyak fitur dan fasilitas. Akan ada berbagai live streaming yang bisa anda lihat, mulai dari konser, berita, radio local bahkan luar negeri. Menarik sekali bukan?

3. Netflix

Selanjutnya, ada juga aplikasi streaming namanya Netflix, yang mana aplikasi ini menyediakan berbagai layanan streaming yang original dan tentunya legal. Di sini banyak film yang dapat anda tonton, mulai dari film-film lokal, film series, hingga film luar negeri seperti film Asia dan drama Korea, dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk bisa mengunduh film lebih dulu, dan bisa ditonton secara offline nantinya. Jadi, jika ingin mendapatkan semua akses tersebut, dan film-film favorit anda, maka anda harus punya akun dan berlangganan tiap bulannya.

Jadi, apa anda penggemar film-film yang penuh teka-teki? Atau Drama? Semuanya tersedia di Netflix. Buat anda penggemar film yang penuh teka-teki, buku Tak Bersalah (The Innocent Man).

4. Viu

Aplikasi streaming legal yang terakhir adalah Viu. Aplikasi Viu juga tidak kalah keren dan populer seperti Netflix, sebab, Viu juga menayangkan berbagai macam film, acara reality show, serta drama dari berbagai negara yang tidak ada disiarkan di Indonesia.

Jadi, anda bisa mengaksesnya melalui situs maupun langsung mengunduhnya via App Store atau Play store. Aplikasi Viu juga sama seperti live streaming lainnya, yaitu menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Penerapan Streaming di Era Kekinian

Di era yang serba online ini, dan adanya teknologi streaming sangat membantu banyak orang. Dengan streaming, dapat membantu proses penyiaran yang lebih efektif dan membantu proses publikasi yang berkepentingan. Selain menghemat waktu, hal ini membuat para pembuat konten juga bisa lebih dekat dengan penontonnya.

Meskipun kadang dianggap boros karena menghabiskan banyak kuota, tapi cara ini tetap masih banyak dipilih, sebab para penonton juga tidak perlu repot mengunduhnya lebih dulu, yang mana nantinya justru membuat memori perangkat anda penuh.

Layanan streaming ini sudah banyak membantu pengguna dan banyak pihak. Di antaranya yang sering kita ketahui, misalnya pada industri eSports yang menyiarkan langsung turnamen mereka. Dengan siaran langsung seperti ini, otomatis akan mendapat penonton dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cepat.

Perbedaan Streaming dan Live Streaming

Karena masih ada pengguna yang masih bingung apa perbedaan antara keduanya, oleh karena itu kita akan bahas apa itu streaming dan perbedaannya dengan live streaming.

1. Streaming

Menonton film, video, atau mendengarkan musik saat ini sudah semakin mudah. Caranya adalah dengan menonton secara streaming lewat aplikasi tertentu.

Jadi, streaming adalah kegiatan menonton video atau mendengarkan audio yang sudah diunggah ke internet tanpa perlu mengunduhnya serta konten tersebut dapat ditonton berulang kali.

Video yang diunggah tersebut biasanya sudah melewati proses edit terlebih dahulu, baru  setelah itu diunggah ke aplikasi streaming.

2. Live Streaming

Arti streaming dan live streaming sebenarnya sama saja, yaitu sama-sama menikmati siaran atau video dari sebuah aplikasi. Hanya saja, jika streaming dapat ditonton secara berulang, maka live streaming sebaliknya.

Anda hanya bisa melihatnya saat siaran tersebut berlangsung. Beberapa contoh live streaming seperti acara konser, musik, atau acara lainnya. Biasanya, live streaming lebih diminati pengguna karena bisa berinteraksi saat itu juga dengan orang yang sedang live. Selain itu karena ditayangkan saat itu juga maka video tersebut tanpa editan.

Agar lebih mudah dalam memahami di bawah ini terdapat tabel perbedaannya.

Streaming Live Streaming
Video dibuat terlebih dulu, biasanya melewati proses pengeditan Video ditayangkan saat itu juga sehingga tanpa editan
Dapat ditonton secara berulang Hanya bisa ditonton satu siaran berlangsung
Dapat diunduh dan tersedia secara offline Tidak bisa diunduh dan tidak tersedia secara offline
Tidak bisa berinteraksi langsung dengan pembuat konten Bisa berinteraksi secara langsung via komentar

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

6 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago