HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian,Manfaat Serta Rekomendasi Niche Blog Yang Cocok Untuk Dicoba

Anda berniat membuat sebuah blog dan merasa bingung mengenai materi yang akan ditulis nantinya? Tenang, Anda tidak sendirian! Memilih niche blog memang merupakan salah satu hal tersulit dan krusial ketika memulai blog, serta memerlukan pertimbangan yang sangat matang.

Untuk membantu Anda memilihnya, artikel ini akan membahas beberapa opsi niche blog terpopuler yang patut Anda pertimbangkan.

Pengertian Niche Blog

Niche blog merupakan topik atau tema khusus untuk blog.Dengan memilih satu niche blog,kalian hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama.Sebenarnya tidak ada peraturan mengharuskan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus.Namun,ada beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan jika menerapkan niche blog.

Jenis-Jenis Niche Blog

Jenis Niche Blog

Secara umum,ada 4 jenis Niche Blog,menurut John James Robinson dalam e-booknya The Authority Site Adsense Guide :

  • Whole-niche merupakan niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik.Contoh : Apabila blog kalian membahas seputar blogger, maka kalian membahas seluruh topik,mulai dari template,panduan,SEO blogger dan Desain Blogger.
  • Themed-niche merupakan niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja.Contoh : Apabila topik blognya seputar blogger,maka pembahasan di blog kalian hanya SEO off page untuk blogger saja.
  • Micro-niche merupakan niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail.Contoh : Apabila topik blog kalian seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar bloggingg.

Manfaat Menggunakan Niche Blog

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari memilih niche blog,diantaranya :

  • Memperoleh Target Audiens : Niche blog membantu dalam menjangkau target audiens untuk lebih spesifik,sehingga berkesempatan memperoleh pembaca loyal yang melimpah.
  • Dikenal Sebagai Expert : Menulis artikel mengenai topik tertentu secara berkelanjutan membuat pembaca akan mengenali kalian sebagai seorang expert di bidang terkait.
  • Kesempatan Monetisasi Blog : Memiliki niche dan profil audiens yang jelas,maka kalian akan mudah memikat advertisers untuk memasang iklan di blog kalian.
  • SEO Yang Lebih Baik : Tidak hanya pembaca,search engine juga akan memandang kalian sebagai expert di bidang tertentu dan memberikan peringkat lebih baik di SERPs.

Tips Memilih Niche Blog

1.Memilih Topik Yang Populer 

Kalian harus mempertimbangkan apakah topik tersebut populer atau tidak,caranya kalian dapat menggunakan Google Trends untuk melihat bagaimana minat pembaca pada topik tersebut :

  • Buka Google Trends melalui browser.Lalu masukkan istilah atau topik yang ingin dianalisis. Misalnya, masukkan topik “kuliner” untuk dianalisis.Kalian akan melihat seberapa banyak jumlah audience dengan kata kunci kuliner juga bisa melihat bagaimana pertumbuhan jumlah audience dalam kurun waktu tertentu.

Google trends ini,membuat kalian dapat menentukan Niche Blog dan kata kunci yang lebih populer dengan membandingkan beberapa topik yang ingin dipilih.Selain dengan Google Trends,dapat menggunakan : seperti Ahrefs,SEMrush,Soovle dan lainnya.

2.Sesuai Topik Yang Dikuasai

Hal ini penting untuk dipertimbangkan ketika memilih niche.Pilihlah topik yang kalian sukai dan yang dapat kalian kuasai.Karena hal ini dapat membantu kalian menemukan ide-ide konten untuk di post.Jika kalian memilih topik yang tidak disukai,kalian akan merasa terbebani dan sulit memilih topik blog.Terlebih jika kalian blogger pemula.Namun tenang saja,kalian tidak harus menjadi seorang pakar atau master dalam topik bidang yang dipilih.Asal kalian harus mampu memahami topik tersebut sehingga dapat menjelaskan topik dengan baik.Dengan begitu orang akan percaya dan menjadikan blog kalian sebagai referensi suatu topik.

3.Melihat Berapa Besar Kemungkinan Keuntungan Niche Blog

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar blog kalian bisa menghasilkan uang.Beberapa caranya yaitu :

  • Google AdSense 

Dengan menggunakan Google AdSense,kalian akan meletakkan banner iklan pada blog kalian.Setiap kali ada pengunjung klik iklan,kalian  akan mendapatkan bayaran dari Google.

  • Jual Produk

Konten yang dibuat di blog kalian bisa dijadikan lahan untuk memasarkan suatu produk,baik produk orang lain maupun produk milik kalian.Dengan melakukan penjualan produk yang berkaitan dengan niche kalian.Ada juga beberapa niche berpeluang menghasilkan uang dari menjual ebook.Jika kalian memiliki keahlian atau pengetahuan khusus membuat Ebook ini juga akan menjadi peluang yang baik.Namun,perlu diketahui bahwa tidak semua niche dapat menjual Ebook.Contoh membuat Ebook tentang cara investasi,membuat website dan lainnya.

  • Menyediakan Layanan Jasa Konsultasi 

Menawarkan informasi atau pengetahuan lebih mendalam melalui jasa konsultasi online juga dapat kalian lakukan.Apabila kalian ahli dalam bidang tertentu,tawaran jasa konsultasi online ini bisa dicoba di blog kalian.Misalnya konsultasi bisnis,keuangan,cara diet dan lainnya.

  • Mengikuti Afiliasi

Kalian dapat mempromosikan produk orang lain dengan referral link yang diletakkan di blog kalian.Dengan begitu kalian akan mendapatkan komisi dari penjual.Keberhasilan marketing afiliasi juga bergantung pada tema blog.Kalian harus memilih program afiliasi yang produknya berkaitan dengan niche kalian agar mudah mempromosikan produknya.

Rekomendasi Niche Blog Yang Cocok Untuk Dicoba

Berikut ini rekomendasi Niche Blog yang cocok untuk Dicoba  : 

1.Fashion Blog

Berdasarkan data,Fashion Blog merupakan tipe blog terpopuler dengan angka pencarian terbanyak di Google,yakni dengan rata-rata 18,100 setiap bulannya.Namun karena fashion merupakan industri yang berkembang dari waktu ke waktu,kalian mempunyai tantangan besar untuk terus memperbarui postingan milik kalian hampir setiap minggunya.Contoh beberapa fashion blogger Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi, seperti Eryvia Maronie,Zilqiah Angraini dan Uni Dzalika.

 2.Finance

Banyak pengguna yang membutuhkan informasi seputar dunia finance,mulai dari info manajemen keuangan,bisnis,investasi,e-money dan lain-lain.Terbukti tren pencarian dengan kata kunci “investasi” dan “peluang usaha” dari tahun ke tahun cenderung stabil.Topik keuangan bisa menjangkau semua kalangan dari anak sekolahan,pekerja,orang tua hingga pemilik bisnis.Melihat cakupan luas,topik keuangan ini dapat dijadikan Niche Blog yang berpeluang besar dikunjungi pengunjung.

Niche keuangan,dapat membahas banyak hal seputar keuangan.Kalian dapat menulis tentang cara mengelola keuangan,berinvestasi bagi pemula,memulai bisnis online,tips agar konsisten menabung dan banyak lagi lainnya.Contoh beberapa Finance Blog yang dapat kalian jadikan inspirasi : Diskartes,SlaveBerdasi dan Irfan.

3.Food Blog

Selain mempunyai traffic dan cakupan pembahasan yang sangat luas,Food Blog juga mempunyai engagement rate yang cukup baik.Tren kulineran di Indonesia dapat kalian jadikan sebagai Niche Blog yang berpotensi besar atau ramai pengunjung.Ada banyak hal seputar kuliner yang bisa dibahas dengan topik ini,seperti rekomendasi makanan,rekomendasi tempat makan, informasi harga makanan,resep masakan.Terlebih lagi kalian juga berpeluang untuk bekerjasama dengan restoran ternama hingga menulis buku resep kalian sendiri.Ada beberapa Food blogger yang dapat kalian jadikan inspriasi : Cindy Lulaby,Shelmi Setiawan dan Niya.

4.Beauty Blog

Pencarian topik kecantikan di internet memang memiliki traffic yang cukup tinggi.Biasanya,pengguna mencari informasi terkait kecantikan, seperti produk skincare,review produk kecantikan dan lainnya.Kalian dapat mengambil kesempatan ini untuk membuat blog dengan niche kecantikan.Dengan niche ini,kalian dapat menulis review produk hingga membuat tutorial make up.Selain mereview produk,kalian juga bisa membuat perbandingan produk kecantikan,contohnya perbandingan beberapa merk sunscreen,foundation,bedak,lipstik dan banyak lagi lainnya.Kalian juga dapat memberikan tips merawat kesehatan wajah seperti : Tips mencerahkan kulit kusam,Tips menghilangkan kantung mata dengan bahan alami,Menghilangkan jerawat dalam sehari,Memilih produk untuk kulit tertentu dan lainnya.

Dengan mempunyai blog berniche kecantikan,kemungkinan nantinya banyak produk atau jasa terkait kecantikan yang bisa bekerja sama dengan kalian.Selain produk skincare dan make up,ada juga seminar atau kursus make up artist dan klinik kecantikan.Kalian juga bisa membuat brand kecantikan sendiri nantinya.Berikut contoh beauty blogger yang dapat dijadikan inspirasi untuk kalian : Alodita,Lizzieparra dan Sasyachi.

5.Travel Blog

Berwisata memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh hampir semua orang.Namun sebelumnya,orang-orang biasanya mencari informasi tentang wisata di internet,mulai dari rekomendasi tempat wisata hingga promo tiket transportasi.Ini lah mengapa pencarian topik wisata dan travel di internet juga termasuk yang populer.Niche blog ini berpeluang mendatangkan banyak pengunjung.Kalian bisa menulis review tempat wisata,review hotel,review fasilitas wisata atau bahkan review makanan.Kalian juga bisa membagikan tips-tips seputar travelling atau travel hack seperti: Cara mendapatkan tiket pesawat dan hotel yang murah,Rekomendasi rute ke suatu tempat wisata.Travel kit yang wajib dibawa.

Selain itu,juga dapat diendorse oleh beberapa perusahaan dan produk terkait wisata dan travel.Ada banyak sekali produk atau jasa yang bisa kalian promosikan,Kalian dapat bergabung dengan Travel Blogger Indonesia untuk saling mengkomunikasikan informasi tujuan-tujuan perjalanan di Indonesia.Berikut beberapa contoh Travel blogger yang dapat dijadikan sebagai inspirasi : BackPack Story,Wira Nurmansyah dan Pergi Dulu.

 6.Kesehatan

Dari waktu ke waktu selalu ada isu baru seputar dunai kesehatan.Hal itu mendorong banyak orang untuk mencari informasi seputar kesehatan di internet.Pada Google Trends,topik tentang cara hidup sehat menjadi topik yang banyak dicari di Google.

Blog dengan niche kesehatan ini bisa berpotensi ramai pengunjung juga.Kalian dapat membuat tulisan tentang informasi dan tips seputar kesehatan.Namun,meski berpotensi menguntungkan,niche ini sensitif karena berkaitan dengan kesehatan orang lain. Jadi,pastikan informasi yang ditulis haruslah valid.Pada niche kesehatan ini,kalian dapat menampilkan informasi seputar kesehatan seperti : Informasi penyakit,Cara meredakan sakit kepala tanpa obat,Informasi tentang diet sehat atau pun dapat mengulas mitos dan hoax seputar kesehatan yang beredar di masyarakat.

Di niche kesehatan,kalian akan mendapatkan banyak keuntungan seperti : bekerja sama dengan beberapa produk atau perusahaan di bidang kesehatan.Contohnya : Kelas senam atau pun pusat kebugaran,Obat herbal,Klinik kesehatan dan lainnya.Kalian juga dapat membuat Ebook seputar kesehatan atau konsultasi seputar kesehatan.

Itulah beberapa niche blog yang dapat kita rekomendasikan untuk kalian coba.Sekian artikel kali ini,semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago