HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Microsoft OneNote Dan Kelebihan Kekurangannya

Pengertian Microsoft OneNote

Merupakan program untuk membuat catatan dengan fitur kolaborasi multi pengguna.Program digunkan untuk mengolah catatan pengguna,gambar,kliping layar dan komentar audio.Catatan dapat dibagikan dengan pengguna OneNote lainnya melalui Internet atau jaringan.OneNote sebelumnya tersedia sebagai bagian dari suite Microsoft Office.Namun,Microsoft juga merilis versi aplikasi Windows 10 Universal Windows Platform dengan beberapa fitur yang dikurangi dan dioptimalkan untuk layar sentuh.Microsoft juga merilis versi OneNote sebagai aplikasi mandiri dan bebas untuk macOS, Windows RT, Windows Phone, iOS dan Android. Microsoft juga menyediakan versi OneNote berbasis web sebagai bagian dari OneDrive dan Office untuk web; versi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit catatan di browser web.

Format File Microsoft OneNote

Buku catatan OneNote disimpan sebagai folder dengan file data terpisah untuk setiap bagian.File OneNote memiliki ekstensi nama file .one

Microsoft memutakhirkan format file sebanyak 2 kali setelah memperkenalkan OneNote 2003 : pertama di OneNote 2007, lalu di OneNote 2010.File OneNote 2003 dapat dibuka oleh OneNote 2007 dan OneNote 2010 dalam mode baca saja dan kemudian ditingkatkan ke versi yang lebih baru dari format file.OneNote 2010 dapat membaca dan menulis format file OneNote 2007,itu juga dapat mengkonversi bolak-balik antara format 2010 dan 2007.

Microsoft telah mendokumentasikan format file OneNote.Ini adalah format terbuka yang dapat menyimpan beragam konten multimedia dalam satu file .one.Format file OneNote juga didukung oleh aplikasi pencatatan Outline untuk iPad dan Mac. Garis besar dapat membuka, mengedit, dan menyimpan buku catatan dalam format file OneNote.

Sejarah Microsoft OneNote

Di Tahun 2002 Bill Gates mengumumkan akan terluncurnya 2 sistem baru bersamaan dengan Microsoft 2003 2 system tersebut diantaranya : Microsoft Onenotes & Infopath. Sesuai namanya Microsoft 2003 dirilis pada tahun 2003 dan melucurkan Onenote yang mana diumumkan pada tahun 2002 tepatnya tanggal 17 november,pengumuman tersebut pada akhirnya terwujud pada tahun 2003 tepatnya pada bulan November.Jadi pada tahun 2003 resmi dirilisnya Onenote.Menurut Bill Gates Onenote merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memungkinkan orang untuk membuat catatan di satu tempat dan mengatur serta menggunakannya secara lebih efektif.
Seiring berkembangnya teknologi Onenote pastinya juga telah mengalami perkembangan,untuk saat ini Onenote bukan saja sebuah system aplikasi membuat catatan namun juga Onenote berkembang menjadi aplikasi yang tidak hanya memiliki satu fungsi saja namun Onenote dapat digunakan untuk menulis,menggambar,memasukan obyek,mencoratcoret,menampilkan screenshot,serta membagikannya dengan rekan kerja.Selain itu Onenote juga telah mengalami perkembangan hingga kini.Onenote yang dimana awalnya hanya bisa digunakan dilaptop sekarang juga bisa digunakan sistem di Android maupun IOS yang ada pada Handphone.
Secara sistem Onenote berkembang menjadi beberapa versi seperti dibawah ini :

Rilisan

Tanggal rilis

Rilis pertama

17 November 2002

OneNote 2003

19 November 2003

OneNote 2007

27 Januari 2007

OneNote 2010

15 Juli 2010

OneNote 2013

29 Januari 2013

OneNote 2016

22 September 2015

Fungsi Microsoft OneNote

Microsoft OneNote arti dari perangkat lunak pencatat sendiri adalah aplikasi yang didesain untuk membuat sebuah catatan. Dengan bantuan program ini,kalian akan diberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan.Dalam catatan tersebut pun kalian dapat menyertakan tabel,gambar,video atau link website.Untuk lebih detail mengenai fungsi Microsoft OneNote,kalian dapat  simak pada poin berikut ini :

  • Membuat resep.
  • Mencatat sebuah ide.
  • Menulis daftar kegiatan harian.
  • Membuat rancangan projek.
  • Mencatat daftar belanja.
  • Menulis Quick Notes.

Manfaat Microsoft OneNote

Tentu saja Microsoft OneNote memiliki berbagai manfaat yang dapat kalian rasakan.Dalam hal ini tidak hanya berlaku pada bidang pekerjaan melainkan dalam bidang pendidikan pun juga demikian. Dengan Microsoft OneNote ini hasil dari pembelajaran akan sangat efektif dan powerfull.

Berikut penjelasan beberapa manfaat dari Microsoft OneNote yang perlu kalian ketahui :

  • Mengatur File

Manfaat yang didapat pertama adalah dapat mengatur file dengan rapi.Kalian dapat memasukkan beberapa file dengan ekstensi powerpoint,word,excel,audio,gambar,video,link website serta lainnya ke dalam sebuah Notebook digital.Dengan begitu kalian memiliki semua catatan yang lengkap dan penting dalam Notebook tersebut.Dengan tujuan,agar file tersebut tidak tercampur dengan yang lain.

  • Bisa Berkolaborasi

Manfaat lain yakni kalian dapat melakukan kolaborasi dengan teman kerja atau sekolah.Dalam artian fitur yang terdapat dalam OneNote ini,memungkinkan untuk saling share suatu kerjaan atau tugas projek kepada teman.Tentu dengan menggunakan sistem cloud secara online.Dengan begitu kalian dapat bekerja sama dengan teman kalian tanpa perlu bertatap muka.

  • Mendukung di beberapa device

Aplikasi OneNote ini sangat fleksibel. Artinya kalian tidak harus menggunakan PC atau Laptop untuk membuka aplikasi. Microsoft OneNote sendiri dapat digunakan dibeberapa platform,seperti Android, iOS atau Windows Phone.Dengan begitu, kalian dapat membukanya dimana saja dan tentunya akan lebih bagus jika aplikasi OneNote ini disinkronkan dengan internet.

Kelebihan Microsoft OneNote

  • Terintegrasi dengan Office

Aplikasi Microsoft OneNote sudah terintegrasi dengan Ms. Office. Jadi,kalian bisa memasukkan berbagai dokumen dari Ms. Office ke aplikasi Microsoft OneNote tanpa perlu mengalami kendala.Kalian  bisa langsung memasukkan Ms.Word,Ms.Office, dan Ms.PowerPoint kemudian langsung memberikan catatan atau komentar kalian.

  • Otomatis sinkron dengan OneDrive

Aplikasi Microsoft OneNote sudah otomatis sinkron dengan OneDrive,terutama kalian yang menggunakan versi Office 365. Jadi,dokumen yang kalian buat bisa disimpan secara online sehingga bisa membukanya kapan saja dan di mana saja.

  • Bisa memasukkan apa pun

Microsoft OneNote memungkinkan untuk memasukkan apa saja.Bukan hanya catatan,kalian bisa memasukkan gambar,link website, audio dan lain sebagainya.Posisi meletakkannya pun tidak dibatasi sehingga bebas mau meletakkan di mana saja sesuai keinginan kalian.

  • Mudah berbagi catatan

Dokumen yang sudah dibuat mudah dibagikan ke siapa saja melalui menu berbagi atau Share yang telah disediakan.Kalian juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja untuk menyelesaikan projek yang dibuat.

Kekurangan Microsoft Office OneNote

Microsoft OneNote hampir tidak memiliki kekurangan jika dilihat dari segi fitur dan kemudahan.Software ini menjadi software pencatat dengan fitur paling lengkap.Salah satu kekurangan OneNote yakni harganya mahal.Satu aplikasi OneNote dijual dengan harga $69.99 dan menjadi bagian dari paket Microsoft Office dimana paket termurah  dijual dengan harga $139.99.Selain itu OneNote bakal lebih termanfaatkan dengan baik jika pengguna memiliki layar touchscreen.Jika hanya menggunakan mouse, cukup sulit untuk bisa menulis tulisan tangan atau mencorat-coret di OneNote.

Tips Menggunakan OneNote Seperti Seorang Pro

 

  • Sinkronisasi di semua perangkat

Kemudahan OneNote untuk dibuka di mana saja asalkan kalian menggunakan perangkat yang memungkinkan untuk diinstall OneNote.Oleh karena itu manfaatkan Install OneNote di desktop,Android dan perangkat iOS kalian sehingga ketika kebetulan memerlukan catatan maka kalian dapat mengakses dari mana saja dan apabila kalian lupa membawa segala macam perangkat mobile kalian cukup mampir ke warnet terdekat dan mengakses Office Online lewat browser untuk memeriksa catatan kalian.Akses Office Online di offive,live.com atau  bisa membuka akun Outlook kalian dan memilih opsi OneNote melalui tombol menu di sudut kiri atas.

  • Membuat kategorisasi catatan 

Supaya lebih teratur,maka perlu memilah-milah catatan berdasarkan kategori sesuai keinginan kalian.Ini sifatnya subjektif dan menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Pemilahan kategori akan memudahkan untuk mencari catatan di OneNote.

  • Mengakses catatan dengan Live Tile

 

Ada catatan penting yang perlu kalian butuhkan sesegara mungkin,maka menyematkan catatan sebagai Live Tile merupakan opsi terbaik,Dengan menyematkan catatan ke start screen perangkat Windows Phone,kalian dapat mengaksesnya kapan saja jika diperlukan.

  •  Kedua tangan kalian sibuk? Gunakanlah fitur rekaman

Jangan khawatir,kalian tinggal memanfaatkan fitur rekam pada OneNote untuk kemudian membacakan catatan yang ingin kalian tambahkan.Agar lebih terorganisir,nantinya bisa menyalin catatan tersebut atau mengelompokkannya sesuai kategori yang memudahkan kalian untuk mengaksesnya.

  •  Jika menemukan artikel menarik kalian bisa menyimpan dengan OneNote

 

Di Windows atau Windows Phone,kalian dapat menyimpan artikel menarik ke One Note. Jika di Windows phone,bisa mengklik “Share Page” dari menu pivot (…), kemudian memilih OneNote untuk menyimpan.

Di Windows Desktop, pilihan lebih banyak lagi,bisa melakukan screenshot pada layar dengan aplikasi bawaan OneNote Desktop, kemudian memasukkannya sebagai catatan atau bisa juga kalian langsung menyimpan tampilan website yang  di inginkan dengan memasang extension OneNote di browser.Ini memudahkan untuk mengumpulkan artikel yang belum sempat dibaca untuk ditindaklanjuti nanti.

  •  Gunakan Office Lens untuk memasukkan dokumen dengan cepat

 

Jika berbisnis online,penting untuk menyimpan data transfer,bon pembelian atau dokumen penting lain,Untuk memudahkan diakses secara cepat,kalian dapat menggunakan Office Lens untuk kemudian menyimpannya di OneNote.Perlu diingat bahwa Office Lens terintegrasi sangat baik dengan OneNote dan memungkinkan kalian untuk menggantikan fungsi scan meski sedikit terbatas.Bahkan dengan Office Lens,bila diperlukan dapat mengubahnya menjadi file.pdf.

  • Gunakan keyword mudah diingat agar catatan mudah dicari

Kalian perlu menggunakan judul atau kata kunci yang mudah diingat sehingga catatan tersebut mudah dicari.Kalian bisa mencari catatan kalian kembali dengan memanfaatkan fitur search yang terdapat di OneNote.Bila kalian tidak ingat judul catatan yang dibuat,tapi ingat bahwa catatan tersebut baru saja dibuat,maka  bisa mengetuk tombol “recent” yang akan menampilkan daftar catatan yang telah dibuat berdasarkan urutan waktu.

sekian artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

4 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

1 day ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

1 day ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago