HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Social Media Scoring Serta Cara Mudah Meningkatkan Nilai Sosial Media

Social Media Scoring merupakan tahapan yang ada di social media marketing strategi.Kalian wajib cek performa akun sosial media bisnis kalian secara berkala untuk memastikan promosi berjalan dengan lancar dan maksimal.Jadi,proses mengecek kualitas sosial media inilah yang dikenal sebagai Social Media Scoring.

Mari kita bahas tutorial dan rekomendasi aplikasi social media score checker terlengkap di artikel berikut ini :

Pengertian Social Media Scoring

Dalam social media marketing strategi, skoring sosial media adalah nilai dampak akun sosmed terhadap masyarakat atau pengikut sosmed.Nilai tersebut umumnya direpresentasikan dalam bentuk angka mulai dari 1 (sangat buruk) hingga 100 (sangat baik).Mengetahui skor sosmed olshop menjadi hal yang penting.Sebab,dari penilaian ini kalian bisa memperoleh gambaran keberhasilan social media marketing strategi yang diaplikasikan.Maka dari itu, jangan lewatkan materi sosmed skoring saat belajar social media marketing strategi.

Bagi pemula,kalian tidak perlu belajar social media marketing scoring yang sulit.Cukup menguasai cara menilai 4 poin dasar scoring sosmed saja : awareness,conversion,engagement dan customer.Empat unsur ini bisa ditemukan dan hitung nilainya untuk semua sosmed.

1.Awareness : pengetahuan atau kesadaran konsumen terhadap suatu brand.Tujuan penilaian awareness ada 2 :

  • Menghitung jumlah followers akun sosmed kalian saat ini.
  • Mengetahui jumlah potensi followers/audiens baru yang bisa diperoleh.

Metrik scoring yang layak disimak untuk menilai awareness :

  • Audience growth rate : metrik jumlah pertumbuhan jumlah audiens.
  • Brand awareness : metrik pengetahuan masyarakat terhadap brand (mengukur kesuksesan branding).
  • Potential reach : metrik yang berisi angka perkiraan potensial post dan akun sosmed kalian dijangkau oleh lebih banyak masyarakat.
  • SsoV (Social Share of Voice) : jumlah postingan dibagikan dan dibicarakan oleh masyarakat.
  • Post reach : metrik kemampuan postingan menyebar di dunia maya (jumlah pembaca,daerah asal pembaca dan lainnya).

2.Conversion : Ketika belajar social media marketing strategi,kalian pasti sering bertemu dengan istilah conversion (konversi). Conversion merupakan unsur keaktifan interaksi yang diperoleh akun sosial media bisnis kalian.Biasanya semakin besar jumlah engagement,akan semakin baik pula kualitas dari akun sosmed bisnis tersebut.

Metrik scoring yang harus disimak untuk menilai conversion :

  • CTR (click through rate) : jumlah orang yang klik postingan sosmed.
  • Conversion rate : metrik jumlah konversi secara keseluruhan.
  • Bounce rate : jumlah orang-orang yang langsung pergi meninggalkan profil sosmed kalian setelah berkunjung.
  • Conversation rate : tingkat komunikasi yang terjadi antara kalian dan konsumen.
  • Social media conversion rate : tingkat konversi yang mampu diciptakan oleh akun sosmed bisnis Anda.
  • CPC (cost per click) : perhitungan biaya iklan online sosmed berdasarkan jumlah audiens yang mengklik iklan tersebut.
  • CPM (cost per thousand impressions) : biaya iklan online sosmed berdasarkan jumlah tontonan atau view terhadap iklan.

3.Engagement : Memperlihatkan bagaimana masyarakat menanggapi konten-konten sosmed kalian.Engagement memang sekilas nampak mirip dengan conversion.

Berikut ini perbedaan keduanya :

  • Engagement : berfokus pada perilaku audiens (seperti cara mereka menanggapi konten).
  • Conversion : lebih fokus pada dampak interaksi terhadap sosmed kalian.

Metrik scoring yang patut disimak untuk menilai engagement:

  • Amplification rate: jumlah orang-orang (followers) yang membagikan ulang postingan Anda ke timeline, grup chat atau laman profil milik mereka pribadi.
  • Applause rate: kisaran rata-rata likes atau “suka” yang postingan Anda peroleh di sosial media.
  • Virality rate: jumlah orang-orang baru (non-followers) berinteraksi dengan postingan Anda.
  • Average engagement rate: perhitungan rata-rata engagement yang diperoleh oleh akun sosmed olshop Anda.

4.Customer : Di sini kita akan benar-benar fokus menilai para konsumen olshop kita.Kategori customer menilai segala bentuk pemikiran,penilaian,opini dan perasaan konsumen terhadap brand kalian.Hasilnya kita akan mengetahui tingkat kepuasan konsumen kepada bisnis.

Metrik scoring yang patut disimak untuk menilai customer :

  • NPS (net promoter score) : nilai loyalitas konsumen terhadap bisnis.
  • Customer testimonial : metrik yang berisi penilaian atau testimoni konsumen (mulai dari jumlah pembeli yang memberi testimoni hingga isi testimoni itu sendiri).
  • CSI atau Csat score (customer satisfaction score) : persentasi konsumen yang puas atau senang menurut survei kepuasan pelayanan.

Daftar Aplikasi Social Media Score Checker

Menghitung skor sosial media cukup mustahil dilakukan secara manual.Apalagi banyak aspek yang harus diperhatikan dari setiap sosial media.Untuk itu,lebih baik coba gunakan daftar rekomendasi aplikasi social media score checker berikut ini :

My Web Career

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengukur nilai performa banyak jenis sosial media sekaligus.Mulai dari Facebook, Twitter,Quora,LinkedIn dan juga penelusuran Google secara umum.Perhitungan skor didapat dari perhitungan beberapa aspek : Jumlah followers akun sosmed kalian,Nilai rata-rata performa sosial media kalian,Tingkat kualitas dan keandalan koneksi serta Kekuatan koneksi atau jaringan sosial media.

Aplikasi MY Web Career ini juga menyediakan fitur untuk memantau kinerja setiap profil sosmed.Semua data terangkum dalam fitur “My Data” dan “My Network”,disajikan dalam bentuk grafik visual model pie yang sangat mudah dipahami bahkan oleh masyarakat awam.Saat kalian mengoneksikan My Web Career ke LinkedIn,kalian bisa melihat perusahaan dan industri yang terhubung dengan para followers kalian.Jadi dapat melebarkan usaha bisnis ke perusahaan-perusahaan tersebut.Memang banyak orang menggunakan My Web Career untuk memperbesar jaringan dan koneksi bisnis.

Klout

Aplikasi ini direkomendasikan untuk menghitung nilai performa sosmed bisnis,khususnya Twitter.Aplikasi Klout hadir dalam berbagai versi,mulai dari aplikasi desktop,website hingga ekstensi browser (Chrome dan Mozilla).Klout menghitung semua data yang dimiliki oleh akun Twitter bisnis kalian dan melampirkan hasilnya secara langsung.Jadi tidak perlu lagi repot mengalkulasi data secara manual.Keunggulan utama Klout yakni tampilan hasil laporan datanya yang sangat simpel.Kalian bisa memilah hasil analisis dalam 2 bentuk : grafik dan diagram simpel lengkap dengan penjelasan skor.

Fitur unggulan Klout yakni perbandingan skor dengan pengguna lain (akun Twitter bisnis kompetitor).Fitur ini dimanfaatkan pebisnis online seluruh dunia.Kalian hanya perlu menginstal Klout versi ekstensi browser dan mengunjungi profil-profil bisnis lain di Twitter.Dari sana kalian bisa membandingkan skor performa sosmed mereka dengan milik kalian.

Crowdbooster

Tidak hanya digunakan untuk menilai performa sosmed,aplikasi Crowdbooster bisa menentukan kapan postingan kalian memperoleh interaksi terbanyak di dunia maya.Jadi,kalian tidak perlu melakukan uji coba “trial dan error”memposting konten di waktu yang salah.Fitur rekomendasi waktu postingan ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan jangkauan postingan kalian di kalangan warganet serta kalian juga bisa melakukan analisis performa postingan dan akun sosmed memakai fitur-fitur yang disediakan.

Crowdbooster sangat direkomendasikan jika kalian ingin memperluas jangkauan audiens dengan social media marketing strategi konten saja.Semua fitur aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis.

TwentyFeet

Aplikasi social media score checker untuk Facebook dan Twitter dalam 1 paket lengkap.Bisa melakukan pengecekan performa sosmed bisnis FB atau Twitter page dengan rentang waktu semaunya (bebas kustom) : sekarang ini,minggu lalu,bulan lalu ataupun 6 bulan lalu ?Seperti yang kita tahu, Facebook dan Twitter adalah dua platform terbesar untuk bisnis online. Inilah mengapa banyak orang tertarik mempromosikan usaha di FB atau Twitter.

Kabar gembiranya,TwentyFeet dapat membantu mempermudah pengelolaan olshop kalian di Facebook dan Twitter.Cukup login ke 1 akun TwentyFeet,sisanya kalian dapat memantau akun-akun olshop FB dan Twitter secara bersamaan.Ada juga bisa menerima laporan analisis mingguan atau bulanan secara otomatis via email.Semua laporan tersebut sudah mencakup data-data lengkap,seperti : Interaksi dan engagement,Jumlah followers,Lead,klik dan bounce rate,Unfollowers dan lainnya.

Cara Mudah Meningkatkan Nilai Sosial Media

Ada banyak sekali cara sederhana untuk meningkatkan nilai profil sosmed bisnis kalian.Berikut ini di antaranya adalah :

1.Mengerti Target Audiens

Kalian perlu mempelajari target audiens akun bisnis agar postingan lebih terarah tujuan dan sasarannya.Pastinya kalian sendiri tidak akan mengklik konten yang tidak relevan dengan kebutuhan,jadi konsumen kalian pun memiliki prinsip yang sama juga.Jadi,usahakan untuk mempelajari terlebih dahulu siapa konsumen kalian,konten seperti apa yang mereka senangi dan kapan waktu terbaik menayangkannya.

2.Mengatur Postingan Konten dengan Jadwal

Kebanyakan kesalahan olshop yakni tidak membuat jadwal posting konten secara teratur.Kebanyakan olshop memposting konten pada awal olshop dibuat saja.Lama-kelamaan,mereka mulai jarang mengunggah konten.

Konsistensi memposting konten bisnis sebenarnya baik itu artikel,video atau foto ke sosmed penting demi menjaga minat konsumen terhadap toko.Akun olshop yang jarang memposting dijamin akan memiliki nilai dan kualitas yang buruk di mata konsumen.Jangan lupa untuk menentukan jumlah postingan yang sebaiknya diunggah dalam jadwal,misal 1-3 postingan per hari di jam-jam tertentu.Cara ini akan membantu kalian agar bisa menyiapkan konten dengan lebih baik.

3.Memposting di Waktu Ramai

Usahakan memposting konten baru di waktu ramai orang-orang menggunakan sosmed.Waktu ini dikenal sebagai “peak usage time”.Cari tahu kapan mayoritas followers kalian sedang online dalam sehari.Kemudian,posting konten di jam tersebut untuk memperoleh lebih banyak view.

4.Membalas Komentar Audiens

Jangan lupa untuk membalas komentar audiens yang ditinggalkan di postingan sosmed kalian.Cara ini meningkatkan nilai engagement sekaligus image bisnis kalian di masyarakat.

Akun bisnis yang rajin berinteraksi dengan pembeli dianggap akun yang ramah dan selalu mau mendengarkan keluh kesah.Dampaknya akan ada lebih banyak orang merekomendasikan usaha kalian ke rekan-rekannya.Tidak perlu menggunakan banyak strategi saat membalas interaksi audiens.Mulai saja dari hal-hal sederhana seperti membalas komentar,pesan DM dan menanggapi pertanyaan-pertanyaan masyarakat sebaik mungkin.Tidak ada salahnya untuk meninggalkan komentar di postingan milik audiens yang masih berkaitan dengan produk/jasa kalian.

Tentunya tidak sulit bukan untuk meningkatkan skor kualitas profil olshop kalian ? Jadi,segera lakukan social media scoring dari sekarang.Demikian artikel tentang tips olshop seputar cara mengecek dan mengukur kualitas sosial media olshop.Semoga penjelasan di atas dapat membantu memaksimalkan perkembangan bisnis kalian 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago