HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan OpenSUSE

Jika sedang mencari distro Linux untuk digunakan, mungkin akan menemukan openSUSE sebagai salah satu rekomendasi. Distro Linux yang satu ini memang tidak sepopuler distro lainnya seperti Ubuntu atau Debian. Padahal, open SUSE memiliki serangkaian fitur aneh yang dapat dimanfaatkan.

Sebenarnya, openSUSE lebih populer di dunia enterprise. Distro Linux ini sudah ada sejak tahun 1990-an dan masih terus berkembang hingga sekarang.

Pengertian OpenSuse

OpenSUSE adalah proyek komunitas open-source dengan distribusi berbasis Linux yang disponsori oleh SUSE Software Solutions Germany GmbH dan perusahaan-perusahaan lainnya. Proyek openSUSE memiliki komunitas global besar yang turut mengembangkan openSUSE, terkadang dengan sponsor perusahaan. Distribusi proyek ini bebas diunduh kapan saja tanpa biaya.

Distribusi openSUSE menampilkan banyak desktop environment untuk pengguna dengan berbagai kebutuhan. Desktop environment tersebut termasuk KDE, GNOME, Xfce, dan lainnya. Di dalamnya terdapat sistem manajemen paket seperti YaST, zypper, DNF, dan lainnya mendukung ribuan paket software open-source yang dapat di install.

Walau sudah ada sejak 1996, openSUSE masih rutin dikembangkan hingga saat ini dan menjadi salah satu distro Linux terbaik. Dalam pengembangannya juga ada banyak sub-project yang mendukung sistem operasi satu ini. Pada tahun 2015, openSUSE mengeluarkan dua versi yakni Leap dan Tumbleweed.

Jenis OpenSuse

Setelah memahami pengertiannya mungkin penasaran dengan dua versi yang sudah disebutkan sebelumnya. Berikut penjelasannya.

1. Leap

OpenSUSE Leap kompatibel dengan SUSE Linux Enterprise; hal ini memberikan Leap tingkat stabilitas yang tidak tertandingi oleh distribusi Linux lainnya dan memberikan kemampuan kepada pengguna untuk bermigrasi ke penawaran perusahaan.

Berbeda dengan Tumbleweed, Leap tidak menggunakan sistem rolling release, sehingga harus mengupdate semuanya secara manual. Namun, hal ini jugalah yang membuat sistem operasi ini lebih stabil dibandingkan Tumbleweed.

Tingkat stabilitas ini memberikan membuatnya cocok digunakan untuk kebutuhan bisnis, bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Kernel Linux yang digunakan di Leap terus diperbarui dengan patch dan backport untuk mendukung perangkat keras baru sesuai kebutuhan.

2. Tumbleweed

OpenSUSE Tumbleweed ada versi openSUSE yang menerapkan rolling release. Rolling release ini membuat tidak perlu memperbarui sistem operasi dan aplikasi secara manual. OS dan aplikasi terbaru dari versi yang stabil akan langsung diperbarui secara otomatis. Karena itulah, Tumbleweed memiliki aplikasi-aplikasi terbaru dan tercanggih.

Distro ini cocok untuk yang memiliki kemampuan teknis mumpuni atau sudah berpengalaman menggunakan Linux sebelumnya. Rolling release ini terkadang membuat versi sistem operasi yang digunakan jadi kurang stabil, sehingga kurang cocok digunakan oleh pemula yang belum paham bagaimana menanganinya.

Pengguna Tumbleweed sebaiknya memiliki kemampuan advance terutama dalam mengkompilasi modul kernel. Kelebihan Tumbleweed selain paket software yang selalu up-to-date dan lengkap adalah performanya yang sangat cepat dan ringan.

OS ini menggunakan Open Build Service (OBS) untuk mempercepat proses build dan menggunakan openQA untuk mengotomatisasi pengujian, menggunakan skenario real-life yang menguji instalasi, upgrade, dual booting, live CD, instalasi jaringan, dan banyak lagi. Ribuan proses dapat dijalankan dengan sangat cepat menggunakan Tumbleweed.

Kelebihan OpenSuse

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenisnya pasti ingin mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan dari sistem operasi yang satu ini. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

  • Kontrol Penuh

OpenSUSE memiliki banyak sub-project untuk mendukung sistem operasi yang satu ini. Selain itu, openSUSE juga memiliki YaST yang merupakan pusat kontrol dari keseluruhan OS.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak modifikasi terhadap sistem operasi tersebut sesuai kebutuhan. Keleluasaan ini membuat openSUSE cocok bagia yang menginginkan sistem operasi handal untuk menjalankan proses-proses kompleks.

  • Desktop Environment Beragam

OpenSUSE mendukung banyak desktop manager seperti KDE dan GNOME. Hal ini dapat membuat menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan. Karena itulah openSUSE cocok bagi yang sudah terbiasa menggunakan komputer dengan sistem operasi Linux.

  • Komunitas Pengguna yang Besar

OpenSUSE adalah salah satu distro Linux terbaik yang sudah ada lebih dari 25 tahun yang lalu. Dengan berbagai fungsi dan fiturnya, sistem operasi yang satu ini mampu menjadi salah satu yang terbaik dan memiliki banyak pengguna, terutama dari orang-orang yang bergelut di bidang IT.

Hal ini membuat openSUSE punya komunitas pengguna yang besar. Tidak hanya itu, komunitas developer yang turut mengembangkan sistem operasi ini juga semakin luas. Ini akan memudahkan untuk berbagi dengan sesama pengguna atau menemukan solusi jika mengalami kendala saat menggunakan OS ini.

  • Update Rutin

Pertama kali rilis pada 1996, openSUSE sudah digunakan selama lebih dari 25 tahun. Namun, hingga sekarang OS yang satu ini masih terus berkembang pesat mengikuti zaman dan kebutuhan pengguna yang semakin kompleks. Apalagi, karena OS ini dikembangkan secara open-source maka banyak orang yang dapat berkontribusi untuk membuat perkembangannya menjadi lebih cepat dan lebih bagus.

  • Performa Handal

OpenSUSE adalah OS yang memiliki banyak fitur dan memberikan keleluasaan untuk mengatur keseluruhan sistem operasi. OS ini juga mampu menangani banyak proses dan pengelolaan data yang rumit sekaligus. Tidak hanya itu, openSUSE juga ringan, aman, dan cepat.

Kekurangan OpenSuse

Semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk openSUSE. Berikut adalah kekurangan sistem operasi yang satu ini sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan.

  • Instalasi Rumit

File paket instalasi, terutama untuk driver, menggunakan sistem dependency. Dalam hal ini, openSUSE menggunakan YaST yang berfungsi sebagai pusat kontrol untuk keseluruhan sistem operasi. Jika familiar dengan Windows, fungsinya mirip seperti control panel. YaST memang memberikan keleluasaan bagi pengguna, tapi juga rumit. Karena itu harus memahami bagaimana cara menginstall paket-paket tersebut secara manual.

  • Tidak ada Codec Default Multimedia

openSUSE tidak memiliki codec default untuk audio dan video. Saat menginstall sistem operasi ini, codec multimedia tersebut tidak termasuk di dalamnya. Sehingga tidak bisa memutar audio atau video di komputer sebelum mendownload codec tersebut secara manual.

  • Kurang Cocok Untuk Pemula

OpenSUSE memiliki banyak fitur yang menarik dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya untuk PC, tapi juga untuk kebutuhan sistem dan jaringan di perusahaan besar.

Hal ini membuat openSUSE menjadi sistem operasi yang cukup kompleks. Sehingga butuh kemampuan yang lebih advance untuk dapat mengoperasikannya dengan optimal. Jika seorang pemula yang baru pertama kali menggunakan Linux, sebaiknya memilih sistem operasi yang lebih simpel.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 hour ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

23 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

4 days ago