HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Manfaat Dan Cara Meningkatkan Leads

Apa Itu Leads?

Leads adalah orang yang menaruh minat terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Biasanya orang-orang ini mempunyai potensi dan prospek besar untuk menjadi pelanggan yang membeli. Umumnya, leads akan meninggalkan informasi kontak dalam bentuk email maupun nomor ponsel.

Dengan informasi yang didapat pelaku bisnis online bisa dengan leluasa mengirimkan pesan promosi dalam bentuk newsletter maupun penawaran diskon. Pesan promosi yang dikirimkan bisa berupa promosi produk, produk terbaru, maupun diskon harian dan bulanan.

Sementara itu, leads generation adalah proses menarik orang yang menaruh minat pada produk atau layanan dan mengubahnya menjadi pelanggan. Sayangnya, mendapatkan leads yang berkualitas bukan hal yang mudah. Untuk itu, memahami cara meningkatkan leads generation adalah salah satu skill terpenting para pelaku bisnis.

Macam Leads

Berikut adalah empat macam leads yang perlu diketahui, yaitu :

1. Marketing Qualified Lead

Marketing Qualified Lead (MQL) adalah orang-orang yang sudah terpapar dan berinteraksi dengan materi promosi yang dibuat. Misalnya, mereka sudah pernah mengisi kontak di landing page atau pun mengunduh e-book gratis.

Walaupun sudah familiar dengan produk atau layanan, MQL belum siap melakukan pembelian produk atau layanan. Karenanya, MQL justru jadi lead paling potensial untuk diprospek menjadi konsumen.

2. Sales Qualified Lead

Sales Qualified Lead (SQL) adalah orang-orang yang tertarik membeli produk atau layanan. Tidak sekadar bertanya saja, SQL biasanya memang sudah siap membayar sejumlah uang alias menjadi pelanggan. SQL umumnya dapat dikenali karena pertanyaan mereka seputar detail info atau spesifikasi produk.

3. Product Qualified Lead

Product Qualified Lead (PQL) adalah orang-orang yang telah mencoba program “coba gratis” atau versi basic dari sebuah produk. Mereka kemudian tertarik untuk berlangganan produk atau melakukan upgrade produk ke versi premium.

4. Service Qualified Lead

Sebetulnya Service Qualified Lead ini hampir sama dengan PQL. Service Qualified Lead adalah orang-orang yang telah mencoba versi gratis atau fitur terbatas dari sebuah layanan. Lalu, mereka tertarik untuk membayar lebih agar mendapat fitur premium yang diinginkan.

Manfaat Leads Generation

Setelah mengetahui pengertian dari leads dan leads generation bisa menyimpulkan bahwa lead adalah bagian yang penting dalam digital marketing.

Jika masih tidak yakin, berikut adalah beberapa manfaat dari mendapatkan leads dan juga leads generation :

  • Membuat lebih mudah untuk mengetahui orang-orang yang tertarik pada produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Memudahkan untuk memetakkan demografi calon pelanggan dan mengetahui darimana pelanggan berasal.
  • Memungkinkan melakukan promosi ke orang-orang yang mempunyai potensi tinggi menjadi pelanggan dan pembeli.
  • Memudahkan untuk menghubungi dan melakukan promosi ke pelanggan potensial.
  • Memudahkan untuk melakukan targeting dan juga inbound marketing.
  • Meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan.

Cara Meningkatkan Leads untuk Bisnis

Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan leads untuk bisnis, yaitu :

1. Paid Advertising

Cara paling efektif untuk mendapatkan dan meningkatkan leads adalah melalui paid advertising seperti SEM (search engine marketing) dan PPC (pay per click).

Melalui paid advertising akan mempromosikan produk dan layanan di halaman pertama Google pada keyword populer niche. Tentunya ini akan meningkatkan awareness orang-orang pada bisnis. Dengan brand awareness yang meningkat, jumlah leads yang akan didapatkan pasti akan meningkat.

Jika tidak memiliki budget untuk melakukan paid advertising, SEO bisa menjadi alternatif yang baik.

2. Cross-promotion

Cross promotion adalah kolaborasi atau aliansi dengan vendor yang bukan merupakan kompetitor untuk saling mempromosikan produk dan layanan.

Bertukar leads dengan vendor dan pihak lain seperti bisa membuka dan memperluas reach. Semakin banyak orang yang terpapar produk dan layanan semakin tinggi peluang untuk mendapatkan leads.

3. Buat Landing Page

Landing page adalah halaman produk atau layanan yang digunakan untuk mengumpulkan leads, informasi kontak berupa alamat email maupun nomor telepon.

Umumnya landing page berisi informasi lengkap tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Halaman landing page biasanya mempunyai gambar-gambar dan headline yang menarik.

4. Buat Konten Berkualitas

8 dari 10 pembeli mencari informasi dan review tentang produk secara online sebelum melakukan pembelian. Dengan menawarkan informasi yang bermanfaat dalam bentuk konten berkualitas, bisa mempromosikan produk dan layanan di dalamnya. Hal ini bisa menarik lebih banyak leads.

Jika melakukan optimasi SEO pada konten tersebut. Praktik SEO yang bagus bisa membuat konten berada pada halaman pertama Google dan juga search engine lainnya.

5. Social Media Marketing

Cara lain untuk mendapatkan leads yang efektif adalah melakukan sosial media marketing, teknik pemasaran yang dilakukan melalui platform-platform sosial.

Dengan banyaknya pengguna sosial media yang ada di dunia saat ini, menjadi aktif di sosial media akan meningkatkan online presence dan brang awareness bisnis.

6. Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi marketing yang memanfaatkan trend yang sedang viral dan ramai dibicarakan oleh banyak orang.

Tujuan utama viral marketing adalah untuk menarik minat orang-orang dan mendorong mereka untuk membagikan produk atau layanan yang ditawarkan kepada orang-orang.

7. Bagikan Freebies

Freebies adalah konten yang sengaja dibuat dan dibagikan secara gratis. Tetapi, konten ini tidak sama seperti blog atau video. Freebies umumnya dapat di unduh dan dicetak di atas kertas. Misalnya, checklist, worksheet, panduan singkat, ebook, poster, dan lain sebagainya.

Dibandingkan strategi mendapatkan leads via ebook, strategi freebies bisa dibilang lebih efektif. Sebab bisa membuat konten dalam waktu yang lebih singkat. Pastinya, format konten ini juga lebih hemat tenaga. Karenanya bisa fokuskan sisa tenaga untuk menggiring traffic menjadi leads yang berkualitas.

8. Adakan Giveaway

Giveaway atau kuis berhadiah boleh juga dijadikan strategi untuk mendapat leads. Cara ini sangat banyak dipakai oleh brand-brand besar dan ternama. Alasannya, tidak lain karena leads yang didapatkan jumlahnya bisa sangat banyak.

Seringnya strategi giveaway dilakukan oleh brand besar dan pada influencer.

Sekarang ini biasanya giveaway mengharuskan orang-orang untuk membawa beberapa orang lain sebagai syarat. Dengan begitu, tentunya leads yang didapatkan akan semakin banyak.

Umumnya giveaway dilakukan melalui sebuah kuis dan Q&A. Setelah pertanyaan dijawab, pelaku giveaway akan memilih pemenang dan memberikan hadiah yang sudah dijanjikan.

9. Referral

Referral pun dapat dijadikan ladang mencari leads. Cara satu ini memang tidak bisa menjanjikan leads banyak dalam waktu singkat. Akan tetapi, cara ini cenderung baik diterapkan dalam jangka waktu lama.

Melalui referral pun leads yang didapat biasanya lebih berkualitas. Sebab, hanya orang-orang yang siap memakai produk lah yang ditarget lewat program ini.

Supaya program referral atau afiliasi berhasil perlu memberikan bonus kepada si pemberi referral. Entah itu dalam bentuk uang, kupon diskon, poin, atau pun hal lain.

10. Cari leads di Hunter.io

Satu cara ini khusus kami rekomendasikan untuk yang bergelut di bidang B2B. Ketika secara khusus ingin menawarkan kerja sama, produk, atau layanan ke satu perusahaan, bisa dapat mengetahuinya lewat Hunter.io.

Tinggal masukkan saja website calon pelanggan. Lantas akan dapatkan email admin pemilik website. Hanya saja perlu membuat akun terlebih dulu untuk dapat melihat email secara utuh.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

7 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

11 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago