HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Keunggulan, & Cara Install Softaculous

Softaculous adalah auto-installer yang bisa digunakan untuk menginstal berbagai macam aplikasi gratis ataupun open-source dengan mudah hanya dengan satu klik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan instalasi CMS maupun software pendukung hosting dan website dengan mudah.

Secara manual, instalasi script ataupun software pada hosting membutuhkan waktu dan pengetahuan teknis tingkat lanjut. Namun dengan Softaculous semua instalasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Melalui artikel ini, kita akan membahas apa itu Softaculous, keunggulan, cara instalasi, serta cara akses Softaculous.

Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah aplikasi instalasi otomatis yang ada pada panel hosting atau web server. Softaculous memungkinkan pengguna untuk menginstall software, membuat database, dan memodifikasi file konfigurasi server dengan lebih mudah.

Dengan Softaculous, user tidak perlu punya background teknis untuk bisa menginstall software dan script apapun. Selain itu juga tidak perlu repot dengan instalasi manual. User hanya perlu menekan suatu tombol saja dan Softaculous akan melakukan instalasi tersebut. Tentunya ini sangat memudahkan user yang membutuhkan proses cepat dan mudah.

Kabar baiknya lagi, saat ini aplikasi ini mempunyai ratusan auto-installer script dan ribuan class PHP terbaik untuk mengakomodasi segala kebutuhan. Mulai dari platform CMS populer seperti WordPress, Prestashop, WooCommerce, dan masih banyak lainnya. Bisa dengan mudah menginstall dan membuat segala jenis situs web.

Untuk saat ini, Softaculous merupakan auto-installer paling unggul dari yang lainnya dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan Softaculous

Dari penjelasan mengenai apa itu Softaculous ini bisa dipahami kalau Softaculous memberikan kemudahan instalasi aplikasi ataupun script ke server. Namun bukan hanya itu saja kelebihan dari Softaculous, berikut adalah rinciannya :

1. Direktori aplikasi yang berlimpah

Softaculous secara total memiliki 381 aplikasi dan script yang bisa diinstall ke server dengan mudah. Mulai dari aplikasi atau script untuk blog, CMS, forum, social networking, manajemen iklan, toko online, email, dan lainnya. Semua aplikasi tersebut juga sudah dikelompokkan untuk mempermudah pencarian.

2. Backup dan upgrade otomatis

Dengan menggunakan Softaculous juga bisa melakukan upgrade dan backup setiap aplikasi atau script yang diinstall dengan satu klik. Selain itu juga terdapat fitur auto-update yang bisa mempermudah instalasi pembaruan aplikasi ataupun script tersebut.

3. Fitur WordPress Manager untuk mengelola website berbasis WordPress

WordPress Manager adalah cara mudah untuk mengelola website berbasis WordPress, dengan menggunakan fitur ini, bisa dengan mudah melakukan update versi WordPress, mengelola themes dan plugin yang terpasang, mengaktifkan cron, serta mengaktifkan kapabilitas website untuk ditemukan di mesin pencari.

4. Kompatibilitas dengan berbagai control panel

Softaculous kompatibel dengan berbagai control panel populer seperti cPanel, DirectAdmin, Plesk, H-Sphere, ISP System, Interworx, dan CentOS WebPanel. Selain kompatibilitas ke banyak control panel, integrasinya juga cukup mudah.

5. Bisa digunakan secara gratis

Softaculous bisa dipasang ke server tanpa biaya walaupun ada keterbatasan terhadap jumlah aplikasi atau script yang bisa diinstall yaitu 38. Jika ingin menggunakan versi premium dari Softaculous dengan total 381 script, pengguna bisa berlangganan Softaculous dengan biaya tahunan yang cukup murah.

Daftar Aplikasi dan Script Softaculous

Softaculous dirancang untuk memberikan kemudahan bagi semua penggunanya. Softaculous sendiri memiliki ratusan aplikasi yang siap install hanya dengan satu kali klik saja. Berikut ini adalah contoh beberapa aplikasi yang ada di Softaculous.

Blog WordPress, Open Blog, Serendipity, Dotclear, b2evolution, Textpattern, Nibbleblog, LifeType, Pixie, Nucleus, Chyrp, eggBlog, HTMLy, PivotX, FlatPress, Leafpub, Movable Type
Micro Blogs StatusNet, PageCookery, Storytlr
Portal/CMS Joomla, Open Real Estate, PHP-Fusion, Concrete5, MODX, e107, CMS Made Simple, Xoops, Zikula, Composr, Drupal, Website Baker, PHP-Nuke, Mambo, Subrion, dan sebagainya.
Forums phpBB, SMF, MyBB, AEF, Vanilla
Image Galleries Gallery, Piwigo, Coppermine, Zenphoto, TinyWebGallery
Wikis DokuWiki, PmWiki, WikkaWiki, MediaWiki
Social Networking Dolphin, pH7CMS, Oxwall, Jcow, Elgg, dan sebagainya
Ad Management Yclas, OSClass, Revive Adserver, GPixPixel
Calendars WebCalendar, Booked, ExtCalendar, phpicalendar, LuxCal, SuperCali
Gaming BlackNova Traders, Shadows Rising, Multiplayer Checkers, Word Search Puzzle, Nuked Klan
Mails Roundcube, phpList, WebMail Lite, poMMo, SquirrelMail
Pools and Analytics LimeSurvey, Matomo, LittlePoll, phpESP, Aardvark Topsites, Advanced Poll, Simple PHP Poll
Project Management qdPM, Feng Office, eyeOS, Collabtive, dotProject, ProjectPier, Mantis Bug Tracker, Rukovoditel
E-Commerce AbanteCart, PrestaShop, CubeCart, OpenCart, osCommerce, Open eShop
ERP YetiForce, Vtiger, Dolibarr, SugarCRM, EPESI, X2CRM, Zurmo dan sebagainya
Guest Books Advanced Guestbook, Lazarus, BellaBook, phpBook, VX Guestbook
Customers Support Vision Helpdesk, osTicket, HESK, Mibew Messenger, Live helper chat, Help Center Live, phpOnline, Sales Syntax
Frameworks Laravel, CodeIgniter, yii, Bootstrap, CakePHP, Zend, Symfony, Kohana
Educational Chamilo, Moodle, Claroline, eFront, Dokeos, DoceboLMS, TCExam
DB Tools SIDU, phpMyAdmin, MyWebSQL, Adminer, SQLiteManager
Music kPlaylist, Podcast Generator, AmpJuke, Impleo, Ampache
Video ClipBucket, VidiScript, CumulusClips
RSS Gregarius, Tiny Tiny RSS, Feed On Feeds, selfoss
File Management ownCloud, ProjectSend, Pydio, PHPfileNavigator, Nextcloud
Libraries jQuery, AngularJS, script.aculo.us, Dojo, Ext JS, Raphael, MooTools, DHTMLX, Modernizr
Others Seo Panel, phpFreeChat, WeBid, SLiMS, YOURLS dan sebagainya

Cara Menggunakan Softaculous

Karena sudah tahu apa itu softaculous, keunggulan softaculous serta aplikasi apa saja yang ada di softaculous. Maka sekarang, ketahuilah bagaimana cara menggunakan softaculous? Silahkan ikuti cara berikut ini :

  • Pastikan memiliki hosting. Sistem ini tidak kan dapat bekerja dan digunakan jika tidak memiliki hosting dapat membeli hosting murah di internet karena banyak yang menjualnya, selain itu juga dapat memilih jenis hosting yang akan digunakan.
  • Jika sudah memiliki hosting, buka sistem maka akan mendapatkan akun cPanel. Lakukan log-in dengan akun cPanel tersebut, kemudian tuliskan Softaculous. pada kolom pencarian yang telah disediakan.
  • Kemudian akan diarahkan ke dashboard sistem ini. Mulai dari sini dapat mencari aplikasi dengan berbagai kategori yang akan diinstall. Gunakan kolom pencarian yang tersedia untuk mencari aplikasi yang akan diinstall.
  • Seperti misalnya ingin menginstall WordPress, cukup dengan mengetikkan nama tersebut maka akan muncul aplikasinya. Jika sudah muncul, langsung klik Install Now dan biarkan proses instalasi berjalan.
  • Dapat mengisi kolom sesuai dengan panduan cara menginstall WordPress yang tersedia di internet. Beberapa fitur yang akan didapatkan antara lain kolom Software, Setup, Site Settings, Admin Account, Advanced Options hingga Choose Language yang wajib untuk diisi.
  • Langkah terakhir dari cara penggunaan Softaculous adalah menanti hasil dari setiap langkah yang dikerjakan tadi. Jika benar dalam mengaplikasikan setiap panduan, maka instalasi yang dilakukan akan berhasil.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago