HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Metaverse Serta Cara Kerjanya

Metaverse sering diperbincangkan oleh ahli IT,ekonomi bisnis,marketing dan sebagainya.Popularitas Metaverse semakin naik setelah pemilik Facebook merubah nama perusahannya menjadi Meta Platforms Inc atau Meta.Metaverse sendiri belum bisa dijelaskan secara detail karena masih dianggap sebagai konsep.

Meski begitu keberadaan Metaverse diperkirakan akan menjadi gerbang kemudahan di digital pada masa mendatang.Lantas apa itu Metaverse ? Berikut ini penjelasannya :

Pengertian Dari Metaverse

Metaverse merupakan suatu konsep dunia virtual dimana seseorang membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya dalam bentuk avatar dirinya sendiri.Dilansir dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), keberadaan Metaverse membuat orang-orang bisa bekerja,bertemu,bermain dengan kacamata augmented reality,headset realitas virtual dan perangkat lainnya.

Metaverse pertama kali disebutkan oleh Neal Stephenson pada novel berjudul Snow Cash di tahun 1992.Istilah Metaverse yang disebutkan oleh Neal Stephenson merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar orang sesungguhnya.Adapun gambaran sederhana mengenai Metaverse yang diungkapkan di Facebook yaitu sebuah seperangkat ruang virtual,tempat seseorang bisa membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya yang tidak berada pada ruang fisik yang sama dengan orang tersebut.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan karena adanya Metaverse,beberapa kegiatan tersebut yakni melakukan perjalanan online,pergi ke konser virtual,mencoba pakaian digital untuk dibeli dan membuat atau melihat karya seni.

Cara Kerja Pada Metaverse

Agar lebih mudah memahami Metaverse,berikut ini cara kerja atau sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan pengguna Metaverse,antara lain :

  • Horizon

Horizon : dunia virtual yang bisa memilih ataupun membuat tanah sendiri seperti kantor,taman,pantai,tempat bermain,luar angkasa,pegunungan dan tempat manapun yang ingin dituju.

  • Kumpul Bersama

Kumpul bersama : pengguna bisa bertemu dengan pengguna lainnya untuk melakukan kegiatan pesta,meeting atau nongkrong bersama.

  • Avatar

Avatar : pengguna bisa menciptakan avatarnya sendiri sesuai keinginannya seperti halnya avatar manusia dengan gender laki-laki ataupun perempuan lengkap dengan pakaian dan juga wujud lainnya seperti halnya karakter,robot,dinosaurus dan lain sebagainya.

  • Kegiatan Virtual

Kegiatan virtual : pengguna bisa melakukan aktivitas atau kegiatan yang sama di dunia asli,seperti menonton film,olahraga, menonton konser,bekerja,kuliah dan lainnya.

  • Belanja

Belanja : pengguna bisa melakukan kegiatan berbelanja dan melakukan transaksi seperti belanja langsung ke toko ataupun ke mall.

  • Masuk ke Dalam Game

Masuk ke dalam game : pengguna bisa masuk ke dalam game layaknya seperti film Ready Player One.

  • Alat Hardware
Alat hardware : pengguna bisa memakai headset virtual.

Cara Login Dunia Metaverse

Dunia Metaverse yakni dunia digital canggih.Dimana penggunanya bisa masuk ke dalam dunia Metaverse dengan sangat mudah. Berikut ini beberapa langkah untuk masuk ke dunia Metaverse :

  • Pilih platform untuk masuk ke platform Metaverse.
  • Siapkan headphone atau headset dan kacamata AR atau VR.
  • Daftarkan diri untuk masuk ke salah satu platform Metaverse.
  • Jika sudah terdaftar lanjutkan dengan masuk ke dunia Metaverse.

Contoh Pada Metaverse

Kini ada contoh Metaverse yang populer dan canggih sehingga banyak diincar oleh banyak investor kripto.Apa itu ? Berikut ini beberapa contoh Metaverse yang perlu diketahui :

Axie Infinity

Pada Axie Infinity mengusung konsep play-to-earn atau bermain untuk menghasilkan uang.Game ini terinspirasi dari Pokemon, dimana pemainnya akan mengumpulkan,memelihara dan mengembangkan sekelompok makhluk yang disebut Axies dan bertempur bersama Axies lainnya untuk bisa menentukan siapa pemenangnya.

Pemain game Axie Infinity diharuskan mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar bisa meningkatkan level.Poin bisa didapatkan setiap kali makhluk piaraan pemainnya bisa memenangkan pertempuran.Saat pemain berhasil membesarkannya ke level atasnya,lalu bisa menjualnya untuk mendapatkan cryptocurrency.Cryptocurrency tersebut bisa ditukarkan dengan mata uang fiat.

Decentraland

Decentraland merupakan sebuah game yang menyajikan dunia virtual yang secara penuh dikontrol oleh pemainnya.Dimana pemainnya bisa membeli dan menjual tanah,membangun gedung dari awal lalu menyewakannya dan masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan.Dunia virtual ini terdiri dari 90,601 tanah.

Setiap tanah virtual tersebut melambangkan NFT yang bisa dijual dan dibeli menggunakan cryptocurrency MANA.Pada saat sebidang tanah dibeli oleh salah satu pemain maka bisa digunakan untuk membangun kota virtual,seperti halnya dunia nyata, kota virtual yang dibangun merupakan sumber kehidupan bagi Avatar yang bisa berinteraksi dan beraktivitas dengan sesama.

The Sandbox

The Sandbox adalah game Metaverse yang mengusung konsep play-to-earn.Konsep ini membuat pemainnya bisa membeli tanah,membangun gedung di tanah tersebut lalu menjualnya di pasar NFT seperti melalui OpenSea.Cryptocurrency yang digunakan dalam The Sandbox adalah SAND.

SAND bisa digunakan untuk melakukan transaksi jual beli tanah,jual beli karakter dan sebagainya.Pemain pada game ini memiliki kesempatan untuk menjadi pencipta yang membangun dunia Metaverse.Selain itu,juga akan menjadi pemain yang berpartisipasi dalam game yang dibuat oleh pemain lainnya.Kesempatan ini akan membuat pencipta mempunyai hak digital atas ciptaannya yang bisa diperdagangkan.

Mines of Dalarnia

Mines of Dalarnia merupakan game aksi petualangan dalam bentuk 2D.Dimana para pemain game mines ini akan menelusuri tambang untuk menemukan barang-barang penting,sumber daya dan perlengkapan.

Pada saat menelusuri tambang,para pemain akan dihadapkan dengan musuh yang dimainkan oleh pemain lainnya dan bebas melawannya unruk bisa meningkatkan keterampilan dan mendapatkan keuntungan.

Yield Guild Games

Yield Guild Games merupakan game yang memungkinkan sekelompok pemain untuk berpartisipasi dalam game blockchain dari jarak jauh.Hal ini dilakukan agar pemain tidak harus berada di tempat yang sama seperti bermain game bersama dulu.Para pemain bisa saling bersaing untuk mendapatkan uang tunai,token,hadiah dan berbagai aset lainnya dalam game.

Tujuan permainan Yield Guild Games ini adalah untuk menyatukan pemain dari berbagai belahan dunia sehingga bisa menang bersama.YGG bisa dianggap sebagai Steam untuk game blockchain sehingga pemainnya bisa dengan bebas memainkan berbagai game seperti Axie Infinity,The Sandbox dan lainnya.

Chromia

Chromia merupakan sebuah studio game yang menciptakan game lainnya.Salah satu game yang diciptakan adalah Mines of Dalarnia,Chain of Aliance,Krystopia dan My Neighbor Alice.Proyek terbaru Chromia akan diluncurkan sehingga game-game baru akan dikeluarkan di masa yang akan datang seiring dengan perkembangan teknologinya.

 

Demikianlah penjelasan artikel mengenai informasi tentang apa itu Metaverse serta cara kerja dan contohnya.Semoga informasi ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

11 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

17 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago