HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Perlu Tahu! Perbedaan Domain dan Hosting

Hanya sedikit orang yang tahu tentang domain dan hosting, mungkin karena tidak semua orang menggunakan website. Oleh karena itu, tidak heran jika istilah domain dan hosting masih asing di telinga kita. Terutama bagi pemula yang baru memiliki keinginan untuk membuat website. Mereka pasti masing asing dan awam tentang hosting dan domain.

Seperti yang kita tahu, domain dan hosting merupakan komponen utama dalam membuat sebuah website. Tanpa domain dan hosting, suatu website tidak akan bisa online dan tidak dapat diakses melalui internet. Lantas, apa perbedaan domain dan hosting? Yuk, simak penjelesannya berikut ini!

Perbedaan Domain dan Hosting

Perbedaan domain dan hosting terletak pada fungsinya. Hosting adalah sebuah lokasi atau media tempat menyimpan file-file website, seperti gambar, video, script website, dan database. Sedangkan, domain adalah nama alamat suatu bangunan atau website. Tanpa domain dan hosting, suatu website tidak akan bisa online dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat penyimpanan file website. Sederhananya, website diibaratkan seperti sebuah rumah, hosting adalah kavling tanah yang dipetak-petak tempat dibangunnya rumah tersebut, dan domain adalah nama alamat dari rumah tersebut.

Dikutip dari wpbeginner, hosting berperan sebagai lokasi atau media untuk menyimpan semua file yang ada di website. Hal ini bertujuan agar siapapun dapat mengakses website kamu kapanpun dan dimanapun.

File-file yang ada di website harus disimpan di server hosting yang penuh selama 24 jam. Jika server down maka website tidak akan dapat diakses. Untuk itu, pastikan website kamu disimpan di hosting.

Jika kamu sudah memiliki hosting maka kamu juga akan mendapatkan akses cPanel hosting. cPanel Hosting adalah kontrol panel untuk pengelolaan hosting dan domain. Misalnya, seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL, membuat email domain, mengelola kapasitas hosting, dan masih banyak lagi.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain ini bahkan lebih penting dibandingkan hosting. Tanpa domain, suatu website tidak akan memiliki nama. Jika suatu website tidak memiliki nama, bagaimana orang lain bisa mengetahui dan mengunjungi suatu website? Apa yang harus mereka klik di mesin pencari? Haruskah orang lain menggunakan alamat IP Address untuk membuka website? Oleh karena itu, domain hadir untuk melengkapi hosting.

Domain digunakan untuk memberikan nama alamat suatu website. Ada dua jenis domain, yaitu domain gTLD (domain global) dan domain ccTLD (domain id).

  • Domain gTLD

Domain gTLD adalah domain global dan tidak ada persyaratan yang berlaku. Contoh dari domain gTLD, yaitu .com, .net, dan .org.

  • Domain ccTLD

Domain ccTLD merupakan domain Indonesia (id) yang diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Contoh dari domain id, yaitu .co.id, .my.id, .id, dan lain sebagainya. Berbeda dengan domain gTLD, domain ccTLD memiliki persyaratan tertentu yang dikeluarkan oleh PANDI.

Setiap orang bebas memilih nama domain untuk websitenya. Nama domain hanya berlaku untuk satu pengguna. Sifat domain tidak bisa dibooking. Jadi, jika kamu ingin memesan nama domain dan sudah mengetahui nama domain yang kamu inginkan, silakan langsung masukkan nama domain yang kamu inginkan di halaman pesan domain. Setelah itu, ingatlah untuk segera membayar untuk memastikan nama domain yang kamu inginkan tidak digunakan oleh orang lain dan bisa segera diaktifkan agar bisa kamu digunakan.

Nah, itulah perbedaan domain dan hosting. Semoga bermanfaat!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 min ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago