HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Hapus Watermark Pada Gambar

Sekarang, gambar atau video yang anda buat bisa dengan mudah diambil orang lain tanpa sepengetahuan. Walaupun sudah diberikan credit pembuat pada caption atau deskripsi, orang belum tentu melihatnya.

Tetapi tenang saja, karena bisa mengatasinya dengan menambahkan watermark. Dengan watermark, gambar yang diambil memiliki tanda yang menyatu dengan gambar. Untuk menghapusnya secara manual tidak mungkin, yang ada malah gambar menjadi rusak.

Apa Itu Watermark?

Watermark berasal dari gabungan kata: Water dan Mark. Water artinya air dan  Mark berarti tanda. Jadi watermark itu tanda air. Watermark adalah sebuah tanda kepemilikan dalam hal ini yaitu foto atau gambar. Watermark dapat berupa tulisan atau logo yang mengambang untuk sebuah foto atau gambar. Mengapa demikian? Karena format pada gambar atau tulisan watermark adalah PNG bukan format JPG ataupun JPEG. Dipilih ekstensi PNG sebagai watermark karena PNG merupakan file transparan yang dapat ditimpa pada gambar dan foto.

Saat ini hampir semua media online, platform karya digital dan media sosial berisi konten-konten yang dilengkapi dengan karya digital dari seseorang. Mungkin anda pernah melihat suatu logo atau tulisan. Atau mungkin saat anda sedang mencari suatu gambar di internet, lalu mendapati logo dan tulisan sejenisnya yang di rasa sedikit menutupi gambar yang dicari.

Selain itu juga mungkin pernah menonton video Youtube dari para youtuber terkenal. Pastinya kamu akan melihat bahwa mereka selalu menuliskan nama atau logo mereka di dalam videonya. Lebih jauh dari itu watermark kini tidak hanya terdapat di dalam foto. Tanda tersebut bisa berada di media apa saja. Misalnya uang kertas, cek bank, dan surat obligasi. Umumnya pada saat watermark dimasukkan ke dalam sebuah karya, biasanya watermark dibuat dengan ukuran yang kecil atau transparan. Hal ini dilakukan supaya pesan pada karya tersebut tidak terganggu dengan adanya watermark.

Namun dalam beberapa kondisi hal tersebut tidak berlaku. Sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada watermark yang justru sengaja dibuat dengan ukuran yang sangat besar. Salah satunya pada situs download gambar. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Mereka melakukannya karena foto tersebut memanglah diperuntukkan untuk dijual.

Dengan demikian, tidak akan ada pengguna yang bisa mengunduh dengan sembarangan dan menggunakan foto tersebut tanpa membelinya. Ini tentunya sesuai dengan salah satu tujuan watermark itu sendiri, yaitu melindungi hak cipta karya tersebut.

Fungsi Watermark

Pada dasarnya fungsi watermark adalah untuk menjaga keandalan informasi yang dikirimkan, terutama  dari dokumen legal dan penting. Selain fungsi utama tersebut, terdapat beberapa fitur watermark yang harus diketahui tentang produk digital fungsi watermark yang perlu diperhatikan adalah :

1. Memastikan kepemilikan karya

Seperti telah disinggung sebelumnya secara garis besar, fungsi watermark berperan penting dalam melindungi hak cipta (copyright) suatu karya. Dengan adanya watermark, publik sudah mengetahui bahwa karya tersebut benar-benar milik dari seseorang. Jadi orang-orang tidak bisa sembarangan mengklaim atau menyatakan bahwa karya tersebut adalah milik mereka, terlebih menggunakannya untuk kepentingan komersial.

2. Mencegah pencurian karya

Jika anda seorang pekerja kreatif atau artistik anda bisa membayangkan manfaatnya. Bayangkan anda adalah seorang desainer grafis. Kemudian mengupload hasil desain  untuk keperluan seperti portofolio. Tetapi ada orang lain yang mengambil karya desain grafis dan bahkan mengklaim bahwa gambar tersebut adalah milik mereka. Orang tersebut bahkan dapat menggunakan gambar tersebut untuk mendesain T-shirt atau produk dan menjualnya untuk tujuan komersial. Tentu saja tidak hanya orang yang merasa sedih, tetapi mereka juga dirusak oleh pencurian. Bekerja keras untuk membuat sebuah karya dari membuat sketsa hingga mewarnai dan karya telah dicuri  oleh seseorang.

3. Branding

Selain keduanya, tanda air memiliki fitur yang sama pentingnya. Dengan kata lain berfungsi sebagai media untuk branding. Tanda pada pekerjaan tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut adalah milik perusahaan tempat bekerja. Bayangkan misalnya bekerja untuk agensi illustrator, ketika karya yang dibuat selesai kemudian di letakkan logo agensi pada karya yang dibuat. Ketika orang lain melihat pekerjaan itu secara otomatis orang akan mengenali agensi.

4. Sebagai identitas

Watermark juga berfungsi sebagai identitas karya. Hal ini memudahkan orang lain yang melihatnya untuk mengidentifikasi pemilik karya tersebut. Sebagai contoh, banyak media berita Indonesia yang memiliki watermark di sudut-sudut fotonya. Hal yang sama juga dilakukan oleh cnnindonesia.com yang mencantumkan watermark berupa logo di pojok kanan bawah foto.

Jenis Watermark

Ada dua jenis watermark yang sering digunakan saat ini, yaitu watermark yang terlihat dan watermark digital. Keduanya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda tergantung dari kebutuhan pengguna. Berikut penjelasan lengkap mengenai jenis watermark :

1. Visible Watermark

Visible watermark adalah jenis watermark yang terlihat kasat mata. Watermark ini paling banyak digunakan dan paling mudah dikenali, biasanya ada logo, tulisan atau tanda watermark lain pada gambar.

Tujuannya yang pasti untuk mencegah pencurian gambar atau dokumen oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Cara membuat watermark ini sangat mudah sekali, tinggal menambahkan tulisan atau logo pada gambar yang ada.

2. Digital Watermark

Digital watermark adalah jenis watermark yang tidak terlihat secara langsung. Watermark jenis ini merupakan teknologi terbaru dari watermark, jadi data disisipkan pada gambar atau jenis file lain sebagai tanda kepemilikan yang sah. Watermark jenis ini harus bisa tahan dari serangan yang disengaja dengan tujuan menghilangkan watermark.

Watermark digital seperti ini walaupun tidak terlihat tetapi bisa diketahui oleh pemiliknya. Untuk itu selalu hari-hati dalam menggunakan gambar, video dan audio yang berasal dari internet. Jika sampai ketemu bisa didenda bahkan dituntut pidana karena menggunakan hasil karya orang lain tanpa izin.

Cara Hapus Watermark

Watermark memang bisa dihapus, tetapi harus menggunakan tools tidak bisa dilakukan secara manual. Tools yang tersedia saat ini hanya untuk menghapus watermark yang terlihat saja, untuk watermark digital caranya kami belum menemukan. Karena untuk mengecek gambar yang memiliki watermark digital tidak bisa dilakukan dengan mudah, harus menggunakan tools khusus.

Berikut kami berikan cara menghapus watermark yang terlihat dengan bantuan tools dari WorkinTool Watermark Remover :

  • Download aplikasi Watermark Remover WorkinTool, aplikasi ini tidak perlu terhubung ke internet untuk menggunakannya.
  • Silahkan pilih pada menu “Remove watermark from image”, ada menu lain remove watermark video, add watermark, resize video, trim video, edit dan rotate image. Kali ini kita akan memanfaatkan fitur remove watermark.
  • Kemudian pilih menu “Select Image”, kemudian pilih gambar yang akan dihapus watermarknya.
  • Kemudian arahkan kursor untuk menghapus bagian mana yang ingin dihilangkan, tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Jika sudah, tinggal download gambarnya.

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago