HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penjelasan Tentang Pengertian, Fungsi dan Jenis Wearable

Pengertian Wearable

Berarti dapat dikenakan, dipakai atau digunakan (dalam bahasa Indonesia), dalam dunia teknologi, istilah wearable adalah perangkat elektronik yang secara fisik dikenakan oleh individu untuk melacak, menganalisis, dan mengirimkan data pribadi.

Ini juga dikenal dengan perangkat IOT “smart atau pintar” dan mereka dapat melacak data biometrik atau biometrics dari detak jantung hingga pola tidur. Selain itu, perlu untuk diketahui bahwa akronim dari “wearables” ini juga menjadi teknologi dari konsumen yang populer di industri game dan mode.

Pada dasarnya, teknologi yang dapat dikenakan (wearables) ini merupakan istilah yang sudah berkembang menjadi kategori penting dari internet yang mengubah hidup di bidang kedokteran dan bidang lainnya dimana hal ini juga sesuai berdasarkan simpulan yang bersumber dari Situs Investopedia.

Apa itu Wearable Technology, Computer dan Device?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kata ini lebih dikenal dengan sebutan wearable saja, secara global.

Wearable technology adalah kategori perangkat elektronik yang dapat dipakai sebagai aksesori, (biasanya) tertanam di pakaian, ditanamkan di tubuh pengguna, atau bahkan ditato di kulit. Perangkat tersebut adalah gadget bebas genggam dengan kegunaan praktis, didukung oleh mikroprosesor dan ditingkatkan dengan kemampuan untuk mengirim dan menerima data melalui Internet. Adopsi cepat perangkat semacam itu telah menempatkan teknologi yang dapat dikenakan di garis depan yaitu adalah IOT atau Internet of Things.

Wearable computer adalah komputer yang dapat dipakai di bagian tubuh atau badan manusia, sebagai contoh misalnya di pergelangan tangan. Ini memungkinkan untuk bekerja, berkomunikasi, menghibur sekaligus memastikan mobilitas dan akses hands-free atau tanpa menggunakan mata ke perangkat. Adapun spesifikasi dan standar yang jelas untuk komputer yang dapat dikenakan saat ini masih belum tersedia. Namun demikian dari sudut pandang pribadi, atribut mendasar dari komputer yang dapat dikenakan adalah unit pemrosesan yang disematkan ke perangkat yang dapat dikenakan.

Kemudian, wearable device adalah kategori perangkat teknologi yang dapat dikenakan oleh konsumen dan sering kali menyertakan informasi pelacakan yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran. Gadget teknologi yang dapat dikenakan lainnya termasuk seperti perangkat yang memiliki sensor gerak kecil untuk mengambil foto dan menyinkronkan dengan perangkat mobile.

Fungsi Wearable

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian dari wearable, tentunya juga harus mengetahui terkait apa fungsinya bukan? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, baik itu perangkat atau gadget yang dapat dikenakan (dalam hal ini wearables) adalah perangkat elektronik yang dipakai oleh konsumen di mana-mana secara terus menerus serta biasanya digunakan untuk menangkap atau melacak informasi biometrik yang berkaitan dengan kesehatan atau kebugaran.

Perangkat yang dapat dikenakan atau istilah wearables ini adalah perwujudan teknologi baru dari aksesoris yang dikenakan orang, sebagai contoh misalnya seperti Apple’s Watch atau Samsung’s Gear Watch ataupun alat khusus lainnya seperti aktivitas nirkabel Fitbit One, alat pelacak dan monitor tidur.

Perangkat yang dapat dikenakan atau wearable dengan kemampuan pelacakan biometrik merupakan perangkat yang mewakili salah satu sumber terpenting dari pembuatan data. Mereka akan (secara) terus menerus dan tidak terputus berfungsi untuk merekam data dari berbagai jenis dan dari berbagai lingkungan.

Karena data meningkat dalam variasi dan volume seiring dengan kebutuhan untuk mendukung kecepatan yang lebih besar dalam pembuatan dan pemrosesannya merupakan hal yang penting agar selalu memperhatikan bagaimana cara untuk mengaturnya.

Jenis Wearable dan Contohnya

Setelah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan wearable, wearable technology, computer dan device di atas, maka harus mengetahui seperti apa jenis, macam dan contohnya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis perangkat wearable technology, computer atau device populer yang harus diketahui :

  • Smart Watches

Jenis dan contoh perangkat wearable yang pertama yaitu adalah smart watches. Jam tangan yang melakukan lebih dari sekadar memberi tahu waktu. Jam tangan pintar ini memberikan user (pengguna) pemberitahuan tentang panggilan, pesan, e-mail, pembaruan media sosial, dan lain sebagainya.

  • Fitness Tracker

Jenis berikutnya yaitu adalah alat wearable fitness tracker. Alat ini membantu melacak jumlah langkah yang ditempuh pengguna setiap hari dan juga terus memantau detak jantung.

Dengan menggunakan informasi ini, perangkat dapat menghitung dan melaporkan data akurat tentang pembakaran kalori dan olahraga yang dilakukan oleh pengguna.

  • Head Mounted Display

Jenis alat wearable yaitu head mounted display. Perlu diketahui bahwa alat ini, itu akan membawa ke dunia virtual reality yang berbeda. Ini memberikan informasi virtual langsung ke mata.

  • Sport Watches

Jam tangan olahraga atau sport watches adalah perangkat yang dapat dikenakan khusus dibuat untuk personel olahraga, khususnya mereka yang suka berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Perangkat ini dilengkapi dengan pelacak seperti Global Positioning System (GPS) dan mencatat informasi tentang kecepatan pengguna, detak jantung, dan lain sebagainya.

  • Smart Jewellery

Alat wearable yang ke-5 (lima) adalah perhiasan pintar atau smart jewellery. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alat seperti jam tangan pintar yang sengaja dirancang sebagai perhiasan ini secara khusus menargetkan ke konsumen wanita.

Perhiasan ini memberi tahu pengguna tentang pesan teks atau SMS, panggilan, atau e-mail mereka saat ponsel mereka di luar jangkauan.

  • Smart Clothing

Jenis dan macam wearable yang ke-6 (enam), yaitu seperti smart clothing. Ini merupakan perangkat elektronik pintar digabungkan ke dalam wearable clothing untuk memberikan tampilan yang menarik dan modis.

  • Implantable

Jenis wearable technology, computer atau device terakhir yang akan dijelaskan disini yaitu implatable. Ini biasanya digunakan untuk alasan medis seperti melacak kontrasepsi, kadar insulin, dan lain sebagainya.

Perangkat elektronik yang dapat dikenakan ini ditanamkan biasanya digunakan dengan melalui pembedahan di bawah kulit.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Wearable

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dalam menggunakan alat wearable technology, computer dan device, yaitu :

1. Kelebihan Wearable

Perlu ditekankan disini bahwa teknologi yang dapat dikenakan ini, secara langsung dapat memberi kita kemampuan untuk memantau tingkat kebugaran atau kesehatan penggunanya.

Selain itu, mereka juga dapat melacak lokasi kita dengan GPS serta melihat pesan teks lebih cepat.

Yang terbaik dari semuanya, sebagian besar perangkat yang memungkinkan untuk melakukan ini adalah handsfree dan portabel, sehingga tidak perlu mengeluarkan perangkat dari saku. Selain adanya perangkat yang dapat dipakai ini, masih dimungkinkan untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang tercantum di atas, tetapi terkadang, hal tersebut terbilang merepotkan dan seringkali memerlukan perangkat yang tidak selalu nyaman.

Dengan perangkat yang dapat dikenakan (wearable) terhubung ke perangkat pintar maka akan lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi yang tersedia.

2. Kekurangan Wearable

Terkait kekurangan dalam praktiknya sendiri, perangkat wearable atau dapat dikenakan cenderung memiliki masa pakai baterai yang cukup singkat. Beberapa perangkat, seperti pelacak Fitbit yang terbilang lebih sederhana, itu hanya dapat bertahan selama beberapa hari.

Beberapa perangkat yang dapat dikenakan atau wearable yang lebih canggih, seperti Apple Watch misalnya, hanya akan bertahan selama sekitar satu hari.

Untuk beberapa orang yang tidak terlalu memerlukannya, mungkin akan menjadi lebih merepotkan, mengingat untuk melepas perangkat wearable secara teratur untuk mengisi daya. Oleh karena itu, sejumlah developers atau para pengembang sedang mencari kemungkinan opsi pengisian nirkabel yang akan menghilangkan kebutuhan untuk melepas perangkat.

Beberapa perangkat wearable yang dilaporkan juga terkadang mengukur data secara tidak akurat. Ini bisa sangat berbahaya saat mengukur data seperti detak jantung.

Bagi individu dengan kondisi masalah jantung, pembacaan yang salah ini dapat menyebabkan kelelahan dan masalah kesehatan lebih lanjut. Namun tetap pada akhirnya terserah untuk memutuskan apakah perangkat wearable adalah sesuatu yang akan menguntungkan atau tidak.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

21 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

22 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago